Home Kesehatan Mengobati Tipes, Penyakit dan Gejala Tipes: Perhatikan Hal Ini!
Mengobati Tipes, Penyakit dan Gejala Tipes: Perhatikan Hal Ini!

Mengobati Tipes, Penyakit dan Gejala Tipes: Perhatikan Hal Ini!

Tipes atau bahasa lainnya adalah demam tifoid merupakan penyakit yang sering kita dengar di Indonesia. Penyakit tipes ini bisa melanda siapa saja, entah itu dewasa ataupun anak-anak dan penyakit ini muncul bisa disebabkan oleh bakteri Salmonella Typhi atau juga bakteri Salmonella Parathyphi.

Biasanya kedua bakteri tersebut bisa menyerang kita setelah kita mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang sudah terkontaminasi. Selain melalui makanan, penyakit tipes juga bisa terjadi karena ditularkan dari orang yang sudah terinfeksi penyakit tipes tersebut.

Penularan disini bisa terjadi dari fases atau urinenya, jika makanan terkontaminasi dengan urine seseoarang yang sudah terkena penyakit tipes maka sudah dipastikan siapa saja yang mengkonsumsi makanan tersebut akan tertular dengan penyakit tipes juga.

Beberapa Hal Yang Bisa Membuat Kita Terkontaminasi

Mengkonsumsi Air Kotor

Tidak sedikit orang yang tidak peduli dengan kebersihan air minum yang di konsumsinya, seperti membeli minuman sembarangan yang di campur oleh es batu yang kita sendiri tidak tahu bagaimana kebersihannya. Selain dari air yang digunakan, bakteri ini juga bisa terdapat di es batu yang yang dijual di tempat umum, yang ternyata bakteri ini juga masih bisa bertahan ketika sudah dibekukan.

Mengkonsumsi Makanan Sembarangan

Selain minuman, tentu saja bakteri ini bisa menular dari makanan yang sudah terinfeksi bakteri penyebab tipes. Banyak cara bakteri ini hinggap di makanan yang kita konsumsi, seperti misal dari penderita yang buang air kecil dan tidak melakukan cuci tangan dengan baik. Kemudian lalu dimana tangannya memegang makanan yang juga di konsumsi oleh kita atau hal lainnya. Usahakan kita untuk mencuci bersih makanan yang berasal dari air seperti ikan, karena bakteri ini juga bisa mengkontaminasi ikan yang dimana air tersebut terkontaminasi oleh bakteri tipes.

Menggunakan Toliet Yang Kotor

Hal ini tidak hanya terjadi di toilet umum saja, tetapi bisa juga terjadi di toilet rumah kamu jika ternyata kamu tidak menjaga kebersihan di toilet itu sendiri. Toliet merupakan tempat pembuangan urine atau juga tinja yang bisa terdapat bakteri penyebab tipes. Maka dari itu usahakan untuk selalu menjaga kebersihan toilet atau juga kebersihan kamu ketika menggunakan toilet, seperti selalu mencuci tangan menggunakan sabun setelah menggunakan toilet.

Apa Ciri-ciri Gejala Tipes?

Pada dasarnya gejala ataupun sudah terjangkit penyakit tipes ini tidak memiliki perbedaan yang signifikan, namun biasanya ketika kamu ke berobat, dokter akan menyatakan pada pasienya gejala tipes. Karena untuk mengetahui bakteri ini sudah benar-benar membuat pasien menjadi sakit tipes, dokter harus melakukan cek darah, test urine, feses, atau juga sampel sum-sum tulang pasien.

Sedangkan keluhan yang dirasakan pasien biasanya meliputi :

  • Lemah dan lelah
  • Sakit kepala
  • Terasa nyeri otot
  • Ruam
  • Perut terlihat membengkak
  • Batuk kering
  • Demam yang terus meingkat hingga 40,5 derajat celcius
  • Diare atau juga sembelit

Bahaya Tipes Jika Tidak Segera di Obati

Ketika gejala tipes melanda mungkin tidak akan terlalu membahayakan, namun jika gejala tipes ini tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka penyakit tipes ini juga bisa menjadi penyakit yang cukup serius!

Penyakit tipes yang sudah serius bisa menyebabkan penderita mengalami pendarahan usus bahkan sampai berlubang. Didalam dunia medis kondisi ini biasa di sebut dengan perforasi usus, kebocoran usus ini tentu sangat berbahaya, perforasi usus ini bisa mengakibatkan isi usus bocor menuju ke rongga perut yang bisa menyebabkan infeksi yang akibatnya sangat fatal.

Mengobati Penyakit Tipes

Anak Lebih Terinfeksi

Ukuran orang dewasa biasanya akan cukup kuat untuk tidak tertular oleh bakteri yang menyebabkan tipes ini. Namun beda bagi anak kecil yang lebih rentan untuk terkena penyakit tipes, terlebih anak yang tidak terkontrol jajan atau makanan dan minumannya.

Anak yang tidak terkontrol baik oleh orang tuanya biasanya akan jajan sembarangan terlebih di sekolah yang kebersihannya tidak terjamin. Makanan yang sudah terkontaminasi oleh bakteri tipes akan menyerang daya tahan tubuh anak denga cepat, sehingga membuat anak menjadi demam, batuk kering, diare berat, dan juga penurunan badan yang cukup parah. Demam yang cukup tinggi juga biasanya mampu membuat anak sering mengigau.

Untuk itu ketika anak terlihat seperti kena gejala tipes, ada baiknya kita sebagai orang tua untuk segera bergegas mengajak anak kita berobat. Karena dampak bakteri tipes ini sangat beringas dan berbahaya jika mulai menginfeksi daya tahan tubuh anak.

Baca juga Bagaimana Meningkatkan Berat Badan Secara Sehat dan Alami

Bahaya Tipes Jika Sudah Komplikasi

Jika penyakit tipes ini didiamkan atau tidak mendapatkan penanganan yang tepat, maka penyakit tipes ini juga bisa menimbulkan komplikasi penyakit lainnya seperti muncul penyakit paru-paru, jantung, infeksi tulang dan sendi, infeksi saluran kecing, gangguan kesehatan mental, dan yang paling bahaya jika semua itu terjadi pada anak kecil, maka bisa menyebabkan kematian.

Pengobatan Tipes dan Perawatannya

Pengobatan tipes ini tergantung bagaimana kondisi pasien itu sendiri, ada dokter yang menyatakan bisa di rawat di rumah jika memang penyakit tipes yang di dapatinya belum begitu parah. Namun jika sudah parah maka kemungkinan besar pasien harus rawat inap di rumah sakit.

Ketika melakukan perawatan biasanya pasien akan diberikan obat antibiotik, yang dimana antibiotik tersebut mampu membunuh bakteri-bakteri yang bisa menyebabkan tipes, sedangkan antibiotik tersebut diantaranya:

  • Chloramphenicol
  • Ciprofloxacin
  • Ceftriaxone

Namun ada beberapa obat yang berbeda jika pasien yang terkena tipes ini merupakan ibu yang sedang mengandung, dan obat yang diberikan pada ibu yang mengandung ini biasanya:

  • Ampisilin
  • Trimethoprim – sulfamethoxazole

Sedangkan untuk dosisnya sendiri biasanya dokter akan memperhatikannya dari usia pasien ataupun juga tingkat kondisi virus yang sudah menjalar.

Perawatan Tipes di Rumah

Ketika seseorang yang terkena virus ini namun belum mengalami tipes yang cukup parah, maka dokter akan menganjurkan perawatan di rumah saja.

Lalu apa yang harus dilakukan pasien ketika dirawat di rumah? Berikut tips-tipsnya:

  • Yang pertama pasti meminum obat yang diberikan oleh dokter sesuai dengan anjuran , jangan sampai pasien di rumah melewatkan waktu minum obat jika ingin cepat sembuh. Jika minum obat teratur maka setelah dua sampai tiga hari kondisi badan bisa membaik. Sedangkan biasanya meskipun kondisi badan sudah membaik, antibiotik yang diberikan dokter harus di habiskan agar penyakit yang di derita bisa sembuh sepenuhnya.
  • Pastikan pasien atau kamu yang sedang menderita tipes untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. Karena dalam peroses penyembuhan ini tubuh terus berusaha melawan bakteri yang menyerang atau menginfeksi. Dengan begitu tubuh pun memerlukan energi yang cukup.
  • Selain mengkonsumsi obat-obatan, penderita gejala tipes ini juga harus meminum banyak cairan agar terhindar dari dehidrasi. Terlebih jika orang yang terinfeksi bakteri tipes ini mengalami demam tinggi dan juga muntah-muntah.
  • Meski ketika sakit membuat nafsu makan berkurang, namun ada baiknya kamu untuk tetap berusaha memenuhi kebutuhan nutrisi dengan cara makan yang banyak. Tubuh kamu sedang membutuhkan energi yang cukup banyak untuk melawan bakteri yang ada di dalam tubuh, sehingga kebutuhan nutrisi ini sangat dibutuhkan untuk menambah energi.
  • Hal lainnya yang harus dilakukan adalah dimana kamu harus menjaga kebersihan, seperti selalu cuci tangan menggunakan sabun. Hal tersebut bertujuan agar bakteri tipes ini tidak menular pada orang-orang yang ada di rumah kamu. Terlebih jika di rumah kamu terdapat anak kecil, karena anak kecil lebih mudah tertular dari pada orang dewasa.

Namun jika ternyata tidak ada perkembangan yang signifikan ketika melakukan perawatan di rumah, ada baiknya kamu untuk kembali ke dokter agar kamu bisa di rawat dengan penanganan yang lebih baik dan profesional.

Obat-obatan Tradisonal Penyembuh Tipes

Meski sudah terdapat obat-obatan yang mampu untuk menyembuhkan penyakit ini, ada juga orang-orang yang lebih memilih obat-obatan tradisional dengan harapan lebih ampuh menyembuhkan tipes atau juga karena memiliki alergi pada obat-obatan. Lalu apa saja obat tradisional yang dipercaya bisa menyembuhkan tipes? Mari kita bahas bersama.

Obat Alami Pengobatan Tipes

Oralit

Penggantian cairan tubuh ini sangat penting untuk mencegah dehidrasi yang disebabkan oleh demam ketika tipes, dan sudah sejak dulu orang-orang mempercaya bahwa oralit bisa menjadi larutan yang mampu membantu atau mengurangi gejala tipes dengan cepat.

Untuk bisa mendapatkan oralit ini kamu cukup membuat oralit dengan mudah dan pasti ada di rumah kamu. Yaitu garam, gula, dan juga air mineral. Campurkan setengah sendok teh garam dan 6 sendok the gula ke dalam 4 gelas air minum. Minumlah beberapa kali larutan tersebut sampai kondisi badan kamu merasa lebih baik. Jika kamu merasa disulitkan dengan mencampur bahan-bahan tersebut, kamu juga sudah bisa menemukan oralit kemasan di apotik-apotik terdekat di rumah kamu.

Jeruk

Jeruk  termasuk kategori buah-buahan yang mampu membantu dalam penyembuhan orang yang terinfeksi bakteri penyebab tipes. Mengapa bisa seperti itu? Karena buah jeruk dipercaya menjadi asupan air, nutrisi, dan juga mineral bagi tubuh, yang dimana ketiga elemen itu bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan peningkatan energi.

Selain itu larutan dari jeruk nipis ini juga dipercaya mampu mengurangi rasa gelisah yang diakibatkan oleh demam yang tinggi. Sedangkan cara membuat larutan jeruk nipis ini juga tergolong sangat mudah, kamu hanya perlu mencampurkan perasan jeruk nipis pada jus jeruk yang lalu minumlah sebanyak 3 kali dalam sehari.

Baca juga Manfaat dari Minum Teh

Madu

Selanjutnya adalah madu yang dipercaya mampu mengatasi gangguan pada peroses pencernaan yang timbul ketika sakit tipes. Selain itu madu juga dikenal mampu mengusir bakteri jahat yang ada di dalam tubuh.

Penggunaan madu ini juga cukup simple, kamu hanya perlu memasukan 1 sendok madu asli ke dalam 1 gelas air hangat, lalu minumlah ramuan tersebut sesering mungkin ketika kamu berada dalam kondisi sakit tipes.

Delima

Meski berbeda, namun kinerja buah delima ini juga memiliki cara kerja yang sama. Dimana buah delima ini mampu meredakan dehidrasi. Sedangkan cara penyajiannya sendiri kamu juga bisa memakannya secara langsung atau juga kamu bisa membuat buah delima ini menjadi jus. Kamu juga bisa menambahkan sedikit lada hitam, sehingga khasiat buah delima ini bisa menjadi lebih baik.

Cranberry

Buah selanjutnya yang dipercaya mampu mengobati tipes adalah buah cranberry. Buah cranberry ini bukan untuk meningkatkan energi, namun buah ini dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan juga menjadi antibakteri yang cukup baik, sehingga bakteri-bakteri yang menyebabkan tipes inipun bisa hancur.

Namun bagi kamu yang sedang hamil atau juga memiliki alergi terhadap buah ini, janganlah memaksakan untuk mengkonsumsi buah ini ketika ingin sembuh dari tipes, karena dikhawatirkan terjadi hal yang tidak di inginkan.

Buttermilk

Obat traditional lainnya yang cukup unik adalah buttermilk, buttermilk merupakan susu yang dihasilkan dari fregmentasi mentega yang mudah dicerna oleh tubuh kamu yang mampu menghindarkan kamu dari kondisi dehidrasi.

Sedangkan cara penyajian dari buttermilk ini ada beberapa cara seperti meminumnya langsung 2 gelas dalam sehari. Konsumsilah buttermilk ini sampai kamu benar-benar dalam kondisi lebih baik. Sedangkan cara lainnya adalah dengan mencampurkan buttermilk ini dengan 2 sendok jus daun ketumbar yang di konsumsi selama 2 kali sehari dalam seminggu.

Itulah beberapa penjelasan tentang tipes, gejala tipes, dan juga berbagai jenis pengobatannya. Ingat! Tipes ini penyakit yang cukup berbahaya jika kita tidak menanganinya dengan serius. Untuk itu kita harus selalu menjaga kesehatan dan ketahanan tubuh agar terhindar dari bakteri yang mampu menyebabkan tipes.

Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *