Home Bisnis 21 Tips Interview Kerja: Cara Menjawab Wawancara dan Pertanyaan HRD

21 Tips Interview Kerja: Cara Menjawab Wawancara dan Pertanyaan HRD

Inilah tips interview kerja terlengkap yang bisa membantu kamu sukses menjawab pertanyaan HRD dan tahu bagaimana cara menjawab yang baik, sopan, tegas dan benar. Mau tahu?

Mari kita renungkan sebenar saja, mendapatkan sebuah pekerjaan yang diinginkan tidak semudah membalikkan telapak tangan, mau memulai bisnis juga sama saja tidak mudah. Untuk mendapatkan pekerjaan kita harus melewati berbagai macam proses dan seleksi yang harus dilakukan agar bisa memenangkan sebuah peluang kerja yang diimpikan. Tidak sedikit orang yang gagal dalam usahanya mendapat pekerjaan karena hasil interview yang kurang memuaskan.

Sejatinya, interview atau wawancara kerja adalah proses dimana Anda melakukan sebuah tawar menawar, dalam hal ini Anda menawarkan kemampuan dan keahlian yang dimiliki kepada suatu perusahaan. Agar wawancara yang Anda persiapkan dapat sukses, berikut ini kami berhasil mengumpulkan 21 pertanyaan dan tips interview kerja yang bisa Anda pelajari.

Pertanyaan yang Umum Diajukan HRD

Ingat, setiap perusahaan memiliki sistem tersendiri dalam proses penerimaan karyawan baru. Ada yang menggunakan tahapan yang cukup komplit seperti tes tulis, tes kesehatan, psikotes dan tes wawancara. Ada yang menggunakan beberapa saja, atau bahkan ada yang hanya menggunakan satu macam tes. Namun, tes wawancara umumnya dilakukan oleh hampir semua perusahaan. Melalui tes wawancara, setidaknya HRD akan memiliki gambaran mengenai sosok calon karyawan yang akan bergabung dalam perusahaan mereka.

Daftar isi ke 21 Pertanyaan

  1. Katakan sesuatu tentang diri Anda
  2. Anda Belajar Teknik Mesin, Mengapa Menyukainya?
  3. Siapa yang Membayar Biaya Kuliah Anda?
  4. Apakah Anda Ingin Melanjutkan Sekolah lagi Jenjang yang Lebih Tinggi?
  5. Di samping pendidikan formal, apakah Anda pernah mengambil satu atau dua pendidikan atau kursus informal?
  6. Apakah Anda pernah berkecimpung dalam organisasi selama menjadi mahasiswa?
  7. Apa arti bekerja bagi Anda?
  8. Tolong sebutkan kekurangan dan kelebihan Anda!
  9. Apa arti sebuah tim bagi Anda?
  10. Jika berada dalam tim, posisi apa yang Anda inginkan?
  11. Apa pendapat Anda mengenai tekanan yang diberikan atasan dan mampukah Anda menerimanya?
  12. Apakah Anda orang yang mampu menerima kritik?
  13. Jika anak buah Anda melakukan kesalahan, apa tindakan Anda?
  14. Bisakah Anda menerima pengaduan masalah pribadi dari anak buah?
  15. Bagaimana sikap Anda jika menghadapi permasalahan pekerjaan yang besar?
  16. Mengapa Anda pindah perusahaan?
  17. Apa yang membuat Anda tertarik bekerja di perusahaan kami?
  18. Jika Anda diterima di perusahaan kami, apa rencana Anda selama 5 tahun ke depan?
  19. Apakah Anda bersedia ditempatkan di mana saja?
  20. Bisakah Anda menyebutkan gaji Anda saat ini?
  21. Berapa gaji yang Anda inginkan di sini?

Detail dari tips dan trik interview kerja di bawah ini mengandung daftar pertanyaan-pertanyaan yang biasanya digunakan oleh HRD dalam rangka menggali potensi Anda. Di sini, Anda juga akan diberikan clue atau bantuan cara untuk menjawabnya.

Silahkan dipelajari pelan-pelan.

  1. Katakan sesuatu tentang diri Anda

Dalam hal ini, HRD mencoba untuk mencari tahu latar belakang dan kepribadian Anda. Anda harus menjawab dengan jelas dan jujur. Tips interview kerja untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan memberikan gambaran diri Anda secara singkat seperti nama, alamat, riwayat sekolah dan pengalaman kerja. Tidak perlu memberikan pernyataan yang menggantung sehingga akan menimbulkan pertanyaan.

tips interview menjawab hrd

Contoh jawabannya adalah seperti ini. Saya adalah Muhammad Apta tinggal di Jl Anggur Malang. Saya lulus dari Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Malang. Saya bekerja di PT Karya Budi Sentosa sejak 2015 hingga saat ini dan menjabat sebagai Supervisor Produksi.

  1. Anda Belajar Teknik Mesin, Mengapa Menyukainya?

Pertanyaan ini untuk menguji seberapa besar passion Anda terhadap bidang yang Anda pilih. Anda harus menunjukkan bahwa bidang yang Anda minati ini memang merupakan sesuatu yang Anda inginkan sejak kecil.

Cara untuk menjawab pertanyaan ini adalah mesin merupakan suatu hal yang tidak terpisahkan dari keseharian kita semua dan saya merasa senang untuk selalu mengembangkan dan mencoba sesuatu yang baru dari sebuah mesin. Itulah mengapa saya memutuskan untuk mengambil jurusan teknik mesin.

  1. Siapa yang Membayar Biaya Kuliah Anda?

HRD berusaha untuk mengetahui level kemandirian Anda. Anda bisa menjawab dengan jujur jika memang Anda masih menjadi tanggungan orang tua selama masa kuliah. Jangan mencoba untuk berkata bohong atau mengarang sebuah cerita demi meraih simpati mereka. Tips Interview kerja bagi fresh graduate ini harus benar-benar Anda perhatikan.

Anda bisa menjawab Orang tua saya meminta saya untuk fokus terhadap kuliah, jadi biaya sekolah secara sepenuhnya ditanggung oleh mereka. Namun, saya berusaha keras untuk segera lulus agar meringankan beban mereka. Itulah mengapa saya bisa menyelesaikan pendidikan dalam kurun waktu empat tahun.

  1. Apakah Anda Ingin Melanjutkan Sekolah lagi Jenjang yang Lebih Tinggi?

HRD mencoba menanyakan rencana Anda di masa depan. Dalam hal ini, jika bekerja menjadi prioritas Anda, jawablah dengan jujur apa adanya. Tips interview kerja yang efektif adalah dengan menjawab sebagai berikut ini.

Untuk sementara ini saya lebih fokus ingin bekerja dan berkarir, jika suatu saat ada kesempatan yang diberikan untuk saya agar bisa melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, mungkin itu adalah waktu yang terbaik.

  1. Di samping pendidikan formal, apakah Anda pernah mengambil satu atau dua pendidikan atau kursus informal?

Jika Anda sudah mencantumkan riwayat kursus atau pendidikan lain yang pernah Anda jalani di Daftar Riwayat, Anda bisa menjawabnya dengan detail sesuai apa yang Anda tulis. Umumnya, HRD hanya ingin memastikan kesesuaian tulisan Anda.

Anda bisa menjawabnya seperti ini. Saya pernah mengambil sebuah sekolah bisnis online atau kursus komputer singkat untuk mempelajari beberapa program seperti Ms Word, Excel, Powerpoint, Autocad, Photoshop dan Coreldraw karena saya pikir program tersebut penting untuk dikuasai. Saya juga belajar bahasa Inggris dan Mandarin di sebuah lembaga pendidikan selama 1 tahun.

  1. Apakah Anda pernah berkecimpung dalam organisasi selama menjadi mahasiswa?

Pengalaman berorganisasi menjadi nilai tambah di mata perusahaan karena umumnya bakat kepemimpinan terasah melalui keorganisasian. Untuk membuatnya meyakinkan, tips interview kerja yang benar adalah dengan menyertakan sertifikat atau piagam jabatan yang Anda terima dari organisasi.

Cara menjawab pertanyaan di atas adalah seperti ini. Saya memfokuskan diri untuk benar-benar belajar, oleh karena itu saya hanya mengikuti dua organisasi yang saya anggap bermanfaat yaitu BEM dan DPM.

  1. Apa arti bekerja bagi Anda?

Tips interview kerja bagi pemula untuk menjawab pertanyaan ini adalah dengan memberikan gambaran singkat, jelas, realistis dan tidak terlalu muluk-muluk. Jangan memberikan jawaban yang terlalu idealis sehingga mereka akan merasa bahwa Anda terlalu mengada-ada.

Anda bisa menjawab seperti berikut. Bekerja merupakan kebutuhan agar bisa menghasilkan uang dan melanjutkan hidup, namun bagi saya, bekerja tidak hanya berarti demikian. Dengan bekerja, saya merasa memiliki sarana untuk memanfaatkan kemampuan dan keahlian yang saya miliki agar apa yang telah saya pelajari tidak sia-sia, selain itu saya juga ingin meraih kesuksesan melalui perusahaan di mana saya berkontribusi

  1. Tolong sebutkan kekurangan dan kelebihan Anda!

Dalam hal ini, HRD mencoba mencari tahu sejauh mana Anda mengenal diri pribadi Anda. Tips interview kerja agar lolos adalah menyebutkan sesuatu yang menjadi keunggulan dan kekurangan. Jangan terlalu banyak memberikan kisi-kisi, secukupnya saja.

Cara menjawabnya adalah saya seorang pekerja keras, menghargai waktu, bisa bekerja sama dalam tim dan tekanan. Saya juga adalah seorang yang kritis dan saya menganggap hal ini adalah sebuah kekurangan karena saya menyadari bahwa tidak semua orang bisa dengan berbesar hati menerima kritikan.

  1. Apa arti sebuah tim bagi Anda?

Sesuai jawaban Anda di atas bahwa Anda dapat bekerja sama dalam tim, Anda bisa menjawab sebagai berikut. Tim kerja ibaratnya sebuah keluarga, jika ada anggota keluarga yang sakit maka semua anggota lainnya turut merasakannya. Tim bagi saya adalah sebuah kendaraan untuk mencapai kesuksesan. Tanpa dukungan tim yang solid, sebuah perusahaan tidak akan maju dan berkembang dengan pesat.

Tips interview kerja untuk pertanyaan seperti ini adalah menekankan bahwa Anda merupakan orang yang menjunjung tinggi kebersamaan dan kekompakan tim. Pastikan jawaban Anda tidak terlalu idealis dan mengutamakan individualisme.

  1. Jika berada dalam tim, posisi apa yang Anda inginkan?

Dalam hal ini, HRD ingin mengetahui posisi yang tepat untuk Anda melalui jawaban yang Anda berikan. Jika Anda merasa mampu untuk memimpin sebuah tim, tidak masalah jika Anda mengajukan diri sebagai pemimpin. Akan tetapi, jawaban terbaik dalam menghadapi interview kerja ini adalah Anda meletakkan diri di posisi pertengahan, tidak terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

tips interview kerja menjawab hrd

Jawaban aman untuk pertanyaan ini adalah Saya lebih memilih untuk menjadi tim kreatif atau penggagas. Saya lebih menyukai mencari ide atau gagasan segar, memberikan motivasi kepada tim, mendapatkan solusi untuk permasalahan, dan memetakan saran kritik yang masuk agar bisa terayomi sepenuhnya.

  1. Apa pendapat Anda mengenai tekanan yang diberikan atasan dan mampukah Anda menerimanya?

Pertanyaan ini sifatnya menguji kekuatan mental Anda dalam segala kemungkinan menghadapi tekanan yang terjadi. Sebagai tips interview kerja agar diterima adalah selain menerima tantangan tersebut, Anda juga harus bisa memberikan solusi singkat.

Jawaban yang mungkin mengena adalah tekanan pasti terjadi di manapun kita berada dan saya sudah melalui beberapa diantaranya. Tekanan kerja saya anggap sebagai motivasi agar bisa menyelesaikan pekerjaan dengan lebih baik dan cepat. Cara saya menghadapi tekanan adalah dengan melakukan evaluasi dan peningkatan kinerja yang efektif dan efisien.

  1. Apakah Anda orang yang mampu menerima kritik?

Nah, pertanyaan ini cukup sulit karena tidak semua orang bisa menerimanya. Tips cara menghadapi interview kerja untuk pertanyaan semacam ini adalah memberikan jawaban yang netral agar Anda tidak tersudut.

Berikan jawaban seperti ini Saya sendiri merupakan orang yang suka mengkritik jika ada ketidaksesuaian. Jika ada kritik yang ditujukan pada saya, Saya akan menampungnya dan memilah mana kritik yang membangun dan yang tidak. Kritik yang baik akan saya manfaatkan, sedangkan kritk yang tidak berdasar akan saya abaikan.

  1. Jika anak buah Anda melakukan kesalahan, apa tindakan Anda?

Sebuah tes kepribadian untuk menguji jiwa kepemimpinan yang Anda miliki. Sebenarnya pertanyaan ini merupakan pertanyaan biasa namun HRD dapat melihat kemampuan Anda dalam hal ketegasan, kemampuan memimpin dan problem solver.

Berikanlah jawaban berikut ini: Yang pertama dilakukan adalah mencari solusi untuk permasalahan yang ditimbulkan. Jika efeknya buruk terhadap banyak pihak, tentunya akan diambil keputusan sesuai peraturan perusahaan. Namun jika kesalahan tersebut tidak terlalu fatal, satu kesalahan pantas untuk dimaafkan dan diberikan kesempatan kedua.

  1. Bisakah Anda menerima pengaduan masalah pribadi dari anak buah?

Dalam hal ini Anda harus bisa membedakan mana urusan pribadi dan mana urusan kerja. Menjadi pemimpin tidak selalu harus berada di depan, pemimpin juga berada di samping anak buah dan menjadi motivator yang baik. Tips interview kerja di bawah ini merupakan jawaban netral yang cukup bijak.

Anda bisa menjawab seperti ini. Anak buah adalah keluarga saya. Apapun masalah yang mereka alami jika mereka ingin menceritakan kepada saya, pastinya saya terima dengan tangan terbuka. Saya hanya akan menjadi pendengar yang baik dan tidak akan terlalu mencampuri urusan pribadi mereka. Jika mereka membutuhkan saran, dengan senang hati akan saya berikan sesuai pemikiran saya.

  1. Bagaimana sikap Anda jika menghadapi permasalahan pekerjaan yang besar?

Pertanyaan ini biasanya juga muncul dalam psikotest. Tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa jauh sikap Anda menghadapi tantangan. Tips interview kerja yang paling bijak adalah memberikan pandangan positif dan terbuka.

Jawaban yang bisa Anda contoh sebagai berikut. Hal yang pertama saya tekankan adalah bersikap tenang. Dalam keadaan tenang, kita bisa berfikir lebih jernih. Memandang permasalahan dan menemukan solusinya akan lebih efektif jika kita tidak terburu-buru. Setelah teratasi, saya juga akan menemukan tindakan pencegahan agar hal serupa tidak terjadi.

  1. Mengapa Anda pindah perusahaan?

Sejenis pertanyaan memancing seperti ini sering kali memakan korban. Banyak calon karyawan yang kemudian menjelek-jelekkan tempat kerjanya yang lama. Jawaban yang seperti itu sangat tidak disarankan dalam tips interview alasan pindah kerja kali ini. Seburuk apapun tempat kerja Anda yang lama, tidak seharusnya Anda membeberkannya pada calon perusahaan baru. Bisa-bisa Anda akan dipandang buruk oleh mereka.

Temukan jawaban yang lebih bijak seperti Keahlian saya tidak sepenuhnya dipergunakan di perusahaan lama dan saya merasa hal ini tidak baik bagi saya pribadi. Saya ingin mencari perusahaan di mana kemampuan dan pengetahuan saya bisa bermanfaat agar tidak sia-sia saya menuntut ilmu.

  1. Apa yang membuat Anda tertarik bekerja di perusahaan kami?

Tips menjawab interview kerja kali ini akan menyarankan untuk menjawab dengan padat dan jelas. Anda bisa menggunakan jawaban seperti Saya melihat potensi untuk saya lebih bisa berkembang di perusahaan yang Bpk/Ibu pimpin sesuai dengan keahlian dan kemampuan saya.

  1. Jika Anda diterima di perusahaan kami, apa rencana Anda selama 5 tahun ke depan?

Dalam tips interview kerja ini, Anda akan diberikan petunjuk untuk bisa menjawabnya. Intinya, HRD ingin mengetahui sejauh mana Anda akan berkontribusi dan mengejar karir. Jika Anda cukup percaya diri, Anda bisa menjabarkan level atau tingkat yang hendak Anda capai dalam kurun waktu tersebut.

Anda bisa menggunakan jawaban Jika saya bisa bergabung dengan perusahaan ini, saya ingin menjadi seorang tim leader dalam jangka waktu beberapa tahun. Saya mengerti bahwa mencapai level tersebut bukan hal yang mudah, oleh karena itu saya akan mengerahkan segenap kemampuan untuk mempelajari semua hal yang ada di perusahaan ini.

  1. Apakah Anda bersedia ditempatkan di mana saja?

Yang menjadi ketakutan seorang calon karyawan adalah bahwa ia akan ditempatkan di kantor yang jauh. Hal ini harus Anda buang dari pikiran Anda. Perusahaan biasanya tidak akan menyukai orang-orang yang terlalu pemilih. Melamar sebuah pekerjaan termasuk juga semua konsekuensi yang akan muncul. Maka, mau tidak mau Anda harus siap jika akan ditempatkan di luar kota sekalipun.

Tips interview kerja yang selanjutnya adalah membuat HRD melihat antusiame Anda untuk ditempatkan di mana saja. Berikanlah jawaban sebagai berikut Saya siap dan bersedia untuk ditempatkan di manapun sesuai kebijakan perusahaan.

  1. Bisakah Anda menyebutkan gaji Anda saat ini?

Pertanyaan ini merupakan sesuatu hal yang umum dan pasti ada dalam semua wawancara kerja. Anda bisa memilih menyebutkan total keseluruhan gaji atau menyebutkannya secara mendetail seperti Gaji saya saat ini adalah 5 juta atau Saya mendapatkan gaji pokok sebesar 4 juta ditambah dengan tunjangan jabatan sebesar 1 juta. Jadi total yang saya terima adalah 5 juta.

  1. Berapa gaji yang Anda inginkan di sini?

Jangan terpaku pertanyaan jebakan ini. Beberapa orang gagal karena memberikan penawaran yang terlalu tinggi. Tips interview kerja tentang gaji ialah tawarkan gaji setidaknya tidak jauh dari gaji Anda saat ini. Di sini, Anda bisa melakukan nego gaji karena pengalaman dan kemampuan yang Anda miliki.

Anda bisa menjawab dengan Saya mengharapkan gaji sebesar 7 juta. Ada dua kemungkinan jika perusahaan tersebut berminat untuk mempekerjakan Anda, yang pertama adalah menyetujui permintaan gaji Anda atau melakukan negoisasi gaji Anda.

Selesai!

KESIMPULAN

Biasanya, 21 pertanyaan diatas (atau beberapa diantaranya) merupakan hal yang biasanya muncul dalam sesi wawancara. Tips interview kerja di atas dapat Anda pelajari dan pergunakan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Wawancara bisa menjadi proses akhir yang menentukan bisa atau tidaknya Anda bergabung dengan perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, Anda harus bisa menguasai dan menjawab pertanyaan HRD dengan lancar, jelas dan meyakinkan.

Semoga sukses, semoga cepat mendapatkan pekerjaan idaman yangsesuai dengan keinginan. Semoga lancar wawancara kerja dan sukses menjawab pertanyaan dari HRD, Amiin!

Tentang Ganjar Nugraha

Family and Digital marketing enthusiast. Terkadang menjadi gitaris kamar yang selalu berpikir bagaimana supaya hidup ini ada manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *