Tips Melatih Otak Untuk Perbaikan Hidup: Pelajari dan Rasakan Hasil Nyatanya

Melatih otak untuk perbaikan hidup sangat penting dilakukan. Sebab, ini merupakan langkah terbesar untuk menjadi pribadi yang lebih baik, baik dari sisi kemanusiaan, pekerjaan atau apapun. Mengingat otak memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan manusia, sehingga jika ingin merubah hidup, maka mulailah dari manajemen otak terlebih dahulu.

Tips Melatih Otak Untuk Perbaikan Hidup
Image By Annie Spratt

Pekerjaan otak sangat berat dan lengkap, yaitu dari mulai mengatur hingga mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku dan fungsi tubuh manusia. Bisa dikatakan jika tindakan atau perbuatan adalah buah dari rangsangan otak. Oleh sebab itu, jika ingin memperbaiki diri, mulailah terlebih dahulu dari otak. Pada kenyataannya, otak memang dapat membantu kita untuk memperbaiki diri dalam banyak urusan.

Ada beberapa tips melatih otak untuk perbaikan hidup. Tips-tips berikut ini apabila diterapkan dapat membantu Anda yang dahulu mungkin lebih banyak berfikir negatif dapat perlahan-lahan bisa merubah pandangan untuk selalu berfikir positif. Selain itu, melatih otak juga dapat berefek positif pada kecepatan dan kualitas Anda dalam menanggapi sesuatu. Apabila Anda cepat tanggap, tentu akan berimbas baik untuk pekerjaan dan aktivitas Anda. Jadi, pengetahuan tentang tips melatih otak ini sangat perlu diketahui dan diterapkan untuk hidup lebih baik.

Tips Melatih Otak Untuk Perbaikan Hidup

1. Mulailah dengan mengubah pandangan tentang diri Anda sendiri

Kita bisa merubah apapun yang kita mau sesuai dengan keinginan kita melalui pemikiran dan respon otak. Jadi, apapun itu, semua berawal dari diri kita sendiri. Baik atau buruk suatu tindakan berangkat dari diri seseorang tersebut. Jadi, cara terbaik untuk bisa melatih otak untuk memperbaiki diri adalah dengan mengubah pandangan tentang diri Anda sendiri. Mulailah dengan mengidentifikasi pikiran negatif yang sering menghampiri Anda. Pikiran negatif sangat buruk akibatnya, karena dapat mempengaruhi kehidupan Anda.

Buang pikiran negatif jauh-jauh dan gantikan dengan pikiran yang positif setiap hari. Pola pikir yang positif dapat diterapkan dengan sangat mudah. Misalnya dengan mengatakan hal-hal yang positif terhadap diri Anda sendiri dan memberi semangat kepada diri Anda sendiri. Terapkan sikap dan mental optimis dalam setiap kegiatan. Anda bisa mengatakan kepada diri Anda sendiri bahwa Anda pasti bisa, ini merupakan kesempatan yang dapat membawa Anda mempelajari hal-hal baru.

2. Ubahlah pandangan hidup mengenai Anda

Ubahlah pandangan hidup mengenai Anda
Image By rawpixel

Salah satu tips melatih otak untuk perbaikan hidup adalah dengan mulai membiasakan diri mengubah pandangan hidup mengenai diri Anda. Dalam hal ini, Anda harus benar-benar berhenti menjadi seorang yang sempurna. Karena pada dasarnya memang tidak ada manusia satupun di dunia ini yang sempurna.

Salah satu cara yang bisa Anda tempuh adalah dengan mengidentifikasi mengenai diri Anda dan mulailah untuk menuntut Anda untuk melakukan segala sesuatu dengan sempurna. Umpama Anda memiliki keinginan, kemudian Anda berjuang dan hasil kurang memuaskan, Anda patut mengapresiasikan diri. Paling tidak Anda sudah memiliki keberanian untuk berproses. Soal hasil, meskipun kali ini belum berhasil, Anda bisa belajar. Salah satunya adalah belajar dari kegagalan tersebut.

Anda juga bisa mengambil langkah untuk mengubah pandangan hidup Anda dengan cara keluar dari zona nyaman. Melakukan sesuatu yang menurut Anda tidak nyaman dapat membantu Anda menjadi lebih baik. Asalkan pada saat Anda melakukannya kemudian menemui kendala, Anda mau belajar dari kendala atau masalah tersebut dan menjadikannya sebagai bagian dari menemukan bakat atau peluang baru.

3. Selalu mengawali segala sesuatu dengan niat yang baik dan positif

Hasil tergantung pada niat. Kalimat tersebut memang benar adanya. Tidak perlu teori yang banyak dan mendalam, karena Anda bisa langsung mempraktekkan dan merasakan hasilnya. Memang benar bahwa selain proses atau usaha, hasil yang akan didapat juga bergantung pada niat. Karena niat juga yang akan membawa Anda kepada usaha-usaha atau proses untuk mencapai tujuan dari niat awal tersebut.

Jadi, apabila ingin melakukan segala sesuatu, niatkanlah pada hal-hal yang positif. Niatkan diri untuk tidak menyakiti, berbuat curang kepada orang lain yang ada di sekitar Anda atau hal-hal buruk dan negatif lainnya. Faktanya, orang yang selalu memiliki pikiran yang positif akan terlihat lebih menarik dan menyenangkan di mata orang-orang sekitar. Karena dari pandangan mata dan gerakan bibir serta wajah terlihat menyenangkan.

4. Selalu berfikir dari dua sisi

Selalu berfikir dari dua sisi
Image By Soroush Karimi

Apapun yang ada di dunia ini diciptakan oleh Tuhan berpasang-pasangan, tanpa terkecuali. Sebesar apapun masalah yang kini sedang Anda hadapi atau semarah apapun Anda pada seseorang atau pada apapun, cobalah untuk memandang permasalahan yang memicu masalah atau kemarahan Anda tersebut dari dua sisi. Dua sisi di sini bermakna luas, tidak hanya mengenai sisi positif dan negatif, tetapi juga bisa sisi pemikiran dari orang A ataupun sisi pemikiran dari orang B.

Misalnya Anda sedang berseteru dengan B, maka selain Anda memikirkan kemauan atau tujuan dari sisi A yang notaben-nya adalah diri Anda sendiri, Anda juga perlu memikirkan pola pikir lawan Anda, yaitu pihak B. Belajar bagaimana pihak B berfikir dan mengapa sampai pihak B bermasalah dengan Anda.

Berfikir dari dua sisi merupakan salah satu cara untuk melatih otak untuk perbaikan hidup, karena sudah jelas hasilnya. Jika Anda telah bisa membiasakan diri berfikir dari dua sisi yang berbeda, Anda akan sangat terbantu dalam menemukan solusi terbaik untuk berdua (win-win solution). Hal ini bisa diterapkan dalam menghadapi permasalahan apapun. Solusi terbaik di sini, tentu solusi yang paling bijak yang tidak merugikan kedua belah pihak dan keduanya saling menerima.

5. Selalu budayakan bertanya terlebih dahulu dan hindari berprasangka buruk

Seperti namanya, berprasangka buruk memang benar-benar buruk. Karena belum tentu apa yang ada dalam otak, pikiran, hati dan prasangka Anda itu benar. Payahnya lagi prasangka buruk seperti sudah dimotori oleh setan ataupun hawa nafsu. Jadi benar dan fakta jika berprasangka buruk memang haruslah dihilangkan dari hidup Anda.

Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan hidup adalah dengan bertanya kepada orang lain yang bersangkutan. Penjelasan dari mereka bisa menjadi jalan menemukan solusi dari masalah atau hambatan hidup yang ada. Inti dari tips melatih otak untuk perbaikan hidup ini adalah Anda harus melihat fakta terlebih dahulu sebelum memvonis orang lain. Fakta bisa Anda dapatkan dari bertanya kepada pihak yang bersangkutan tersebut.

Tidak hanya itu, dampak berprasangka buruk bisa lebih dari sekedar salah memvonis orang, tapi juga dapat muncul fitnah yang justru dapat memperkeruh masalah. Bisa jadi, karena prasangka buruk tersebut dapat memperbesar masalah yang sebenarnya kecil dan mudah diselesaikan. Oleh sebab itu, buanglah jauh-jauh berprasangka buruk dan budayakanlah bertanya atau kalau perlu bicara dari hati ke hati kepada pihak yang bersangkutan.

6. Melakukan hal-hal yang menyenangkan dan menantang

Melakukan hal-hal yang menyenangkan dan menantang
Image By Josiah Gardner

Anda dapat melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk melatih otak menuju perbaikan hidup. Tentu semua orang memiliki hobi, kegiatan atau hal-hal yang dapat menciptakan rasa bahagia, puas dan senang. Lakukanlah hal-hal tersebut, misalnya bermain video game, berolahraga, bernyanyi, menulis, jalan-jalan atau melakukan yang lain yang menurut Anda menyenangkan dan bisa bikin bahagia. Bahkan jika Anda tersenyum dan tertawa saja, itu sudah menjadi bagian dari cara melatih otak agar cepat tanggap untuk memperbaiki hidup.

Selain melakukan hal-hal yang menyenangkan, Anda juga bisa melakukan hal-hal yang bersifat menantang. Sifat yang menantang inilah yang akan membuat otak merespon begitu cepat. Bahkan aktivitas-aktivitas menantang juga terbukti dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak.

Padahal manfaat otak yang cerdas tentu sangat banyak. Dengan otak yang cerdas, Anda akan memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk menjadi orang yang sukses, terutama secara materi. Ada beragam cara menantang diri untuk melatih otak, seperti bermain teka teki, menghafal daftar belanjaan, dan lain sebagainya. Otak yang cerdas juga dapat menghasilkan buah pemikiran dan tindakan yang cerdas dan bijaksana. Maka dari itu, penting sekali untuk melakukan hal-hal menyenangkan yang Anda sukai dan menantang.

7. Hindari mencampuri urusan orang lain

Setiap orang hidup dengan caranya mereka sendiri. Masalah antara orang satu dan lainnya pun cenderung berbeda. Namun pada intinya, semua orang pasti memiliki masalah. Sekalipun mungkin Anda telah hidup bahagia dan tidak sedang memiliki masalah, hindarilah untuk mencampuri urusan orang lain.

Jika hal tersebut Anda lakukan, sama saja dengan menceburkan diri ke masalah orang lain tersebut. Cukup berfokuslah pada diri dan masalah Anda, bukan pada diri dan masalah orang lain. Justru jika hal tersebut Anda lakukan dapat menghambat hidup Anda untuk menjadi lebih baik.

Belajarlah dari pepatah Polandia yang mengatakan bahwa:

“Bukan monyetku, bukan sirkusku.”

Artinya jangan ikut campur dalam konflik orang lain. Sayangnya terkadang kita tidak sadar telah masuk ke ranah masalah orang lain. Untuk itulah salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan menghindari gossip, apalagi membicarakan keburukan orang lain di belakang orang yang bersangkutan.

Selain itu, Anda juga perlu bersikap tegas apabila Anda pihak yang mengajak Anda menekan agar Anda berpihak kepada orang yang bersangkutan masalah dengan orang lain. Hal ini bisa menjadi salah satu tips melatih otak untuk perbaikan hidup. Perbaikan hidup tidak hanya soal materi, tetapi juga hubungan dengan orang dan diri sendiri.

8. Istirahat dan konsumsi makanan-makanan yang baik untuk otak

Istirahat dan konsumsi makanan-makanan yang baik untuk otak
Image By Brooke Lark

Meskipun dapat bekerja sepanjang hari, namun otak tetap butuh istirahat. Mulailah dengan meluangkan waktu untuk beristirahat. Misalnya dengan tidur siang paling tidak 20 menit terbukti dapat membantu meningkatkan memori, konsentrasi, fokus, kreativitas dan membuat suasana hati membaik.

Karena istirahat memberikan banyak manfaat untuk tubuh, sudah sepantasnya Anda meluangkan waktu untuk beristirahat. Jadikan istirahat menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap hari. Mengistirahatkan tubuh, artinya juga mengistirahatkan otak dan pikiran. Istirahat harus dilakukan secara total misalnya jangan sambil mendengarkan musik. Selain itu, ketika tidur, usahakan untuk mematikan lampu agar bisa kualitas tidur maksimal.
Selain melalui istirahat, Anda bisa melatih otak dengan makanan. Otak membutuhkan nutrisi agar bisa bekerja secara maksimal. Beberapa makanan yang sangat baik untuk melatih otak adalah madu, seafood, kedelai, cokelat, alpukat dan seledri.

Siapa pun pasti ingin hidupnya berubah ke arah yang lebih baik. Perbaikan hidup memang diperlukan agar kita tidak selalu terlihat seperti anak kecil yang sama sekali tidak berkembang secara nalar dan otak, begitupun dengan tindakan. Dengan menerapkan tips melatih otak di atas, Anda dapat merubah diri ke hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk diri Anda serta orang lain. Rasakan dan buktikanlah!

Penulis: Masruroh / Editor: Rian Herdiana

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *