Home Islam Tips Fashion Hijab Remaja Terbaru Kekinian yang Anggun dan Tetap Sopan

Tips Fashion Hijab Remaja Terbaru Kekinian yang Anggun dan Tetap Sopan

Kamu berhijab? Ingin tampil kekinian tapi tetap sopan? kali ini kita akan membahas tentang tips fashion hijab remaja terbaru tetapi tetap anggun, nyaman, sopan dan mudah digunakan.

Mari kita mulai..

Pertama, kita harus sepakat dulu bahwa hijab adalah kewajiban bagi wanita yang beragama Islam. Dewasa ini, makin banyak wanita yang mengenakan hijab dalam kesehariannya. Hal ini tentu baik karena semakin banyak wanita Muslim yang menutup aurat. Tapi di lain sisi, tak sedikit wanita berhijab yang kurang memerhatikan aturan-aturan dasar yang harus dipegang dalam tata cara berpakaian sesuai ajaran Islam.

hijab remaja kekinian sopan
Gambar IG@saritiw

Tren hijab semakin berkembang dari tahun ke tahun. Tak cuma wanita dewasa yang biasanya mencintai gaya hijab casual, para remaja perempuan pun kini semakin banyak yang tertarik untuk mulai berhijab. Namun karena ingin terlihat lebih gaya, tak jarang dari mereka mengenakan hijab hanya sebagai penutup kepala. Mereka masih memakai pakaian ketat yang memperlihatkan lekuk tubuh atau pakaian berbahan transparan.

Wajar bila kaum hawa pada umumnya selalu ingin mengenakan kombinasi pakaian dan hijab dengan model yang berbeda-beda. Apalagi perempuan usia remaja yang masih dalam fase pencarian jati diri. Tapi sebagai identitas wanita Muslim, ada aturan berpakaian yang harus diperhatikan ketika mengenakan hijab. Baju berbahan tipis dan celana ketat tidak cocok untuk dipadupadankan dengan hijab. Karena perintah berhijab itu pada dasarnya untuk menutup aurat.

Namun bukan berarti wanita berhijab tak bisa tampil gaya dalam cara berpakaiannya. Fesyen hijab telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Jadi sebetulnya tak sulit menemukan pakaian dengan model longgar dan “tertutup” namun tetap trendi.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk gaya hijab remaja yang kekinian dan anggun tapi tetap sopan:

Pemilihan hijab yang tepat

Untuk para remaja yang baru memulai berhijab, koleksi hijabnya mungkin belum begitu banyak. Mulailah mengoleksi hijab dengan warna netral seperti hitam, abu-abu, biru dongker, dan warna-warna pastel. Hijab berwarna netral mudah dipadupadankan dengan berbagai warna busana, entah itu pakaian bermotif maupun polos.

Tapi dalam pemilihan hijab, pilihlah hijab dengan ukuran lebih besar. Bagaimanapun, hijab sesuai syariat itu harus menutupi dada. Mungkin kamu belum bisa berhijab syar’i sepenuhnya. Tapi setidaknya mulailah membiasakan diri untuk mengenakan hijab berukuran besar supaya bisa menutup dada dan punggung lebih baik.

hijab kekinian sopan
Gambar IG @saritiw

Jangan salah, kamu masih bisa tampil anggun dan kekinian walau mengenakan hijab yang menutupi dada. Di media sosial, banyak hijaber yang membagikan tutorial hijab menutup dada yang tampak trendi, dan bisa kamu tiru.

Ciput (inner)

Tak sedikit remaja yang malas menggunakan ciput karena merasa tidak nyaman. Padahal ciput ini penting agar hijab terlihat lebih rapi karena membantu menutup rambut lebih sempurna. Selain itu, ciput juga membantu memudahkan pemakaian hijab baik itu model segiempat, pashmina, maupun selendang. Apalagi jika kamu ingin mengaplikasikan tutorial hijab yang memakai banyak jarum pentul.

Untuk meminimalisir pusing atau sakit di telinga, pilih ciput model ninja dengan bahan katun yang menyerap keringat sehingga lebih nyaman saat digunakan seharian. Kalau soal warna, pilih warna netral seperti hitam, abu-abu, atau krem supaya lebih mudah dipadupadankan dengan berbagai warna hijabmu.

Manset

Manset dapat difungsikan sebagai dalaman ketika kamu mengenakan atasan berbahan transparan, kerah rendah, lengan pendek, atau lengan 3/4. Meski digunakan sebagai dalaman, pilih manset berbahan tebal dengan satu ukuran lebih besar dan panjangnya mencapai pinggul.

Memakai manset memang membuat cepat gerah. Tapi hal ini bisa disiasati dengan pemilihan bahan yang tepat. Manset premium biasanya menggunakan bahan berkualitas yang lebih adem saat digunakan.

Legging

Tak jauh beda dengan manset, legging berfungsi untuk dalaman khususnya ketika kamu mengenakan gamis atau bawahan yang menerawang. Disarankan untuk memilih legging dengan bahan tebal yang dapat menyerap keringat dengan baik supaya lebih nyaman dan tidak menerawang saat digunakan.

Celana kulot

Celana kulot bisa menjadi solusi wanita berhijab yang ingin tampil sopan tapi kurang nyaman mengenakan rok. Modelnya yang longgar dengan bahan kain ringan memungkinkan penggunanya lebih nyaman dan leluasa dalam beraktivitas. Cocok juga untuk digunakan ketika traveling.

Celana kulot memang fashion item zaman dulu. Tapi dalam beberapa tahun terakhir kembali menjadi tren. Celana ini fleksibel untuk berbagai gaya hijab, mulai dari casual hingga formal. Untuk tampil kece saat hangout misalnya, cukup padukan kulot dan jaket denim dengan gaya hijab pashmina atau segiempat yang sederhana.

Selain itu, kamu juga bisa mengkombinasikan celana kulot dengan berbagai macam atasan, mulai dari blus, kaos lengan panjang, blazer, hingga kebaya untuk tampil anggun ke undangan pesta pernikahan.

Tunik

Sulit memang untuk lepas dari celana jeans meski sudah berhijab. Untuk menyiasatinya, pilih jeans dengan model longgar yang tidak menegaskan bentuk betis. Selain itu, kamu juga bisa mengandalkan tunik untuk menutupi celana jeans yang identik dengan kesan ketat.

Tunik memiliki model seperti gamis, namun panjangnya hanya hingga betis. Jadi, kamu bisa mengkombinasikannya dengan celana jeans supaya bagian belakang tidak terekspos. Kombinasi tunik dan jeans bisa membuatmu tampil dengan gaya hijab kekinian namun tetap sopan.

Overall

Gaya remaja masa kini identik dengan penggunaan overall. Untuk remaja berhijab, kamu bisa tampil kekinian dengan overall jumpsuit dengan bentuk celana maupun rok. Untuk dalamannya gunakan sweater atau kemeja yang agak longgar agar tidak memperlihatkan lekuk tubuh.

Lalu kombinasikan dengan hijab pashmina simple, sneakers, dan sling bag ataupun ransel kecil untuk tampilan yang makin menawan. Jangan takut terlihat aneh. Justru gaya ini sedang kekinian di kalangan hijaber muda zaman sekarang.

Cermat memilih motif

Pemilihan motif pakaian mungkin tampaknya sepele. Tapi kurang cermat dalam memilih motif bisa menimbulkan kesan tampilan yang kurang menarik. Terlebih di usia remaja, para perempuan biasanya mulai memperhatikan bentuk tubuh.

Kamu yang bertubuh gemuk sebaiknya menghindari motif garis horizontal karena bisa membuatmu terlihat semakin gemuk. Jika kamu ingin terlihat tinggi, pilih busana dengan motif kecil atau garis vertikal. Pun sebaliknya, busana dengan motif besar atau lebar dapat menciptakan kesan lebih pendek.

Selain itu, terlalu banyak hiasan seperti rumbai-rumbai juga bisa menciptakan kesan badan yang besar, terlalu semarak, dan tua. Jika kamu masih remaja, cobalah untuk memilih busana-busana dengan model sederhana yang minim hiasan.

Tepat dalam memilih alas kaki

Alas kaki tak hanya melindungi, tapi juga dapat menjadi penyempurna gaya hijabmu serta dapat berpengaruh pada kenyamanan outfit yang sedang kamu gunakan. Sneaker dan sepatu boots cocok untuk jadi pelengkap outfit hijab casual. Sementara jika lebih suka mengenakan sandal, kamu bisa memilih sandal mules yang menutup kaki bagian depan agar lebih terlindungi dari paparan sinar matahari. Sepatu loafer juga cocok dipadupadankan dengan gaya hijab casual maupun semi-formal yang feminin.

Bagi sebagian wanita dewasa bahkan remaja, sepatu hak tinggi dan wedges adalah fashion item yang wajib. Sah-sah saja memakai sepatu seperti itu. Terutama ketika menghadiri acara formal. Namun tetap prioritaskan kenyamanan, keamanan, dan sesuaikan dengan outfit yang kamu gunakan.

Jangan lupakan aksesoris

Aksesoris membuat gaya hijabmu makin manis. Tapi harus selektif dalam memilihnya agar tidak terlihat aneh. Penting pula untuk memilih aksesoris sesuai umur. Hindari penggunaan aksesoris yang terlalu ramai. Fokuslah pada pemilihan aksesoris yang fungsional.

Misalnya saat kamu banyak beraktivitas di luar ruangan, kamu dapat melengkapi gaya hijabmu dengan aksesoris berupa topi. Selain membuat tampilanmu lebih stylish, topi juga memberikan perlindungan dari bahaya sinar matahari. Namun pastikan topi yang dipilih sesuai dengan bentuk wajah serta model dan warnanya tidak “menabrak” outfit yang kamu kenakan.

Selamat mencoba!

Tentang Rika Fauzy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *