Home Hiburan 16 Rekomendasi Film Horor Terbaik dan Terseram yang Bikin Kamu Merinding

16 Rekomendasi Film Horor Terbaik dan Terseram yang Bikin Kamu Merinding

Bingung cari film horor terbaik dan terseram untuk mengisi waktu luang? Ya, genre horor memang paling banyak dipilih saat nonton film di bioskop maupun di rumah. Beberapa orang mungkin takut saat menonton bahkan sampai terngiang-ngiang atau terbawa mimpi, namun anehnya masih ketagihan untuk menikmati. Kira-Kira kenapa, ya? Berdasarkan penelitian ahli sosiologi Margee Kerr dan ahli saraf kognitif Greg Siegle bahwa ternyata film horor dapat membuat perasaan lelah dan khawatir menjadi berkurang.

Adrenalin yang terpacu saat kamu menonton film horor dapat membuatmu berasa relaksasi setelahnya. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kalori lebih banyak terbakar ketika menikmati film horor, lho. Ada banyak film horor yang bisa kamu tonton, baik dari produksi asli Indonesia maupun luar negeri.

Daftar Film Horor Hollywood dan Indonesia, Jangan Nonton Sendirian!

Hollywood sudah lama diakui kehebatannya dalam membuat film, termasuk genre horor. Tak kalah menarik, Indonesia juga mampu menghadirkan film horor menyeramkan dengan berbagai kepercayaan atau mitos yang menyertai. Berikut beberapa film horor terbaik produksi Hollywood dan Indonesia terbaik dan menyeramkan yang sebaiknya kamu tonton bersama keluarga atau teman, yaitu:

Daftar isi ke 16 Film:

  1. Us (2019)
  2. Pet Sematary (2019)
  3. The Grudge (2020)
  4. Annabelle Comes Home (2019)
  5. 11:11 Apa yang Kau Lihat? (2019)
  6. A Quiet Place (2018)
  7. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018)
  8. Sebelum Iblis Menjemput (2018)
  9. Pengabdi Setan (2017)
  10. Jailangkung (2017)
  11. It (2017)
  12. Danur: I Can See Ghost (2017)
  13. Get Out (2017)
  14. Rings (2017)
  15. Insidious: The Last Key (2018)
  16. The Conjuring (2013)
  17. Us (2019)

US (2019) - Film Horor Terbaik dan Terseram

Kamu ingin menonton film horor pemicu adrenalin? Film Us garapan sutradara Jordan Peele bisa jadi rekomendasi terbaik di tahun 2019. Lebih dari sekedar film horor terseram dengan penampakan hantu, Us berisi kengerian pembunuhan yang terbungkus dalam alur cerita cerdas dan tak tertebak hingga akhir. Secara ringkas film psychological horor-thriller ini bercerita tentang keluarga Wilson yang menghabiskan waktu berlibur di pesisir pantai wilayah Santa Cruz, California. Namun rencana bersenang-senang berubah menjadi teror mencekam setelah hadir 4 orang yang berpenampilan serupa mereka.

Keluarga Wilson berjuang mempertahankan diri dan lari dari ‘kembaran’ tersebut. Banyak adegan pembunuhan sadis berdarah-darah yang membuatmu menahan napas karena ketegangannya. Sebagaimana karya film Jordan lainnya, Us juga mengandung banyak satire bahwa diri sendiri bisa jadi musuh terbesar. Selain itu, tampaknya Us memberikan gambaran tentang peradaban manusia kini yang penuh kebengisan dan kengerian.

Trailer Us (2019):

  1. Pet Sematary (2019)

Pet Semetary 2019 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Pet Sematary merupakan film horor barat terbaik dan terseram yang diadaptasi dari novel karya Stephen King dan menjadi reboot film berjudul sama yang pernah dirilis tahun 1989 silam. Di Indonesia film ini tayang di bioskop pada 19 April 2019. Sinopsis Pet Sematary menceritakan keluarga Dr. Louis Creed bersama kucing kesayangannya bernama Chruch yang pindah ke pedesaan Maine.

Di hutan dekat rumahnya, mereka menemukan pemakaman kucing secara massal dan misterius. Ada mitos bahwa pemakaman tersebut dapat membangkitkan kembali kematian. Keluarga Dr. Louis tak mempercayai mitos tersebut, hingga akhirnya si kucing kesayangan tiba-tiba tewas mengenaskan.

Dr. Louis mengubur kucingnya di pemakaman misterius tersebut dan ternyata benar si Chruch hidup kembali, namun dengan perilaku berbeda. Berbagai teror dan kutukan yang membat bulu kuduk merinding mulai menghantui keluarga ini. Keseraman film ini hadir dengan suasana yang terasa ‘gelap’ meski adegan dilakukan siang hari. Tak kalah penting, Pet Sematery memiliki banyak alur cerita sulit ditebak, terutama di pertengahan hingga akhir film.

Trailer Pet Semetary (2019):

  1. The Grudge (2020)

The Grudge 2020 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Kamu penggemar film The Grudge yang serial pertamanya pernah tayang di tahun 2004? Ada kabar baik untukmu, yakni reeboot dari serial film horor barat terbaik ini akan hadir di bioskop dan belum diketahui apakah akan penjadwalan ulang pada Agustus 2019 atau 2020 mendatang. Film dengan sutradara Nicolas Pesce ini akan diperankan oleh aktris Hollywood dan Jepang ternama, diantaranya Demian Bichir, Andrea Riseborough, John Cho, dan Lin Shaye.

The Grudge nantinya akan bercerita tentang orang-orang yang dihantui arwah dengan latar belakang daerah pinggiran Amerika. Meski tak lagi menghadirkan hantu ikonik Toshio dan Kayako, namun produser film ini menjanjikan kisah lebih segar dengan karakter hantu dan mitologi baru. Kira-kira seperti apa keseruannya? Apakah akan lebih seram dari sebelumnya? Kita tunggu saja pembuktiannya nanti.

  1. Annabelle Comes Home (2019)

Annabelle Comes Home 2019 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Tak ada yang bisa memungkiri keseraman film horor Annabelle. Film ini menjadi film horor terseram dan terbaik sepanjang masa. Bagi kamu yang mengikuti filmnya di tahun 2014 tentu tahu betapa mencekamnya adegan-adegan yang hadir melalui boneka Annabelle. Kabar baiknya, film ini telah merilis seri kelanjutannya dan akan tayang di bioskop pada 28 juli mendatang.

Berdasarkan trailer yang telah dikeluarkan, Annabelle Comes Home menceritakan bahwa Ed dan istrinya memindahkan boneka tersebut ke ruang artefak di rumah mereka. Namun ternyata, di suatu malam Anabelle membangunkan semua roh jahat yang ada dalam ruangan tersebut dan mengincar Judy, anak mereka. Kengerian dan keseraman dari teror boneka Anabelle-pun dimulai. Bagi kamu pecinta film horor, jangan sampai terlewatkan, ya.

Trailer Annabelle Comes Home (2019):

  1. 11:11 Apa yang Kau Lihat? (2019)

Film Horor Terbaik dan Terseram

Berbicara mengenai film horor terbaik Indonesia di tahun 2019, 11:11 Apa yang Kau Lihat bisa masuk kategorinya. Film arahan sutradara Andy Manopo ini tak sekedar menghadirkan teror makhluk halus, namun juga keindahan pantai di kawasan Lampung. Cukup berbeda dengan film horor Indonesia lainnya, di sini disuguhkan plot menegangkan dengan setting bawah laut.

Secara ringkas 11:11 mengisahkan seorang mahasiswa arkeologi bernama Galih yang sedang melakukan diving di pantai kawasan Lampung. Namun tanpa disangka, Galih memperoleh banyak petunjuk dan fakta mengenai keberadaan ibunya yang menghilang ketika dia masih kecil. Perjalanan mencari keberadaan sang ibu membuatnya harus menghadapi berbagai peristiwa horor menegangkan.

Trailer 11:11 Apa yang Kau Lihat? (2019):

  1. A Quiet Place (2018)

A Quiet Place 2018 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Tak dapat dipungkiri bahwa A Quiet Place mampu menghadirkan kengerian yang sulit terlupakan. Film garapan sutradara John Krasinki yang rilis tahun 2018 ini mampu menghadirkan ketegangan dan menjadi film horor terbaik Hollywood, meski sedikit kata-kata.

A Quiet Place menceritakan kehidupan keluarga Abbott di penghujung dunia, dimana penduduk bumi banyak yang dibunuh secara mengerikan oleh makhluk asing pemakan manusia. Makhluk ini tidak dapat melihat, namun sangat peka terhadap suara. Oleh karena itu, agar bisa bertahan keluarga Abbott harus menggunakan bahasa isyarat dan meminimalisir semua bunyi, bahkan langkah saat berjalan sekalipun.

Ketegangan semakin terasa ketika istri Lee Abbott harus melahirkan. Belum lagi pertengkaran emosional diantara ayah yang berusaha menjaga keluarganya dengan anak yang merasa terkekang. Kamu bisa menyaksikan tangis haru pengorbanan, kasih sayang keluarga di tengah teror yang mencekam.

Trailer A Quiet Place (2018):

  1. Suzzanna: Bernapas dalam Kubur (2018)

Suzzanna Bernapas dalam Kubur - Film Horor Terbaik dan Terseram

Siapa yang tak mengenal ratu horor Indonesia, Suzanna. Semua filmnya masih sangat melekat di benak masyarakat, meski dia telah meninggal tahun 2008 silam. Ketenaran Suzzana sebagai sosok yang bisa membuat bulu kuduk merinding ini kembali diangkat kisahnya oleh sebuah film garapan sutradara Anggy Umbara. Berperan sebagai Suzzanna adalah aktris ternaman Luna Maya. Meski sempat diragukan oleh masyarakat, namun ternyata Luna Maya sukses memerankan karakter plus penampilannya yang sangat mirip Suzzanna.

Film Suzanna: Bernapas dalam Kubur sebagai film hantu terbaik di Indonesia mengisahkan sepasang suami istri yakni Satria dan Suzzana. Berawal dari 4 orang pekerja pabrik yang meminta kenaikan gaji kepada Satria, namun di tolak. Akibat terdesak dalam keuangan, akhirnya mereka memutuskan untuk merampok rumah keluarga Satria saat dia pergi ke Jepang. Saat menjalankan aksi perampokan, ternyata Suzzana yang sedang hamil memergoki aksi 4 pegawai tersebut. Suzzana secara tidak sengaja tertusuk pisau Dudun. Ketakutan dan panik, mereka menguburnya di dalam rumah. Teror hantu Suzzana dengan misi balas dendam-pun dimulai.

Trailer Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur (2018):

  1. Sebelum Iblis Menjemput (2018)

Sebelum Iblis Menjemput 2018 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Kualitas film genre horor Indonesia tampaknya terus mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan cukup suksesnya film Sebelum Iblis Menjemput garapan sutradara Timo Tjhajanto. Di film dengan durasi 1 jam 50 menit ini kamu akan disuguhkan artistitik memukau dan visualisasi horor mencekam. Meski elemen gore dan darah tak muncul sebanyak film Timo lainnya, tetapi kamu masih bisa merasakan ketegangan dari adegan-adegannya.

Secara ringkas ‘Sebelum Iblis menjemput’ mengisahkan dua orang bersaudara bernama Maya dan Alfie (diperankan oleh Pevieta Pearce dan Chelsea Islan) yang mendatangi sebuah vila untuk mengungkap penyebab sakit ayahnya. Di Vila ini mereka bertemu dengan Laksmi serta dua saudaranya. Bukannya menemukan petunjuk untuk menyembuhkan ayahnya, mereka berlima justru mengungkap sesuatu yang selama ini dirahasiakan ayahnya. Dari sini teror mulai mengancam nyawa mereka.

Trailer Sebelum Iblis Menjemput (2018):

  1. Pengabdi Setan (2017)

Pengabdi Setan 2017 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Dapat diakui sutradara Joko Anwar berhasil membuat film terseram dan terbaik Indonesia. Terbukti film produksi Rapi Films ini berhasil menarik minat 4 juta lebih penonton di bioskop. Pengabdi Setan rilis pada 28 September 2017 dengan kisah kehidupan sebuah keluarga yang mengalami keterpurukan karena sang ibu yang dulunya penyanyi terkenal, tiba-tiba jatuh sakit tanpa tahu penyebabnya.

Latar belakang rumah di tengah hutan pada tahun 1981 membuat suasana film ini menjadi semakin menyeramkan. Setelah bertahun-tahun, akhirnya sang ibu meninggal dan menjadi awal berbagai kejadian menyeramkan. Berbeda dari film Indonesia pada umumnya, di sini kamu akan dibuat terkejut dengan banyaknya plot twist.

Trailer Pengabdi Setan (2017):

  1. Jailangkung (2017)

Jailangkung 2017 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Jailangkung merupakan reboot dari film Jelangkung yang pernah menyihir penonton Indonesia di tahun 2001 silam. Tak dapat dipungkiri Jelangkung merupakan salah satu daftar film horor terbaik dan terseram. Terdapat ritual pemanggil arwah yang cukup melekat di benak masyarakat di film ini. Tak heran jika Jose Purnomo dan Rizal Mantovani kembali menghadirkannya dengan sentuhan lebih mahal di tahun 2017. Jailangkung bercerita tentang 3 orang anak (Bella, Angel, dan Tasya) yang mencoba menguak penyebab ayahnya (Ferdi) koma setelah ditemukan tak sadar diri di sebuah rumah tua.

Rasa penasaran tersebut timbul karena dokter mengatakan bahwa sang ayah tak menderita penyakit apapun. Sebelumnya Bella sering memergoki ayahnya menggunakan sebuah jailangkung untuk berkomunikasi dengan mendiang istrinya. Setelah beberapa kali, Ferdi justru mendatangkan makhluk gaib bernama Matianak dan menempel pada dirinya hingga tak sadarkan diri.

Bella memutuskan untuk mengajak saudara dan temannya untuk mendatangi rumah tua tersebut. Mereka mencoba menggunakan Jailangkung dengan tujuan mengembalikan Mantianak, namun ternyata makhluk tersebut justru menyerangnya. Berbagai macam terorpun mulai menghantui.

Trailer Jailangkung (2017):

  1. It (2017)

IT 2017 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Pada umumnya badut identik dengan kelucuan, namun karakter ini tidak akan kamu temui di film horor It. Film yang diadaptasi dari novel karya Stephen King ini bisa membuatmu ‘tahan napas’ karena ketegangan yang dihadirkan. It menampilkan kisah tentang kejadian aneh di kota Derry, Amerika Serikat, di mana penduduknya hilang satu per satu secara misterius. Salah satunya dialami oleh anak laki-laki bernama Geogie. Sang kakak yang tidak terima, kemudian berusaha mencari sang adik bersama kawan satu gengnya. Mereka yakin bahwa semua orang yang hilang itu belum terbunuh, tetapi masih menunggu untuk diselamatkan.

Bersamaan dengan misteri itu hadir pula badut bernama Pennywise yang meneror anak-anak dengan berbagai macam wujud hantu sesuai ketakutan anak tersebut. Meski film horor menegangkan terbaik yang rilis tahun 2017 ini banyak diperankan oleh anak-anak, namun adegan sadis dan menyeramkannya cukup memicu adrenalin.

Trailer IT (2017):

  1. Danur: I Can See Ghost (2017)

Danur I Can See Ghosts 2017 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Kamu mungkin sudah menyaksikan film ini. Ya, di tahun 2017 silam Danur sukses menjadi film horor dengan alur cerita terbaik yang mendapat apresiasi tinggi dari masyarakat Indonesia. Film garapan sutradara Awi Suryadi ini telah mendapatkan 2 juta lebih penonton di bioskop. Bukan tanpa alasan, Danur memang mampu menyuguhkan visualisasi adegan cukup menyeramkan.

Secara ringkas Danur: I Can See Ghost mengisahkan tentang Riska, seorang gadis indigo yang memiliki 3 teman makhluk halus. Di usianya yang 8 tahun sang ibu meminta dukun untuk membuat Risa melupakan teman gaibnya itu, kemudian mereka memutuskan untuk pindah rumah. Selang beberapa tahun kemudian, keluarga Risa kembali ke rumah asal dengan tambahan sang adik bernama Riri.

Suatu ketika, Riri bermain di bawah pohon dan menemukan sisir tua. Setelah kejadian tersebut, tiba-tiba datang seorang perempuan bernama Asih yang mengaku dipercaya sang ibu untuk merawat Riri. Risa yang indigo mengetahui bahwa ternyata Asih adalah hantu. Berbagai macam kejadian aneh dan terorpun terjadi, bahkan Asih sempat berhasil menculik Riri.

Trailer Danur: I Can See Ghosts (2017):

  1. Get Out (2017)

Get Out 2017 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Get Out merupakan salah satu film terbaik produksi Hollywood. Betapa tidak, film ini mendapatkan banyak penonton sekaligus review positif dari para kritikus. Film arahan Jordan Peele yang rilis tahun 2017 ini mengusung tema rasisme dengan kemasan lebih ringan dan berkelas.

Get Out mengisahkan tentang seorang berkulit hitam bernama Chris Washington yang berkunjung ke rumah orang tua pacarnya. Dari sini berbagai keanehan terjadi yang membuat Chris merasa tidak nyaman. Jordan Peele tampak menyuguhkan dimensi berbeda tentang rasisme, yakni disampaikan dengan cara halus, tidak terlalu tajam, tetapi mengena. Ya, kamu akan merasakan sajian film horor-thriller yang mengesankan.

Trailer Get Out (2017):

  1. Rings (2017)

Rings 2017 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Rings merupakan film remake The Ring yang pernah tayang di tahun 2002 silam. Teror setan legendaris, Sadako yang cukup menyihir penonton membuat sutradara F. Javier Gutierrrez yakin menghadirkannya kembali di tahun 2017.

Kisah Rings berawal dari tersebarnya teror sebuah video misterius. Cerita benar-benar dimulai ketika Julia dan pacarnya bernama Holt berusaha mengungkap video berisi makhluk astral bernama Samara. Mereka mendatangi Sacrament Valley untuk menguak kutukan dibalik video tersebut. Bukannya mendapat jawaban, mereka justru bertemu dengan Mr. Burke yang mengancam nyawa mereka.

Trailer Rings (2017):

  1. Insidious: The Last Key (2018)

Insidious The Last Key 2018 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Sudah menjadi rahasia umum bahwa seri Insidious mendapat tempat terbaik di hati penikmat film horor. Terbukti, Sony Pictures bekerjasama dengan Blumhouse Production menghadirkan kembali Elise dalam Insidious: The Last Key di tahun 2018. Film seri ke-4 ini melanjutkan kisah penyelidikan Elise terhadap gangguan supranatural di rumah yang pernah ditempatinya saat masih muda.

Berbagai adegan menegangkan dan menyeramkan ada di film ini. Seperti kemunculan hantu Anna yang menyuruh Elise menyelamatkan seorang wanita yang dikurung dan dirantai oleh pemilik rumah yang baru. Selain itu, bersiap-siaplah terkejut oleh efek-efek suara yang tiba-tiba dan menyeramkan. Tak berlebihan jika dikatakan bahwa Insidious adalah film horor terbaik dengan plotnya yang sulit ditebak.

Trailer Insidious: The Last Key (2018):

  1. The Conjuring (2013)

The Conjuring 2013 - Film Horor Terbaik dan Terseram

Meski sudah lama dirilis, yakni tahun 2013 silam, tetapi The Conjuring tetap jadi rekomendasi film yang layak di tonton. Film arahan sutradara James Wan ini diangkat dari kisah nyata sepasang suami istri demonologist yang mencari cara untuk mengusir iblis dari sebuah rumah.

Hampir mirip dengan Insidious, The Conjuring bercerita tentang keluarga Perron yang pindah ke rumah baru. Mereka mendapatkan gangguan dan keselamatannya terancam. Berbagai kejadian aneh dan teror terjadi, seperti kematian anjing peliharaan secara tiba-tiba, ditemukannya ruang bawah tanah, munculnya teman khayalan anak dari keluarga tersebut, dan masih banyak lagi. The Conjuring benar-benar film horor terseram yang bisa membuatmu merinding.

Trailer The Conjuring (2013):

Nah, itulah beberapa rekomendasi film horor terbaik dan terseram. Kamu berani coba menonton yang mana? Silahkan buktikan keseraman dan ketegangan semua film ini. Selamat menikmati waktu luangmu dengan film horor yang bisa memacu adrenalin ini.

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *