Kata-Kata Bijak Agar Hidup Penuh Semangat dan Motivasi

Dalam menjalani hidup ini, kita tidak selalu di hadapkan pada situasi yang baik atau menyenangkan. Ada kalanya datang musibah, kegagalan ataupun halangan yang tidak diharapkan terjadi. Namun di balik semua itu, sebagai manusia yang diciptakan memiliki kemampuan bertahan, kita harus mampu, kuat dan terus berjuang untuk menghadapi segala kesulitan. Jalani hidup dengan positif, bersemangat dan penuh motivasi supaya hidup menjadi lebih bermakna.

Kata-kata Bijak dan Motivasi yang Memompa Semangat

Jika datang sebuah permasalahan dalam hidup, jangan terpuruk terlalu lama. Anda boleh saja merasa sedih, kesal, kecewa, terluka namun jangan menekuri peristiwa yang telah terjadi sehingga malah akan menghalangi langkah ke depannya. Cari cara yang bisa Anda pergunakan untuk memompa semangat datang kembali. Salah satunya adalah dengan meyakini sebuah kata-kata bijak. Banyak orang yang bisa kembali bangkit dengan kata-kata motivasi yang bisa mengembalikan semangat dan daya juang mereka.

Berikut ini adalah beberapa kata-kata bijak yang bisa Anda jadikan pegangan ketika dihadapkan pada masalah yang besar dan merasa akan terjatuh. Diantaranya adalah :

1. Allah tak berjanji bahwa hidup ini mudah, tapi Allah berjanji setelah kesulitan ada kemudahan.

Kalimat ini bisa dijadikan senjata pamungkas untuk meningkatkan keyakinan diri. Bahwasanya, segala sesuatu di dunia ini telah diatur oleh Allah. Hal yang baik ataupun hal buruk yang menimpa. Manusia memang ditakdirkan untuk berjuang memenuhi kebutuhan dan bertahan hidup. Dalam perjuangan itu, tidak semuanya mudah. Anda pasti akan menemui kesukaran.

Kesukaran dan kesusahan yang terjadi dalam hidup Anda, bukan hal yang harus dihindari. Hadapi saja semua kesulitan. Sejatinya, setiap kesulitan pasti ada jalan keluar. Dalam setiap persoalan pasti tersembunyi solusi. Tidak ada pertanyaan yang tak ada jawabannya. Oleh sebab itu, bersabarlah dalam menghadapi semua kesulitan hidup.

Baca Juga: Arti Berkah atau Barokah dalam Menjalani Hidup: Pahami Ini Jika Ingin Bahagia

2. Tak penting menjelaskan mengenai siapa kamu kepada siapa pun, sebab seseorang yang menyukaimu tidak butuh itu. Kemudian, yang benci kamu tak akan percaya itu.

Anda pasti pernah mendengar kalimat motivasi yang satu ini. Ya, kalimat ini diucapkan oleh salah seorang sahabat nabi Muhammad SAW. Dalam kalimat ini, tersirat sebuah pesan bahwa Anda tidak perlu bersedih ketika ada beberapa orang yang tidak menyukai kita. Kita tidak perlu menjelaskan pada mereka, tidak perlu menjadi orang lain untuk menyenangkan mereka. Tidak perlu merasa bersedih karena dibalik mereka yang tidak menyukai Anda, masih ada banyak orang yang mencintai Anda.

Ketidaksukaan mereka kepada Anda tidak seharusnya menjadikan Anda patah semangat. Karena sesungguhnya Allah telah melarang umatnya untuk berputus asa. Anda harus tetap menatap optimis dengan apa yang ada dalam diri Anda. Maksimalkan segala potensi diri untuk meraih yang terbaik. Anda harus tetap menjadi pribadi yang baik, positif, penuh kebahagiaan dan yang utama tetaplah menjadi diri Anda sendiri.

3. Hidup terlalu singkat untuk menekuri dan terpuruk hanya karena satu hal yang terlewatkan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, akan ada banyak kejadian dalam menjalani hidup ini. Kejadian itu ada yang menyenangkan dan ada pula yang membuat sedih. Ketika Anda mengalami sebuah kejadian yang menyedihkan, sangat manusiawi jika Anda merasa terpuruk.

Namun, jangan sampai karena satu kejadian ini, membuat Anda lantas terus menerus menekuri dan tidak mampu bangkit. Jangan sampai satu kejadian menghentikan langkah Anda untuk berusaha. Ambillah waktu secukupnya untuk bersedih, sisanya Anda harus bangkit lagi karena hidup ini sangat singkat untuk menangisi satu kejadian menyedihkan.

4. Tak perlu banyak merenung, cukup berjalan dan lakukan keinginanmu.

Terkadang, ada beberapa orang yang susah untuk segera berbuat atau bertindak sesuatu. Mereka terlalu lama berfikir. Mereka terlalu banyak merenung, menimbang-nimbang apakah hal yang akan mereka lakukan bisa berjalan lancar dan baik. Namun, hal ini adalah kekeliruan. Jika Anda ingin melakukan sesuatu, tidak perlu terlalu banyak pertimbangan. Bangun semangat, segera lakukan dan jangan banyak berfikir!

5. Salah itu biasa, tak ada seorang manusia pun di muka bumi ini yang tidak berbuat salah.

Siapa manusia di muka bumi ini yang tidak pernah berbuat salah? Pasti semua manusia pernah melakukannya. Manusia memang gudangnya kesalahan dan kekeliruan. Jika Anda melakukan sebuah kesalahan, Anda harus segera menyadarinya. Setelah itu, Anda harus memperbaiki kesalahan itu. Ambil pelajaran supaya tidak terjadi kesalahan yang sama.

6. Semua masalah cukup dihadapi dengan satu tindakan, be positif!

Apa yang pertama kali Anda lakukan ketika mendapatkan masalah? Motivasi diri Anda dengan positif! Tersenyum dan katakan bahwa semua yang terjadi pasti ada solusinya. Jangan berfikir buruk atau negatif. Hal ini akan membuat pikiran Anda semakin kusut dan kesulitan mencari jalan keluar. Oleh sebab itu, pastikan Anda selalu tersenyum menghadapi semua masalah yang datang.

7. Sukses itu relatif, bangun di pagi hari dengan tubuh sehat adalah kesuksesan.

Siapa bilang kesuksesan itu hanya milik orang-orang yang kaya. Kesuksesan itu tidak diukur dengan uang atau jabatan. Bahkan, bangun dengan kondisi sehat di pagi hari adalah sebuah kesuksesan. Dengan tubuh yang sehat, Anda bisa melanjutkan perjuangan dalam mengisi hidup dengan sesuatu yang bermakna.

Jadi, jangan minder meskipun saat ini Anda belum memiliki banyak uang atau jabatan tertentu. Selama Anda masih bisa membuka mata, bisa melakukan semua aktivitas, Anda sudah berada di jalur yang tepat untuk menuju ke sebuah kesuksesan.

Baca Juga: Kunci Hidup Bahagia : Fakta Syukur dan Sabar Secara Ilmiah

8. Tak ada mimpi yang terlalu tinggi.

Mungkin Anda sering kali diejek atau dihina oleh orang lain. Mereka menganggap Anda terlalu muluk-muluk dalam menginginkan sesuatu. Namun kawanku, mimpi itu hak semua orang. Setinggi apapun, setiap mimpi yang Anda miliki sangat berharga. Meskipun mimpi itu setinggi langit, Anda memiliki hak untuk mewujudkannya. Jadi, jangan berpikiran bahwa mimpi yang Anda miliki terlalu tinggi. Pikirkan saja bagaimana cara untuk meraih mimpi tersebut.

9. Seribu kali terjatuh, seribu satu kali engkau harus segera bangkit.

Terjatuh atau kegagalan pasti akan dialami oleh semua orang. Ketika mencoba suatu hal, pilihan yang ada adalah berhasil atau terjatuh. Bagi Anda yang mengalami suatu kegagalan, jangan terlalu lama menunggu waktu untuk bangkit. Segera ambil tindakan dan bangkitlah secepat mungkin. Jadikan kegagalan sebelumnya sebagai pelajaran yang akan membuat Anda berhati-hati dalam melangkah di kemudian hari.

10. Anda tidak dapat membahagiakan semua orang dengan harapan-harapan mereka, namun tampillah sebagai pribadi bahagia yang mampu menyenangkan semua orang.

Kata-kata bijak yang satu ini sangat cocok diaplikasikan dan dibaca ketika kita sedang mengalami permasalahan dengan orang lain terutama masalah kecocokan. Sebagai seorang pribadi, Anda memiliki ciri dan karakter tersendiri yang mewakili diri Anda. Karakter ini tidak bisa dipisahkan dari diri dan pribadi Anda. Mungkin saja banyak orang yang berharap Anda menjadi sesuatu yang mereka inginkan, namun Anda tidak dapat memenuhi ekspektasi tersebut. Hal ini menimbulkan kekecewaan terhadap diri Anda.

Namun, Anda bukanlah nilai yang bisa dipaksakan. Anda bukanlah materi yang bisa disesuaikan. Apapun keputusan yang Anda ambil untuk diri pribadi, pastikan itu yang terbaik. Anda tidak perlu menyenangkan orang lain dengan menjadi sesuatu yang mereka mau. Cukup jadi diri Anda sendiri yang penuh semangat dan percaya diri.

Itulah beberapa kata-kata bijak yang bisa Anda pergunakan untuk menambah semangat dan memotivasi diri ketika sedang dalam kondisi yang terpuruk atau bersedih. Semoga bermanfaat.

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.