Bakso Paling Enak dan Murah di Bandung, Buktikan!

Mencari bakso paling enak di Bandung? Pilihannya sudah pasti banyak! Sebagai kota yang dijuluki surganya kuliner, pedagang bakso menjamur di sudut-sudut kota Bandung. Mulai dari bakso yang dijual di gerobak hingga bakso yang dijual di kedai atau kafe modern. Dan untuk menikmati bakso enak di Bandung, kamu juga tak perlu merogoh kocek terlalu dalam.

Banyak bakso enak dan murah yang dapat kamu coba di Bandung. Penasaran? Langsung saja, berikut beberapa rekomendasi bakso paling enak di Bandung yang harganya juga murah:

Bakso Rudal Anggrek

Bakso Rudal Anggrek Bandung

Beralamat di Jl. Anggrek No. 69 Bandung, Bakso Rudal Anggrek menyajikan bakso solo yang enak dengan isian daging yang melimpah. Meski tempatnya sederhana, tapi soal rasa tak perlu diragukan lagi. Sejak awal berjualan tahun 1992 hingga kini cita rasanya tetap sama. Tak heran bila banyak yang menyebut bakso ini sebagai salah satu bakso paling enak di Bandung.

Kamu bisa memesan bakso rudal yang isiannya terdiri dari urat dan daging. Ada pula bakso rudal dengan isian daging dan telur. Menu yamien juga menjadi favorit para pelanggan. Harga setiap menunya terbilang murah, rata-rata kurang dari Rp 20 ribu untuk satu porsinya.

Bakso Cuanki dan Batagor Serayu

Bakso Cuanki dan Batagor Serayu

Bakso cuanki terdiri dari tahu, siomay, batagor, dan bakso yang disiram kuah gurih. Terkadang semangkuk cuanki juga diberi mie instan agar semakin mengenyangkan. Sebagai makanan khas Bandung, penjual cuanki menjamur di Bandung. Apalagi di kawasan yang menjadi pusat wisata seperti Alun-alun Bandung. Tapi satu ada warung cuanki yang sangat terkenal seantero Bandung. Namanya Bakso Cuanki dan Batagor Serayu yang beralamat di Jl. Serayu No. 2, Bandung.

Jangan kaget ketika sampai di sana, kamu mungkin akan merasakan pengalaman pertama kalinya membeli cuanki harus lama mengantri! Tapi semua itu akan terbayar oleh semangkuk cuanki dengan citarasa yang mantap. Begitu pula dengan menu batagor kering dan batagor kuahnya. Kamu pun tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Untuk menikmati seporsi cuanki, kamu hanya perlu membayar Rp 17 ribu, sedangkan satu porsi batagor Rp 18 ribu.

Bakso Semar

Bakso Semar Bandung

Ngidam bakso tengah malam? Tenang… di Bandung ada kedai bakso enak yang buka 24 jam. Namanya Bakso Semar. Yang pernah ke Bandung pasti tahu kepopuleran salah satu bakso legendaris yang ada sejak tahun 90-an ini. Kamu bisa datang ke kedainya di Jl. Semar atau Jl. Cihampelas dekat Grandia Hotel. Mereka juga membuka cabang di daerah Dago, Pungkur, dan Pasteur.

Selain bakso urat, menu yang laku keras di Bakso Semar adalah tulang rusuk. Tentunya kamu wajib coba menu ini. Kamu bakal puas karena daging yang menempel di tulang-tulangnya masih cukup banyak. Soal harga, menunya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 15 ribu-an.

Bakso Arief

Bakso Arief Bandung
Image via www.instagram.com/chubbytraveller

Satu lagi bakso legendaris yang terkenal sebagai salah satu bakso paling enak di Bandung, Bakso Arief! Alamatnya di Jl. Wira Angun Angun No. 20, Bandung. Di sana tersedia pilihan bakso yang beragam. Tak hanya daging, ada juga bakso urat, jamur, rica, keju, dan bakso goreng. Bakso keju termasuk salah satu menu favorit para pelanggan di Bakso Arief. Kamu yang penyuka keju wajib coba. Isian kejunya “royal” alias melimpah.

Satu porsi bakso standar harganya Rp 12 ribu. Sementara menu yamien plus bakso dibanderol dengan harga Rp 15 ribu. Cukup terjangkau bukan? Oh ya, Bakso Arief buka dari jam 9 pagi sampai 5 sore. Tapi seringkali banyak menu bakso yang sudah habis jika pengunjung datang lebih dari jam 3 sore. Jadi kalau kamu penasaran dengan enaknya bakso ini, datangnya jangan kesorean dan hindari pas jam makan siang karena suasananya akan sangat ramai.

Bakso Rusuk Samanhudi

Bakso Rusuk Samanhudi Bandung
Image via dosenkuliner.com

Tak cuma di Jakarta, Bakso Rusuk Samanhudi juga membuka cabangnya di Dago – Bandung, tepatnya di Jl. H. Djuanda No. 342b, Bandung. Menu baksonya cukup bervariasi. Ada bakso isi urat, telur, cabai, dan bahkan bakso ukuran jumbo. Dan sudah pasti makan bakso di sana kurang afdol kalau tidak mencoba menu tulang rusuknya dengan citarasa kuah kaldu yang sangat gurih.

Semangkuk tulang rusuk dibanderol dengan harga Rp 28 ribu. Harganya masih terbilang murah mengingat Bakso Rusuk Samanhudi terkenal menyajikan menu bakso yang enak-enak. Jadi sebanding dengan citarasanya. Untuk teman makan bakso, tersedia pula menu minuman yang beragam. Diantaranya teh tawar, teh manis, es jeruk, es alpukat, dan es kelapa muda.

Bakso Kadeudeuh

Bakso Kadeudeuh Bandung
Image via www.happytummyhappymommy.web.id

Bakso Kadeudeuh menyediakan menu bakso yang bermacam-macam. Mulai dari bakso mercon, kerikil (bakso berukuran kecil), mozzarella, hingga bakso beranak. Pemilik mengklaim bahwa bakso yang dijualnya tidak menggunakan bahan pengawet karena diproduksi sendiri.

Selain itu, pengunjung yang pernah mencoba Bakso Kadeudeuh banyak yang suka dengan kuah baksonya yang enak tapi tidak didominasi rasa penyedap. Sambalnya juga terkenal mantap beda daripada yang lain. Penasaran? Langsung saja datang ke Jl. Japati, Jajaran Kaki Lima Telkom – Gasibu, Bandung dekat Monumen Perjuangan. Mereka buka mulai jam 16.00 sampai 24.00.

Bakso Mantep Gunung Giri Solo

Bakso Mantep Gunung Giri Solo
Image via ngiderngiler.com

Bakso Mantep Gunung Giri Solo sudah ada sejak tahun 1980-an. Dulunya bakso ini dikenal dengan sebutan bakso belakang BIP karena berjualan dekat mall BIP (Bandung Indah Plaza). Tapi sekarang sudah pindah ke Jl. Aceh No. 41, Bandung. Setiap harinya kedai bakso ini selalu ramai pengunjung entah itu hari kerja maupun libur. Meski seringkali susah parkir mobil, tapi itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk mengantri demi menikmati seporsi bakso solo satu ini.

Satu porsi baksonya terdiri dari mie atau bihun, bakso, tahu kuning, tetelan, dan tulang rawan. Penyuka pedas pasti suka bakso ini karena sambalnya memiliki tingkat kepedasan yang mantap. Makin nikmat ketika baksonya disantap bersama kacang atom. Kalau soal harga, seporsinya Rp 20 ribu. Masih terbilang murah untuk semangkuk bakso yang bikin kenyang.

Bakso Malang Enggal

Bakso Malang Enggal Bandung
Image via detik.com

Mencari bakso malang enak di Bandung? Datang saja ke Bakso Malang Enggal di Jl. Burangrang No. 12, Bandung atau Jl. Terusan Pasteur No. 61, Bandung. Konon mereka sudah berjualan sejak tahun 1988, dan awalnya dijual secara berkeliling dengan gerobak. Tapi kini Bakso Malang Enggal menempati bangunan yang luas dan nyaman.  Tiap harinya pun selalu ramai. Jadi citarasa bakso legendaris ini sudah tak perlu diragukan.

Karena sistemnya prasmanan, kamu bisa memilih isian bakso sesuai selera dan isi kantong. Tersedia isian kering seperti siomay goreng, bakso goreng, dan kresol. Sedangkan untuk yang basah, kamu bisa memilih siomay basah, tahu, bakso kecil maupun bakso besar yang isian dagingnya begitu terasa. Per satuannya, isian bakso itu dihargai sekitar Rp 2 ribu-an. Kalau ingin praktis, pesan saja menu paket.

Tentang Rika Fauzy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *