Home Kesehatan 9 Manfaat Hiburan dan Rekreasi Bagi Kesehatan dan Jiwa Manusia

9 Manfaat Hiburan dan Rekreasi Bagi Kesehatan dan Jiwa Manusia

Manfaat hiburan dan juga manfaat rekreasi tidaklah sekecil yang Anda kira, mugkin kita tidak tahu bahwa hiburan dan rekreasi sangat penting bagi kesehatan fisik dan juga kesehatan jiwa manusia.

Tidak percaya?

Di sela-sela kesibukan bekerja, sekolah, kuliah atau berbagai aktifitas lainnya yang cukup memeras pikiran dan juga tenaga, hiburan menjadi salah satu cara terbaik agar segala kelelahan kamu hilang, sehingga otak cerdasmu dan tenaga kamupun menjadi lebih segar kembali.

Tapi setiap orang memiliki pandangan dan kecenderungan yang berbeda tentang hiburan ini, misal ada yang lebih suka dengan hiburan dengan mengunjungi tempat wisata alam, nonton film terbaik di bioskop, atau ada juga yang lebih senang nonton film di rumah.

hiburan rekreasi

Meski terlihat sepele, ternyata hiburan ini memiliki banyak manfaat yang cukup besar loh bagi kita sebagai manusia, banyak hal yang berubah menjadi lebih baik ketika kita melakukan hiburan ataupun rekreasi, manfaat apa sajakah itu? Mari kita bahas bersama.


Mempererat Hubungan Keluarga

Selain bisa membuat pikiran menjadi segar kembali, ternyata hiburan juga bisa membantu kita untuk mempererat hubungan bersama keluarga, ketika kita hiburan atau rekreasi dengan keluarga, secara tidak langsung komunikasi kita bersama keluarga di tuntut untuk menjadi lebih baik dan juga terkadang ketika kita berlibur bersama keluarga tanpa kita sadari kita belajar untuk memecahkan suatu permasalahan secara bersama-sama.

Untuk itu ketika hubungan keluarga dinilai menjadi kurang baik, hiburan bersama adalah solusi terbaik yang harus kamu lakukan, dan ketika sekali kamu melakukan hiburan bersama keluarga otomatis hal-hal tersebut akan selalu di inginkan kembali dan membuat hubungan dengan keluarga menjadi lebih baik lagi.

Menurunkan Stress

Manfaat selanjutnya dari hiburan atau rekreasi ini adalah mampu menurunkan tingkatan stress seseorang, bahkan bisa sampai menghilangkan stress. Kesibukan bekerja atau aktifitas lainnya yang dinilai mampu membuat seseorang merasakan tekanan dan menimbulkan stress, bisa hilang dan lebih baik ketika pergi berkreasi ke suatu tempat yang dimana di tempat tersebut seseorang itu bisa melihat suasana baru, barang-barang baru yang mampu menghasilkan perasaan yang bahagia.

Baca juga – Bukti manfaat traveling

Terlebih ketika kita mengunjungi wisata alam hijau terbuka, melihat pemandangan alam hijau terbuka bisa membuat perasaan hati menjadi lebih tenang, selain itu pemandangan hijau juga bisa membuat mata menjadi lebih rileks terlebih bagi kamu yang sering melihat layar komputer, melihat pemandangan hijau ini wajib untuk kamu lakukan agar kualitas kesehatan mata bisa tetap terjaga dengan baik.

Menjadi Sarana Edukasi

selain berfungsi untuk mencari kesenangan, ternyata hiburan atau rekreasi juga bisa menjadi ajang memberikan edukasi pada anak dengan cara yang sangat menyenangkan, misal seperti kamu mengajak anak bermain ke musem, kebun binatang, atau tempat-tempat lainnya yang bisa memberikan anak pengetahuan dan hal-hal baru lainnya yang tidak di temukan di sekolah, bermain ke ala terbukapun bisa sekaligus memberikan edukasi bagi anak bagaimana cara lebih menghargai alam dan lingkungan sekitar

Sedangkan bagi orang tua jenis rekreasi seperti inipun bisa dijadikan momen untuk melatih komunikasi menjadi lebih baik dengan anak, karena ketika anak merasa bahagia, kemungkinan besar hal-hal yang biasanya sulit untuk di sampaikan ke pada anak, akan lebih mudah di tangkap ketika berada di tempat rekreasi dan mencoba menjalin komunikasi lebih baik.

Melatih Kemandirian Anak

Rekreasi atau hiburan juga bisa di jadikan ajang untuk melatih kemandirian anak, misal ketika kamu berkunjung ke suatu tempat bermain anak, kamu meminta anak untuk mengantri membeli tiket permainan, dengan begitu anakpun bisa menjadi lebih mandiri dan juga mengetahui banyak hal baru yang tidak terjadi di rumah maupun di sekolah.

Ketika kita mengedukasi anak hanya saat di rumah, kemungkinan besar anak akan berani, namun ketika kita mengedukasi anak di luar maka akan membuat ujian tingkat kepercayaan diri atau kemandirian anak lebih menjadi lebih tinggi, sehingga jangan beranggapan bahwa hiburan hanyalah membuang waktu yang sia-sia.

Baca juga: Game edukasi kreatifitas untuk anak

Melatih Sosialisasi

Sosialisasi bagi manusia sangatlah penting, karena mau tidak mau kita sebagai manusia akan saling membutuhkan satu sama lainnya, untuk itu kita harus mampu memiliki komunikasi yang lebih baik untuk bersosialisasi, dan hiburan atau wisatapun bisa menjadi salah satu cara untuk melatih sosialisasi kita senidiri atau bahkan anak kita.

Ketika kita hiburan ke luar atau berwisata, kita akan menemukan banyak orang baru seperti misal seorang kasir, penjaga counter, dan masih banyak lainnya yang dimana kita akan berinteraksi dengan mereka yang tanpa di sadari akan membuat sosialisasi kita menjadi lebih baik ketika sering berinteraksi dengan banyak orang baru.

Olah Raga

Selain banyak manfaat bagi kesenangan hati, rekreasi juga bisa menjadi salah satu cara olah raga yang menyenangkan, tidak sedikit orang yang malas untuk melakukan olah raga, untuk itu rekreasi bisa menjadi solusinya, mengapa rekreasi? Ketika rekreasi misal ke alam terbuka tanpa di sadari kita bisa berjalan berjam-jam yang tanpa di sadari hal tersebutpun termasuk olah raga yang dimana biasanya kita tidak suka jalan-jalan seperti itu.

Misal seperti seorang perempuan, mereka akan merasa cepat lelah ketika dengan sengaja berjalan mengelilingi joging track, tapi tidak akan merasa lelah sama sekali ketika mereka berjalan mengelilingi mall yang mungkin luasnya lebih besar dari pada joging track.

Memiliki Umur Lebih Panjang

Berbagai penyakit yang menyerang kita, pada umumnya diterima atau masuk ketika kondisi tubuh dan pikiran kita menurun yang diakibatkan oleh stress, untuk mensiasati hal tersebut cobalah untuk memiliki jadwal rutin untuk hiburan, sehingga kesehatan jiwapun menjadi lebih baik dan bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang diakibatkan dari tingkatan stress yang sudah tinggi.

Sugesti yang kurang baik bisa membuat tubuh kita tidak sehat, dan sebaliknya sugesti dan perasaan gembira mampu membuat kesehatan kita menjadi lebih baik, bahkan tidak sedikit orang yang memiliki penyakit yang cukup berat seperti kangker dan bahkan hidupnya sudah divonis, bisa memiliki hidup yang lebih panjang ketika perasaannya selalu gembira, dan hiburanlah salah satu upaya untuk membuat perasaan hati menjadi selalu gembira.

Menjaga Kesehatan Mata

Untuk kamu yang sering bekerja di depan layar komputer, maka sudah pasti kesehatan mata kamu harus di jaga, karena berjam-jam menatap layar komputer bisa membuat mata lelah dan juga riskan untuk terkena radiasai, dan salah satu cara untuk membuat mata lelah karena iritasi menjadi lebih baik lagi, kamu di sarankan untuk pergi ke wisata alam terbuka yang hijau, dengan begitu mata bisa menjadi rileks, hal ini lebih baik di lakukan dengan rutin, minimal kamu mengunjungi taman terbuka hijau terdekat di perkotaan yang bisa membuat mata menjadi lebih rileks.

Mempererat Hubungan Pertemanan

Ketika kamu ingin mengetahui sosok asli temanmu seperti apa, maka cobalah ajak temanmu untuk berwisata alam, hal tersebut bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui bagai mana sifat asli dari temanmu, misal kamu ajak teman kamu untuk berkemah di suatu pegunungan, maka otomatis kamu akan melihat sikap asli temanmu itu, apakah temanmu orang yang manja, mandiri, egois, dan banyak hal lainnya, selain itu hiburan atau wisata btersama teman juga bisa mempererat komunikasi menjadi lebih baik.

Dengan begitu hiburan atau wisata bukanlah aktifitas yang membuang-buang waktu semata, karena malah hiburan itu sendiri membuat waktu menjadi lebih berkualitas, jadi dari pada kamu membuang-buang waktu untuk tidak melakukan aktifitas apa-apa, hiburan atau wisata menjadi hal yang lebih baik untuk kamu lakukan.

Bagai mana jika ternyata kita tidak memiliki uang yang banyak? Jangan takut karena kenyataannya tidak semua tempat wisata atau hiburan membutuhkan uang yang banyak, misal seperti mengunjungi museum atau juga mengunjungi wisata alam yang tiket masuknya tidak akan lebih dari 50 ribu, bahkan tidak sedikit juga hiburan atau wisata yang tidak memerlukan biaya sama sekali seperti mengunjungi taman kota, menonton film di rumah, atau juga mendengarkan musik sambil membaca buku, jadi tidak semua semua hiburan membutuhkan budget yang besar.


Berlibur merupakan hal yang sangat menyenangkan, selain banyak manfaatnya berlibur juga bisa membuat kenangan yang baik di dalam hidup kita yang kelak bisa kita ceritakan pada anak cucu yang membuat masa tua menjadi lebih indah.

 

Penulis: Dicki Tri Budiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *