Home Inspirasi dan Motivasi Kunci Hidup Bahagia : Fakta Syukur dan Sabar Secara Ilmiah

Kunci Hidup Bahagia : Fakta Syukur dan Sabar Secara Ilmiah

Syukur dan sabar adalah kunci hidup bahagia, hal tersebut bukan hanya isapan jempol semata, tetapi berdasarkan fakta ilmiah dan juga dari sudut pandang ilmu agama, bersyukur dan banyak bersabar adalah kunci segala ketenangan hidup didunia, baik secara lahir maupun batin.

al-quran surat ibrahim ayat 14 tentang syukur

Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” Al-Quran Surat Ibrahim ayat ke 7.

Jelas dari ayat diatas bagi muslim khususnya bersyukur itu akan memberikan kebahagian, kenikmatan dan tentunya keberkahan dalam hidup, sedangkan yang kufur nikmat atau sering mengeluh pasti akan mendapatkan kesempitan dan tentu azab karena tidak menghargai kehidupan yang Allah berikan.

Bagaimana fakta ilmiahnya?

Berdasarkan Harvad Health Publishing, bersyukur bisa membuat kita bahagia dan mendapatkan banyak kebaikan. Jadi jika ingin bahagia, jangan lupa untuk selalu bersyukur.

Daftar Isi:

Kehidupan memiliki arti yang berbeda-beda bagi setiap manusia, ada yang menyatakan bahwa hidup adalah perjuangan, hidup adalah permainan dan hidup adalah berbagai macam lainnya. Namun hampir setiap orang yang menyatakan bahwa hidup adalah mencari kebahagiaan.


Bahagia disini juga memiliki banyak arti dan pandangan yang berbeda-beda, ada yang menyatakan bahwa hidup bahagia itu adalah ketika kita memiliki bergelimang harta, dan ada juga yang menyatakan bahwa hidup yang bahagia itu adalah ketika kita memiliki hidup yang sederhana, dan masih banyak lagi sudut pandang lainnya yang berbeda mengenai arti bahagia ini.

Telah bercerita kepada kami [‘Abdur Rahman bin Mahdi] telah bercerita kepada kami [Sulaiman bin Al Mughirah] dari [Tsabit] dari [‘Abdur Rahman bin Abu Laila] dari [Shuhaib] berkata: Rasulullah Shallalahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Aku kagum akan ketetapan Allah untuk kaum mu`min, sesungguhnya perihal orang mu`min itu seluruhnya baik dan itu hanya berlaku bagi orang mu`min; bila mendapat kesenangan ia bersyukur dan bersyukur itu baik baginya dan bila tertimpa musibah ia bersabar dan kesabaran itu baik baginya.” Hadits Ahmad 22798

Namun dari berbagai macam cara pandang manusia tentang kebahagiaan, tidak sedikit orang yang lupa atau bahkan tidak tahu bagai mana cara memiliki hidup yang bahagia, untuk itu mari kita bahas bersama bagaimana cara agar hidup menjadi lebih bahagia.

1. Bersyukur

Kunci pertama agar hidup selalu merasa bahagia adalah dengan selalu memiliki rasa bersyukur, mengapa bersyukur? Karena ketika kamu berhasil untuk memiliki rasa selalu bersyukur apapun tujuan dan pandangan kamu tentang hidup bahagia akan selalu tercapai.

Begitupun sebaliknya, ketika kamu tidak pernah memiliki rasa bersyukur, apapun tujuan dan pandangan kamu pada kehidupan yang bahagia malah tidak akan pernah terasa puas dan membuat hidup terasa semakin susah dan melelahkan.

bersyukur

Pernah dengan artis, orang kaya, pengusaha sukses atau mega bintang yang frustasi kemudian mengakhiri hidup? Karena mereka tidak paham apa itu bersyukur dan apa artinya bersabar.

Meski terdengar sepele, rasa syukur atas kehidupan yang kamu jalani ini memiliki banyak manfaat baik pada kehidupan kamu, apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya:

a. Memberikan Rasa nyaman

Ketika kamu berhasil untuk menanamkan rasa selalu bersyukur di dalam hidup kamu, maka kamu akan selalu hidup dalam perasaan yang nyaman, rasa nyaman disini juga akan menimbulkan energi positif di dalam hidup kamu yang dimana dengan memiliki energi positif maka hal-hal yang akan datang pada kehidupan kamupun banyak hal-hal yang positif juga seperti yang biasa disebut dengan hukum daya tarik menarik atau Bahasa lainnya adalah “law of attraction”.

Jadi ketika kamu mampu bersyukur dalam setiap keadaan dan tujuan kamu hidup, kemungkinan besar kebahagiaan yang selalu kamu bayangkan malah bisa hadir dan lebih bahagia dari yang kamu rencanakan.

b. Syukur Membuat Hati Tenang

Yang kedua rasa syukur juga mampu menciptakan perasaan hati yang tenang, jauh dari sifat penyakit hati seperti iri dan dengki. Perasaan yang tenang ini adalah salah satu poin penting untuk kamu bisa merasa hidup yang bahagia, karena ketika kamu hidup dengan selalu berhasil untuk memiliki apa yang kamu inginkan, namun tidak memiliki perasaan yang tenang, semua akan sia-sia saja dan membuat kamu tidak akan pernah merasa pada titik hidup yang bahagia.

c. Hidup Menjadi Lebih Santai

Memiliki rasa bersyukur juga membuat hidup menjadi lebih santai, santai di sini bukan berarti kamu menjalani hidup berleha-leha, tapi santai yang memiliki arti positif misal seperti ketika kamu yang tidak berusaha seperti orang lain yang membuat kamu malah lupa untuk menjadi diri sendiri, dan hal tersebut tentunya akan membuat hidup kamu terasa cape.

Beda halnya ketika kamu bersyukur dengan apa yang kamu miliki, dimana kamu tidak memiliki tekanan dan tuntutan untuk menjadi orang lain, melainkan kamu akan menghabiskan waktu untuk menikmati hidup menjadi diri kamu sendiri dan membuat hidup menjadi lebih damai dan juga santai.

d. Terhindar Dari Penyakit Hati

Manfaat lainnya dari memiliki rasa bersyukur di dalam setiap keadaan adalah terhindar dari penyakit hati seperti sombong, iri, dengki, dan juga benci yang membuat hidup akan jauh dari kata bahagia, berbagai penyakit itu akan timbul dengan sendirinya ketika lupa bagai mana cara bersyukur dalam menjalankan kehidupan.

e. Mendatangkan Berkah

Bersyukur mampu mendatangkan berkah yang dimana meski rezeki yang kamu dapatkan tidak lebih dari orang lain, namun manfaatnya sangat terasa bagi kamu sendiri, karena rasa bersyukur ini akan mendatangkan berkah yang dimana kamu akan selalu merasa cukup ataupun merasa kaya meski kamu hidup di dalam keserhanaan. Bagi yang sudah berkeluarga, bersyukur adalah salah satu kunci supaya keluarga harmonis.

f. Mendapatkan Janji Tuhan

Ketika kamu berhasil untuk selalu bersyukur di dalam kehidupan, maka kamu akan dipertemukan dengan janji Tuhan yang menyatakan akan memberi nikmat lebih bagi hambanya yang senantiasa bersyukur, perhatikan terjemahan surat Al-Quran di awal artikel.

Jadi jangan berpikir bahwa bersyukur hanyalah batasan yang membuat kamu tidak ingin memiliki sesuatu yang lebih, karena kenyataannya ketika kamu bersyukur Tuhan akan memberikan kamu lebih bahkan bisa lebih segalanya dari pada yang kamu pikirkan atau kamu lihat di sekitar kamu yang dirasa memiliki banyak kelebihan dari pada diri kamu sendiri.

Jadi poin pertama yang harus kamu miliki dalam hidup ketika ingin memiliki hidup yang bahagia adalah dengan selalu memiliki rasa bersyukur, bersyukur ketika mendapatkan kesenangan, bahkan bersyukur ketika mendapatkan kesusahan, dengan menjalankan cara tersebut maka di jamin hidup kamu akan menjadi lebih tenang dan sejahtera.

Selanjutnya kita menuju ke poin kedua, karena jika poin pertama tanpa di barengi dengan poin kedua ini dirasa cita-cita kamu untuk memiliki hidup yang bahagia belum cukup terpenuhi, lalu apakah poin yang kedua ini? kita simak penjelasannya.

2. Sabar

Kunci lainnya agar kamu bisa memiliki hidup yang bahagia adalah memiliki rasa sabar, sabar merupakan pilar penting yang harus dijaga agar hidup senantiasa bahagia, sabar dalam Bahasa adalah menahan diri yang diamana menahan diri ini memiliki banyak makna seperti sabar ketika mendapat cobaan, sabar ketika berjuang, sabar untuk taat kepada Tuhan, dan sabar dalam banyak hal lainnya.

bersabar

Bagi umat islam sendiri sabar ini adalah hal yang utama, bahkan Allah pun menyebut kata sabar di dalam Al Quran sebanyak 70 kali, dengan begitu tidak bisa dipungkiri lagi jika sabar ini memiliki peran penting untuk kita menjalani kehidupan, lalu apa saja sih manfaat ketika kita memiliki rasa sabar? Mari kita bahas.

a. Lebih Menikmati Proses

Ketika kamu bisa bersabar dalam menjalani hidup maka berbagai macam peroses di dalam perjalanan hidup inipun bisa lebih kamu nikmati, menikmati proses dalam menjalani hidup ini merupakan hal penting untuk kita bisa mendapatkan hidup yang lebih bahagia, mengapa demikian?

Sebagai contoh, dijamin 1000 persen kamu akan lebih bahagia ketika kamu mampu membeli sebuah mobil dari hasil kerja keras kamu sendiri dan juga sabar dalam menjalanin peroses untuk mendapatkannya, selain itu kamupun akan lebih menghargai mobil tersebut karena kamu sendiri mengetahui bagai mana peroses untuk mendapatkan mobil tersebut, beda halnya ketika kamu memiliki mobil dengan meminta kepada orang tua secara cuma-cuma.

b. Menghindari Kerusakan DNA

Manfaat lain dari sabar ternyata cukup luar biasa loh, karena sebuah studi dari para peneliti di Singapura menemukan fakta menarik mengenai sifat sabar dengan kesehatan DNA di dalam tubuh manusia.

Dijelaskan oleh para peneliti tersebut bahwa orang yang memiliki sifat sabar yang cukup baik memiliki telomere lebih Panjang, beda halnya dengan orang yang kurang bersabar yang dimana orang tersebut akan memiliki telomere lebih pendek, dan telomere ini merupakan DNA kecil yang memproteksi DNA dari kerusakan maka jika telomerenya lebih pendek seperti orang yang tidak penyabar kemungkinan besar bisa membuat kematian dini.

c. Sosialisasi Harmonis

Ketika kamu memiliki sifat sabar yang baik, maka orang-orang disekitar kamupun akan merasa nyaman berdekatan dengan kamu, karena rasa sabar ini secara tidak langsung menimbulkan citra positif pada diri, beda halnya ketika kamu menjadi orang yang tidak bersabar yang dimana pastinya kamu akan menjadi orang yang emosional, dengan begitu sudah pasti orang-orang di sekitar kamupun akan menjauh dan malas berhubungan dengan kamu.


Untuk itu mulai hari ini cobalah untuk menjadi orang yang lebih sabar, karena selain kamu akan disukai oleh banyak orang, ketika kamu mampu bersikap sabar di dala keadaanpun akan membuat Sang Pencipta mencintai kita juga.

Baca juga: tips melatih otak lebih pintar

d. Menghindari Stress

Sama halnya dengan bersyukur, sifat sabar juga mampu membuat kamu terhindar dari strees, dengan memiliki sifat sabar maka kamu akan bersikap lebih tenang dan tidak tergesa-gesa, entah itu dalam mengerjakan sesuatu atau hal lainnya.

Ketika kita mengerjakan sesuatu dengan tergesa-gesa maka sudah pasti kita akan merasakan tekanan yang cukup tinggi dan juga mendapatkan beban pikiran, dan tentunya hal tersebut bisa menibulkan stress pada pikiran maupun fisik kita sendiri.

Kunci hidup bahagia ini hanya dua!

Jadi bisa kita ketahui bahwa meski kunci hidup bahagia ini hanya dua, ternyata memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan hati dan juga pikiran.

Banyak pengusaha yang sukses ataupun orang sukses lainnya yang menerapkan kedua sifat ini, kadang kita hanya melihat sisi kesuksesan yang sudah mereka dapat saja tanpa mengetahui bagaimana perosesnya, bagaimana perjuangannya dan bagai mana mereka bersyukur juga bersabar.

Melatih kesabaran ini memang bukanlah perkara mudah, yang dimana ketika kamu ingin memiliki hidup yang lebih baik dan bahagia tentu kamu di tuntut untuk menghilangkan kebiasaan buruk yang tertanam di dalam diri kamu sendiri misal seperti ketika kamu sulit untuk bangun pagi maka kamu harus bersabar untuk bisa bangun pagi meski kamu mengantuk berat, atau hal lainnya ketika kamu malas untuk bekerja keras maka kamu harus bersabar untuk bekerja keras dan melawan rasa malas yang ada di dalam diri kamu sendiri.

Sama halnya dengan bersyukur, kadang mulut ini bisa dengan mudah mengatakan kalu kamu bersyukur dengan kondisi kamu saat ini, namun yang sulit adalah bersyukur sepenuhnya dan melapangkan hati dan juga pikiran.

Untuk itu agar lebih mudah bersyukur kita harus mampu meluaskan pandangan kita pada kehidupan, ketika kamu hanya memiliki sepeda motor sedangkan tetangga kamu memiliki mobil, maka kamu jangan terlalu focus untuk memandang tetangga kamu yang memiliki mobil, tapi kamu juga harus meluaskan pandangan kamu dan perhatikan bahwa tidak semua orang mampu membeli sepeda motor seperti kamu saat ini.

Bahagianya hidup bukan terdapat dari orang lain, bukan juga terdapat dari materi yang bisa terpenuhi, mungkin orang lain bisa berkata “tidak perlu munafik karena uang adalah segalanya” namun bisa kita lihat tidak sedikit orang-orang yang bergelimang harta mengalami depresi atau juga memiliki tingkatan stress yang cukup tinggi.

Banyak orang-orang kaya yang ternyata setiap harinya tidak bisa hidup tenang sampai-sampai mereka perlu mengkonsumsi obat penenang untuk bisa menjalani hari-harinya, dengan begitu kita bisa melihat bahwa kekayaan bukanlah hal yang bisa membuat kita bahagia seutuhnya, karena bahagia seutuhnya adalah ketika kita bisa merasa nyaan dan tenang ketika hidup didalam kondisi seperti apapun.

10 Tips sabar dan selalu bersyukur:

    1. Selalu bersyukur dalam kondisi apapun atau sesuatu apapun yang telah di capai dalam hidup
    2. Ciptakanlah pola pikir bahwa segala sesuatu akan indah pada waktunya
    3. Pikirkanlah bahwa rezeki tidak akan tertukar, ketika Tuhan memberimu rezeki, maka tidak ada satupun manusia yang mampu menahannya. Jadi kamu tidak perlu takut rezeki kamu di ambil orang.
    4. Jangan mudah menyerah meski hidup yang sedang kamu jalani ini cukup berat, dan perlu ingat bahwa Tuhan memberikan cobaan sesuai dengan kemampuan hambanya, jadi ketika kamu mendapati masalah yang berat, maka kamu di mata Tuhan adalah manusia yang kuat dan mampu melewati ujian ini
    5. Selalu mengingat bahwa dunia atau hidup ini merupakan tempat ujian, maka ketika kamu mendapatkan ujian hidup kamu harus selalu siap menerimanya
    6. Jadilah pribadi yang mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain, dan juga mudah untuk meminta maaf sehingga membuat hidup menjadi lebih tenang
    7. Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan dengan perlahan ketika merasa ingin marah dan ucapkanlah istigfar
    8. Sering belajar atau berbagi cerita dengan orang-orang di sekitar kamu yang dirasa memiliki kesabaran yang cukup tinggi
    9. Buanglah sikap iri hati yang bisa membuat hidup kamu lelah, dan bahagialah dengan kehidupan atau pencapain baik pada orang-orang di sekitar kamu sehingga kamupun akan menarik energi yang sama juga bukan malah panas hati dan membuat kamu menjadi semakin terpuruk.
    10. Dan yang paling penting perbaikilah hubungan kamu dengan Tuhan, maka kehidupan kamu akan menjadi lebih mudah

Jadi kembali lagi di ingatkan bahwa bahagianya hidup kamu bukan terdapat dari orang lain, tapi ada pada diri kamu sendiri, kamu hanya perlu memilih untuk menjadi gelas kecil yang berisi air tawar, atau memilih untuk menjadi danau yang luas? Ketika gelas kecil berisi air itu di tuangkan satu sendok garam, maka sudah pasti rasa air dari gelas tersebut akan sangat asin, tapi ketika kamu memilih untuk menjadi danau, maka ketika di tuangkan satu sendok garam, rasa air di dalam danau yang luas itupun tidak akan berubah sama sekali.

Hal itu menjelaskan bahwa ketika kita memiliki hati yang lapang, cobaan dan hal apapun yang bisa membuat kita merasa susah, kita tidak akan merasakan kesulitan yang berlebihan, kita tidak akan merasa sedih berlebihan, dan kita akan terpuruk oleh keadaan yang dimana hal tersebut bisa membuat hidup kita merasa lebih berat.

Begitupun sebaliknya, ketika hati kita sempit maka sekecil apapun masalah yang datang pada diri kita, kita akan merasakan bahwa masalah tersebut masalah yang sangat besar dan berat.

Untuk itu sabar dan selalu bersyukurlah sehingga hati kamupun menjadi lebih lapang, ketika kamu berhasil dengan hal itu, maka di jamin bahwa kebahagiaan yang selama ini kamu cari akan segera kamu dapatkan atau bahkan bahagia yang kamu dapat akan terasa lebih baik dari pada apa yang pernah kamu bayangkan.

Jika pembaca adalah seorang kepala/ibu rumah tangga, maka sifat syukur dan sabar ini adalah pondasi keluarga yang paling utama.

Semoga bermanfaat!

Tulisan: Dicky Tri Budiana
Edited by: Ganjar Nugraha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *