Home Inspirasi dan Motivasi 11 Film Motivasi Terbaik Sepanjang Sejarah: Yang Mau Sukses Wajib Baca

11 Film Motivasi Terbaik Sepanjang Sejarah: Yang Mau Sukses Wajib Baca

Film merupakan sebuah media yang cukup efektif untuk penyebaran informasi. Tidak hanya hiburan dengan cerita-cerita fiksi, namun seringkali sangat berkualitas dan diilhami dari kisah nyata. Mulai dari film yang menceritakan sejarah dari suatu bangsa hingga mengangkat sebuah kisah sosok yang sangat inspiratif serta mampu memberikan pengaruh yang cukup besar pada masyarakat.

11 Film Motivasi Terbaik Sepanjang Sejarah
(Image By Matusciac Alexandru)

Saat ini banyak film yang bertema kisah inspiratif diangkat dalam layar lebar. Film ini tidak hanya bersifat menghibur tapi juga sebagai media motivasi pada para penontonnya.

11 Film Motivasi Terbaik Sepanjang Sejarah

11 film motivasi terbaik sepanjang sejarah yang bisa Anda jadikan motivasi diri adalah sebagai berikut:

1. The Station Agent (2003)

Film Motivasi The Station Agent
(Image By themoviedb.org)

Film motivasi terbaik sepanjang masa yang pertama adalah The Station Agent. Film ini mengisahkan seorang yang bernama Finbar McBride yang memiliki tubuh cebol. Dalam film ini dikisahkan Finbar McBride yang bekerja di perusahaan kereta api yang tinggal di sisi kota kecil New Jersey. Finbar McBride tidak memiliki banyak teman karena memiliki tubuh yang cebol. Walaupun tidak memiliki banyak teman, Ia mulai terbiasa dengan hal itu dan lebih memilih fokus pada pekerjaan.

Hingga akhirnya Finbar McBride menemukan teman-teman baru yaitu Joe Oramas seorang lelaki yang ramah dan Olivia Harris seorang perempuan yang mengasingkan diri. Kedua teman barunya tersebut mampu merubah kehidupan Finbar McBride dari yang membosankan menjadi sangat menyenangkan.

Trailer The Station Agent (2003):

2. Million Dollar Baby (2004)

Film Motivasi Million Dollar Baby (2004)
(Image By themoviedb.org)

Film Million Dollar Baby merupakan salah satu film yang sangat memotivasi. Film ini menceritakan perjuangan seorang wanita yang bernama Maggie Fitzerald yang bekerja sebagai pelayan restoran yang ingin menjadi seorang petinju profesional. Sebagai seorang wanita, ia memiliki sifat yang keras kepala dan pantang menyerah.

Dengan sifat tersebut akhirnya mampu meyakinkan Frankie Dunn seorang pelatih tinju untuk melatihnya dan mewujudkan cita-citanya menjadi seorang petinju profesional. Dengan gaya yang sederhana serta natural, film Million Dollar Baby mampu meninggalkan kesan yang sangat mendalam.

Trailer Million Dollar Baby (2004):

3. Dead Poets Society (1989)

Film motivasi Dead Poets Society (1989)
(Image By themoviedb.org)

Film Dead Poets Society ini menceritakan seorang guru bahasa inggris yang bernama John Keating. Ia mempunyai metode pembelajaran yang berbeda dengan guru-guru lain. Sebagai seorang guru bahasa inggris, dirinya mencoba menginspirasi siswanya untuk menjadi apa pun yang diinginkan dan mengikuti kata hati.

Terkadang orang tua memiliki sifat egois dan tidak ingin mendengarkan apa yang menjadi impian seorang anak. Melalui film John Keating menjadi contoh yang sangat sempurna untuk seorang guru dan orang tua yang harusnya bersikap terbuka dan membimbing anaknya dengan sepenuh hati, bukan dengan ambisi.

Trailer Dead Poets Society (1989):

4. The Blind Side (2009)

Film Motivasi The Blind Side (2009)
(Image By themoviedb.org)

Film ini merupakan kisah nyata yang diangkat dari seorang remaja berkulit hitam yang bernama Michael Oher yang diadobsi oleh Leigh Anne Tuohy. Michael Oher hidup di lingkungan yang kumuh di pinggir kota. Leigh Anne Tuohy merupakan seorang ibu dengan kehidupan sejahtera, yang tergerak hatinya untuk memberikan bantuan kepada Michael Oher yang mempunyai bakat football.

Kisah ini sangat menyentuh karena Anda memiliki kehidupan yang serba berkecukupan, maka bantulah orang-orang yang membutuhkan agar memperoleh kesempatan untuk memiliki kehidupan yang sejahtera.

Trailer The Blind Side (2009):

5. The Pursuit of Happyness (2006)

Film Motivasi The Pursuit of Happyness (2006)
(Image By themoviedb.org)

Film The Pursuit of Happyness ini mengisahkan perjuangan seorang ayah untuk merawat anaknya sendiri setelah istrinya meninggalkannya akibat keadaan ekonomi yang serba kekurangan. Chris Gardner berjuang untuk mencari tempat tinggal karena diusir dari apartemennya dan harus berjuang untuk bertahan hidup bersama anaknya.

Untuk mengatasi masalah ekonomi yang sedang dihadapi, Chris Gardner rela bekerja di sebuah perusahaan tanpa digaji selama masa percobaan sampai resmi diterima. Dengan kisah film yang sangat dinamis ini, akan membawa Anda untuk memahami perjuangan setiap manusia dengan tekad yang sangat kuat dan kegigihan.

Trailer The Pursuit of Happyness (2006):

6. The Social Network (2010)

Film Motivasi The Social Network (2010)
(Image By themoviedb.org)

Film The Social Network bercerita tentang seorang Mark Zuckerberg yang merupakan pendiri Facebook. Awalnya ia diputuskan oleh pacarnya sehingga ia menciptakan situs Facemash. Ia berinisiatif bahwa seorang laki-laki bisa memberi penilaian tentang seberapa cantiknya gadis-gadis di kampus dengan menggunakan pilihan hot or not.

Akan tetapi, karena adanya situs Facemash ini Mark harus mendapatkan hukuman dan diadili oleh komite kampus dengan tuduhan menembus keamanan kampus dan melanggar privasi individu. Karena masalah tersebut pula, Mark sampai terancam harus dikeluarkan dari kampus.

Berita tentang Mark ini pun tersebar sampai ke telinga Cameron Winklevoss dan Tyler Winklevoss bersaudara yang akhirnya mencari keberadaan Mark untuk diajak bekerja sama membangun Harvardconnection.com. Melalui kerja sama tersebut, akhirnya Mark bisa membangun Facebook meskipun pada akhirnya ia digugat oleh Winklevoss karena dituduh telah mencuri ide. Bahkan Mark juga sempat digugat oleh temannya sendiri yaitu Eduardo Saverin.

Hal yang bisa diambil dari film ini adalah bagaimana semangatnya Mark Zuckerberg saat menyusun semua dari bagian Facebook di kamar asramanya. Mulai dari struktur sampai dengan melakukan coding bahkan ia melakukannya juga di kampus. Dengan semangatnya tersebut, menjadikan Facebook semakin berkembang sampai saat ini.

Trailer The Social Network (2010):

7. The Billionaire (2011)

Film Motivasi The Billionaire (2011)
(Image By themoviedb.org)

11 film motivasi terbaik sepanjang sejarah yang selanjutnya adalah The Billionaire. Film ini terinspirasi dari seorang pemuda asal Thailand bernama Top Ittipat yang sukses menjadi pengusaha muda dengan produk cemilan rumput laut yaitu Tao Kae Noi.

Awalnya, Top merupakan pemuda biasa yang menyukai game online. Dari hobinya tersebut, ia mampu menghasilkan uang sebesar 400.000 Bath (sekitar 150 juta rupiah). Akan tetapi uang tersebut harus direlakan karena akunnya dibanned sebab menyalahi aturan dalam game. Berbagai bisnis telah dilakukan mulai dari perjualan pemutar DVD, namun harus kembali mengalami kerugian karena ia menjual DVD bajakan.

Setelah itu, ia kembali mencoba dengan berjualan kacang dan sempat berkembang. Namun usaha tersebut juga tidak berjalan lama karena harus ditutup akibat dari asap dari pembuat mesin kacang yang mengotori langit-langit di mall tempat ia berjualan.

Melalui film ini akan digambarkan bagaimana perjuangan Top sampai akhirnya bisa meraih kesuksesan dan dapat melunasi utang ayahnya yang mencapai 40 juta Bath atau sekitar 15 miliar rupiah. Dari film The Billionaire ini, Anda kita bisa mengambil pesan bahwa apapun yang terjadi, kita tidak boleh menyerah.

Trailer The Billionaire (2011):

8. Chef (2014)

Film Motivasi Chef (2014)
(Image By themoviedb.org)

Film Chef ini merupakan inspirasi bisnis dan bercerita tentang seorang chef yang bernama Carl Casper. Carl Casper ini merupakan pekerja di sebuah restaurant. Akan tetapi, karena memiliki perbedaan pendapat dengan atasannya dan dia juga tidak terima dengan kritikan pedas dari food blogger terkenal yang mengomentari hasil masakannya. Oleh karena itu, ia kemudian memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya tersebut.

Sampai akhirnya, ia kembali ke tempat kelahirannya Miami untuk memodifikasi truk miliknya dan dijadikan food truck. Seiring berkembangnya zaman, usaha food truck milik Carl Casper tersebut mengalami peningkatan. Dalam menjalankan bisnis food truck, Carl ditemani oleh mantan istri, anak dan juga teman-temannya.

Melalui film ini, Anda diperlihatkan tentang perspektif yang berbeda dari seorang owner bisnis food truck yang semakin berkembang. Perkembangan usahanya tersebut berkat anak Carl yang selalu aktif di media sosial untuk mempromosikan usaha ayahnya tersebut.

Trailer Chef (2014):

9. Badmaash Company (2010)

Film Motivasi Badmaash Company (2010)
(Image By themoviedb.org)

Badmaash Company merupakan film motivasi yang berasal dari India. Film ini menceritakan tentang 4 sahabat yang ingin cepat kaya sampai akhirnya mereka memulai bisnis sepatu dan kemudian bisnis sarung tangan. Namun, karena mereka menjalankan bisnis hanya karena ingin mendapatkan kekayaan dengan cara instan, maka bisnis yang mereka jalankan banyak terdapat kecurangan di dalamnya. Bisnis yang mereka kembangkan sempat bubar yang disebabkan karena adanya konflik keluarga dan adanya masalah pribadi di antara mereka.

Akan tetapi, seiring dengan berjalannya waktu akhirnya ke empat sahabat tersebut kembali berkumpul untuk menjalankan bisnis pakaian yang sangat unik. Melalui film ini, kita bisa mendapatkan pesan bahwa tidak ada yang instan dalam mencapai kesuksesan.

Trailer Badmaash Company (2010):

10. Pay it Forward (2000)

Film Motivasi Pay it Forward (2000)
(Image By themoviedb.org)

Film ini terinspirasi dari seorang anak yang bernama Trevor. Trevor mendapat tugas dari gurunya untuk merubah dunia dengan isu Pay it Forward. Ide tersebut yaitu untuk tetap berbuat baik kepada setiap orang yang sedang membutuhkan.

Melalui film ini, kita diajarkan bahwa apabila kita berbuat baik maka kita juga akan mengalami banyak keajaiban di dalam hidup tak terkecuali dalam dunia bisnis. Dengan semangat untuk membantu orang melalui bisnis yang kita kembangkan, maka kita akan lebih berkembang dari yang sebelumnya karena adanya semangat kebaikan tersebut.

Trailer Pay it Forward (2000):

11. Merry Riana – Mimpi Sejuta Dolar (2014)

Merry Riana - Mimpi Sejuta Dolar (2014)
(Image By themoviedb.org)

Salah satu film motivasi terbaik sepanjang sejarah yang terakhir adalah Mimpi Sejuta Dolar. Film ini menceritakan tentang kisah Merry Riana yang semenjak lulus SMA ia harus mengungsi ke Singapura akibat konflik besar-besaran yang terjadi di Indonesia.

Setelah berada di Singapura, Merry hanya seorang diri dan hanya berbekal uang untuk makan selama lima hari. Kemudian ia menghubungi temannya yang memang akan melanjutkan sekolahnya di negara tersebut. Namun, ia kembali mendapatkan masalah ketika ia ketahuan menyelinap karena tinggal di asrama temannya tersebut. Oleh karena itu, Merry terpaksa harus mengikuti ujian untuk masuk ke perguruan tinggi. Setelah lulus ujian tersebut, ternyata Merry harus tetap membayar $40.000 untuk biaya kuliahnya.

Satu-satunya kesempatan yang harus ia lakukan adalah mengambil student loan. Namun, semua itu bisa didapatkan jika Merry memiliki penjamin. Karena tidak memiliki keluarga di Singapura, akhirnya Merry bertemu dengan Alva yang merupakan seniornya di kampus tersebut. Sampai akhirnya Alva menyetujui untuk menjadi penjamin bagi Merry. Namun dengan syarat Merry harus mendapatkan pekerjaan sampingan.

Karena hal tersebut pula, Merry melakukan berbagai pekerjaan demi mendapatkan penghasilan tambahan. Merry bekerja mulai dari membagikan brosur, bisnis online sampai dengan melakukan bisnis saham yang memiliki resiko tinggi. Berbagai permasalahan ada di film Merry Riana ini, mulai dari beratnya perjuangan seorang Merry Riana, kisah cinta, persahabatan dan kekeluargaan ada di film ini.

Trailer Merry Riana – Mimpi Sejuta Dolar (2006):

Itulah 11 film motivasi terbaik sepanjang sejarah yang bisa menjadi pilihan tontonan untuk Anda. Semoga salah satu film tersebut bisa memotivasi Anda untuk tetap semangat dalam mencapai kesuksesan.

Penulis: Estri Purnawati / Editor: Rian Herdiana

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *