Beberapa Rekomendasi Kuliner Bali yang Terkenal Enak Banget

Bali memang dikenal sebagai salah satu pulau di Nusantara dengan adat serta budaya yang masih kental dan beragam. Pulau Dewata tersebut juga memiliki kuliner yang sayang untuk dilewatkan.

Jadi, bagi Anda yang berwisata ke Bali, sebaiknya jangan lupa untuk menyantap beberapa rekomendasi kuliner Bali yang terkenal enak banget berikut ini!

1. Sate Lilit

Sate lilit khas bali
Sumber: kintamani.id

 

Sembari menikmati pemandangan alam Pulau Dewata, sajian kuliner sate lilit dapat menemani Anda. Menu ini merupakan menu khas dari pulau wisata tersebut.

Cita rasanya sudah tidak diragukan lagi, penggunaan berbagai rempah nusantara tentunya lebih menambah kenikmatan dan ciri khas masakan Indonesia.

Sate ini terbuat dari daging yang digiling kemudian dicampur bumbu khas. Setiap gigitannya membuat Anda ketagihan.

Anda bisa menikmati sate lilit di restoran khas masakan Bali yang tidak diragukan lagi kenikmatannya.

2. Nasi Jinggo

Nasi jinggo khas bali
Sumber: ensiklopediaindonesia.com

 

Sekilas nasi jinggo hampir serupa dengan nasi gurih, namun ternyata perbedaannya terletak pada lauknya. Nasi khas Bali ini terdiri dari sekepal nasi beserta oseng mie, tempe goreng, ayam suwir dan sambal yang level pedasnya super.

Menikmati nasi jinggo yang super pedas ini pasti terasa nikmat sehingga Anda bisa ketagihan pada tiap suapannya.

Jika Anda ke Jogja menemukan nasi kucing. Ke Cirebon nasi jamblang, maka jangan lupakan nasi jinggo saat mengunjungi Bali.

3. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng khas bali
Sumber: travelloratour.com

 

Apabila Anda berwisata ke kawasan Gianyar, Bali maka di sana Anda akan menemukan nasi tepeng. Bentukannya sekilas memang menyerupai bubur, namun nasi ini bukanlah bubur.

Proses pembuatannya dilakukan dengan cara memasak nasi hingga lembek lalu disajikan bersama nangka muda, kacang tanah, kacang panjang, daun kelor, terong serta kelapa sangrai.

Saat akan disajikan, nasi akan disiram dengan kuah yang telah dicampur bumbu khas Bali. Bisa dibayangkan sedapnya, bukan?

4. Tum Ayam

Tum Ayam khas bali
Sumber: sakerapedia.com

 

Nama kuliner khas Bali yang satu ini hampir serupa dengan tomyam yakni masakan khas Thailand. Tum Ayam sendiri merupakan makanan yang terbuat dari ayam cincang lalu dicampur dengan bumbu khas serta santan.

Kemudian campuran tersebut dikukus hingga matang dan lebih nikmat jika disajikan dengan nasi hangat. Anda bisa berburu kuliner khas Bali yang satu ini dengan mudah, cari saja di internet dengan keyword yang disesuaikan.

5. Komoh

Komoh khas bali
Sumber: inspirilo.com

 

Jika Anda termasuk pecinta hati, daging serta kulit maka jangan lupa untuk menikmati komoh. Makanan khas bali ini dimasak dengan tambahan bumbu rempah yang khas.

Tampilan menu sajian khas Bali ini juga begitu menggugah selera dengan cenderung gelap dan berkuah kental. Sekilas tampak seperti sambal balado yang dicampur dengan sate.

Rasanya tidak ada tandingan serta dijamin membuat Anda ketagihan.

6. Rujak Bulung

Rujak Bulung khas bali
Sumber: ksmtour.com

 

Rujak bulung juga disebut dengan rujak kuah pindah. Sekilas tampak seperti bihun, namun faktanya rujak ini terbuat dari irisan mangga yang dicampur dengan irisan cabai serta kuah pindang.

Kuliner ini cukup terkenal di Bali karena sensasi rasa pedas dan manis yang berasal dari bumbu rujak akan lebih cocok dinikmati ketika siang hari.

Jadi bagi Anda yang ingin ngerujak, bisa untuk coba mencicip rujak bulung di Bali.

7. Lawar

Lawar khas bali
Sumber: balikami.com

 

Sajian makanan khas Bali selanjutnya ada lawar di mana terdiri dari irisan kecil-kecil sayuran beberapa jenis. Selain itu ada pula irisan daging, baik itu ayam maupun babi yang nantinya dikombinasikan bersama bumbu aneka rempah khas Pulau Dewata.

Penyajiannya bisa sebagai pendamping makanan khas Bali yakni sate lilit. Jadi jangan heran apabila Anda melihat lawar disajikan bersama sate lilit, ya.

Itulah beberapa rekomendasi kuliner Bali yang terkenal enak banget. Jangan lupa dicatat, ya!

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.