Manfaat Madu Bagi Kesehatan Menurut Al Quran dan Bukti Penelitian

Banyak sekali manfaat madu bagi kesehatan menurut Al-Quran dan berdasarkan bukti penelitian, nah jika Anda belum mengkonsumsi madu secara rutin, atau bahkan sangat jarang menyentuh madu, sekaranglah saat yang tepat untuk memulainya.

manfaat madu lebah dari Al-Quran

“kemudian makanlah dari segala (macam) buah-buahan lalu tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu).” Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.” Al-Quran surat AN-Nahl ayat 69.

Semua muslim bahkan sebagian ilmuan non-muslim sangat percaya dengan kebenaran kandungan Al-Quran. Setiap ayat yang ada didalamnya memuat ilmu dan pengetahuan bagi manusia yang semakin lama, satu-persatu bukti ilmiah membuktikan kebenaran Al-Quran.

Baca fakta kebenaran Al-Quran disini.

Dari ayat diatas, bagi muslim pasti sudah tidak meragunakan manfaat madu lebah bagi kesehatan, di surat An-Nahl tertulis sangat jelas bahwa apa yang dihasilkan oleh lebah, yaitu madu terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.

Obat bagi kesehatan ini tidak disebutkan secara khusus, tetapi dari ayat tersebut sudah sangat jelas madu adalah obat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan manusia.

gambar madu tj

Dari sumber yang terpercaya ini, madu benar-benar sangat bermanfaat bagi manusia seperti:

  1. Memiliki banyak nutrisi: Kalori, protein, vitamin dan mineral.
  2. Tinggi Anti Oksidan.
  3. Menurunkan tekanan darah.
  4. Mengontrol kolestrol.
  5. Membantu menurunkan gejala batuk, dll.

Madu sebagai produk alami telah dikenal luas sejak lama memiliki banyak sekali manfaat  baik bagi kecantikan maupun kesehatan.

Pada QS An Nahl yang juga berarti lebah di ayat 68 hingga 69 disebutkan mengenai aneka warna madu dan juga manfaatnya bagi penyembuhan. Dari ayat ini kita pasti dengan mudah memahami bahwa warna madu bisa berwarna-warni dalam artian tidak hanya memiliki satu warna absolut, dan jelas madi bisa menyembuhkan penyakit manusia.

Kandungan Madu

Madu memiliki banyak kandungan zat bermanfaat, yakni selain air, dan gula, juga zat antioksidan, serta flavonoid, dan fenolat, juga vitamin E, dan vitamin C, serta asam amino, juga berbagai mineral yaini seperti zinc dan juga zat besi. Baca selengkapnya di halaman berikut.

Manfaat Madu Berdasarkan Penelitian

Sejak masa nabi Muhammad masih hidup pun madu telah banyak dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit dan hal itu telah tercatat juga di beberapa hadis.

Lalu seorang ahli kedokteran di periode 890 hingga 1037, yakni Ali Sina juga telah meneliti dan menemukan manfaat madu untuk obat sakit ringan hingga untuk membantu menyembuhkan penyakit berat.

Berikut beberapa khasiat dari madu lebah

a. Batuk dan Gangguan Pernafasan

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rasa manis pada madu dapat memicu produksi air liur serta lendir, yang dapat membasahi tenggorokan lalu meredakan batuk. Berdasarkan riset Pensylvania State University maka Madu terbukti efektif untuk menyembuhkan batuk pada anak-anak serta membantu tidur lebih nyenyak.

Madu disebutkan lebih baik daripada obat batuk dengan kandungan dextromethorpan. Dokter dari Urich memanfaatkan uap madu untuk menyembuhkan gangguan pernafasan bagi para pasiennya.

b. Penyembuhan Luka dan Peradangan

Dr. Dixon di majalah Dis Lancet Infect edisi bulan Februari 2003, menyatakan bahwa bakteri tak akan mampu bertahan hidup di dalam madu, dan telah menggunakan madu untuk mengobati berbagai jenis luka, juga termasuk untuk luka bakar.

Dalam penelitiannya dengan mengoleskan madu olahan ataupun krim mengandung madu di kulit yang terluka, maka akan mengurangi rasa sakit, dan mengurangi infeksi, serta meningkatkan kinerja sel-sel untuk penyembuhan luka, dan mengurangi nanah, juga bau tidak sedap yang ada pada luka. Jenis-jenis luka tersebut antara lain seperti luka bakar, dan lecet, juga luka pasca operasi, serta borok ataupun ulkus kaki kronis, juga eksim.

Dr. Gorpateno telah menggunakan madu untuk mengobati luka di usus pada pasiennya. Seorang dokter gigi bernama F Romanoff juga menggunakan madu untuk mengobati radang tenggorokan dan sariawan atau luka bernanah di mulut pada pasiennya.

Prof. Amoln di majalah Dentgen edisi bulan Desember 2001, juga menyebutkan bahwa madu sangat bermanfaat untuk menyembuhkan luka dan dampak dari radiasi pada pengobatan kanker. Pasiennya yang diberi terapi madu telah berhasil mengatasi masalah sakit nyeri pasca radiasi juga kesulitan makan setelah menjalani radiasi pada leher dan kepala.

c. Diabetes

Berdasarkan pada penelitian-penelitian juga ditemukan bahwa konsumsi madu setiap hari bisa menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes  juga kadar kolesterol serta berat badan penderita diabetes.

Peneliti Efem di thaun 1993 juga telah meneliti tentang manfaat madu sebagai penyembuh luka akibat gangrene, serta luka akibat diabetes mellitus pada pasiennya di Afrika. Madu juga mampu membasmi bakteri yang ada di sekitar luka, seperti P. pyocyenea, dan E. coli, serta coliform, dan Klebsiella, juga Sterptococcus faecalis, serta Streptococcus pyogenes dan lain sebagainya. Meskipun demikian sebaiknya jangan memberikan madu kepada bayi, guna menghindari botulisme.

Kesimpulan

Dari berbagai sumber yang kami temukan pada penysusunan artikel ini, madu juga sangat erat hubungannya dengan anti-bacterial activity dimana kandungan yang berasal dari madu memberikan efek yang menguntungkan bagi tubuh manusia.

Al-Quran dan penelitian sudah membuktikan dan memberikan informasi jelas bahwa madu memberikan dampak baik bagi tubuh manusia. Jadi sudah saatnya kita mengambil manfaat dari madu, sekarang.

Karena banyaknya kandungan baik dan dampak yang dihasilkan dari manfaat madu, rasanya madu sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi secara rutin.

Harap diingat, madu tidak boleh diberikan kepada anak dibawah 1 tahun karena mengandung bakteri yang jika masuk kedalam tubuh bayi dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan anak. Spora bakteri Clostridium botulinum pada anak bisa menyebabkan penyakit botulisme, jadi harap ya!

Catatan: Saat ini untuk menetukan madu yang baik, kita memang terkadang butuh waktu untuk melihat testimonial konsumen nyata dilapangan, tapi jika sangat buth madu saat ini, pilihlah madu yang aman dan terjamin oleh badang pengawasan produk di Indonesia.

Jangan lupa cek ijin edar produk madu yang dibeli dan akan dikonsumsi ke BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) guna mengetahui keaslian dan komposisi kandungan madu dalam produk tersebut.

Ayo hidup sehat dengan mengkonsumsi madu secara rutin.

Tentang Ganjar Nugraha

Family and Digital marketing enthusiast. Terkadang menjadi gitaris kamar yang selalu berpikir bagaimana supaya hidup ini ada manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.