Home Kuliner Kuliner Legendaris Bandung Ini Memang Legend Pisan!

Kuliner Legendaris Bandung Ini Memang Legend Pisan!

Setiap tempat pasti memiliki kuliner legendaris, begitupun dengan kota Bandung yang memang terkenal dengan wisata kulinernya yang terkenal enak dan beragam. Untuk itu, hari ini kita akan membahas tentang beberapa makanan, jajanan atau cemilan yang sangat “legend pisan” di kota bumi Parahyangan.

Mari kita mulai!

Kita pasti setuju bahwa melakukan traveling secara berkala memang perlu dilakukan untuk sekedar menyegarkan pikiran dan mencari suasana baru di luar rutinitas sehari-hari. Beruntunganya, Indonesia mempunyai banyak potensi wisata yang patut Anda jelajahi satu per satu karena masing-masing daerah memiliki keunikannya tersendiri. Termasuk Bandung, yang menjadi ibukota provinsi Jawa Barat.

Bandung memiliki potensi wisata yang unggul dan wajib masuk dalam daftar kota yang harus Anda kunjungi.

menu ayam di cafe Bandung

Selain potensi wisata, tentunya hal yang dicari saat mengunjungi sebuah daerah adalah kulinernya. Berbagai kuliner khas Bandung pun pastinya sudah Anda ketahui sebelumnya karena kepopulerannya sudah sampai ke seluruh negeri. Tapi bagaimanakah dengan kuliner yang legendaris di sana?

Tertarik untuk mencari tahu informasinya?

Ini dia 10 kuliner legendaris di Bandung

Semua pasti setuju, wisata kuliner merupakan hal yang tak boleh Anda tinggalkan begitu saja saat berkunjung ke suatu daerah. Ketika sudah sampai ke kota atau daerah tujuan, carilah kuliner yang khas dan legendaris dari asalnya agar Anda bisa merasakan keistimewaan daerah tersebut. Tak terkecuali Bandung. Bandung memiliki banyak kuliner legendaris yang rasanya enak dan sudah terkenal dari jaman dulu.

Sempatkanlah datang ke tempat-tempat kuliner legendaris ini karena Anda belum tentu mendapatkan kesempatan dua kali. Apalagi jika Anda berasal dari daerah luar Jawa. Nikmatilah suasana Bandung sambil mencicipi kelezatan makanan dan jajanan yang tersedia di sana. Berikut ini adalah 10 kuliner legendaris Bandung yang tak boleh diabaikan :

1. Ronde Alkateri

Tempat kuliner pertama yang legendaris di Bandung adalah Ronde Alkateri. Ronde adalah jajanan yang terkenal dapat menghangatkan tubuh. Sehingga sangat cocok sekali untuk menemani malam yang dingin di Bandung. Anda bisa mengicip Ronde Alkateri yang sudah berdiri sejak tahun 1984 ini. Sampai sekarang warung ini masih eksis dan menyajikan ronde dengan cita rasa yang legit dan hangat. Anda akan merasa tubuh menjadi lebih bugar dan segar kembali setelah mengonsumsinya.

2. Sumber Hidangan

Nah, sewaktu jalan-jalan di Bandung pada siang hari, mungkin Anda akan merasa letih, kurang berenergi dan panas. Di waktu ini sangat cocok untuk mencari kuliner yang manis dan menyegarkan. Kunjungi saja tempat legendaris di Bandung yang menyajikan berbagai makanan manis seperti kue, roti, hingga es krim. Namanya adalah Sumber Hidangan. Tempat ini lokasinya ada di Jalan Braga nomor 20 – 22 Bandung.

Tempat yang sudah berdiri sejak tahun 1929 ini mempunyai nama asli dalam bahasa Belanda, yakni Het Snoephuis yang artinya adalah Toko Makanan Manis. Sampai sekarang pun tempat ini masih menyajikan jajanan tradisional khas Belanda, seperti Bokkepootjes, Moorkoppen dan Tompoesjes. Anda pun bisa menikmati kesegaran es krim yang tiada duanya.

3. Batagor Riri

Anda pasti tahu kan kalau Batagor adalah camilan khas dari Bandung? Jajanan ini sudah terkenal di mana-mana selain di Bandung. Bahkan sering dijajakan di berbagai sekolah karena anak-anak banyak yang menyukainya. Batagor sendiri merupakan singkatan dari Bakso Tahu goreng. Jadi penyajiannya adalah bakso dari aci dan tahu yang digoreng kemudian diberi bumbu kacang yang lezat.

Karena sudah sampai di Bandung, Anda tentunya harus mencoba makanan ini dari tempat asalnya. Di Bandung ada tempat yang menjual Batagor yang sudah legendaris, yaitu Batagor Riri. Tempat ini pun ternyata sudah ada sejak 33 tahun yang lalu dan menjadi tempat buruan para wisatawan. Kelezatannya yang sudah populer ini membuat para artis pun turut menjadi langganannya. Istimewanya, selain makan di tempat, Anda juga bisa membawanya sebagai oleh-oleh.

4. Toko You

Selanjutnya tempat kuliner legendaris yang wajib Anda datangi dan cicipi adalah Toko You. Tempat ini bisa Anda jadikan sebagai tempat nongkrong dan menikmati suasana kota Bandung. Desain bangunannya masih mempertahankan gaya jaman dulu, meskipun begitu tak menjadikan tempat ini sebagai tempat yang kuno untuk dikunjungi. Bukan hanya orang tua, bahkan para pemuda pun juga banyak yang mengunjungi tempat ini.

Toko yang sudah berdiri sejak jaman kemerdekaan Indonesia ini menyajikan berbagai olahan makanan yang berbau Chinese Food. Salah satu menu andalannya adalah Mie Yamin yang lezat dan membuat Anda ketagihan dan semakin cinta dengan Bandung.

5. Roti Bakar Gempol

Satu lagi jajanan yang cocok untuk dicemil di siang maupun malam hari adalah roti bakar. Meskipun roti bakar terkesan biasa, tapi Anda harus mencoba yang legendaris di Bandung ini, yaitu Roti Bakar Gempol. Roti bakar ini sudah sangat ternama dan tentunya punya banyak pelanggan. Jadi Anda harus bersabar jika ingin membelinya tapi harus antri terlebih dahulu.

Tempat ini mempunyai berbagai variasi roti, mulai dari roti gandum, roti tawar dan roti manis. Untuk toppingnya sendiri sudah pasti banyak macamnya, sehingga Anda bisa memilih manapun sesuai selera. Jangan takut tak kebagian tempat karena kedai ini sudah buka sejak jam 7 pagi sampai jam 9 malam. Jadi, Anda bisa menentukannya sebagai tempat sarapan atau kudapan malam.

6. Sate Jando Cimandiri

Jika Anda ingin menu makanan yang berat, maka cobalah sate, tapi bukan sembarang sate. Di Bandung ini tersedia tempat makan bernama Sate Jando Cimandiri yang kepopulerannya sudah diraih sejak tahun 90an. Meskipun bukan sate Madura, tapi sate ini kelezatannya tak perlu diragukan lagi.

Kata jando pada tempat ini bukan berarti yang menjual satenya adalah seorang janda ya. Tapi jando artinya adalah lemak yang ada di punuk sapi. Jika Anda tertarik, langsung saja datang ke daerah Cimandiri, lokasinya ada di belakang Gedung Sate.

7. Warung Kopi Purnama

Tidak lengkap rasanya kalau tidak ngopi di Bandung sambil nongkrong-nongkrong bersama sahabat atau pasangan. Anda bisa mencobanya di Warung Kopi Purnama untuk mendapatkan suasana nongkrong yang berbeda. Anda akan merasakan suasana jaman dulu yang kental namun tetap memberikan sensasi yang menenangkan.

Warung ini sudah berdiri bahkan sejak sebelum jaman kemerdekaan. Pada awalnya, warung ini diberi nama “Chang Chong Sheng” yang artinya silahkan mencoba. Tapi, seiring dengan berjalannya waktu namanya berubah menjadi Warung Kopi Purnama. Anda bisa memilih sajian berupa aneka kopi dan beberapa camilan seperti roti dadar ham, roti bakar dan lumpia goreng. Datang saja ke Jalan Alkateri nomor 22 untuk mencari tahu keistimewaannya.

8. Braga Permai

Jika Anda berkeinginan untuk mengunjungi restoran yang antimainstream di Bandung, maka Anda bisa datang ke restoran Braga Permai. Di tempat ini Anda bisa menemukan berbagai kuliner yang enak dan memanjakan lidah dengan nuansa nostalgia khas Bandung. Lokasi tepatnya ada di Jalan Braga No 58, Bandung. Restoran ini mulai buka dari jam 9 pagi hingga jam 12.

Untuk menunya sendiri, restoran ini mengandalkan berbagai makanan khas seluruh dunia dengan porsi yang memuaskan. Selain menu makanan berat, Anda juga bisa merasakan hidangan ringannya berupa kue, roti dan berbagai es krim yang dijamin membuat ketagihan.

9. Pisang Goreng Simanalagi Dalem Kaum

Cita rasa pisang goreng yang manis dan gurih serta teksturnya yang renyah selalu mampu membuat siapa saja tersihir. Jajanan ini merupakan salah satu camilan favorit yang dicari dimana-mana. Anda pun bisa menemukannya kok di Bandung. Coba saja pisang goreng ala Dalem Kaum yang ada di Jalan Dalem Kaum No. 10, Balonggede, Regol, Kota Bandung. Tempat ini buka dari jam 9 pagi sampai jam 7 malam.

Pisang Goreng Simanalagi Dalem Kaum ini sudah berdiri sejak tahun 1948. Pendirinya adalah seorang warga keturunan etnis Tionghoa yang bernama Nyonya Tjiong. Kepopulerannya ini sudah merata ke seantero Bandung, jadi Anda harus percaya akan kelezatannya. Selain pisang goreng, tempat ini juga menyediakan gorengan lain seperti ubi bola, combro, gandasturi dan gehu. Sedangkan menu lainnya berupa kue kering, kue basah dan berbagai jajanan jaman dulu berupa orange crush dan sarsaparilla.

10. Warung Bu Eha

Ada lagi tempat legendaris yang menyajikan berbagai menu murah meriah di Bandung. Namanya adalah Warung Bu Eha yang lokasinya ada di Pasar Cihapit. Warung ini merupakan warung nasi khas masakan Sunda yang paling terkenal di Bandung. Berbagai makanan prasmanan yang dijajakan seperti gepuk, urap, pepes ikan, dan sebagainya.

Warung ini pun telah berdiri sejak tahun 1947. Sudah sangat lama dan masih bertahan hingga sekarang. Pemiliknya sendiri usianya sudah mencapai 87 tahun. Kabarnya lagi, warung ini pun menjadi langganannya Presiden Soekarno di jaman dulu. Jadi sudah terbukti kan betapa legendarisnya warung ini. Jika Anda ingin berkunjung, warung ini buka dari hari Senin – Sabtu jam 7 pagi hingga jam 3 sore. Jadi, jangan sampai ketinggalan ya.

Demikian 10 kuliner legendaris di Bandung yang tak termakan oleh waktu.

Jika kesulitan menemukan lokasi atau alamat tempat-tempat diatas, silahkan gunakan Google Maps atau cari di Instagram, pasti ketemu.

Akhirnya, meskipun rata-rata tempat makan tersebut usianya sudah tua, tapi cita rasanya tetap bisa dipertahankan dan selalu mampu mengambil hati para pengunjungnya. Sesuai dengan petuah orang jaman dulu, semakin tua semakin legendaris!

Selamat mencoba!

 

Penulis: Amsi Puri Dirgantari
Editor: Ganjar Nugraha

Tentang Ganjar Nugraha

Family and Digital marketing enthusiast. Terkadang menjadi gitaris kamar yang selalu berpikir bagaimana supaya hidup ini ada manfaatnya.

2 Komentar

  1. Wahh saya penasaran banget sama Batagor Riri dan Roti Bakar Gempol. Tengah malam gini jadi lapar euy 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *