Lakukan 10 Tips Supaya Sepatu Tidak Bau Paling Mudah

Lakukan 10 Tips Supaya Sepatu Tidak Bau Paling Mudah

Pernahkah Anda mencium aroma yang tidak sedap dari sepatu yang biasa Anda gunakan? Aroma apek atau bau yang tidak sedap seringkali tercium dari sepatu. Hal ini bisa terjadi karena keringat yang terkumpul dan terperangkap di dalam sepatu. Bau sepatu yang tidak sedap bisa membuat kita menjadi tidak nyaman. Begitu pula dengan orang yang berada di sekitar kita. Anda bisa melakukan beberapa tips supaya sepatu tidak bau berikut ini.

10 Tips Supaya Sepatu Tidak Bau

Bau sepatu yang tidak sedap bisa menimbulkan rasa kurang percaya diri. Berikut beberapa tips supaya sepatu tidak bau yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah.

  • Menjaga kebersihan kaki

Tips pertama untuk membuat sepatu Anda tidak bau adalah dengan selalu menjaga kebersihan kaki. Udara yang panas serta lembab biasanya akan membuat kaki menjadi lebih mudah berkeringat. Keringat bisa muncul dimana saja, termasuk pada kaki Anda.

Inilah yang menyebabkan sepatu menjadi berbau tidak sedap. Bakteri yang hidup di kulit kaki ternyata menghasilkan produk asam yang membuat kaki menjadi bau. Meskipun proses ini sebenarnya alami, tapi Anda bisa menjaga kaki Anda selalu kering untuk terbebas dari bau.

  • Menggunakan teh

Selain enak untuk dikonsumsi, teh ternyata juga merupakan salah satu produk yang bisa menghilangkan bau pada kaki. Untuk menghilangkan bau kaki menggunakan teh, Anda bisa merendam kaki dengan menggunakan teh. Teh memiliki sifat asam. Ini akan membantu mengurangi produksi keringat. Selain itu, teh memiliki sifat sebagai antibiotik alami sehingga bisa membunuh bakteri yang terdapat pada kaki.

Cara untuk menghilangkan kaki menggunakan teh cukup mudah. Celupkan 2 kantong teh ke dalam air. Didihkan air selama kurang lebih 15 menit. Tuangkan air teh ke dalam ember. Campurkan dengan menggunakan 2 liter air biasa. Setelah itu, rendamlah kaki menggunakan air tersebut. Lakukan selama sekali dalam seminggu. Dengan demikian, sepatu Anda akan terbebas dari bau kaki.

  • Menggunakan baking soda

Baking soda merupakan media yang tepat untuk menghilangkan bau sepatu. Cara untuk menghilangkan bau sepatu menggunakan baking soda cukup mudah untuk dilakukan. Taburkan saja baking soda pada bagian dalam sepatu maupun luar sepatu. Lakukan hal ini selama 1 x 24 jam.

Setelah dirasa cukup, bersihkan taburan baking soda yang ada di sepatu. Sepatu akan terbebas dari bau kaki yang tidak sedap. Jadi, serangga atau tikus pun akan enggan untuk bersarang di sepatu Anda

  • Menggunakan bedak bayi

Bedak bayi ternyata sangat bermanfaat untuk banyak hal. Anda bisa mempraktikkan tips supaya sepatu tidak bau menggunakan bedak bayi. Bedak bayi memiliki aroma yang wangi sehingga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tak sedap pada sepatu. Caranya ialah cukup taburkan saja bedak bayi favorit Anda pada bagian kaki. Kemudian, gunakan sepatu Anda. Dipastikan sepatu Anda akan bebas dari bau kaki yang menyengat.

  • Menggunakan minyak atsiri

Minyak atsiri merupakan minyak yang terbuat dari cengkeh dan bermanfaat untuk berbagai macam hal. Minyak atsiri ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Teteskan sedikit minyak atsiri pada sepatu. Biarkan selama semalaman. Keesokan harinya, Anda akan menemukan sepatu Anda yang sudah tidak berbau lagi. Minyak atsiri bisa dengan mudah didapatkan di toko – toko terdekat.

  • Kulit jeruk

Ketika Anda memakan jeruk, jangan membuang kulitnya. Khasiat kulit jeruk juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau pada sepatu. Caranya sangat mudah, letakkan saja kulit jeruk ke dalam sepatu Anda. Biarkan selama semalaman. Keesokan harinya, Anda akan menemukan sepatu Anda sudah tidak berbau lagi.

  • Cucilah sepatu Anda

Rajin mencuci sepatu merupakan tips supaya sepatu tidak bau yang paling mudah dilakukan. Menjaga kebersihan sepatu merupakan hal yang harus dilakukan oleh siapa saja. Kondisi sepatu yang bersih membuat sepatu menjadi wangi dan tidak bau. Anda bisa mencuci sepatu secara manual atau menggunakan mesin cuci.

Untuk sepatu jenis sneakers, Anda bisa mencucinya menggunakan mesin cuci. Keringkan saja secara manual dengan diangin-anginkan.

  • Menggunakan kertas koran

Kertas koran yang sudah tidak terpakai ternyata bermanfaat untuk menghilangkan bau sepatu. Masukkan gumpalan-gumpalan kertas koran ke dalam sepatu Anda. Biarkan secara semalaman. Kertas koran tersebut nantinya bisa menyerap bau yang tidak sedap dari dalam sepatu.

  • Lemari es

Cara lain yang cukup ekstrim untuk menghilangkan bau pada sepatu adalah dengan memasukkannya ke dalam freezer. Cara ini memang sebuah cara langka yang jarang dilakukan. Namun, cara ini benar-benar tepat untuk dilakukan jika semua cara yang Anda lakukan untuk menghilangkan bau sepatu tidak berhasil.

Masukkanlah sepatu Anda ke dalam kantong kresek. Kemudian, masukkan kantong kresek yang berisi sepatu ke dalam freezer. Biarkan semalaman. Dijamin, keesokan harinya sepatu Anda sudah tidak akan berbau lagi.

  • Gunakan kaos kaki yang tepat

Tips supaya sepatu tidak bau yang terakhir adalah dengan menggunakan kaos kaki yang tepat. Kaos kaki yang baik adalah kaos kaki yang menyerap keringat. Meskipun harganya lebih mahal dibandingkan kaos kaki abal-abal, namun kaos kaki ini bisa membuat sepatu Anda menjadi bebas dari bau kaki. Belilah kaos kaki yang tepat untuk membuat Anda merasa lebih percaya diri karena terbebas dari bau kaki yang tidak sedap.

Demikianlah beberapa tips supaya sepatu tidak bau yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau pada sepatu Anda. Jagalah selalu kebersihan diri dan kebersihan sepatu yang Anda gunakan. Jika semuanya bersih, Anda akan terjaga kesehatan dan terbebas dari kuman yang menyebabkan bau yang tidak sedap pada sepatu.

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.