15 Obat Alami Insomnia yang Mungkin Belum Anda Coba Tapi Sebenarnya Berkhasiat

Apakah Anda pernah mengalami insomnia? Tentu kelainan ini sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Insomnia adalah sebuah kelainan atau gangguan tidur, dimana seseorang akan sulit tidur di malam hari. Bahkan penderita insomnia yang sudah akut bisa berhari-hari tidak tidur yang lama-kelamaan akan membuat tubuh menjadi rusak.

Sebenarnya insomnia ini masih bisa dikatakan wajar jika hanya terjadi beberapa kali saja. Penyebab utamanya adalah terlalu banyak beban pikiran atau stres, sehingga pada malam hari di waktu tidur orang tersebut malah terjaga dan malahan bisa sampai pagi hari. Namun bagaimanapun juga masalah ini harus segera diobati agar tidak berkelanjutan.

Inilah 15 Obat Alami Insomnia yang Membantu Penyembuhan

Beberapa orang akan memilih cara untuk mengatasi insomnia dengan mengkonsumsi pil tidur. Namun pengonsumsian pil tidur ini lebih disarankan bagi penderita yang sudah pada tahap akut, karena dosisnya yang tinggi dan penderita akut tidak mempan dengan cara-cara penyembuhan lainnya. Dosis pil tidur ini juga harus dibatasi, karena jika terlalu banyak bisa berakibat fatal.

Cara penyembuhan Insomnia yang aman adalah dengan menggunakan bahan-bahan yang alami. Selain aman untuk tubuh, bahan-bahan alami ini juga akan membuat Anda semakin rileks sehingga insomnia dapat terobati. Tentunya harus selalu dibarengi dengan usaha yang telaten dan menepis segala beban pikiran supaya fungsi obat-obat alami tersebut dapat bekerja dengan maksimal.

Berikut ini adalah 15 obat alami insomnia yang bisa Anda konsumsi untuk sehari-hari:

1. Teh Chamomile

Bahan atau obat alami pertama untuk mengobati insomnia adalah teh chamomile. Chamomile adalah jenis bunga yang sudah populer sebagai obat penenang yang ringan dan telah terbukti efektif dalam menyembuhkan insomnia secara berkala. Dalam chamomile ini terkandung sebuah senyawa bernama Apigenin, dimana senyawa ini berupa antioksidan yang berfungsi dalam mengurangi kecemasan dan membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Anda bisa mengolah chamomile ini menjadi teh untuk diminum setiap harinya jika Anda rasa gangguan Insomnia sudah cenderung parah. Minumlah secara rutin sebelum tidur. Begitu Anda mencoba memejamkan mata untuk tidur, kandungan-kandungan di dalamnya akan membantu Anda untuk terlelap dan tetap beristirahat di malam hari.

Teh Chamomile
Image via hellosehat.com

2. Lavender

Obat alami selanjutnya ada lavender. Selain sebagai pembasmi nyamuk, tanaman ini juga terkenal dalam membantu menyembuhkan insomnia. Tanaman dengan bunga khas berwarna ungu yang cantik ini mengandung beberapa zat berguna seperti kalsium, vitamin A, zat besi dan lainnya untuk mengurangi masalah kelelahan, kegelisahan dan kecemasan yang bisa mengganggu kualitas tidur.

Tanaman ini juga berfungsi dengan baik untuk mengurangi laju detak jantung serta mengatur pernapasan sehingga Anda mendapatkan tidur yang nyenyak dan optimal. Anda bisa mengonsumsinya sebagai teh atau hanya dengan mencium aromanya saja sebagai pengharum ruangan atau pewangi untuk mandi, serta minyaknya pun dapat dimanfaatkan.

3. Minum Susu

Bahan alami yang sangat akrab dengan kita, yaitu susu, ternyata juga bisa membantu menyembuhkan insomnia. Di samping berguna sebagai penguat tulang dan gigi, susu ternyata mempunyai kandungan triptofan untuk membuat Anda lebih rileks sehingga mampu mencapai kualitas tidur yang nyenyak. Minumlah susu hangat secara rutin menjelang tidur, maka Anda akan terlelap dengan cepat dan terhindar dari insomnia.

4. Madu

Kemudian ada madu. Seperti yang kita ketahui bahwa madu mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tubuh, termasuk dalam menyembuhkan gangguan insomnia. Rasa stres yang membuat sudah tidur itu muncul diakibatkan menurunnya kadar glikogen di dalam tubuh. Tapi Anda tak perlu merasa cemas. Atasi masalah ini dengan mengonsumsi madu secara rutin setiap malam. Madu kaya akan antioksidan yang peran utamanya untuk menurunkan stres oksidatif yang menyebabkan susah tidur di malam hari.

5. Buah Kiwi

Siapa sangka buah dengan bentuk lonjong seperti sawo dan daging buah berwarna hijau segar ini juga bisa membantu masalah sulit tidur? Sama halnya seperti madu, buah kiwi juga tinggi akan antioksidan dimana bisa mengurangi kadar stres oksidatif di dalam tubuh. Rutinlah mengonsumsinya agar Anda terhindar dari rasa stres yang dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Coba makan buah ini satu jam menjelang tidur. Lama-kelamaan Anda akan merasakan perubahan yang signifikan. Tidur pun menjadi lebih pulas dan nyenyak.

buah kiwi
Image via unsplash.com/@kimnanney

6. Minyak Kelapa

Di posisi yang keenam ini ada obat alami yang bisa mengatasi masalah insomnia yang mungkin tak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya, yaitu minyak kelapa. Benarkah minyak kelapa bisa membantu menyembuhkan gangguan tidur? Tentu saja benar. Minyak kelapa mempunyai kandungan asam lemak yang berguna untuk memasok energi secara optimal ke dalam tubuh. Kandungan tersebutlah yang mengambil peran dalam mengatur hormon serta siklus tidur, sehingga insomnia akan terobati.

Cara penggunaan minyak kelapa untuk mengobati insomnia ini yakni dengan dikonsumsi. Campurkan sebanyak satu sendok minyak kelapa dan madu dengan perbandingan 1:1. Tambahkan juga sedikit garam. Minum ramuan ini setiap hari ketika Anda rasa gangguan insomnia mulai muncul.

7. Minyak Ikan

Selain minyak kelapa, ada minyak ikan yang juga bisa kamu konsumsi sebagai alternatif lain untuk mengatasi masalah insomnia. Minyak ikan mengandung unsur yang kaya akan asam lemak omega 3 dan DHA, dimana perannya adalah membantu pelepasan melatonin ke otak, sehingga otak akan mengirimkan sinyal kepada tubuh untuk beristirahat. Anda bisa mengonsumsinya secara teratur di siang hari. Supaya lebih praktis, belilah minyak ikan dalam bentuk kapsul.

8. Pisang

Jika tadi ada buah kiwi untuk mengatasi insomnia, kali ini adalah buah pisang. Buah ini juga sudah dikenal mempunyai banyak kandungan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Diantara kandungan yang membantu dalam mengatasi gangguan sulit tidur adalah magnesium, potasium, triptofan dan berbagai vitamin dimana semua kandungan itu berguna dalam mengatur kinerja tubuh dan otak.

Pengonsumsian pisang secara teratur ini akan mendorong kadar serotonin dan melatonin untuk membuat otak terasa lebih rileks dan Anda pun bisa beristirahat dengan tenang. Sebagai obat insomnia, Anda bisa memakan pisang ini secara langsung atau dengan mengolahnya menjadi minuman kulit pisang. Caranya adalah dengan mendidihkan kulit pisang ke dalam air 10 menit lamanya. Setelah itu saring ke dalam gelas atau cangkir. Tambahkan pula bubuk kayu manis dan minum secara rutin.

9. Akar Valerian

Berikutnya adalah akar valerian. Valerian ini merupakan jenis tanaman herbal yang berasal dari Eropa dan sebagian wilayah Asia. Di negeri-negeri asalnya, akar valerian ini sudah dikenal sebagai obat alami untuk menyembuhkan masalah depresi, kecemasan, menopause dan insomnia. Akar ini sangat membantu mengatasi masalah insomnia Anda dengan cepat.

Penelitian juga telah membuktikan bahwa pengonsumsian valerian sebanyak 300-900 mg sebelum tidur mampu memacu rasa kantuk dengan cepat dan memperbaiki kualitas tidur. Sedangkan kandungan di dalamnya disebut dengan linarin, yakni suatu unsur kimia yang menjadi obat penenang untuk tubuh. Anda dapat mengonsumsi akar valerian ini sebagai teh. Caranya dengan mengeringkan akar valerian terlebih dahulu sebelum diseduh dengan air panas.

Akar Valerian
Image via detik.com

10. Kunyit

Indonesia memang kaya akan rempah-rempah yang banyak digunakan sebagai penyedap masakan. Namun tahukah Anda bahwa salah satu rempah Indonesia ini khasiatnya mampu mengatasi masalah insomnia? Adalah kunyit yang bisa mengatasi gangguan tersebut. Kunyit mempunyai senyawa penting yang bisa menurunkan kadar gula dalam darah, mengurangi peradangan, membantu proses detoksifikasi pada organ hati, melancarkan sistem pencernaan dan meningkatkan sistem imun tubuh. Semua manfaat tersebut otomatis akan membantu Anda untuk bisa tidur dengan nyenyak dan berkualitas.

Pengonsumsian kunyit untuk menyembuhkan gangguan tidur adalah dengan menambahkannya sebagai campuran dalam susu almond. Tambahkan juga madu dan kapulaga, lalu minum secara teratur.

11. Passion Flower

Passion flower yang mempunyai nama latin Passiflora incarnata ini merupakan bunga yang berasal dari Amerika Utara namun telah banyak dibudidayakan di wilayah Asia, Afrika, Eropa dan Australia. Sejak dulu bunga ini sudah populer sebagai obat tidur, sehingga sangat efektif bagi Anda yang terkena insomnia.

Sebuah penelitian pun juga pernah dilakukan untuk membuktikan khasiat Passion Flower untuk mengatasi insomnia. Hasilnya menunjukkan bahwa pengonsumsian Passion Flower sebagai obat tidur membawa dampak pada kualitas tidur yang lebih tinggi jika dikonsumsi secara teratur satu jam sebelum tidur selama seminggu penuh. Anda bisa mengolah tanaman ini sebagai teh agar bisa merasakan khasiatnya.

12. Almond

Almond adalah sejenis kacang-kacangan yang mempunyai kandungan khusus untuk memacu produksi hormon melatonin. Hormon ini berperan dalam memberikan sinyal pada otak supaya bisa tidur. Kemudian otak akan menyampaikan pesannya ke seluruh tubuh agar beristirahat. Semakin banyak hormon melatonin terkandung dalam tubuh, maka semakin tinggi pula rasa kantuk Anda. Jadi, konsumsilah kacang almond setiap harinya ketika Anda mulai mengalami masalah insomnia.

13. Cinnamon

Rempah-rempah lain yang dapat digunakan sebagai obat penawar insomnia selain kunyit adalah kayu manis. Kandungan yang ada di dalam kayu manis ini dapat menurunkan berat badan, menurunkan kolesterol dan gula dalam darah, meningkatkan sistem imun, dan tentunya mengobati insomnia. Anda bisa membuat olahan teh kayu manis untuk mengatasi gangguan sulit tidur karena baunya yang harum juga bisa menenangkan saraf otak.

cinnamon kayu manis
Image via healthline.com

14. Teh Jeruk Nipis

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi, dimana semua itu berguna dalam mengatasi kegelisahan, kecemasan dan mengobati insomnia. Pengonsumsian jeruk nipis sebagai teh ini juga bisa disebut sebagai teh herbal yang banyak direkomendasikan untuk mengatasi kelelahan. Minumlah teh ini sebelum tidur untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik.

15. Teh Lemon Balm

Lemon balm adalah tanaman dari jenis mint yang juga bisa Anda pilih untuk mengobati masalah insomnia. Teh lemon balm memiliki kandungan yang berguna untuk mengatasi kecemasan, meringankan stres dan meningkatkan kualitas tidur. Teh herbal ini sangat efektif untuk meredakan insomnia. Supaya manfaatnya lebih optimal, Anda bisa mencampurnya dengan akar valerian atau chamomile.

Itulah 15 obat alami insomnia yang ternyata berkhasiat untuk menyembuhkan gangguan sulit tidur. Selain mengonsumsi obat-obat tersebut, tentunya Anda harus menyeimbangkannya dengan pola makan yang baik dan olahraga teratur agar terhindar dari kecemasan dan stres yang mengakibatkan insomnia. Selamat mencoba.

Penulis: Amsi Puri Dirgantari / Editor: Rian Herdiana

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *