Home Bisnis Bisnis Online Anda Sepi? Ikuti Cara dan Tips Ini Supaya Toko Lebih Ramai Pembeli

Bisnis Online Anda Sepi? Ikuti Cara dan Tips Ini Supaya Toko Lebih Ramai Pembeli

Setiap pedagang pasti ingin tokonya ramai pembeli. Tingkat keramaian pembeli bisa menjadi patokan toko tersebut sukses atau tidak. Tak terkecuali toko online yang semakin hari semakin banyak peminatnya. Jika memiliki bisnis online, Anda harus benar-benar cerdas sekaligus kreatif untuk meningkatkan daya beli. Beberapa cara dan tips berikut ini layak Anda terapkan untuk membuat toko menjadi lebih ramai pembeli.

Cara dan Tips Agar Toko Online Ramai Pembeli

1. Membuat toko online melalui web atau situs resmi milik pribadi

Anda sudah membangun toko online dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter dan situs jual beli pihak ketiga, namun hasilnya belum juga maksimal? Artinya toko Anda belum begitu ramai dan angka penjualan pun tidak meningkat. Mungkin ini saatnya Anda untuk membuka toko online melalui website atau situs resmi milik pribadi.

Anda perlu membuat blog atau web yang isinya tentang edukasi produk yang Anda jual. Produk yang dijual melalui web dinilai lebih professional, sehingga masyarakat akan menaruh trust kepada bisnis Anda dan hasilnya banyak yang berbondong-bondong melarisi toko Anda. Dalam hal ini, Anda bisa memulai membuat website sendiri atau jika kurang menguasai bahasa pemrograman dan sejenisnya, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan toko online professional.

Jika Anda membuat sendiri websitenya, Anda perlu memilih domain. Nama domain inilah yang akan tercantum pada URL website yang mengidentifikasikan nama toko Anda. Jadi tipsnya adalah pilih nama domain yang unik dan mudah diingat. Setelah memilih domain, Anda juga harus tepat dalam memilih web host. Pertimbangkan dari mulai fitur, reputasi, jenis pelayanan dan harga, karena antara hosting satu dan lainnya memiliki keunggulan masing-masing.


2. Desain toko online semenarik dan seunik mungkin

Saat ini banyak sekali toko online yang tersebar di internet. Jadi jika Anda membuat toko online yang biasa-biasa saja, pasti pengunjung akan malas berlama-lama di toko Anda tersebut. Solusi agar toko online ramai pengunjung sekaligus pembeli adalah dengan mendesain toko online menjadi seunik dan semenarik mungkin. Buatlah toko online atau website yang lain dari pada yang lain, namun tetap mengedepankan kelayakan. Berikut ini tips dan trik membuat toko online menarik, sehingga pengunjung betah untuk melihat dan memilih produk:

• Perhatikan area paling atas homepage
Area paling atas homepage adalah spot pertama kali yang dituju oleh pengunjung toko online atau web. Jadi usahakan Anda mendesain area paling atas homepage dengan item produk terbaik. Pilih salah satu item dari daftar produk Anda, kemudian tempatkan foto produk tersebut tepat di bawah header.

• Perhatikan deretan produk terbaru
Jika toko online Anda memiliki produk terbaru, maka tempatkan pada urutan pertama pada deretan produk terbaru pada sisi paling kiri. Kenapa sisi paling kiri, karena mata cenderung melihat dari arah kiri ke kanan. Jadikan produk new arrivals, hot items dan featured products ini sebagai re-launching dari stok lama.

• Perhatikan urutan kategori produk yang kurang laku
Selaris-larisnya sebuah toko pastilah ada produk yang kurang laku. Anda bisa menyiasatinya dengan menempatkan kategori produk yang kurang laku tersebut di urutan pertama. Secara berkala, teruslah untuk merotasi item, agar semua produk yang berada dalam kategori kurang diminati akan berada pada posisi pertama yang artinya akan lebih mudah dan cepat dilirik oleh pengunjung.

3. Haramkan nge-spam

Spam artinya sampah. Sementara nge-spam berarti menyampah. Orang pasti akan ill feel dan menaruh kesan negatif pada orang yang menyampah di sembarang tempat. Di dunia bisnis online, nge-spam merupakan cara promosi yang tergolong kasar dan memaksa, sehingga sangat tidak dianjurkan untuk digunakan.

Nge-spam di manapun, termasuk di sosial media dengan nge-tag orang lain tanpa seizinnya ataupun di kolom komentar lapak orang lain sungguh tidak dianjurkan. Karena perbuatan semacam itu justru akan mengganggu dan merusak image toko online Anda.

Spamming
Image via pixabay.com

4. Jangan posting jualan terus. Sesekali berilah selingan

Anda sendiri pasti bosan dan bahkan illfeel kan jika melihat sosial media atau web yang isinya hanya menawarkan jasa atau jualan saja? Memang tidak salah jika Anda memposting jualan atau promosi, karena memang tujuan Anda membuat media sosial dan toko online tersebut memang untuk menjual. Tapi jika Anda hanya mengisinya dengan postingan jualan terus, maka akan membuat orang yang melihat akan merasa jenuh dan tidak tertarik pada toko Anda.

Cobalah untuk memberikan selingan-selingan yang mengandung manfaat, seperti artikel edukasi, tips, berita menarik dan lainnya. Selain akan memberikan manfaat bagi pengunjung, selingan-selingan tersebut juga akan memberikan nilai lebih untuk toko online Anda.

5. Sesekali berikan kuis yang berhadiah

Meskipun jika dilihat secara sekilas, dengan memberikan kuis berhadiah pastilah akan mengeluarkan modal, tapi hasilnya akan sangat luar biasa. Bahkan modal yang Anda keluarkan akan kembali lebih dari modal awal untuk memberikan hadiah kuis yang Anda buat. Tips ini mengandung banyak manfaat.

Selain selingan yang juga akan memberikan manfaat, pemberian kuis juga akan membuat pengunjung selalu mengingat toko online Anda. Cara ini tergolong ampuh untuk membuat toko online Anda menjadi ramai dan terkenal. Apalagi jika kuisnya diadakan di jejaring media sosial dan Anda memiliki followers sangat banyak, pasti work.


6. Tingkatkan SEO

SEO atau Search Engine Optimization juga sangat diperlukan dalam membangun bisnis online agar laris dan sukses. Apalagi jika bisnis Anda telah menggunakan website, maka SEO wajib Anda terapkan. SEO ini memungkinkan website Anda kebanjiran pengunjung. Sejatinya SEO ini akan membuat website Anda lebih mudah ditemukan di mesin pencari (search engine) semacam Google. SEO merupakan tips menaikkan jumlah pengunjung web yang tergolong lebih murah daripada teknik menggunakan Google adwords.

Dalam hal ini Anda bisa membuat sendiri artikel yang mengandung SEO atau memesannya di penyedia jasa content writer yang mengerti betul dengan teknik SEO. Meskipun cara membuat toko lebih ramai seperti ini membutuhkan pengetahuan, tenaga, waktu dan juga biaya, namun hasil yang akan diperoleh sangat menjanjikan.

7. Terapkan prinsip pembeli adalah raja

Ada banyak sekali karakter manusia di dunia ini. Dari mulai yang santai, sopan, hingga cerewet dan menjengkelkan. Sebagai seorang penjual, Anda tentu harus sadar dengan posisi Anda tersebut. Jadi jika Anda konsumen yang tanya macam-macam ini dan itu, Anda harus tetap meladeninya dengan sabar.

Apalagi di dunia internet yang mudah ditemukan kasus penipuan. Mungkin saja konsumen yang cerewet tersebut adalah orang yang pernah tertipu transaksi online. Dia ingin memastikan bahwa ia tidak akan tertipu lagi, sehingga akan sangat lebih hati-hati dalam membeli produk via online.

Intinya, tidak semua konsumen yang cerewet dan tanya ini itu adalah konsumen yang tidak potensial. Jika Anda melayaninya dengan baik, sabar dan jujur, pastilah rejeki tidak akan ke mana. Buatlah konsumen merasa nyaman dengan toko online Anda, sehingga bukan tidak mungkin ia akan kembali ke toko Anda tersebut. Bahkan bisa juga ia justru akan dengan sukarela meng-share online shop milik Anda ke orang-orang yang ia kenal di media sosialnya.

pembeli adalah raja
Image via unsplash.com

8. Gunakan endorser atau buzzer

Modal itu sangat penting dalam bisnis. Bahkan ada istilah yang mengungkapkan bahwa semakin banyak modal, maka bisnis semakin untuk dan sukses banyak. Meskipun demikian, sebagai pebisnis Anda pun perlu cerdas dalam mengalokasikan dana untuk modal. Salah satu modal yang pasti akan mendatangkan keuntungan adalah menyewa endorse atau buzzer.

Anda bisa menggunakan jasa endorse selebgram artis, twit, professional ataupun blogger. Yang pasti endorse di sini haruslah seseorang yang cocok dengan brand yang toko online Anda dan pastikan pula track recordnya baik.

Ibaratnya endorse adalah wajah bisnis Anda. Jika wajahnya baik, maka toko online Anda akan baik, bahkan bisa jadi banjir pengunjung yang akhirnya closing penjualan.

9. Jangan ragu memberikan diskon sekali kali

Siapa yang tidak suka diskon? Bahkan Anda pun pasti sangat suka dengan diskon. Apalagi jika diskon tersebut diperuntukkan barang atau produk yang benar-benar Anda incar dan butuhkan. Posisikan calon konsumen Anda adalah Anda yang haus akan diskon. Sesekali berikanlah diskon untuk toko online Anda. Berikut ini beberapa diskon yang ampuh sekali untuk menarik konsumen, sehingga toko online Anda akan menjadi lebih ramai:

• Terapkan waktu diskon
Misalnya diskon 50% all item di setiap waktu pembelanjaan pukul 22.00 hingga pukul 00.00. Atau bisa juga menggunakan hari. Misalnya Friday Sale dengan diskon 50% untuk setiap pembelanjaan minimal seharga Rp.100.000.

• BOGOF
BOGOF maksudnya adalah beli satu gratis satu. Anda bisa menambahkan persyaratan untuk setiap pembelian di atas Rp.200.000.

• Post dan Discount
Artinya pelanggan akan mendapatkan diskon sekian persen setelah mengepostkan foto produk yang sudah mereka beli. Bisa posting di sosial media manapun, seperti Instagram, Twitter, Facebook, Line dan lainnya. Postingnya pun wajib disertai dengan kata-kata yang unik dan menarik.

10. Berikan pilihan pada jenis atau metode pembayaran

Sampai saat ini belanja di toko online masih dihindari oleh beberapa orang karena alasan ribet dalam urusan pembayaran. Mencermati dari fakta ini Anda perlu menyediakan jenis dan metode pembayaran yang ramah bagi calon konsumen. Jika memungkinkan, cantumkan beberapa jenis atau metode pembayaran, seperti kartu kredit, internet banking, PayPal dan lainnya.

Tujuannya adalah agar calon konsumen bisa memiliki metode pembayan sesuai yang mereka anggap aman, nyaman dan punyai. Bisa dibilang, semakin professional sebuah toko online, maka toko tersebut akan menyediakan jenis dan metode pembayaran yang lengkap.

Internet adalah media yang canggih yang patut Anda pergunakan dengan sebaik-baiknya untuk bisnis. Pasalnya saat ini sebagian besar masyarakat Indonesia dan dunia telah menggunakan internet dalam menjalankan urusannya, termasuk jual beli.

Banyaknya toko online yang telah menggunakan internet, maka Anda wajib kreatif dan berinovasi. Cara dan tips meningkatkan jumlah pengunjung toko online tersebut dipercaya akan mampu membuat toko lebih ramai pembeli, sehingga Anda patut untuk menerapkannya.

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *