Home Inspirasi dan Motivasi Berpikir Positif: 6 Manfaat dari Kekuatan Diri yang Sering Diremehkan

Berpikir Positif: 6 Manfaat dari Kekuatan Diri yang Sering Diremehkan

Sering membaca tulisan berpikir positif tapi tidak pernah terasa manfaatnya? Hari ini tidak lagi, Saya akan uraikan secara lengkap 6 manfaat dari kekuatan diri ini yang sering kali diremehkan banyak orang.

RUGI kalau tidak mau mengambil pelajaran dari pengetahuan ini, trust me! Saya merasakannya. Kekuatan dari berpikir positif yang sering diremehkan membuat hanya orang-orang tertentu yang meresakan manfaatnya?

Kamu salah satunya?

Disini Pikiran Positif Adalah Wajib

Jika kamu termasuk orang yang tidak suka hal baru dan terlihat tidak masuk logika, lebih baik kamu baca artikel kami yang lain, boleh ke halaman ini,

Tapi jika kamu ingin berubah dan benar-benar 100% ingin berubah bukan hanya khayalan, maka siapkan diri dan pahami pelan-pelan.

Boleh siapkan teh atau kopi, take your times!

Apa yang akan kamu ketahui sekarang

  1. Apa itu berpikir positif
  2. Mengapa kita harus tahu ilmu pikiran positif
  3. Manfaat pikiran positif
  4. Apakah ini ilmu gaib?
  5. Langkah praktek mulai berpikir positif
  6. Action or kembali hidup seperti sebelumnya

1. Apa itu berpikir positif

Pikiran positif atau berpikir positif adalah kondisi dimana otak dan hati kita manusia berfokus kepada sisi baik terhadap sesuatu keadaan, kejadian atau terhadap suatu benda dan berujung memberikan rasa bahagia disertai rasa syukur.

Pengertian berpikir positif diatas boleh jadi berbeda dengan orang lain, tetapi menurut saya pribadi, dari entah sekian banyak buku, video dan seminar yang saya ikuti, kalimat diataslah yang paling tepat untuk bersanding dengan “positive thinking”.

Coba perhatikan dan baca judul buku dibawah ini

pikiran positif mudah

Saya saja yang mengupload gambar judul positif ini masih sering feel good ketika melihat lagi. Padahal itu postingan lama saya di IG.

Intinya, jika kamu ingin sukses menerapkan ilmu berpikir positif, cobalah untuk mencari hal-hal yang meberikan efek baik seperti melihat judul buku diatas, dan cobalah melakukannya dengan ikhlas (tidak terpaksa) dimana kejujuran ini akan memberikan rasa bahagia dan sukur yang dalam.

Caranya? nanti saya jabarkan.

Kamu gagal jika memaksakan pikiran baik untuk berlangsung, jika hasilnya kamu masih gundah dan alam bawah sadar kamu bertentangan, jangan dipaksa, tapi ulangi sampai kamu merasa bahagia dan sukur, that’s the key!

Triknya, cari hal yang membuat kamu bahagia, dan coba lagi untuk berpikir yang baik.

2. Mengapa kita harus tahu ilmu pikiran positif

Mengapa? Dengan keahlian mengatur pikiran kita ke arah baik, maka hidupmu akan berubah menjadi lebih baik. Faktanya, dengan teknik ini akan memperpanjang umur, menurunkan stres, memiliki kepribadian yang lebih baik dan masih banyak lagi.

Tidak ada lagi alasan kamu mau coba-coba berpikir hal yang buruk atau memiliki pikiran negatif, keputusan ada di kamu.

Ingat, menjauhi sifat berpikir negatif akan membuat kamu tidak lelah memikirkan hal buruk yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan hidup kita. Sebaliknya, pikiran baik membuat kamu ikhlas dan tetap semangat.

Bagi kamu yang muslim/muslimah, cara berpikir positif dalam Islam justru sering dimention banyak orang.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Allah ‘azza wajalla berfirman: ‘Aku sesuai dengan prasangka hamba-Ku terhadap-ku, Aku akan bersamanya jika ia berdoa kepada-Ku.” Hadits Riwayat Muslim.

3. Manfaat pikiran positif

Seperti yang telah di singgung diatas, manfaat habit ini sangat banyak, antara memberikan efek jauh dari strees, menurunkan rasa tekanan dan tingkat kesulitan hidup, ketahanan dari flu biasa yang lebih baik, panjang umur dan memberikan kebahagian.

Dan yang paling penting adalah bisa memberikan kamu harta dan kekayaan lebih? Tidak percaya? Praktek saja.

Jika harus dibahas secara detail manfaatnya, maka saya rasa akan sangat panjang intinya, intinya rugi jika tidak pernah mau belajar dan menerapkan kebiasaan berpikir positif.

Satu lagi, orang-orang besar dan sukses mereka sangat mahir berpikir positif, jangan buang waktu dan kebahagian untuk hal negatif, be happy dan bersyukur! Apakah kamu orang-orang sukses memiliki waktu untuk melihat gosip? melihat video tidak bermanfaat? Mengeluh atau bahkan memcaci orang?

Orang-orang hebat seperti Tony Robbins, Eric Thomas, Les Brown, Nick Vujicic, Dr. Wayne W.Dyer atau bahkan Jim Rohn pasti orang-orang positif, kita bisa belajar dari mereka.

Jika kamu cari orang Indonesia, beberapa seperti Ippho Santosa, Mery Riana, Bob Sadino, B.J Habibie dan masih banyak lagi bisa menjadi acuan kamu untuk selalu menghadapi hidup dengan positif, bersemangat dan bahagia.

Percayalah, mereka lebih memilih cari hal positif dari pada memikirkan hal-hal negatif!

Selanjutnya..

4. Apakah ini ilmu gaib

Jika kamu kira berpikir positif ini adalah teknik yang lebay dan berlebihan, maka saya pastikan kamu jarang membaca buku-buku tentang pengembangan diri, he..

Sama halnya dengan The Law of Attraction yang bermain dengan pikiran dan ilmu fisika kuantum, berpikir positif adalah sebuah ilmu pelajaran tentang bagaimana cara kita mengatur isi otak supaya tidak condong ke hal-hal yang tidak bermanfaat.

Bukan ilmu gaib apalagi ilmu gila, semuanya nyata berdasarkan ilmu pengetahuan dan riset.

Saat ini, sangat banyak contoh kasus kejahatan dari jauhnya orang mau berpikir positif. Orang stres yang mengakhiri hidup sudah sangat banyak, mereka kaya, tenar dan banyak uang tapi bagaimana hidupnya?

Kita juga pasti pernah melihat sebuah keluarga sederhana, anggaplah didesa dengan rumah dan harta yang seadannya, tetapi pancaran positif dan kebahagiaan jelas terlihat.

Kuncinya, otak dan hati harus selaras tentang betapa positifnya hidup ini.

5. Langkah praktek mulai berpikir positif

Seperti yang telah kita ketahui, kekuatan berpikir positif ini sangat besar terhadap tingkat kebahagian manusia dan bisa menghancurkan hidup jika kita tidak bisa mengendalikan pikiran kita.

Berpikir positif bisa berdampak ke segala aspek kehidupa misal terhadap pasangan (suami/istri), terhadap pekerjaan, bos, harta benda yang dimiliki, keadaan fisik dan lainnya.

Ingat, semua ilmu tidak akan ada manfaatnya sebelum kita praktek, ini diantaranya:

Setiap kamu menghadapi keadaan, atau menghadapi seseorang ataupun mendapatkan kesulitan, ingat hal berikut:

  1. Tarik nafas dalam-dalam, dan keluarkan perlahan: Lakukan berulang sampai kamu benar-benar rilek, penting!
  2. Duduk: Jika dalam berdiri masih sulit mengontrol kendali pikiran, cobalah duduk
  3. Wudhu: Ini jurus pamungkas, berpikir positif dalam Islan sangat erat dengan keahlian kontrol emosi
  4. Shalat atau Berdoa: Mintalah perlindungan Tuhan Yang Masa Esa
  5. Ambil yang baik, buang yang buruk: Sering kali manusia bermusuhan hanya karena masalah sepele, bahkan jika 1000 kebaikan terlaksana, dan ada 1 kesalahan, niscaya kebaikan tersebut jadi hilang ketika kita tidak bisa kontrol pikiran negatif kita.
  6. Bersyukur: Ya, lihatlah, hidup Anda masih baik-baik saja, jika kamu melihat yang buruk yang mebuat kamu berpikir buruk, ingatlah kamu masih bisa menikmati internet dengan membaca artikel ini
  7. Masa Depan: CAMKAN jika kamu berpikir negatif maka hal buruk lainnya akan segera menyusul, jika kamu berpikir positif, maka berkah kebaikan akan segera menghampiri, so pilih mana?
  8. Cari hal yang membuat anda lebih baik: Hobi dan keluarga biasanya sangat ampuh untuk membuat otak kembali kejalan yang benar, tengoklah foto mereka atau kendaraan kesayangan Anda, dan bersyukurlah! Masih kurang? Dengar surat Al Quran (Ar Rahman misal) bagi muslim atau lagu dan ceramah yang banyak memberikan efek baik terhadap jiwa.
  9. Kamu masih hidup: Ya, ketika kamu berada dibawah tanah dan mati, maka pikiran buruk apapun akan seperti debu, jadi tetaplah jalani hidup dengan pikiran yang baik dan berkah.

Untuk menjaganya, tips saya: Benahi lingkungan dan pertemanan, cari yang memberikan efek baik saja. Tonton film atau dengarkan lagu yang baik, jauhi lagu-lagu sedih apalagi galau.Dan yang paling ampuh adalah baca buku dan klip pendek motivasi.

6. Action or kembali hidup seperti sebelumnya

Tulisan, buku, vidio dan media lainnya hanyalah media pembelajaran, tanpa praktek tidak akan ada hasil.

Belajar memasak, mengendarai sepeda, belajar teori melukis dan yang lainnya tidak akan ada hasilnya tanpa praktek.

Tips dari saya, jika ingin merubah hidup, rubahlah cara pandang kamu terhadap sesuatu, carilah yang baiknya dan buang hal buruknya.

Ingat, pikiran negatif bahkan bisa menghancurkan hidup manusia. Sebaliknya, pikiran positif akan membahagiakan manusia. Dengan apa? Syukur dan ikhlas

TIPS terkahir: Tonton 2 portal di youtube ini, Mateusz M dan Be Inspired, keduanya adalah saluran yang membuat saya sukses mengelola pikiran, buktikan!

Jika kamu mau mencari quote berpikir positif, jangan lakukan, carilah di kitab suci atau dalam agama kita, ini lebih menenangkan dan lebih bermakna

Salam sukses sob!

Tentang Ganjar Nugraha

Family and Digital marketing enthusiast. Terkadang menjadi gitaris kamar yang selalu berpikir bagaimana supaya hidup ini ada manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *