10 Tips Supaya Tidak Mengantuk Saat Belajar di Kelas ~ Ampuh!

Mau tahu tips supaya tidak mengantuk saat belajar di kelas? Mau yang ampuh? Coba kerjakan 10 cara dibawah ini.

Bagaimana cara melawan kantuk di kelas? Cuci muka, bergerak sederhana, minum air putih, makan permen karet, duduk tagap, minum kopi, berinteraksi, cubit paha atau lengan, hirup banyak oksigen dan tekad.

Begini uraiannya…

Pada intinya, sayang sekali jika Anda harus mengantuk di kelas saat pelajaran sedang berlangsung. Padahal, penjelasan dari guru atau dosen saat pelajaran merupakan salah satu kunci untuk memahami materi yang sedang disampaikan. Apapun alasan yang membuat Anda mengantuk di dalam kelas, hendaknya Anda segera mencari cara supaya rasa kantuk tersebut segera hilang.

Jangan sampai karena terlalu berat menahan kantuk, Anda kehilangan kesempatan memahami materi pelajaran yang sedang disampaikan. Atau kantuk juga sering kali menyerang ketika Anda sudah berniat untuk belajar. Mempersiapkan ujian, menghadapi tes semester atau hanya untuk belajar sehari-hari. Hal ini akan sangat berat dihadapi ketika rasa kantuk menyerang, untuk para pekerja sama saja.

Langkah Usir Kantuk Saat Belajar di Kelas atau di Kamar Rumah

Kantuk merupakan hal yang wajar terjadi jika seseorang kekurangan waktu beristirahat. Namun, belajar merupakan suatu yang wajib dilakukan terutama bagi pelajar dan mahasiswa. Belajar merupakan aktivitas utama bagi mereka. Oleh sebab itu, tanpa melihat alasan apapun, rasa kantuk harus segera dihilangkan supaya proses belajar dapat dilakukan.

tips usir kantuk di kelas

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dipergunakan untuk mengusir rasa kantuk yang menyerang di tengah proses belajar, baik itu di kelas ataupun di rumah. Diantaranya adalah :

1. Mencuci Muka

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mencuci muka, ini adalah tips paling ampuh! Belajar dibutuhkan konsentrasi tinggi yang untuknya Anda tidak boleh merasa ngantuk. Kalau sudah merasa ngantuk, silahkan cuci muka. Segarkan wajah Anda dengan air dingin supaya syaraf-syaraf kembali terjaga.

Air dingin dapat merangsang kesadaran Anda pulih kembali. Sensasi dingin yang didapatkan juga akan membuat otak kembali berfungsi dengan sepenuhnya. Oleh sebab itu, mencuci muka adalah cara yang paling efektif untuk menghalau rasa kantuk.

2. Lakukan Gerakan Sederhana

Anda bisa melakukan gerakan-gerakan sederhana untuk membuat syaraf tubuh kembali siaga. Tidak dipungkiri, belajar terkadang menjadi hal yang cukup membosankan. Hal ini merupakan salah satu pemicu timbulnya rasa kantuk.

Oleh sebab itu, selingi proses belajar dengan gerakan sederhana seperti menarik kedua tangan lurus ke atas, mengangkat kedua kaki dalam posisi lurus sejajar, memutar kepala ke kanan dan ke kiri, serta gerakan ringan lainnya.

3. Minum Air Putih

Anda juga bisa mengusir rasa kantuk dengan meminum segelas air putih. Selain menjaga supaya Anda tidak dehidrasi, air putih juga bisa untuk meningkatkan kesadaran supaya pulih kembali. Jadi, jangan lupa untuk selalu membawa segelas air putih saat belajar di rumah atau sebotol air minum ketika belajar di kelas.

4. Makan Permen Karet

Permen karet juga bisa dipergunakan sebagai obat pelawan kantuk. Dengan berkali-kali mengunyah permen karet, Anda akan selalu dalam kondisi terjaga. Apalagi jika guru atau dosen yang sedang mengajar memiliki teknik mengajar yang membosankan, rasa kantuk pasti tidak terhindarkan meskipun Anda sudah tidur cukup lama.

5. Duduk dengan Tegap

Pastikan Anda tidak dalam posisi tiduran ketika belajar di rumah atau duduk malas dengan bersandar saat belajar di dalam kelas. Posisi ini akan mengundang kantuk karena merupakan posisi yang pas untuk membuat orang merasa nyaman dan terlena. Aturlah posisi duduk Anda dengan pas yaitu duduk dengan tegap tanpa bersandar.

Posisi bersandar atau tiduran akan membuat Anda tidak banyak menggunakan otot. Sirkulasi darah akan melambat dan tidak berjalan dengan lancar. Oleh sebab itu, jangan sekali-kali bersandar jika Anda tidak ingin diserang rasa kantuk.

6. Minum Kopi

Cara paling efektif untuk mengusir rasa kantuk adalah dengan minum kopi. Kopi memiliki kandungan caffeine yang bisa meningkatkan proses atau kinerja jantung. Ketika jantung memompa darah lebih banyak ke seluruh tubuh, Anda akan merasa lebih segar dan bugar. Inilah mengapa ketika minum kopi, kita akan melek seketika. Kopi disebutkan memiliki pengaruh kuat dalam 15-45 menit untuk menahan kantuk.

7. Berinteraksi dengan Orang Lain

Ketika Anda belajar di rumah, Anda bisa mencari cara dengan ngobrol bersama orang tua atau saudara untuk menghilangkan kantuk. Ketika berada di dalam kelas, lakukan interaksi kecil dengan teman sebangku. Yang penting, interaksi Anda tidak mengganggu kawan lainnya yang sedang belajar.

Aktivitas kecil ini akan membangunkan syaraf Anda yang sedang mengantuk. Anda akan tersadar dan konsentrasi akan kembali utuh. Dengan demikian Anda bisa melanjutkan kembali belajar. Jika Anda tidak menemukan cara untuk berinteraksi dengan teman atau khawatir akan mengganggu teman lain, Anda bisa melakukan aktivitas lain seperti tersenyum, bergumam, bernyanyi di dalam hati dan lain sebagainya.

8. Cubit Lengan atau Paha

Tips yang satu ini mungkin terdengar cukup ekstrim, namun ternyata tips ini merupakan yang paling banyak dilakukan. Jika kantuk menyerang, cobalah untuk mencubit paha atau lengan Anda.

Pada awalnya, lakukan dengan halus. Cubit hingga Anda merasakan sakit untuk membangkitkan respon syaraf. Namun jika cubitan halus belum cukup mampu mengusir kantuk, Anda bisa mencubit agak keras selama tidak melukai paha atau lengan Anda.

9. Hirup Oksigen Sebanyak-banyaknya

Rasa kantuk ditandai dengan menguap berkali-kali. Namun, menguap tidak hanya menjadi pertanda rasa kantuk. Menguap juga merupakan aktifitas yang terjadi karena Anda kekurangan oksigen.

Oleh sebab itu, jika Anda sudah mulai merasa mengantuk, pergilah ke luar ruangan untuk mencari tempat yang banyak oksigennya. Hiruplah sebanyak-banyaknya dan semampu yang bisa Anda lakukan. Setelah menghirup oksigen, Anda akan merasa segar kembali.

10. Kuatkan Tekad untuk Belajar Mencintai Proses Belajar

Rasa kantuk yang berlebihan bisa disebabkan oleh hal lain selain kurang istirahat. Pada orang dewasa, jumlah jam tidur yang ideal adalah sekitar 7-8 jam. Meskipun jam tidur Anda sudah mencukupi, namun jika rasa kantuk kerap datang di waktu Anda sedang belajar, maka Anda harus segera mencari tahu penyebabnya.

Salah satu penyebab sering mengantuk yang dialami oleh pelajar adalah rasa bosan atau depresi terhadap tekanan belajar. Pelajar yang mengalami depresi akan selalu mengantuk, malas, tidak bersemangat dan kurang atraktif menghadapi pelajaran.

Kondisi yang seperti ini pasti akan menjadi sebuah hambatan bagi seorang pelajar. Efeknya, mereka akan mengantuk ketika waktu belajar tiba. Oleh sebab itu, jika Anda bertekad kuat untuk menghilangkan rasa kantuk, Anda harus mulai mencintai pelajaran yang sedang dihadapi.

Cari cara seefektif mungkin untuk meningkatkan minat terhadap pelajaran. Misalnya mengajak teman yang lebih pandai untuk belajar bersama di rumah, mencoba tampil lebih aktif dalam kelas yang membosankan. Ketika Anda sudah mulai mencintai pelajaran tersebut, pasti rasa kantuk tidak akan pernah datang lagi.

Rasa kantuk bukan tidak bisa dihalau. Meskipun kurang istirahat, ada beberapa orang yang bisa menahan kantuk dan tetap bisa berkonsentrasi untuk melanjutkan pelajaran. Pastikan mengonsumsi makanan bergizi dan rajin melakukan olahraga. Hal ini akan membuat tubuh Anda lebih bugar dan sehat meskipun dalam kondisi kurang istirahat.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.