Home Kuliner Batagor Ihsan “H Isan” Bandung: Nikmat Kering atau Kuah?

Batagor Ihsan “H Isan” Bandung: Nikmat Kering atau Kuah?

Jika bicara tentang batagor, pasti Kota Bandung jagonya! Karena seperti yang diketahui bahwa batagor ini merupakan makanan khas Bandung atau Jawa Barat, dan salah satu batagor terkenal di Kota Bandung adalah batagor Ihsan atau resminya H Isan, ingin tahu apa istimewanya batagor Ihsan ini? Yuk kita simak reviewnya dari duo vloger Kuliner Van Java yaitu Wa Uken & Wa Teddy.

Makanan khas Bandung yang memiliki nama batagor ini sudah banyak di kenal hampir di seluruh kota di Indonesia, dan taukah kamu bahwa batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng, singkatan tersebut adalah salah satu ciri khas sebagai makanan di Kota Bandung yang memang selalu memakai nama singkatan seperti cireng yang artinya “aci di goreng”, combro “oncom di jero”, misro “amis di jero dan banyak lagi makanan lainnya makanan yang diberi nama singkatan.

Batagor ini adalah makanan yang berbahan dasarkan tahu dan juga tepung aci yang dicampurkan dengan olahan ikan tenggiri, sehingga ketika di goreng batagor ini memiliki aroma yang khas dan harum ikan yang sangat lezat, untuk penyajiannya sendiri batagor ini biasanya di siram dengan bumbu kacang dan perasan jeruk nipis, selain itu biasanya ada juga yang menambahkan acar mentimun kedalam sajian batagor.

Dari banyaknya penjual batagor di Kota Bandung, batagor yang kali ini akan kita review adalah batagor Ihsan, “merek” ini sudah sangat terkenal di Kota Bandung loh, bagai mana tidak karena batagor ini sudah ada sejak tahun 70-han. Di Bandung sendiri batagor Ihsan ini sudah memiliki banyak cabang seperti di Antapani, Cikawao, Lodaya, dan banyak lagi tempat lainnya, namun menurut sumber bahwa pusat dari batagor Ihsan ini letaknya berada di kawasan Bojongloa Bandung.

Mirip seperti batagor Riri, batagor yunus dan sejenisnya, batagor H Isan ini juga sudah sangat terkenal akan kenikmatannya, jadi kamu wajib coba sob.

batagor ihsan h isan

Dan untuk tempat yang dikunjungi oleh Wa Uken & Wa Teddy kali ini adalah batagor Ihsan yang letaknya berada di jalan Lodaya (klik untuk petunjuk arah). Disana mereka melihat beberapa menu yang ternyata tidak hanya batagor biasa saja, melainkan ada batagor kering dan juga batagor kuah, dengan begitu merekapun memesan keduanya.

Harga untuk satu porsi batagor ini masing-masingnya adalah Rp 15.000 rupiah, namun jika yang tidak mau terlalu banyak, batagor Ihsan ini juga bisa dibeli satuan dan harga satuannya adalah Rp 1.500 Rupiah.

menu batagor ihsan baso batagor

Porsi batagor yang dipilih oleh Wa Uken ini adalah batagor kuah yang di dalam porsinya terdapat batagor, baso dan juga ceker yang kemudian diberikan kuah semacam kuah baso, untuk rasanya sendiri batagor Ihsan ini memiliki rasa yang menurut Wa Uken sangat enak, dan aroma yang sangat menggoda! Rasa ikan dan aroma ikan tenggirinya sangat terasa, beda dengan batagor abal-abal yang biasanya lebih banyak adonan tepung aci dari pada adonan ikan tenggirinya, sedangkan untuk basonya sendiri meskipun batagor Ihsan ini tidak terkenal dengan basonya ternyata rasanya juga sangat enak juga loh! Ditambah dengan kuah baso yang memiliki rasa yang sangat gurih.

Sedangkan untuk baagor kering, Wa Teddy juga menyatakan bahwa batagor Ihsan ini memang enak alias Pedo Elom!! Bumbu kacang yang di sajikan di atas batagor ini memiliki aroma yang sangat sedap, dan bumbu kacang yang disajikan oleh batagor Ihsan ini sangat kental, tidak seperti yang biasa di sajikan oleh batagor abal-abal yang biasanya menyajikan bumbu kacang yang encer dan kacangnyapun tidak terlalu banyak.

batagor ihsan kering

Agar lebih nikmat, Wa Uken & Wa Teddypun menambahkan sambal pada mangkuk batagornya, dan ternyata sambal dari batagor Ihsan ini sangat enak dan juga sangat pedas guys! jadi untuk yang tidak terlalu suka pedas awas ya jangan sampai kebanyakan pakai sambalnya, tapi untuk kamu yang suka dengan makanan pedas, sambal dari batagor Ihsan ini pasti akan memanjakan lidah kamu.

Untuk tempatnya sendiri, batagor Ihsan yang berada di jalan Lodaya ini lumayan nyaman dan luas guys, jadi buat kamu yang mau berkunjung bareng temen-temen atau keluarga, batagor Ihsan yang di jalan Lodaya ini sangat cocok untuk kamu kunjungi.

tempat batagor ihsan Lodaya Bandung

Seperti biasa di akhir video Kuliner Van Java, Wa Uken & Wa Teddy akan memberikan nilai pada setiap makannan yang di reviewnya, jadi untuk batagor kuah yang di review oleh Wa Uken ini diberi nilai 8 sedangkan untuk batagor keringnya Wa Teddy memberikan nilai 8,5. Mengapa bisa lebih besar? Karena menurut mereka bahwa memakan batagor kuah ini lebih terasa seperti saat makan bakso, jadi nuansa makan batagornya tidak begitu terasa.

Baca juga bakso mantep solo paling enak!

Dan untuk pelayanan sendiri masing-masingnya memiliki penilaian yang berbeda, jika Wa Uken memberikan nilai 7 maka Wa Teddy memberikan nilai yang lebih tinggi yaitu 8, sedangkan untuk nilai dari tempat lagi-lagi mereka memberikan pendapat yang berbeda, jika Wa Teddy memberikan nilai 8 maka Wa Uken memberikan nilai yang lebih kecil yaitu 7, hal tersebut bisa terjadi karena menurut mereka selera dan rasa dari masing-masing orang itu berbeda, jadi nilai yang diberikan juga bisa berbeda, bisa saja jika kalian berkunjung dan memakan batagor Ihsan akan memberikan nilai yang lebih tinggi ataupun lebih rendah, namun meskipun seperti itu menurut duo vloger dari Kuliner Van Java ini menyatakan bahwa batagor Ihsan ini memang mantap dan Pedo Elom!

Itulah review Kuliner Van Java kali ini, untuk kalian yang ingin menyaksikan langsung bagaimana serunya Wa Uken & Wa teddy saat review batagor Ihsan yuk kunjungi chanel youtubenya, dan jangan lupa untuk like, coment dan subscribe ya guys.

Nilai Review Batagor Ihsan Lodaya Bandung

Suasana & Tempat - 7.5
Rasa - 8.3
Pelayanan - 7.5
Harga - 8

7.8

Suka batagor? Serbu batagor Ihsan! Kami tidak dibayar hanya tukang makan yang hobi review makanan 😀


Youtube Subscribe Follow Instagram

Tentang Dicky Tri Budiana

Pekerja keras & bekerja cerdas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *