Home Inspirasi dan Motivasi Penentu Kesuksesan Bukanlah Pendidikan dan Ini 9 Faktanya

Penentu Kesuksesan Bukanlah Pendidikan dan Ini 9 Faktanya

Tinggi gelar pendidikan bukan berarti kunci kesuksesan sudah ada ditangan, penentu kesuksesan bukanlah pendidikan, ada 9 fakta yang bisa membuat kita percaya.

Intinya, siapapun kamu, kamu bisa sukses walau tanpa pendidikan tinggi, benar bahkan jika pendidikan kamu sangat rendah tetap saja kamu bisa sangat sukses.

Ini fakta pertama upaya kamu yakin – data pendidikan 10 orang terkaya

Lanjut..

Tidak sedikit orang yang menyatakan bahwa kesuksesan bisa di raih dengan mudah ketika orang tersebut memiliki berbagai macam titel seperti sarjana, insinyur dan banyak lainnya, namun apakah benar bahwa pendidikan tinggi bisa menggiring kita menuju kesuksesan yang tidak bisa dimiliki oleh orang-orang berpendidikan rendah?.


Orang yang memiliki pendidikan tinggi dipercaya memiliki ilmu yang tinggi juga, sehingga ketika orang tersebut bekerja ataupun menjadi seorang pengusaha maka ia bisa menjadi sukses dikarenakan memiliki banyak bekal ilmu yang di pelajari semasa sekolah ataupun kuliah.

Meskipun logikanya seperti itu, namun pada kenyataanya tidak semua orang yang berpendidikan tinggi mampu mencapai kesuksesan yang di harapkan, mengapa demikian? Mari kita bahas bersama mengapa pendidikan bukanlah penentu kesuksesan utama.

1. Kerja Keraslah yang Mampu Menciptakan Kesuksesan

Jika kamu berpikir pendidikan mampu menuntun kamu ke dalam kesuksesan maka itu adalah hal yang sangat salah! Karena pada kenyataannya kerja keras dan keinginan yang tinggilah yang bisa membawa kamu kedalam kesuksesan.

– The three great essentials to achieve anything worth while are: Hard work, Stick-to-itiveness, and Common sense – Thomas A. Edison

Ketika kamu bekerja di suatu perusahaan dan hanya mendapatkan posisi yang paling bawah karena tidak memiliki sertifikat pendidikan yang tinggi, kamu tidak perlu berkecil hati! Karena dengan kamu selalu bekerja keras di dalam pekerjaan maka bukan tidak mungkin jika kamu akan mencapai pada jabatan tertinggi di perusahaan tersebut, atau bahkan kamu sendiri bisa memiliki perusahaan sendiri seperti perusahaan dimana saat ini kamu bekerja.

2. Memiliki Keuletan yang tinggi

Sertifikat hanyalah sebuah kertas! Tanpa keuletan dalam bekerja maka sertifikat tersebut tidak memiliki fungsi yang berarti bagi kamu menuju kesuksesan, maka dari itu keuletan lebih berharga dari pada selembar sertifikat pendidikan.

Orang yang memiliki keuletan yang tinggi akan lebih mudah bertemu dengan kesuksesan dari pada orang yang memiliki pendidikan yang tinggi, seseorang yang ulet mampu terus mencoba untuk menemukan kesuksesan walau tidak sedikit kegagalan yang ia terima, jadi jika seseorang memiliki pendidikan tinggi tanpa memiliki keuletan yang tinggi, maka bukan tidak mungkin orang tersebut akan kalah sukses oleh orang yang tidak berpendidikan namun memiliki keuletan dalam melakukan pekerjaan atau usahanya.

3. Memiliki Rasa Percaya Diri Yang Tinggi

Orang yang memiliki pendidikan tinggi belum tentu juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi, maka dari itu kamu tidak perlu takut untuk bersaing dengan orang yang memiliki titel tertentu dan berpikir bahwa orang tersebut lebih hebat dari kamu.

Ilmu bisa kamu dapatkan dari mana saja, jadi jangan sampai kamu berpikir bahwa orang yang berpendidikan tinggi memiliki ilmu yang tidak mungkin di miliki oleh orang yang tidak memiliki pendidikan, semua itu adalah salah besar! Maka dari itu ketika kamu tidak memiliki pendidikan yang tinggi namun kamu memiliki kepercayaan diri yang cukup besar untuk bersaing dengan orang yang berpendidikan tinggi, selamat! Kesuksesan akan segera menghamipiri kamu.

4. Titel Hanya Untuk Jenjang Interview Saja

Orang-orang yang memiliki titel atau pendidikan tinggi mungkin akan lebih mudah dalam mencari lowongan pekerjaan, namun jangan salah, ijazah yang tinggi hanya mengantarkan orang-orang bertitel pada jenjang interviewnya saja, ketika kamu sudah bekerja yang dinilai bukanlah titel pendidikan melainkan dedikasi dan etos kerja yang cukup tinggi.

Baca juga: Tips menghadapi interview kerja

Sehingga pendidikan tinggi tanpa memiliki loyalitas yang baik pada pekerjaan tidak akan membawa siapapun dalam kesuksesan, dengan begitu pendidikan bukanlah hal yang paling utama.

5. Hanya Menyerap Materi Ketika Berpendidikan Formal

Tidak sedikit orang yang hanya mampu menyerap materi ketika berpendidikan formal tanpa bisa memperaktekan materi tersebut di dalam pekerjaan, namun beda halnya dengan orang yang tidak memiliki pendidikan tinggi dimana ia biasanya lebih bisa mempraktekan kinerja yang baik tanpa memiliki dasar materi.

Faktanya di dalam pendidikan formal tidak sepenuhnya memberikan ilmu bekerja yang sesungguhnya atau bisa disebut mismatch, maka dari itu pendidikan formal tidak selalu menjadi jaminan bagi kesuksesan seseorang.

6. Memiliki Pribadi yang baik

Memiliki pribadi yang baik atau yang kerap kali kita dengar dengan attitude yang baik adalah hal yang tidak mudah, untuk bisa mendapatkan attitude yang baik seseorang harus lebih memiliki banyak pelajaran hidup, dan pelajaran hidup tersebut tidak hanya didapatkan dengan harus berpendidikan tinggi.

Bahkan ada salah satu mentor pengusaha yang pernah berkata: Jika ada pekerja bersifat baik tapi kerja jelek, teruslah ajari dan beri motivasi, jika ada pekerja baik dan kerja baik, beri jabatan tinggi. Jika ada ada pekerja dengan hasil baik tapi sifat buruk. PECAT!

Ini fakta dimana “vibrasi baik” itu sangat penting apalagi menyangkut kepribadian sesorang yang ada di team kita.

Pengalaman hidup diluar pendidikan formalpun begitu banyak yang berharga dan bisa membentuk karakter seseorang menjadi pribadi yang baik, dan dengan memiliki attitude yang baik dalam bekerja, seseorang biasanya akan lebih di sukai oleh atasan dari pada orang yang memiliki pendidikan yang tinggi namun tidak memiliki attitude yang baik.

7. Pendidikan Formal Hanya Mementingkan Nilai

Tidak sedikit sekolah ataupun kampus yang menilai bahwa murid yang baik itu adalah murid yang bisa mendapatkan nilai yang tinggi dari setiap mata pelajarannya, namun sayangnya masih banyak sekolah atau kampus yang hanya fokus menilai angkanya saja tanpa melihat dimana sesungguhnya potensi anak atau murid yang lebih baik.

Cara tersebut hanya membuat anak menjadi kehilangan karakter dan tidak memiliki percaya diri atas potensi dan bakat yang dia miliki, tentu saja hal tersebut bisa membahayakan masa depan anak yang akan kesulitan untuk menentukan pilihannya di masa depan, oleh karena itu pendidikan tinggi tidak menjamin membuat seseorang menjadi sukses, karena ketika seseorang bisa bebas dalam mengembangkan bakat tanpa pendidikan formal, bukan tidak mungkin bahwa orang tersebut bisa memiliki kesuksesan yang lebih tinggi dari pada nilai yang tinggi tanpa mengetahui bakat dan potensi yang ada di dalam diri sendiri.

8. Pendidikan Membuat Orang Selalu Takut Salah

Terkadang pendidikan formal ini hanya mengajarkan mana yang benar dan mana yang salah, dan hal tersebut bisa menciptakan seseorang yang berpendidikan tinggi memiliki ketakutan yang lebih tinggi dalam melakukan sesuatu atau pekerjaan, karena yang dipikirkannya selalu takut salah dan harus benar.

Sikap tersebut tentu akan menjadi kendala ketika bekerja di suatu perusahaan atau bahkan ketika mencoba memiliki usaha sendiri, karena nyatanya kita akan lebih di tuntut untuk lebih kreatif di dalam menjalankan pekerjaan ataupun bisnis, tidak hanya selalu mengikuti alur dimana salah dan dimana benar.

Baca juga: Usaha modal kecil

Oleh karena itu pendidikan tinggi tidak menjamin seseorang bisa menjadi lebih berani kreatif dalam menghadapi masalah pekerjaan ataupun usaha, sementara orang yang tidak berpendidikan tinggi biasanya bisa lebih kreatif dalam menghadapi masalah pekerjaan ataupun usahanya tanpa mengenal rasa takut salah.

10. Ilmu Ada Dimana-mana

Ingat! Ilmu itu tidak hanya bisa didapat dari pendidikan formal saja, seseorang yang tidak berpendidikan tinggi atau formalpun masih memiliki peluang untuk bisa mendapatkan ilmu sebanyak-banyaknya dari kehidupan.

pendidikan ilmu ada dimana-mana

Di era yang sudah serba modern ini, dimana seseorang bisa lebih mudah untuk mendapatkan berbagai macam ilmu melalui internet, sehingga kesempatan untuk mencapai kesuksesanpun bisa didapatkan oleh orang yang tidak berpendidikan tinggi namun memiliki ilmu yang cukup banyak meskipun secara tidak formal.

Situs situs pendidikan gratis seperti Khan Academy atau Coursera adalah jawaban nyata bagi yang ingin belajar.

Itulah fakta bahwa pendidikan tinggi tidak menjamin kesuksesan bagi seseorang, dan hal ini bukan hanya sekedar bualan belaka, karena nyatanya tidak sedikit juga orang yang sudah berhasil atau sukses di dalam hidupnya meski tanpa pendidikannya yang tinggi.

Seperti Adam malik, Susi Pudjiastuti, Bob Sadino, Andy F. Noya atau yang biasa dikenal dengan Kick Andy, dan masih banyak orang sukses lainnya yang nyatanya tidak memiliki pendidikan yang tinggi.

Maka dari itu untuk kamu yang merasa tidak percaya diri akan kesuksesan karena tidak memiliki pendidikan yang tinggi, mulailah rubah pola pikir kamu, karena pada kenyataannya masih banyak faktor yang bisa membuat seseoarang menjadi sukses selain memiliki pendidikan yang tinggi, dan faktor lainnya yang sangat berguna untuk bisa mencapai kesuksesan adalah do’a yang bisa membuat seseorang menjadi lebih yakin untuk bisa mendapatkan kesuksesan yang di impikannya.

Do’a memiliki kekuatan yang sangat kuat dari pada hanya selembar ijazah! Jadi tetaplah berusaha dan berdo’a, karena jika Tuhan sudah berkehandak, setinggi apapun pendidikan seseorang, akan kalah sukses oleh kehendak Tuhan yang mengabulkan do’a seseorang untuk bisa mendapatkan kesuksesannya.

 

Penulis: Dicki Tri Budiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *