Cara Meningkatkan Kekuatan Otak dan Memori Supaya Jauh Lebih Cerdas

Jika Anda akhir-akhir ini mulai sering lupa akan hal-hal kecil, seperti lupa menaruh kunci motor atau benda-benda lainnya? Itu artinya kinerja otak mulai menurun. Pada dasarnya, kemampuan otak manusia sangat hebat karena mampu menyimpan miliaran data. Bahkan, bisa dibilang lebih canggih dari komputer.

Namun, seiring bertambahnya usia, kemampuan otak manusia semakin melemah. Belum lagi, banyak yang belum memaksimalkan kinerja otak. Rata-rata orang hanya menggunakan 3 % dari kemampuan otak sesungguhnya.

Cara Meningkatkan Kekuatan Otak dan Memori Supaya Jauh Lebih Cerdas
Image via pixabay.com/en/users/geralt-9301

Bagaimana cara meningkatkan kekuatan otak dan memori dengan mudah?

Untuk meningkatkan kekuatan otak dan memori, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini. Lebih baik melakukan pencegahan sehingga fungsi otak memburuk.

1. Tidur yang cukup

Daya ingat dan konsentrasi manusia sangat dipengaruhi oleh kualitas tidurnya. Orang dewasa membutuhkan waktu tidur paling tidak sekitar 8 jam sehari. Jika kurang tidur, bukan hanya kesehatan saja yang bisa terganggu. Namun, hal ini bisa menurunkan kualitas kekuatan otak seperti berpikir kritis, memiliki daya kreativitas yang tinggi, mampu menyelesaikan setiap masalah secara tepat dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan kualitas tidur yang bagus, buatlah jadwal tidur setiap harinya. Usahakan Anda tidur di jam yang sama. Jika Anda memiliki masalah sulit tidur, Anda bisa mengatasinya dengan cara menghindari minum minuman kafein serta menghindari layar laptop atau ponsel karena bisa menyebabkan hilangnya rasa kantuk.

2. Melakukan olahraga otak

Sebagaimana tubuh, otak juga perlu dilatih berolahraga. Pada otak, terdapat jutaan jalur neuron yang berfungsi untuk berpikir. Jika fungsi otak sering digunakan, maka ketajamannya akan semakin bertambah. Sebaliknya, otak yang jarang digunakan akan mengalami penurunan kinerja. Untuk itulah sebisa mungkin Anda melakukan olahraga otak agar fungsinya semakin baik.

Beberapa contoh olahraga otak yaitu main catur, main musik, main teka-teki silang, dan masih banyak lainnya. Intinya ialah lakukan suatu hal yang melibatkan daya ingat dan konsentrasi. Anda bisa memilih kegiatan mana yang Anda suka sehingga tidak merasa berat untuk melakukannya.

Melakukan olahraga otak
Image via pixabay.com/en/users/johnhain-352999/

3. Rajin berolahraga fisik

Selain melakukan olahraga otak, Anda juga harus melakukan olahraga fisik secara rutin. Sebab, hal ini berkaitan dengan kemampuan otak. Ketika berolahraga, tubuh akan menyerap semakin banyak oksigen ke otak. Dengan begitu, fungsi otak bisa semakin tajam. Tak hanya itu, manfaat olahraga lainnya ialah bisa mengurangi kadar hormon stres sehingga pikiran bisa rileks. Anda bisa melakukan senam aerobik, ataupun lari di pagi hari.

4. Sering Tertawa

Tertawa memiliki manfaat yang sangat luar biasa yaitu bisa membuat ingatan otak tajam. Untuk bisa tertawa, Anda bisa melakukan beberapa hal seperti:

  • Anda bisa menceritakan hal-hal lucu kepada orang lain. Ketika dia tertawa, ikutlah tertawa.
  • Menceritakan hal memalukan yang pernah dialami akan membuat seseorang tertawa. Saat itu, Anda bisa ikut tertawa juga.
  • Dekati orang humoris yang pandai melucu.
  • Bercengkerama dengan anak-anak dan balita di sekitar Anda.

5. Pilih Makanan yang Bagus untuk Otak

Anda harus mengetahui jenis makanan apa saja yang bagus untuk daya ingat dan konsentrasi. Jenis makanan tersebut bisa Anda konsumsi setiap hari. Apa saja jenis makanan yang bagus untuk otak?

  • Buah dan sayuran
    Buah dan sayuran berwarna cerah memiliki kandungan antioksidan sehingga bisa mencegah kerusakan sel otak.
  • Ikan berlemak
    Contoh ikan berlemak adalah ikan tuna, salmon, kembung, sarden dan halibut. Jenis ikan tersebut memiliki kandungan omega 3 yang sangat bagus untuk perkembangan otak.
  • Teh Hijau
    Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, teh hijau berfungsi untuk membantu meningkatkan kekuatan otak dan memori. Itu karena ada kandungan polifenol pada teh hijau.

6. Melakukan manajemen stress dengan baik

Hampir setiap orang mengalami stress. Stress bisa memengaruhi kinerja otak karena dapat menyebabkan sel-sel di otak rusak. Padahal, sel tersebut memiliki peranan yang sangat penting untuk menyimpan ingatan ataupun membentuk ingatan baru. Untuk itulah Anda harus menghindari stress agar kekuatan otak tidak terganggu.

Cara yang bisa dilakukan adalah:

  • Memiliki target hidup yang realistis sesuai dengan kemampuan, jika memang tidak mampu mencapainya, terima saja dengan ikhlas.
  • Saat memiliki banyak pekerjaan, istirahatlah sejenak.
  • Jangan pernah memendam masalah sendiri
  • Fokus pada satu pekerjaan saja pada satu waktu agar tidak bingung ingin mengerjakan yang mana

7. Kumpul Bersama Teman

Jangan anggap bahwa berkumpul bersama teman hanya membuang-buang waktu saja. Saat kamu ngobrol atau berinteraksi dengan teman, kinerja otak akan terstimulasi. Tidak dipungkiri bahwa manusia merupakan makhluk sosial sehingga membutuhkan kehadiran orang lain. Saat Anda memiliki hubungan baik dengan orang lain, hal tersebut akan berpengaruh terhadap daya ingat dan konsentrasi. Menurut sebuah penelitian di Harvard School of Public Health, seseorang yang menutup diri dari pergaulan akan mengalami penurunan daya ingat atau memori.

Mulailah aktif bergaul dengan orang lain. Kamu bisa ikut suatu komunitas tertentu sesuai dengan passion kamu. Lalu, kamu bisa mengikuti beberapa kegiatan positif dan terjalinlah banyak interaksi dengan orang lain di sekeliling kamu. Hal ini akan sangat berpengaruh baik untuk kekuatan otak.

Kumpul Bersama Teman
Image via www.bakrie.ac.id

8. Perhatikan Kesehatan Badan

Anda perlu tahu bahwa ada beberapa penyakit yang memang dapat mempengaruhi daya ingat. Jika Anda sudah melakukan banyak hal untuk meningkatkan kekuatan otak dan memori tapi masih belum berhasil, bisa jadi ada kemungkinan Anda mengalami penyakit tersebut.

Bukan hanya penyakit Alzheimer saja yang mengganggu fungsi otak, namun ada beberapa jenis penyakit lainnya seperti:

  • Kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi
    Penyakit ini bisa membuat kognitif otak melemah
  • Diabetes
    Seseorang yang mengalami penyakit diabetes mengalami penurunan kinerja otak lebih cepat dibandingkan orang lain.
  • Hormon tidak seimbang
    Ketidakseimbangan hormon seperti menopause bisa menyebabkan tingkat memori menurun.

Apabila ternyata Anda mengalami salah satu penyakit di atas, segeralah berobat ke dokter agar mendapatkan pengobatan terbaik. Semakin cepat semakin bagus bukan? Penyakit akan segera sembuh sehingga Anda terhindar dari hal yang dapat menurunkan kinerja otak.

Itulah 8 cara meningkatkan kekuatan otak dan memori supaya lebih cerdas. Lakukan hal-hal tersebut sehingga Anda memiliki daya ingat dan konsentrasi yang tinggi.

Penulis: Ika Pratiwi / Editor: Rian Herdiana

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *