Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Tepat

Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Tepat

Setiap orang membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Proses mencari susah-susah gampang untuk dilakukan. Terkadang, ada seseorang yang seolah-olah mudah sekali dalam mendapatkan pekerjaan. Namun, ada pula orang yang mencari pekerjaan kesana kemari namun tidak kunjung mendapatkannya. Salah satu tips untuk bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat adalah dengan mengajukan surat lamaran yang baik dan tepat.

Pentingnya Menulis Surat Lamaran Kerja yang Tepat

Menulis surat lamaran pekerjaan bukan hanya sekedar syarat untuk mendapatkan sebuah pekerjaan. Lebih dari itu, surat lamaran pekerjaan memiliki makna yang cukup banyak. Menulis surat lamaran yang baik akan membuat pihak instansi atau perusahaan yang Anda lamar mempertimbangkan lebih terhadap lamaran yang Anda ajukan.

Jika surat lamaran yang diajukan rapi dan tepat, maka ini akan menjadi nilai plus untuk Anda. Berbeda jika surat lamaran pekerjaan ditulis asal-asalan sebagai syarat saja. Ini akan menurunkan citra Anda meskipun Anda memiliki tingkat pendidikan yang cukup tinggi. Intinya, surat lamaran memang bisa mewakili diri Anda ketika melamar sebuah pekerjaan.

Selain itu, menulis surat lamaran yang tepat juga akan membuat tujuan atau maksud Anda menjadi tersampaikan dengan tepat. Banyak orang yang salah dalam memilih kata, menulis huruf, sehingga surat lamaran menjadi kurang layak dan tidak enak untuk dibaca. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa hal penting dalam menulis sebuah surat lamaran pekerjaan.

Tips Menulis Surat Lamaran Pekerjaan

Ada beberapa tips penting yang perlu diketahui dalam menulis surat lamaran pekerjaan. Dengan memperhatikan tips ini secara tepat dan cermat, maka Anda akan bisa menulis surat lamaran yang benar-benar cocok untuk dikirimkan.

1. Tulislah dengan jujur

Hal yang paling penting untuk dilakukan dalam menulis surat lamaran pekerjaan adalah menuliskannya dengan penuh kejujuran. Mengapa? Pihak perusahaan atau instansi yang Anda lamar pasti akan bisa membaca apakah surat lamaran yang Anda buat jujur atau tidak.

Sampaikanlah kelebihan Anda secara jujur. Begitu pula ketika Anda menyampaikan kekurangan Anda juga harus dituliskan dengan jujur. Jangan sampai Anda melebih-lebihkan untuk menutupi kekurangan.

2. Menggunakan bahasa formal

Menulis sebuah surat lamaran pekerjaan tentu berbeda ya dengan menulis surat cinta untuk pacar. Anda harus menggunakan bahasa yang formal serta menggunakan Ejaan Yang Telah Disempurnakan (EYD). Hal ini dikarenakan urusan melamar pekerjaan adalah hal yang serius, bukan main-main.

Sebuah instansi atau perusahaan yang membuka lamaran pekerjaan pasti memang benar-benar serius untuk mencari pekerja baru. Oleh karena itu, Anda juga harus menunjukkan keseriusan Anda untuk mengisi lowongan pekerjaan tersebut. Jika bahasa yang Anda gunakan tidak benar, tentu saja impian untuk dipanggil wawancara tidak akan pernah untuk Anda dapatkan.

Anda bisa mencari contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar dan membacanya. Pelajari mana kata-kata yang cocok untuk dituliskan dalam sebuah surat lamaran pekerjaan. Jadi, surat lamaran yang Anda ajukan pun akan sesuai dengan harapan.

3. Sampaikan skill Anda dengan penuh percaya diri

Setiap orang tentu memiliki skill yang berbeda-beda. Jika skill yang Anda miliki benar-benar pas dengan lowongan pekerjaan yang Anda, ini merupakan kesempatan yang besar untuk Anda. Itulah mengapa Anda tidak boleh ragu-ragu dalam menyampaikan skill yang dimiliki.

Sampaikan secara jujur dan penuh percaya diri tentang skill Anda kepada pihak perusahaan Jangan lupa, gunakan kata-kata yang benar-benar meyakinkan agar perusahaan yakin dengan skill tersebut. Untuk membuktikannya, Anda bisa melampirkan bukti-bukti tentang skill Anda.

Ada banyak kalimat yang bisa dipilih untuk meyakinkan perusahaan akan kemampuan Anda. Pilihlah kata-kata yang tepat dan formal agar perusahaan mempertimbangkan surat lamaran Anda.

Baca Juga: 21 Tips Interview Kerja: Cara Menjawab Wawancara dan Pertanyaan HRD

4. Hindari typo

Typo atau kesalahan dalam mengetik memang bisa terjadi pada siapa saja. Namun, Anda bisa mengantisipasi hal ini dengan membaca ulang surat lamaran yang telah dibuat.. Namun seiring dengan perkembangan jaman, banyak orang yang menuliskan surat lamaran pekerjaan dengan diketik. Hal ini justru sangat riskan dengan typo.

Typo bisa disebabkan karena terburu-buru dalam menuliskan surat lamaran pekerjaan. Tidak cermat juga menjadi salah satu penyebabnya. Maka, periksa kembali kata-kata dan kalimat secermat mungkin untuk menghindari typo.

5. Perhatikan isi paragraf pertama dan isi paragraf terakhir

Surat lamaran pekerjaan hendaknya memang ditulis secara tegas dan tidak berbelit-belit atau to the point. Maka, dalam menuliskan paragraf pertama dan terakhir tidak perlu dituliskan dengan panjang lebar. Pada paragraf pertama, Anda bisa langsung menyampaikan tujuan Anda untuk melamar pekerjaan.

Sedangkan di paragraf terakhir, Anda bisa melakukan dengan tegas tentang harapan Anda agar diterima di perusahaan tersebut. Ini akan memberikan kesan bahwa Anda memang benar-benar membutuhkan lowongan pekerjaan tersebut.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, maka Anda bisa berkesempatan untuk dipanggil oleh instansi atau perusahaan yang Anda lamar. Berikut adalah contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa Anda perhatikan.

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Baik dan Benar

Berikut salah satu contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa menjadi referensi untuk Anda:

Kebumen, 10 Oktober 2019

Kepada
Yth. HRD PT Bintang Jaya Motor
Jalan Ahmad Yani No. 5 Kebumen

Dengan hormat,
Sesuai dengan informasi yang saya dapatkan dari surat kabar Berita Harian Kebumen, maka dengan ini saya mengajukan lamaran kerja di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin sebagai staff marketing sesuai dengan lowongan yang dibutuhkan.

Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Siska Aulia
Tempat Tanggal Lahir : Kebumen, 4 Mei 1997
Pendidikan : S1 Manajemen
Nomor HP : 0812 2293 2293
Alamat : Jalan Banyu Biru Nomor 4 Kebumen

Saat ini, saya telah memiliki pengalaman kerja sebagai staff marketing di sebuah perusahaan. Dengan ini , saya siap untuk memberikan dedikasi dan skill yang saya miliki di perusahaan yang Bapak/ Ibu pimpin. Saya memiliki kemampuan untuk mengoperasikan komputer, menangani customer, serta berbahasa inggris.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut beberapa data yang saya lampirkan.

  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Pas Foto
  3. Fotocopy Ijazah Terakhir
  4. Fotocopy KTP
  5. Fotocopy Transkrip Nilai
  6. Surat Pengalaman Kerja

Saya sangat berharap untuk mengikuti tes selanjutnya untuk menjelaskan kemampuan yang saya miliki secara lebih detail.

Hormat saya,

 

Siska Aulia

Jangan lupa, Anda juga harus membubuhkan tanda tangan pada akhir surat lamaran pekerjaan. Seringkali orang-orang melupakan untuk membubuhkan tanda tangannya. Tulislah surat lamaran kerja dengan serius, jujur, dan apa adanya. Gunakan bahasa yang baik dan benar untuk lebih meyakinkan pihak perusahaan. Surat lamaran pekerjaan yang baik akan memberikan kesempatan lebih besar untuk diterima. Selamat mencari kerja.

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.