15 Tips Supaya Tidak Mengantuk Saat Bekerja, Ada yang Terlewat? Cek!

Sudah tahu semua cara dan tips supaya tidak mengantuk saat sedang bekerja di kantor? Jika kamu selalu merasa gagal usir rasa kantuk yang datang, mungkin beberapa tips dibawah ada yang terlewat, coba dicek!

Kita pasti setuju, dalam melakukan pekerjaan, kita dituntut untuk selalu fokus dan berkonsentrasi. Hal ini bertujuan supaya hasil pekerjaan yang kita lakukan benar dan sesuai dengan standar. Namun, bagaimana kondisinya jika saat jam kerja Anda diserang oleh kantuk yang tidak tertahan.

ngantuk saat bekerja

Berkali-kali menguap tidak juga meredakan kantuk. Mata seakan ditimpa oleh benda yang berat hingga sangat ingin menutup. Tentu saja hal ini akan mengurangi efektifitas kerja Anda. Anda akan menjadi tidak produktif dan akan sering mengalami kesalahan. Dan parahnya, Anda bisa berada dalam masalah jika HRD menemukan kinerja Anda menurun, kita tidak mau kehilangan pekerjaan yang kita perjuangkan hanya karena masalah ngantuk bukan?

Lihat juga: Contoh surat lamaran kerja.

Usir “Ngantuk” yang Menyerang Saat Jam Kerja

Satu-satunya obat mujarab yang paling manjur untuk menghilangkan kantuk adalah tidur. Namun, tentu saja ini hal yang tidak mungkin ketika Anda sedang bekerja. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan salah satu dari 15 tips supaya tidak mengantuk berikut ini untuk mengusir kantuk yang tidak tertahankan.

Istirahat dengan Cukup

Mengantuk merupakan efek dari kurangnya istirahat di malam hari. Ketika Anda bergadang dan harus tidur larut malam, Anda pasti akan tetap bangun di pagi harinya untuk kembali melakukan aktifitas sehari-hari. Kurangnya jam tidur ini lah yang menjadi pemicu timbulnya kantuk. Tubuh Anda memberikan sinyal bahwa mereka kurang mendapatkan waktu istirahat.

Oleh sebab itu, Anda harus tidur secukupnya supaya tidak mengantuk di pagi hari. Jam normal untuk istirahat adalah sekitar 7 – 8 jam, waktu tidur ini juga tergantung umur Anda. Usahakan untuk mengistirahatkan tubuh Anda selama waktu tersebut. Jika memang terpaksa bergadang karena ada kepentingan mendesak, pastikan Anda mengambil sedikit waktu di siang hari untuk beristirahat setidaknya 1 jam.

Konsumsi Makanan Sehat

Selalu konsumsi makanan sehat yang benar yang mengandung nutrisi dan vitamin yang seimbang. Seperti kebutuhan karbohidrat, vitamin, protein, lemak, zat besi, dan lain sebagainya harus disupply dengan seimbang. Makanan sehat akan membuat tubuh Anda menjadi sehat dan cukup kuat. Meskipun beberapa hari Anda mengalami kekurangan waktu istirahat, Anda masih bisa menahannya.

Olah Raga Teratur

Pastikan Anda selalu berolah raga dengan teratur. Kesehatan Anda lebih penting dari pada apapun. Jangan terlalu disibukkan oleh jam kerja yang panjang. Tubuh Anda berhak untuk dirawat dengan benar. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk berilah raga setidaknya 30 menit tiga kali dalam satu minggu.

Baca juga tips menjaga tubuh wanita

Olah raga bermanfaat bagus untuk tubuh karena bisa membuat kita lebih fit. Anda akan memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik dalam melawan penyakit. Bahkan, dengan tubuh yang sehat, Anda juga akan bisa melawan kantuk karena kekurangan waktu beristirahat.

Sering Bergerak

Semakin Anda diam dan terpaku duduk di meja, semakin besar rasa kantuk yang akan Anda lawan. Sebaiknya, sesekali Anda bergerak atau beranjak dari meja. Jika merasa canggung, Anda bisa berpura-pura pergi ke pantry atau pergi ke mesin fotokopi untuk mengcopy suatu berkas. Anda juga bisa melakukan aktifitas bersih-bersih seperti merapikan meja, menata ulang isi laci atau sekedar memindah box file. Aktifitas ringan seperti ini akan membuat Anda terjaga untuk beberapa saat.

Minum Kopi

Bagi Anda yang terbiasa, kopi mungkin adalah salah satu solusi untuk menghilangkan kantuk. Kandungan caffeine dalam kopi akan membantu memicu kinerja jantung dan meningkatkan fokus serta konsentrasi. Dengan demikian, Anda akan menjadi lebih cepat tersadar dari rasa kantuk.

Selingi Obrolan

Terkadang, rasa jenuh dan bosan juga menjadi salah satu alasan mengapa Anda diserang kantuk ketika jam kerja. Menunggu jam kepulangan, tidak ada lagi pekerjaan yang harus diselesaikan, menunggu kerja tim lain, dan sebagainya merupakan hal-hal yang bisa menimbulkan kantuk.

ngobrol di kantor

Ketika Anda berada dalam kondisi seperti ini, mungkin langkah yang paling tepat adalah melakukan sedikit interaksi dengan teman sekantor. Anda bisa sedikit mengobrol dengan mereka selama tidak mengganggu proses kerja. Obrolan akan membuat Anda konsentrasi, apalagi jika topiknya cukup menyenangkan.

Hirup Udara Segar

Kantuk sering kali ditandai dengan menguap. Untuk beberapa saat, ketika kantuk sudah sangat berat, Anda pasti akan menguap berkali-kali dalam waktu sekian menit. Hal ini menandakan bahwa Anda semakin kekurangan pasokan oksigen. Oleh sebab itu, Anda harus segera melangkah keluar ruangan untuk menghirup udara segar. Temukan spot seperti halaman atau taman yang masih memiliki banyak udara segar. Hiruplah sebanyak-banyaknya hingga Anda bisa merasa segar kembali.

Mendengarkan Musik dan Menyanyi

Jika memungkinkan, Anda bisa bernyanyi dengan suara lirih untuk menghilangkan rasa kantuk. Menyanyi membutuhkan konsentrasi karena Anda harus mengingat-ingat liriknya. Itulah mengapa menyanyi menjadi cara mengusir kantuk yang cukup efektif.

Namun jika kantor Anda tidak dalam kondisi yang memungkinkan untuk menyanyi, setidaknya dengarkan musik yang memiliki tempo cepat atau menghentak. Secara tidak langsung, otak Anda akan terjaga untuk mengikuti tempo dari musik yang sedang dimainkan.

Basuh Muka

Anda juga bisa mencoba membasuh muka jika rasa kantuk semakin berat. Rasa segar dari air akan memberikan kejutan bagi otak dan bisa membuatnya terjaga untuk berkonsentrasi. Cara ini adalah cara yang paling efektif dan paling sering dipergunakan.

Kunyah Permen Karet

Kunyahlah permen karet ketika Anda mulai mengantuk. Sebaiknya pilih yang memiliki aroma mint segar. Aroma ini akan membangkitkan kewaspadaan dan meningkatkan konsentrasi Anda.

Duduk dengan Tegap

Pastikan Anda selalu duduk dengan posisi yang tegap. Jangan bersandar pada bantalan kursi. Sebab, posisi ini akan membuat Anda merasa ngantuk. Duduklah dengan posisi tegap dan sigap, selonjorkan kaki dengan lurus di bawah meja. Posisi ini akan membantu Anda untuk tetap terjaga dan menghalau rasa kantuk.

Cubit Bagian Tubuh

Cara yang satu ini mungkin akan menjadi salah satu cara yang efektif untuk membangunkan Anda dari rasa kantuk seketika. Cubitlah bagian paha, pipi atau lengan Anda. Tidak perlu terlalu keras hingga kesakitan, Anda bisa mencubit dengan halus untuk membangunkan reflek di dalam tubuh. Reflek rasa sakit ini akan menyingkirkan rasa kantuk seketika. Terdengar lucu, tapi buktikan!

Minum Air Putih

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminum segelas air putih. Air putih akan mengembalikan kesegaran tubuh Anda yang sudah diserang rasa kantuk. Ketika Anda mengalami dehidrasi, Anda pasti akan merasa lemas dan lesu. Hal tersebut juga dapat menyebabkan rasa ngantuk. Sangat tepat jika kemudian Anda memilih menenggak segelas air putih.

Lakukan Pijatan Ringan

Anda bisa meminta bantuan seorang teman untuk memijat bagian pundak dan punggung atas. Hal ini akan membantu mengembalikan kesegaran tubuh Anda dalam waktu singkat. Pijatannya tidak perlu keras, namun juga jangan terlalu lembut. Pijatan lembut hanya akan semakin membuat Anda terbuai dan semakin mengantuk.

Olah Raga Ringan di Dalam Kantor

Lakukan gerakan-gerakan ringan seperti mengangkat tangan, memutar ke kanan dan ke kiri, mengangkat kaki, berjalan cepat, dan sebagainya. Olah raga ringan ini akan memicu jantung dan mengalirkan darah segar ke otak. Rasa kantuk Anda akan segera hilang.

BONUS: Anda muslim/muslimah? Coba sholat 2 rakaat dan dengarkan Al-Quran

Air wudhu bisa dengan kilat hilangkan ngantuk, sedangkan gerakan sholat sangat ampuh membuat otot dan otak kembali rilek, sehat dan segar kembali, mengapa? Memang demikian menurut banyak penelitian.

Intinya..

Dalam bekerja, kita dituntut untuk tidak melakukan kesalahan apapun. Semua hasil kerja harus sempurna tanpa kekurangan. Oleh sebab itu, jangan sampai rasa kantuk mengganggu produktivitas Anda. Ketika kantuk menyerang, segera hempas dengan salah satu dari 15 tips diatas. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *