Home Inspirasi dan Motivasi Arti Berkah atau Barokah dalam Menjalani Hidup: Pahami Ini Jika Ingin Bahagia

Arti Berkah atau Barokah dalam Menjalani Hidup: Pahami Ini Jika Ingin Bahagia

Seberapa sering kita berpikir bahwa hidup ini sementara? Yakin sudah memikirkannya? Jika sudah memikirkannya, lalu bagaimana dampak dari pemikiran tersebut terhadap kehidupan kita?

berkah barokah berbagi

Setiap orang yang sadar bahwa hidup ini adalah persinggahan sementara, mereka pasti akan menjadi pribadi yang “mengabdi, tunduk dan patuh terhadap Allah dan hidup penuh dengan kasih sayang”. Artinya, orang itu akan menjadi berkah dan barokah bagi manusia lain, juga bagi siapa saja pengisi alam dunia ini.

Lalu apa arti berkah atau barokah?

Sebenarnya, arti berkah, barokah atau rahmat itu bermacam-macam, dari berbagai sumber dan tentu saja dari Al Quran dan Hadist bagi Muslim dan Muslimah, dapat disimpulkan bahwa pengertian yang paling sederhana dari kata berkah, barokah dan rahmat adalah kebaikan, dan kebaikan itu sejatinya berasal dari Allah.

Banyak orang yang salah kaprah tentang keberkahan, bahkan mereka gagal paham memahami keberkahan hidup diantaranya tentang keberkahaan harta, jabatan, kekuasaan dan ilmu. Untuk itulah diawal tulisan ini disinggung mengenai hidup yang sementara, jika kita paham tentang hal ini, maka hidup ini akan dikelilingi dengan kebaikan.

Untuk mempermudah pemahaman ini, mari  kita bahas dalam contoh kegiatan kehidupan sehari-hari.

Ingat, pemahaman tentang berkah dan barokah ini SANGAT PENTING!

Jika kita seorang manusia tidak pernah sadar akan hal ini, maka dunia akan menjadikannya budak dan hidup tanpa kepuasan dan tanpa kebahagiaan yang hakiki, fakta!

Pertama, mari kita luruskan “mindset” hidup kita…

Pahami secara mendalam tetang makna kehidupan..

Apa yang kita cari dari kehidupan? Jawabannya adalah “Kebahagiaan dalam Kebaikan”. Bagaimana cara mendapatkannya?

Disinilah banyak orang yang tersesat, salah arah hingga nanti di akhir waktu semuanya terlambat.

Uang, kekuasaan, jabatan, pasangan, anak, ilmu tinggi dan semuanya itu adalah hal yang manusia pada umumnya kejar untuk memberikan kepuasaan dan kebahagian.

Apakah semua itu bisa memberikan kebahagian? Tentu saja, tetapi tidak semuanya mendapatkan keberkahaan.

Seperti apa kebahagiaan yang hakiki?

Bethenny Frankel menjelaskan bahwa uang tidak bisa memberikan semua kebahagian, uang hanya mempermudah seseorang untuk mendapatkan sesuatu tetapi pada akhirnya semua itu sangat memusingkan. Dan faktanya, banyak hal yang tidak bisa dibeli dengan uang, benarkah?

Perceraian, apakah bisa diselesaikan dengan uang? TIDAK

Permusuhan dan peperangan antar manusia, apakah bisa selesai dengan uang? TIDAK

Persahabatan, apakah bisa uang memberikannya? TIDAK

Perselisihan di dunia kerja, bos dan bawahan, antar rekan kerja, apakah uang bisa membereskannya? TIDAK

Jika harus ditulis, mungkin sangat banyak hal yang tidak bisa dibeli dengan uang, artinya uang tidak selamanya bisa menyelesaikan masalah dan memberikan kebahagian juga ketenangan bagi seseorang, memang itulah faktanya, mau tidak mau memang itu yang sudah terjadi.

Berkah, berlimpah dan bermanfaat

Idealnya, kebahagiaan hakiki itu adalah kebahagiaan yang kita dapatkan dengan ketenangan hidup juga kebaikan yang menyertainya. Selain itu, kebahagiaan yang hakiki adalah ketika kita bisa MEMBERIKAN kebaikan kepada orang lain atau mahluk lain, dengan kebaikan kita, mereka bisa mendapatkan kebahagian.

Bukankah manusia yang paling baik adalah manusia yang paling banyak manfaatnya? Dan dengan berkah, barokah dan rahmat semua manfaat kebaikan itu akan mengalir kepada oran lain.

Apa jadinya jika kekayaan atau jabatan atau ilmu digunakan oleh orang yang tidak paham tentang keberkahan hidup. Saya yakin banyak masalah yang akan timbul jika hal tiu terjadi.

Tapi sebaliknya, bagaimana jika seseorang yang paham tentang keberkahan diberikan harta, jabatan dan ilmu yang banyak?

Dengan uang dia bisa membantu orang lain untuk bahagia atau menyelesaikan masalah mereka

Dengan uang dia bisa memberi makan hewan liar jalanan yang kelaparan

Dengan uang dia merawat lingkungan hidup supaya lebih baik

Orang yang paham keberkahan hidup dengan uangnya bisa memberikan “manfaat dan kebaikan” bagi semua orang.

Banyak contoh dalam kehidupan sehari-hari yang menjelaskan tentang keberkahan hidup.

Pernah tinggal bersebelahan dengan orang kaya yang sombong, pelit, jarang berkumpul dengan warga? Bagaimana rasanya?

Atau pernah memiliki tetangga yang biasa saja tetapi gemar menolong warga sekitar, sangat sopan, santun dan baik hati? Bagaimana rasanya? Itulah berkah dan barokah. Dengan kehidupan yang dia miliki, dia bisa memberikan kebaikan bagi siapapun yang berada disekitarnya.

Penulis harap pembaca sudah bisa mengambil inti dari tulisan ini, semoga mudah dipahami.

Sebenarnya, sebagai artikel perdana dari situs ini, kami juga berharap apa yang Seo Van Java Media berikan kepada para pengunjung website ini bisa memberikan manfaat. Semoga situs ini bisa menjadi media yang memberikan berkah, barokah, rahmat atau kebaikan pagi tim juga para pembaca yang budiman, doain ya Aamiin.

Kita sih berkeinginan seperti Mas Alfatih Timur dengan Yayasan Kita Bisa nya, atau seperti Pak Mardigu dan orang-orang hebat di Rumah Yatim Indonesia yang dengan segala usaha dan kebaikan mereka bisa memberikan dampak positif yang besar kepada kehidupan masyarakat. Intinya, kami ingin keberkahanlah yang menjadi penggerak website ini.

Kembali ke topik kita, semoga pemahaman tentang kalimat berkah, barokah dan rahmat ini bisa kita dapatkan.

Jadilah manusia yang disayangi oleh semua orang dan Allah, jadilah orang kaya, pintar, berkedudukan tinggi dan baik hati yang selalu menebar kebaikan kepada sesama.

Semoga dengan pemahaman keberkahan ini bisa memberikan kebahagiaan yang hakiki dan memberikan ketenangan hidup yang mungkin selama ini kita cari.

Saatnya berbagi, saatnya menolong orang lain dan saatnya menuju kebaikan.

Tentang Ganjar Nugraha

Family and Digital marketing enthusiast. Terkadang menjadi gitaris kamar yang selalu berpikir bagaimana supaya hidup ini ada manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *