Home Bisnis Cara Memulai Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Cara Memulai Usaha Sampingan dengan Modal Kecil

Memiliki pekerjaan adalah hal yang di inginkan oleh banyak orang, dengan memiliki pekerjaan seseorang bisa menghasilkan uang yang kemudian bisa digunakan untuk membeli berbagai macam keperluan, dari mulai kebutuhan primer sampai kebutuhan sekunder.

Namun tidak sedikit juga orang yang sudah memiliki pekerjaan, namun tetap menginginkan penghasilan lainnya, entah itu memang pendapatan yang dia dapatkan kurang menutupi kebutuhan atau juga karena memang ingin memiliki usaha sampingan agar bisa mendapatkan tambahan yang bisa di tabungkan.

Hal lainnya yang bisa membuat kita terjun untuk memiliki usaha sampingan adalah:

Melihat Peluang Usaha Yang Tidak Disadari Orang-orang

Selain kedua faktor di atas, usaha sampingan pun bisa terjadi ketika kita melihat salah satu peluang usaha yang tidak disadari oleh banyak orang. Bahkan usaha sampingan ini bisa berawal dari niat iseng saja, namun jika di jalankan dengan telaten dan memang jenis usaha yang kamu jalankan merupakan usaha yang menjanjikan namun belum disadari oleh banyak orang, kemungkinan besar usaha ini akan berjalan lancar.

Jenuh Dengan Pekerjaan

Meski banyak jumlah pengangguran yang menginginkan untuk memiliki pekerjaan, namun kenyataannya banyak juga pekerja yang bosan atau jenuh dengan pekerjaan yang dimilikinya, jenuh dengan pekerjaan disini bisa terjadi oleh beberapa faktor seperti misal bosan dengan suasana kerja. Tidak adanya perkembangan dari pendapatan atau juga dari segi ilmu yang di dapatkan, dan bisa juga pekerjaan yang sedang dijalankan bukan pekerjaan yang sesuai dengan minat pekerja itu sendiri sampai akhirnya berupaya untuk membuat usaha sampingan dengan harapan bisa menjadi pekerjaan utama yang di jalankan.

Untuk bisa memiliki usaha sampingan ini kita di tuntut untuk memiliki ide jenis usaha yang akan di jalankan, dan juga manajemen waktu yang cukup baik, dan yang pasti ketika kita menginginkan usaha sampingan, kita juga di tuntut untuk memiliki modal yang cukup.

Ketika membayangkan modal biasanya kita akan membayangkan modal yang besar, namun ternyata masih banyak loh jenis usaha yang bisa dijalankan meski kamu hanya memiliki modal yang kecil, usaha apa saja kah itu? Dan bagaimana cara memulai usahanya? Mari kita bahas bersama.


Daftar isi dari artikel ini:

  1. Jasa Cuci Motor
  2. Jual Beli Motor Bekas
  3. Jual Pulsa Elektrik
  4. Menjual Foto di Internet
  5. Jasa Laundry
  6. Penerjemah
  7. Jual Beli Baju Bekas
  8. Membuat Blog
  1. Jasa Cuci Motor

Bisnis Sampingan Jasa Cuci Motor

Sudah bisa kita lihat dengan jelas bahwa semakin hari semakin banyak pengguna sepeda motor di jalanan, dan rasanya di Indonesia ini hampir setiap keluarga atau setiap rumah memiliki sepeda motor. Selain sepeda motor memerlukan rutinitas perawatan service pada mesin, hal lainnya yang harus dilakukan oleh pemilikinya adalah mencucinya dengan rutin.

Tapi perlu kalian ketahui bahwa tidak semua pemilik sepeda motor ini mau mencuci motornya, entah itu malas atau memang tidak memiliki waktu, untuk itu jasa cuci motor bisa dijadikan peluang usaha yang cukup baik. Meski tidak sedikit juga orang yang membuka jasa cuci motor, tapi seperti yang sudah dijelaskan bahwa pengguna motor ini sangat-sangat banyak!

Selain itu membuka jasa cuci motorpun hanya memerlukan sedikit perlengkapan yang tidak begitu mahal seperti kompresor, air, sabun, kain lap, sikat, sabun dan juga semir. Jika di kalkulasikan semua perlengkapan tersebut hanya membutuhkan biaya minimal 2 juta sampai 3 juta rupiah saja, beda halnya ketika kamu akan membuka jasa cuci mobil yang dimana kamu memerlukan dana tambahan untuk menyewa tempat yang lebih besar. Sedangkan untuk jasa cuci motor ini kamu masih bisa membukanya hanya di teras rumah kamu, sedangkan untuk pegawai kamu bisa mencarinya seseorang yang sedang membutuhkan pekerjaan.

  1. Jual Beli Motor Bekas

Jual Beli Motor Bekas

Seperti yang dikatakan di atas bahwa peminat sepeda motor ini semakin hari semakin bertambah, bahkan diketahui bahwa dealer motor di wilayah kabupaten sendiri mampu mengeluarkan 50 sampai dengan 100 unit motor per minggunya, lalu kenapa kamu tidak ikut andil dalam jual beli motor ini yang dimana pasti akan menguntungkan.

Jika kamu tertarik untuk melakukan usaha ini, kamu bisa mulai dengan mencari orang-orang yang menjual motor bekas, dalam pencarian motor bekas ini kamu harus sangat giat dan bersabar. Jika kamu beruntung maka kamu akan menemukan motor yang dijual murah dan memiliki kondisi yang sangat baik, lalu kamu bisa menjualnya kembali dengan harga pasaran yang berlaku di situs-situs jual beli motor. Untuk melakukan usaha inipun kamu bisa melakukannya sambil bekerja, karena negosiasi awal biasanya hanya melalui telepon saja sampai akhirnya bertemu dengan peminat.

Sedangkan modal yang kamu butuhkan tergantung jenis motor yang akan kamu jual, jika minimal kamu memiliki modal 4 juta rupiah, kamu bisa mulai mencobanya dengan membeli sepeda motor bebek, dan jika kamu berhasil menjualnya dengan mendapatkan keuntungan, kamu bisa menambahkan keuntungan tersebut untuk lalu kamu investasikan dan membeli motor yang lebih mahal.

  1. Jual Pulsa Elektrik

Jual Pulsa Elektrik

Jika kamu memiliki modal yang kecil namun kamu ingin memiliki usaha sampingan, mungkin kamu bisa mencobanya dengan membuka usaha jual pulsa elektrik, bisa kamu lihat bahwa hampir semua orang memiliki handphone, karena sepertinya di jaman sekarang ini tidak ada orang yang kuat tanpa melihat handphone.

Kondisi tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menjadi penjual pulsa, karena kebutuhan pulsa ini hampir selalu ada di setiap harinya, dan untuk mengawali usaha inipun kamu tidak memerlukan modal yang cukup besar, kamu bisa memulainya dengan modal 500 ribu sampai 1 juta rupiah. Sedangkan untuk penjualannya kamu bisa awali dari mulut ke mulut atau orang-orang dekat yang berada di sekitaran lingkungan kerja ataupun sanak saudara.

Jika kamu bisa mengaturnya dengan baik, maka modal awal kamu akan bertambah yang kemudian bisa saja kamu investasikan untuk memiliki toko pulsa dan perlengkapan handphone lainnya di rumah dengan memanfaatkan keuntungan dari jual beli pulsa. Meski terlihat sepele, ternyata di Jakarta sendiri diketahui ada pengusaha atau seseorang yang membuka sampingan jual pulsa dengan sekala yang besar dan menghasilkan omset 20 triliun dalam satu tahun.

  1. Menjual Foto di Internet

Menjual Foto di Internet

Usaha lainnya yang bisa kamu lakukan di zaman yang modern ini selain berbisnis online, salah satunya adalah menjual foto di internet, dan modalnya pun bisa di bilang cukup murah, kamu bisa hanya cukup dengan menggunakan smartphone kamu yang memiliki kualitas kamera yang cukup baik. Lalu cobalah kamu untuk mengambil berbagai foto yang menurutmu bisa di komersilkan, kemudian untuk penjualannya sendiri kamu bisa mendaftar di website jual foto seperti ShutterStock.com atau juga Istockphoto.com.

Untuk keuntungannya kamu bisa mendapatkan komisi sekitar 20% sampai 30% jika kamu berhasil menjual foto kamu di website ShutterStock, dan 10% jika kamu berhasil menjualnya di Istockphoto. Sedangkan untuk pembayarannya sendiri bisa kamu dapatkan dengan menggunakan Paypal. Jenis usaha ini kamu diperlukan untuk memiliki ide yang cukup baik, dan akan lebih menyenangkan jika ternyata kamu menyukai traveling dan mengabadikan berbagai moment yang bagus dan komersil.

  1. Jasa Laundry

Usaha Sampingan laundry

Di zaman sekarang banyak orang yang lebih menyukai hal yang praktis, dan salah satunya adalah ketika memiliki banyak cucian baju kotor namun ingin selesai tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga, melihat situasi tersebut ada baiknya di jadikan peluang usaha yang baik dengan membuka jasa laundry.

Sama halnya seperti membuka jasa cuci motor, jasa laundry juga tidak memerlukan banyak peralatan, kamu hanya memerlukan mesin cuci, pengering, dan setrika, sabun, pewangi, dan juga kiloan yang di taksir hanya memerlukan modal sebesar 6 juta rupiah saja.

Kembali jika kamu bisa menjalankan usaha ini dengan baik, maka kamu bisa investasikan keuntungan dari jasa laundry ini untuk membuka tempat yang lebih besar, menambah mesin, dan juga mengerjakan banyak karyawan. Keuntungan dari jasa laundry bisa di bilang cukup tinggi, dan akan lebih menguntungkan jika ternyata tempat jasa laundry yang kamu jalankan berada di kawasan pekerja ataupun mahasiswa.

  1. Penerjemah

Usaha sampingan penerjemah

Jika kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris atau bahasa yang lainnya yang baik, namun kamu bekerja di bidang yang tidak menggunakan bahasa tersebut sama sekali, maka ada baiknya kamu memanfaatkan kemampuan kamu berbahasa Inggris untuk menjadi penerjemah. Usaha ini cukup menjanjikan loh, terlebih jika kamu bergabung di platform penerjemah berbasis online yang dimana kamu bisa mendapatkan client dari mana saja.

Jenis usaha seperti inipun dinilai tidak memerlukan modal, kamu hanya membutuhkan waktu saja untuk menterjemahkan di sela-sela kesibukan kamu bekerja. Untuk itu kemampuan berbahasa asing bisa menjadi modal utama kamu untuk memulai usaha penerjemah.

  1. Jual Beli Baju Bekas

Jual Beli Baju Bekas

Jika kamu ingin memiliki usaha sampingan tapi tidak memiliki modal yang besar, kamu bisa mencoba usaha sampingan yang satu ini, yaitu menjual baju atau perlengkapan fashion lainnya yang bekas. Baju bekas disini bukan berarti bekas dan sudah rusak, namun masih sangat layak pakai namun sudah tidak terpakai lagi.

Untuk mendapatkan baju bekas ini kamu bisa mencari agen jual baju bekas yang dalam jumlah kodian atau paket, namun biasanya kamu tidak bisa memilih pakaian yang akan kamu jual. Seperti contoh, kamu membeli baju bekas satu kodi dengan pilihan kaos lengan panjang, dan kamupun akan mendapatkan satu kodi kaos lengan panjang secara acak entah itu dari warna sampai merk.

Harga satu kodi pakaian bekas ini berbeda-beda, tergantung jenis busana yang akan kamu pilih, minimal 500 ribu rupiah untuk satu kodi kaos. Namun kamu juga bisa loh menjalankan usaha ini tanpa harus memiliki modal, yaitu dengan cara kamu mencari tahu ke teman atau saudara yang memiliki pakaian yang sudah tidak terpakai lagi. Jika ada kamu bisa menjualnya dan membagi hasil dari penjualan tersebut. Jangan berpikir pakaian bekas ini tidak ada peminatnya loh, karena banyak orang yang mencari pakaian bekas yang mungkin tidak beredar lagi di pasaran.

  1. Membuat Blog

Usaha Sampingan Membuat Blog

Usaha sampingan lainnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjalankan suatu blog, penghasilan dari blog ini cukup mencengangkan loh! Terlebih jika kamu fokus menjalankannya, lalu dari mana kita bisa mendapatkan keuntungan?

Pertama-tama pastikan bahwa kamu memiliki minat untuk menulis, yang kedua buatlah blog yang menarik, tulislah berbagai macam artikel entah itu tentang fashion, otomotif, kecantikan, fotografi, atau bahkan berbagai macam kejadian pribadi yang menarik dan bisa menjadi pelajaran bagi banyak orang.

Jika ternyata tulisan kamu menghasilkan pengunjung blog dengan jumlah yang cukup besar, maka kamu bisa mendaftarkan blog kamu ke Google Adsense. Yang dimana nantinya kamu akan berkerja sama dengan orang-orang yang ingin memasang iklan di blog kamu, dan tentunya semakin bagus nilai blognya, semakin mahal juga harga iklan yang akan di pasang di blog kamu.


Kiat-kiat Agar Bisnis Kamu Lancar

Masih banyak jenis usaha atau bisnis yang bisa kamu kerjakan, namun jangan lupa juga untuk melakukan berbagai macam cara agar usaha sampingan kamu ini bisa berjalan lancar, apa saja kiat-kiatnya? mari kita bahas bersama.

Pilih Usaha Yang Kamu Kuasai

Meski banyak pilihan yang menjanjikan, namun disarankan untuk kamu memilih bisnis atau jenis usaha yang kamu kuasai, misal kamu lebih minat berjualan maka pilihlah berjualan. Jika minat kamu pada jasa, maka lakukanlah usaha jasa, karena jika kamu hanya meniru atau juga menginginkan seperti orang lain tanpa memiliki minat yang sama, maka kelak kamu akan merasa terpaksa ketika menjalankannya. Dengan perasaan seperti itu apa yang kamu jalankan tidak akan terasa menyenangkan, jadi usahakanlah kamu untuk memiliki minatnya terlebih dahulu.

Baca juga bagaimana cara mengubah passion Anda menjadi penghasilan

Sampaikan Usaha Yang Kamu Jalankan Pada Teman

Ketika kamu sudah memulai membuka usaha sampingan, beritakanlah usaha yang kamu jalankan ini pada teman teman kamu, entah itu melalui media sosial, atau juga melalui mulut ke mulut. Mengapa harus lakukan itu? Karena bisa saja teman kamu ini menjadi calon pelangganmu. Selain itu bisa juga teman kamu menjadi mitra bisnis yang kamu jalankan, sehingga usaha yang kamu jalankan bisa menjadi semakin berkembang.

Manfaatkan Sosial Media

Saat ini media sosial cukup menjadi media yang menjanjikan untuk para pengusaha, dengan begitu kamu juga jangan sampai ketinggalan untuk memanfaatkan media sosial ini untuk melakukan promo, iklan, dan lain-lain yang memberikan informasi mengenai usaha yang kamu jalankan. Dengan begitu usaha yang kamu jalankan akan lebih mudah dikenal dalam jaringan yang cukup luas tanpa kamu harus pepergian ke berbagai tempat.

Jangan Mudah Bosan

Hal penting lainnya yang harus kamu lakukan ketika akan menjalankan usaha sampingan adalah jangan cepat merasa bosan. Apapun jenis usaha dan berapa besarpun modal yang kamu miliki akan percuma jika kamu masih memiliki sifat merasa cepat bosan. Usaha kadang tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan, kita akan mengenal pasang surut. Namun ketika kamu bertahan dalam kondisi tersebut maka sudah di pastikan kamu adalah calon pengusaha sukses! Jadi janganlah merasa bosan ketika kamu menjalankan usaha ini, lakukan dengan semangat dan penuh ide kreatif yang di jalankan.

Itulah beberapa hal-hal yang harus kamu lakukan ketika akan menjalankan suatu usaha, banyak peluang usaha yang bisa kamu lakukan dan janganlah kamu takut untuk mencoba. Karena jika kamu terus merasa takut dengan kerugian, sampai kapanpun kamu tidak akan pernah menjalankan usaha yang kamu inginkan.

Beranilah untuk memulai langkah awal dari usaha sampinganmu dan cobalah realisasikan keinginan kamu untuk memiliki usaha sampingan. Dengan memulai langkah awal maka kamupun bisa mulai berjalan dan mengetahui berbagai macam kenikmatan begitupun juga rintangan dalam mengembangkan usaha. Tetap semangat dan siapa tahu dari main-main, usaha sampingan kamu ini bisa menjadi bukan main.

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *