Kombinasi Makanan Sehat yang Malah Jadi Tidak Sehat: Penting!

Tubuh yang sehat ditopang oleh konsumsi makanan sehat serta olahraga teratur. Untuk itu, setiap makanan yang kita makan hendaknya selalu dipenuhi dengan gizi dan nutrisi baik. Pada dasarnya, kita semua telah mengetahui dengan jelas mana makanan yang sehat dan mana makanan yang kurang baik.

Makanan sehat adalah makanan-makanan yang mengadung banyak sumber gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh seperti karbohidrat, vitamin, protein, lemak, dan lain sebagainya yang berguna untuk kesehatan manusia. Mengetahui mana saja yang merupakan makanan sehat itu adalah hal yang sangat penting.

Perpaduan atau Kombinasi Makanan-makanan Sehat yang Berubah Jadi Tidak Menyehatkan

Anda pasti mengetahui bahwa burger atau sandwich merupakan junk food atau makanan sampah. Mengapa demikian? Padahal bahan dasar yang dipergunakan untuk membuat sandwich atau burger adalah makanan sehat seperti telur, daging, sayuran dan lain lain sebagainya. Namun bagaimana sandwich bisa diklaim sebagai makanan yang tidak menyehatkan. Hal ini dikarenakan kombinasi bahan makanan yang ada di dalamnya.

Untuk lebih jelasnya, mari kita lihat perpaduan atau kombinasi makanan-makanan sehat di bawah ini yang pada akhirnya berubah menjadi makanan yang tidak baik bagi tubuh manusia. Diantaranya adalah :

1. Makanan Berlemak dengan Protein

Makanan berlemak adalah makanan yang mengadung lemak seperti mentega, minyak, margarine dan lain sebagainya. Sedangkan makanan protein adalah daging, telur dan keju. Makanan-makanan ini awalnya merupakan makanan yang sehat. Makanan ini akan tetap sehat selama dikonsumsi dengan benar.

Namun, kombinasi makanan berlemak dengan protein akan menghasilkan makanan yang tidak baik bagi kesehatan. Contohnya adalah burger dan sandwich. Anda akan menemukan daging, telur bahkan keju dalam sandwich. Di sana, Anda juga akan melihat saus mayonaise yang merupakan lemak jenuh tinggi.

Jika Anda mengkonsumsi lemak dan protein sekaligus, Anda akan mengalami masalah pencernaan. Untuk menjalani proses pencernaan, lambung membutuhkan cairan empedu yang dihasilkan oleh hati dan kantung empedu. Konsumsi makanan lemak dan protein sekaligus dapat menghambat produksi cairan empedu. Hal ini akan mengakibatkan pencernaan Anda menjadi terganggu.

2. Makanan Asam dan Karbohidrat

Hindarilah makanan dengan komposisi karbohidrat dan makanan dengan kandungan asam. Makanan karbohidrat merupakan makanan yang diteliti mengandung alkali. Makanan alkali sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi bersama dengan makanan asam.

Pencampuran kedua makanan ini akan menyebabkan masalah pencernaan. Hal ini dikarenakan kedua makanan ini akan terfermentasi berhari-hari di dalam perut karena sulitnya dicerna. Salah satu kombinasi makanan asam dengan karbohidrat adalah memakan tomat dan lemon dengan nasi, jagung, roti dan sebagainya. Jadi, Anda bisa melihat satu lagi alasan mengapa burger menjadi makanan sampah bukan?

3. Daging Merah dengan Makanan Bertepung

Anda juga sebaiknya menghindari memakan daging merah secara langsung dengan makanan bertepung seperti nasi, kentang, roti dan lain sebagainya. Kedua makanan ini memiliki tingkat pencernaan yang tinggi. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk mencerna salah satu bahan ini. Jadi, bisa dibayangkan bukan jika keduanya dimakan secara bersamaan? Apabila Anda ingin memakan daging merah, sebaiknya dikombinasikan dengan biji-bijian seperti kacang dan lain sebagainya.

4. Makanan Asam dengan Protein

Kombinasi makanan selanjutnya adalah makanan yang bersifat asam dengan protein. Contohnya adalah penggunaan nanas untuk perasa susu. Mungkin Anda pernah mendengar susu rasa nanas. Minuman ini memang akan terasa sangat menyegarkan jika dikonsumsi pada pagi hari. Namun siapa menyangka bahwa kombinasi kedua makanan ini akan menyebabkan perlambatan pencernaan.

Selain itu, buah nanas diketahui mengandung enzim yang disebut dengan bromelain. Enzim ini akan berubah menjadi racun jika dikombinasikan dengan produk susu. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam mencampur atau mengombinasikan makanan-makanan.

Kombinasi Teh dan Madu

5. Teh dan Madu

Siapa yang tidak mengetahui khasiat kedua minuman ini? Pasti semua orang sudah mengerti bagaimana kandungan teh dan madu yang sangat bergizi. Namun, tahukah Anda bahwa jika kedua makanan sehat ini dipadukan, akan menghasilkan makanan yang berbahaya.

Madu merupakan makanan yang mengandung gula atau pemanis sehat. Madu sebaiknya dikonsumsi dalam kondisi dingin. Jika madu diseduh dengan air panas akan menghasilkan zat yang bernama Hydroxymethylfurfural (HMF). Zat ini dapat merugikan tubuh Anda.

Teh dapat mengeluarkan aroma dan wanginya jika diseduh dengan air panas atau direbus. Hal ini bertentangan dengan cara konsumsi madu yang harus dengan cara dingin. Oleh sebab itu, jika Anda menginginkan kombinasi teh madu, sebaiknya pencampuran dilakukan dalam kondisi dingin. Contohnya seperti membuat es teh madu.

6. Mentimun dan Tomat

Kedua bahan ini sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya bagi tubuh. Mentimun banyak mengandung vitamin, begitu pula dengan tomat. Namun, jika kedua makanan ini dikombinasikan akan menjadi bahaya bagi tubuh.

Menurut sebuah penelitian, kombinasi kedua sayuran ini akan memancing proses pengapuran dan mengganggu proses biokimia di dalam tubuh. Makanan ini juga akan mengganggu proses pencernaan. Oleh sebab itu, ada baiknya jika dikonsumsi secara terpisah.

7. Makan Buah setelah Makan Besar

Sepertinya sudah tradisi bahwa kita akan menghidangkan buah sebagai makanan penutup. Namun ternyata hal ini adalah kekeliruan. Jangan makan buah sehabis makan besar. Makanan yang masuk ke dalam perut akan cepat membusuk dan berakibat mengganggu pencernaan.

Jika Anda ingin makan buah setelah makan, setidaknya tunggulah hingga 1 atau 2 jam. Atau Anda bisa memakannya 1 jam sebelum makan. Hal ini malah akan lebih baik untuk memperlancar proses pencernaan.

Itulah beberapa kombinasi makanan sehat yang berakhir tidak menyehatkan bagi tubuh. Mengetahui jenis makanan sehat saja tidak cukup, Anda juga harus mengetahui bagaimana proses dan manfaat yang diperoleh dari setiap makanan. Termasuk juga mengetahui makanan-makanan mana saja yang tidak seharusnya dikonsumsi bersama. Tambah dan perdalam pengetahuan tentang makanan. Pengetahuan ini pasti akan bermanfaat untuk Anda di masa mendatang.

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.