Home Inspirasi dan Motivasi 9 Film Motivasi Terbaik Indonesia: Mulai Semangatmu Hari Ini!

9 Film Motivasi Terbaik Indonesia: Mulai Semangatmu Hari Ini!

Lagi butuh inspirasi? Coba nonton 9 film motivasi terbaik Indonesia berikut, dijamin kamu akan segar kembali, yuk mulai semangat dari sekarang, catat dan ingat hal-hal positif dari film-film motivasi berikut dan mulai kejar impianmu, sekarang!

Sebentar…..

Jika kamu juga suka film motivasi yang berasal dari luar negeri, daftar film motivasinya ada disini ya, cek saja.

Sebelumnya, sadarkah kamu bahwa film merupakan cerminan dari kehidupan sehari-hari? Melalui sebuah film, kita bisa belajar banyak pengalaman, mengambil inti cerita, merumuskan sebuah metode jika mengalami masalah yang serupa dan menerapkannya dalam kehidupan. Inilah makna sebuah film yang memotivasi.


Faktanya, tidak hanya film barat, film-film Indonesia kini sudah mulai menunjukkan kualitasnya. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang sukses menembus pasar internasional dan berhasil dinominasikan dalam ajang perfilman bergengsi di beberapa belahan dunia. Film motivasi terbaik Indonesia ini mampu membawa nama Indonesia bersaing dalam kancah perfilman dunia.

Daftar Film Indonesia yang Sarat Inspirasi

Sebagian mungkin berasal dari kisah nyata dan sebagian lainnya merupakan hasil kreatif. Apapun latar belakangnya, sebuah film yang baik adalah film yang bisa memberikan nilai dan pelajaran yang bermanfaat. Film-film berikut ini digarap cukup apik dan menyentuh. Berhasil membawa penontonnya mendalami karakter melalui peran yang dimainkan oleh aktor dan aktrisnya. Dari sekian banyak film motivasi terbaik Indonesia, di bawah ini adalah beberapa film yang cukup mengena, terasa pesannya dan cukup berkesan untuk memicu semangat baru.

Daftar Film Indonesia Pilhannya adalah:

  1. Laskar Pelangi
  2. Tendangan dari Langit
  3. Film Kisah Kartini
  4. Habibie & Ainun
  5. 5cm
  6. Mengejar Matahari
  7. Alangkah Lucunya Negeri Ini
  8. Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar
  9. Keluarga Cemara

1. Laskar Pelangi

Film yang satu ini merupakan buah karya sutradara bernama Riri Riza dan merupakan adaptasi dari novel yang berjudul serupa karangan Andrea Hirata. Meledaknya novel Laskar Pelangi adalah salah satu alasan diangkatnya kisah ini ke layar lebar pada tahun 2008. Mengikuti jejak kepopulen novelnya, film Laskar Pelangi juga tak kalah tenar. Di tahun 2009, film motivasi terbaik di Indonesia ini telah ditonton oleh 4,9 juta orang.

Laskar Pelangi bercerita tentang 10 anak yang tinggal di daerah desa Gantong, Belitong. Di daerah yang masih serba kekurangan itu hanya ada satu sekolah dasar. Kondisi sekolahnya cukup memprihatinkan ditambah jumlah murid yang kian tahun makin berkurang. Pada tahun ajaran baru, jika sekolah ini tidak mencapai jumlah minimal siswa baru, maka sekolah ini akan ditutup.

Film bertemakan pendidikan dan sosial ini mengajarkan kita bagaimana belajar dari kekurangan dan mengubahnya menjadi sebuah pencapaian gemilang. Tidak menjadi suatu halangan bagi kesepuluh anak meskipun sarana dan prasarana belajarnya masih jauh dari kata cukup. Tekad keras mereka memotivasi semua orang bahwa keterbatasan bukan alasan untuk kita berdiam diri dan menunggu takdir. Kekurangan inilah yang menjadi cemeti agar kita berjuang lebih keras.

2. Tendangan dari Langit

Tendangan dari langit bercerita tentang anak di Desa Langitan di lereng Gurung Bromo yang bernama Wahyu. Kecintaannya pada bola mengantarkan Wahyu pada sebuah jalan menuju kesuksesan. Namun, orang tuanya tidak sependapat. Keinginan Wahyu untuk bergabung dengan sebuah Club sepak bola ternama mendapat tentangan dari ayahnya sendiri. Akankah Wahyu bisa meyakinkan ayahnya untuk bisa terus bermain bola?

Tendangan dari Langit dirilis pada Agustus 2010. Film motivasi terbaik Indonesia ini disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film yang bergenre drama ini sukses merebut perhatian banyak orang karena kisahnya yang cukup menyentuh. Penonton seolah terseret pada alur cerita yang disajikan.

Sekali lagi sebuah film yang bertemakan kebulatan tekad seorang anak manusia. Film ini mengajarkan kita bahwa memperjuangkan keyakinan dan kecintaan pada suatu hal merupakan keharusan. Meskipun orang lain mungkin sanksi apakah kita dapat mencapai kesuksesan, tidak menjadi penghalang untuk terus memperjuangkannya.

3. Film Kisah Kartini

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh nasional, Ibu Kita Kartini. Pada beliaulah, kaum wanita Indonesia harusnya mengucapkan terima kasih. Atas perjuangannya, perempuan negeri ini tidak lagi harus terkungkung di dalam rumah dan memiliki hak yang sama dengan kaum laki-laki.

Kisah Kartini diangkat ke layar lebar pada tahun 2017 lalu. Masih dengan sutradara kreatif, Hanung Bramantyo, Kartini berhasil tampil memukau dan mendapatkan tempat di hati penonton. Film motivasi terbaik Indonesia ini mengajak kita untuk tetap ingat pada kisah dan perjuangan Kartini. Sukses menjadi wanita yang mandiri dan berpendidikan adalah salah satu bentuk ucapan terima kasih yang bisa kita berikan pada tokoh Ibu Kita Kartini.

4. Habibie & Ainun

Mungkin film yang satu ini cocok untuk pasangan suami istri yang sedang dilanda masalah rumah tangga. Film motivasi Indonesia terbaik ini terinspirasi dari kisah mantan Presiden B.J Habibie dan dirilis pada tahun 2012. Melalui tangan Faozan Rizal, perjalanan cinta Ainun dan Habibie diceritakan dengan sangat apik.

Berawal dari pertemuan Ainun dan Habibie dan berlanjut pada kisah cinta dan pernikahan yang cukup awet. Ainun dan Habibie layaknya pasangan suami istri lainnya. Menemui permasalahan dalam setiap hari dalam kehidupan mereka. Namun dengan kasih sayang yang kuat, semua problematika yang muncul dapat terselesaikan dengan baik.

Film ini mengajarkan kepada kita untuk tetap bersabar dan selalu berpikiran dingin dalam menghadapi permasalahan. Sejatinya, semua permasalahan memiliki jalan keluarnya. Hidup memang tidak akan pernah lepas dari yang namanya godaan dan musibah. Jika kamu sedang mengalaminya saat ini, tetap bersabar dan terus semangat ya sobat.

5. 5cm

Dirilis pada tahun 2012, Film 5cm mengisahkan tentang persahabatan lima orang anak muda. Mereka telah bersama untuk waktu yang cukup lama. Kebersamaan yang dianggap monoton tersebut rupanya mendatangkan kejenuhan. Oleh sebab itu, mereka sepakat untuk berpisah sementara waktu dan bertemu lagi dalam waktu beberapa bulan. Selang berjalannya waktu, banyak hal terjadi dalam jalinan persahabatan mereka. Susah, senang, suka dan duka dilalui bersama dalam sebuah pendakian yang seru dan melahirkan kembali semangat kebersamaan.

Kisah ini banyak diminati oleh kaum muda yang sering kali merasa bosan dengan pertemanan yang mereka jalin. Apa yang bisa diambil dari kisah 5cm? Film menggugah karya sutradara Rizal Mantovani ini sukses menyadarkan anak-anak muda betapa pentingnya arti persahabatan. Di samping itu, film motivasi terbaik Indonesia ini juga berhasil meraih beberapa penghargaan perfilman Indonesia mengalahkan beberapa judul film lainnya. Sungguh sebuah film yang membangkitkan motivasi persahabatan!

6. Mengejar Matahari

Sutradara Rudy Sujarwo merupakan seorang sutradara dengan intuisi tajam sehingga mampu menghasilkan sebuah karya seni yang menggugah jiwa. Bercerita tentang kisah persahabatan empat orang pemuda yang bertempat tinggal di Jakarta. Rudy Sujarwo membius pemirsanya dengan menyuguhkan alur film yang menyentil sisi sosial dan kemanusiaan. Film motivasi hidup terbaik Indonesia ini mengajarkan kita tentang filosofi hidup sekaligus memotivasi mereka yang belum pandai bersyukur.

Mengejar Matahari merupakan sebuah ritual yang biasa dilakukan oleh keempat pemuda ini sejak kecil. Persahabatan mereka dimulai bahkan sebelum mereka beranjak dewasa. Setiap pribadi memiliki karakteristik tersendiri adalah pesan yang ingin disampaikan dalam film ini. Dalam persahabatan, karakteristik seseorang menjadi kekuatan yang akan terus mempererat meskipun masalah sering kali muncul dan merenggangkan hubungan itu.

7. Alangkah Lucunya Negeri Ini

Dibintangi oleh aktor kawakan Indonesia yang telah berhasil menorehkan banyak karya, Reza Rahardian, film Alangkah Lucunya Negeri Ini awalnya sedikit membuat orang memicingkan mata ketika melihatnya. Apa yang ingin disampaikan melalui sebuah kata yang bernada sarkastik? Ternyata film ini merupakan sebuah sentilan tentang ironi kehidupan yang terjadi di sekitar kita.

Film motivasi dan inspirasi terbaik Indonesia ini mengajarkan kita untuk tidak menyerah pada keadaan yang ada di hadapan kita. Seburuk dan sejelek apapun, pasti masih ada celah untuk memperbaikinya. Hal yang paling harus ditanamkan adalah sikap pantang menyerah dan tetap tegar menghadapinya. Menceritakan seorang pemuda yang bekerja sebagai tenaga pencatat hasil curian para pencopet, pemuda ini malah berhasil menyisihkan sebagian uang yang kemudian digunakannya sebagai dana untuk memberikan pendidikan dan memperbaiki kehidupan keluarga para pencopet ini. Bahkan beberapa diantaranya yang berhasil menjadi orang sukses dan membentuk keluarga yang harmonis.

8. Merry Riana : Mimpi Sejuta Dollar

Terinspirasi dari kisah Merry Riana yang berhasil menjadi jutawan di usianya yang masih muda. Salah satu daftar film Indonesia motivasi hidup ini merupakan sebuah inspirasi sekaligus motivasi untuk anak muda agar tidak mudah menyerah dalam berbagai situasi dan kondisi hidup. Perjuangan dengan sungguh-sungguh dalam mengejar mimpi akan membuahkan hasil yang tidak akan mengecewakan.

Merry Riana merupakan seorang anak gadis yang mengungsi ke Singapura ketika terjadi pergolakan politik di Indonesia. Berbekal kemauan yang kuat, kondisi keluarga yang tidak stabil tak membuat merry lantas menyerah dengan keadaannya. Justru kondisinya yang demikian ini membulatkan tekadnya bahwa ia harus segera keluar dari keterpurukan.

Film ini dirilis pada tahun 2014 dengan membawa genre drama komedi. Dipimpin oleh sutradara Hestu Saputra, kisah Merry Riana mampu mengajak penontonnya tersenyum, tertawa sekaligus menangis.

9. Keluarga Cemara

Keluarga Cemara menjadi salah satu judul film Indonesia tentang motivasi hidup yang memiliki banyak penggemar. Merupakan adaptasi dari sinema elektronik yang dahulu pernah ditayangkan di salah satu stasiun televisi swasta, Keluarga Cemara kembali membawa kenangan cerita abah dan ara yang indah. Film Keluarga Cemara ini disutradarai oleh Yandy Laurens dan sukses membuat penontonnya menangis haru sekaligus tertawa bahagia.

Sempat kosong oleh film bertemakan keluarga, cerita singkat, hangat dan sederhana dari Keluarga Cemara ini menjadi satu penyegar di tengah banjirnya film horor Indonesia. Film motivasi ini sukses mengusung tema kasih sayang dan perjuangan sebuah keluarga kecil yang ditimpa masalah.


Apa yang hendak disampaikan oleh Keluarga Cemara ini? Setidaknya, kekuatan yang sesungguhnya berasal dari keluarga. Sebesar apapun masalah yang menimpa kita di luar, selama kita memiliki keluarga, semua akan teratasi. Sesukses apapun kamu meraih jabatan dan harta, jika tak ada keluarga dibalik itu, kamu tetap akan merasa kosong.

semangat film motivasi terbaik

Film motivasi tidak selalu film yang monoton dengan nasehat-nasehat yang membosankan. Film motivasi akan lebih tersampaikan melalui alur cerita yang mengalir dan tidak dibuat-buat. Seperti yang disampaikan di atas, menonton film motivasi terbaik Indonesia memberikan kita pelajaran dan pengalaman dari sudut pandang yang berbeda. Selama kamu mampu menangkap pesan yang ingin disampaikan, semua film pada dasarnya sarat akan makna.

Selesai…

Ada masukan lain? Atau adakah film yang terlewat? Silahkan komentar dan bagaimana pendapat pembaca semua tentang film-film Indonesia diatas.

Semoga bermanfaat, sukses selalu dan tetap semangat!

 

Tentang Ganjar Nugraha

Family and Digital marketing enthusiast. Terkadang menjadi gitaris kamar yang selalu berpikir bagaimana supaya hidup ini ada manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *