Home Inspirasi dan Motivasi Merasa Frustrasi Dalam Hidup? Begini Cara Cepat Untuk Kembali Semangat
Merasa Frustrasi Dalam Hidup? Begini Cara Cepat Untuk Kembali Semangat

Merasa Frustrasi Dalam Hidup? Begini Cara Cepat Untuk Kembali Semangat

Dalam kehidupan pasti Anda melewati berbagai macam fase yang tidak lepas dari rasa senang, sedih, frustrasi, hilang semangat dan lain sebagainya. Hal ini adalah sesuatu yang wajar terjadi dalam kehidupan dan Anda harus mampu melewatinya karena merupakan tahapan kehidupan. Semua harus dilewati dengan lapang dada dan menyadari bahwa semua cobaan yang datang merupakan jalan untuk melangkah ke level kehidupan yang lebih tinggi.

Saat dihadapkan dengan masalah yang berat atau bertubi-tubi, tak jarang yang terjadi adalah rasa frustrasi dan kecewa. Bila Anda terus berlarut-larut tanpa mau membuat perubahan untuk bersemangat, tentu saja ini akan membuat Anda menjadi stress dan melakukan hal yang tidak seharusnya. Oleh karena itu, belajarlah agar mampu mengelola emosi dan terus memberikan motivasi menghadapi setiap cobaan yang ada di dalam hidup.

Merasa Frustrasi Dalam Hidup? Begini Cara Cepat Untuk Kembali Semangat

Cara Agar Kembali Bersemangat Saat Merasa Frustasi

Untuk Anda yang sedang dalam fase frustrasi, segeralah bangkit dan kembalikan semangat Anda dengan beberapa cara berikut ini:

1. Sabar dan tawakal

Menasehati agar bersabar dalam menerima ujian dalam hidup adalah sesuatu yang mudah, tapi yang sulit adalah mempraktekannya. Oleh karena itu, usahakan memanage diri Anda agar sabar menerima cobaan, menenangkan pikiran, berpikir secara positif bahwa dibalik semua cobaan itu ada hikmah yang tersembunyi. Suatu saat nanti Anda pasti bersyukur karena mampu melewatinya dengan baik.

Selanjutnya Anda harus bertawakal dan menyadari salah satu jalan mendapatkan ketenangan hidup adalah berserah diri kepada Tuhan setelah berusaha dengan maksimal. Tuhan pasti selalu memberikan jalan dalam setiap masalah dan tugas Anda hanyalah berusaha sebaik mungkin. Hasil akhir dari semua itu serahkan saja kepada Tuhan yang memegang kendali dalam setiap urusan kita.

2. Mengambil sisi positifnya

Saat diuji dengan cobaan, semua itu diberikan oleh Tuhan pasti dengan sebuah alasan yang baik untuk Anda. Pasti di dalamnya ada hikmah yang tersimpan dan Anda harus mengambil pelajaran dari cobaan tersebut. Ini adalah waktu yang diberikan untuk Anda agar selalu berpositif thinking dalam segala hal meskipun itu tidak menyenangkan

Buanglah jauh-jauh rasa pesimis yang menyebabkan Anda kehilangan harapan dan arah untuk menjalani kehidupan yang penuh dengan masalah. Jadikan diri Anda jiwa yang kuat dan selalu berbaik sangka atas semua ketetapan yang diberikan Tuhan. Jika rasa pesimis terus ada, yang terjadi adalah Anda akan semakin kehilangan harapan dan tidak bersemangat menghadapi hidup. Efek dari berpositif thinking itu sangat besar pada jiwa kita karena akan membangkitkan semangat dan beranjak dari keterpurukan.


3. Menghadapi masalah dengan senyuman

Tidak ada yang mampu menguatkan dan mengembalikan semangat Anda bila itu tidak datang dari diri Anda sendiri. Kunci dari segalanya berada di diri Anda sehingga mau tidak mau Anda harus berlapang dada meskipun harapan tidak selalu sejalan dengan kenyataan. Salah satu hal yang bisa membuat Anda lebih ikhlas dalam menjalani cobaan adalah dengan tersenyum.

Bersedih hati dan meratapi nasib bukanlah jalan keluar dan dapat memperburuk keadaan karena Anda tidak bisa menjalani hari dengan rasa yang lega. Beban masalah akan semakin berat dan menghimpit hati sehingga pikiran semakin sempit dan penuh kesedihan. Cobalah menarik nafas dalam-dalam, menghembuskannya dengan perlahan, rubahlah kesesakan di dada dengan rasa ikhlas menjalani semua dengan senyuman.

4. Berbagi cerita dengan orang yang Anda percaya

Seperti yang kita tahu, manusia adalah makhluk sosial yang membutuhkan orang lain dalam kehidupannya. Begitu juga saat Anda frustrasi dan kehilangan semangat, yang dibutuhkan adalah orang yang diajak berbagi cerita. Ceritakanlah semua beban yang memberatkan dan menghimpit hati kepada teman, saudara, keluarga atau pasangan Anda agar hati lebih lega.

Memendam masalah sendirian bukanlah hal yang menyehatkan baik dari segi psikis maupun fisik. Jika terus menerus dipendam tanpa dikeluarkan atau dicari solusinya tentu saja itu hanya akan mengendap dan menumpuk. Efeknya adalah saat Anda sudah tidak bisa menampungnya, jiwa Anda akan semakin labil. Oleh karena itu, Anda butuh orang lain untuk membagi, mendengarkan dan memberikan saran serta solusi.

5. Meminta pertolongan kepada Tuhan dan mendekatkan diri

Saat hidup dirundung masalah yang terkadang membuat frustrasi, mungkin itu sinyal bahwa Tuhan sedang merindukan Anda. Tuhan ingin Anda selalu dekat dan mengingatNya, mempertebal iman dan meminta pertolongan hanya pada-Nya. Semua yang terjadi dalam kehidupan ini tak lepas dari campur tanganNya dan semua jalan keluar pasti juga berasal dari Tuhan.

Jadi, tidak ada lagi alasan untuk Anda menyalahkan semua yang terjadi karena skenario Tuhan tentu saja sesuatu yang paling sempurna. Semua yang terjadi pasti ada alasannya dan ini saatnya Anda membuktikan seberapa tebal keimanan Anda. Menerima semua dengan lapang dada memang tidak mudah dan butuh proses. Renungi semuanya dan Anda pasti akan menemukan jalan keluarnya dengan mudah.

Jangan pernah patah semangat, merasa frustrasi dan sendiri karena selau ada uluran tangan Tuhan dalam setiap masalah kita. Mungkin ini saatnya untuk memperbaiki diri sekaligus meningkatkan level keimanan kita. Teruslah belajar untuk memanage emosi, bersabar dan belajar ilmu ikhlas yang sangat sulit agar hidup bisa lebih berkah. Bila Anda merasa cobaan yang diterima begitu berat, itu karena Tuhan percaya hanya Anda yang mampu dan dimampukanNya, bukan orang lain. Tuhan tidak pernah memberikan masalah di luar kemampuan hambaNya, jadi janganlah frustrasi dan tetap bersemangat.

Penulis: Kun Hidayati / Editor: Rian Herdiana

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *