Home Otomotif 17 Motor Untuk Touring Terbaik Bagi Penjelajah

17 Motor Untuk Touring Terbaik Bagi Penjelajah

Jika Anda seorang pecinta touring garis keras, maka satu diantara 17 motor untuk touring dibawah ini sangatlah cocok untuk dijadikan teman berjelajah, baik untuk berkeliling kota, bermotor ria antar kota, ke pegunungan ataupun untuk berkeliling kebeberapa provinsi di Indonesia.

Motor Bersahabat Untuk Touring Penjelajah!

Kini, motor menjadi kebutuhan utama. Bisa dibilang, hampir setiap orang memiliki sepeda motor untuk menunjang mobilitas sehari-hari. Bahkan, ada jenis motor touring yang bisa menunjang kegiatan adventure makin nyaman. Jika Anda memiliki hobi touring, sudah sepantasnya Anda memilih jenis motor yang sesuai sehingga membuat perjalanan aman dan nyaman.

Perlu diperhatikan bahwa motor touring harus memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan dengan motor yang hanya digunakan untuk pemakaian sehari-hari. Motor touring akan melewati perjalanan panjang dan medan yang tak mudah. Dibutuhkan kekuatan dan desain khusus untuk melakukan kegiatan tersebut, maka untuk itulah motor touring dicipakan untuk para pecinta berkendara jarak jauh.

Baca juga: Motor bebek vs matic vs sport

motor-untuk-touring-kawasaki

Beberapa kelas motor touringpun bervariasi dari kubikasi 250cc, 500cc, 750cc, 1000cc bahkan lebih. Untuk merek motor touring juga hampir ada disemua pabrikan semisal dari Kawasaki, BMW, Honda, Yamaha, Suzuki bahkan dari Viar yang popularitasnya dibawah merek yang disebut sebelumnya.

Jenis motor touring juga bermacam-macam ada yang suka tipe klasik (classic) atau cafe racer, tipe modern, dan tipe sederhana semisal bebek atau underbone.

Jika dirasa motor touring berharga diatas rata-rata motor jenis lain, maka banyak orang yang memodifikasi motor biasa menjadi motor touring (adventure), motor gunung dan sejenisnya. Yang penting bisa berjelajah meski dengan modal minim, tidak masalah.

Buat Anda yang sedang mencari motor touring terbaik, berikut ini ada beberapa jenis motor adventure yang bisa dipilih. Beberapa gambar, kelengkapan data spesifikasi, harga dan berita terkait akan selalu kami update dibeberapa waktu ke depan.

Yuks kita mulai.

Daftar referensi motor untuk touring versi kami

BMWG310S

Motor BMW terkenal memiliki harga yang mahal. Tapi jangan salah, ada satu jenis motor BMW yang dibanderol dengan harga cukup terjangkau. Motor tersebut ialah BMWG310S yang memiliki harga sekitar Rp. 58,8jutaan. Motor ini memiliki spesifikasi dengan mesin berkapasitas 313 cc. Pada putaran 9.500 rpm dan torsi 38 Nm pada 7.500 rpm, motor ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 34 PS.

bmw g310r

Kekurangan dari sepeda motor ini ialah hanya memiliki satu silinder saja. Jelas performanya akan lebih rendah jika dibandingkan dengan motor yang mempunyai 2 silinder. Meski tidak selalu begitu, tetapi pada umumnya saat ini para pecinta motor gede sudah terbiasa dengan 2 silinder yang terkenal lebih “wah”.

BMWG310S tetap memiliki kekuatan tenaga yang mumpuni meskipun hanya memiliki satu silinder saja. Motor ini dilengkapi dengan sistem pengereman ABS. Si pengendara dapat menonaktifkan fitur ini ketika sedang melewati jalan offroad. ABS ini sangat penting bagi si pengendara motor apalagi perjalanan jauh selalu identik dengan kecepatan dan kecelakaan, dengan ABS setidaknya sistem pengereman menjadi lebih afdol.

Selain itu, mini BMW bike ini juga dilengkapi dengan suspensi upside-down pada bagian depan. Fungsinya ialah menjaga kestabilan motor sehingga pengendara akan merasa nyaman.

Motor BMW ini memiliki velg depan dengan ukuran ring 19 dan velg belakang ring 17. Lalu, ban motor ini menggunakan ban tubeless yang memiliki tapak lebar.

Secara umum, BMW seri ini sudah cukup untuk pecinta touring beraspal.

Honda CRF250 Rally

Motor Honda CRF25O Rally sangat cocok untuk touring. Motor ini dibanderol dengan harga sekitar Rp. 64,9 juta. Harga yang diberikan sangat sesuai karena motor ini memiliki performa yang sangat tangguh dan siap melewati berbagai medan. Mesin yang dipakai memiliki kapasitas 249,6 cc dengan tipe DOHC.

honda crf 250 rally

Terdapat sistem pembakaran fuel injection serta sistem pendingin sehingga membuat sepeda motor ini memiliki performa unggul. Lalu, di bagian depan ada suspensi upside down ukuran besar. Pada bagian belakang menggunakan Pro-Link. Anda bisa mengatur tingkat kekerasan sehingga kenyamanan benar-benar diperhatikan.

Yang menarik adalah motor ini sangat layak untuk melayani si empunya untuk melewati berbagai medan, dari aspal, jalan tanah hingga area berlumpurpun bisa dijajal. Mesku datangnya sangat telah dibandingkan dengan milik tetangga sebelah yaitu Kawaski KLX, kehadiran CRF ini layak kita apresiasi.

Yamaha MT-25

Memiliki kerangka yang kokoh namun ringan sehingga cocok untuk aktivitas touring. Sepeda motor Yamaha MT-25 menggunakan mesin tipe 4 langkah yang dilengkapi dengan pendingin cair yang sangat bermanfaat untuk mendinginkan mesin saat perjalanan jauh.

yamaha-mt25

Kapasitasnya ialah 250 cc DOHC yang mampu menghasilkan tenaga powerful yakni sebesar 26,4 kw/1.200 rpm dan torsi 22,6 Nm/ 10000rpm. Lampu LED juga disematkan pada bagian depan dan belakang sehingga cahayanya sangat terang.

MT-25 ini adalah saudara kandung Yamaha YZF 250cc, tetapi MT-25 hadir dengan tanpa fairing kiri-kanan dan menonjolkan otot kerangka yang memang sangat lekat dengan gaya motor touring atau sering juga disebut motor street-fighter. Dilengkapi dengan tapk ban lebar, MT-25 adalah salah satu idaman penggemar motor tangguh khas anak jalanan.

Untuk harga, Yamaha MT-25 ini berharga sekitar Rp 48,000,000 untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Jika Anda mencari motor berotot, tangguh dan memiliki gaya pejuang jalanan, maka MT-25 ini sangat cocok untuk Anda, apalagi Yamaha ini dilengkapi dengan tangki besar yang padat, suspensi besar dan handle-bar yang lebar yang membuat perjalanan semakin nyaman.

Salah satu kandidat terkuat dikelas motor 250cc tanpa fairing, top!

Yamaha Xabre 150

Adik dari MT-25 ini memiliki tempat duduk yang nyaman sehingga mendukung aktivitas touring perjalanan yang jauh. Di desain bergaya ala street-fighter murni, Xabre adalah salah satu motor 150cc dengan desain khusus untuk anak touring.

Performa yang dihasilkan oleh sepeda motor ini cukup tangguh dengan kapasitas mesin 150 berjenis tunggal SOHC, meski belum DOHC tetapi tenaga yang dibawanya cukup untuk melahap perjalanan yang akan Anda lalui. Tenaga yang dihasilkan ialah 12.0 kw/8.500 rpm. Torsinya yaitu 14.3 Nm/7.500 rpm.

yamaha-xabre-150

Xabre juga udah dilengkapi dengan pendingin cairan, suspensi Upside-down berkelir emas dengan diameter lebih besar dari pada shock umumnya, berhandle lebar, LED, ban lebar dan full LED speedometer yang semuanya memanjakan perjalanan sang pengendara. Harganya berada disekitar 30 jutaan, cukup terjangkau untuk bisa mendapatkan sepeda motor kekar dan pas untuk touring.

Yamaha All New Byson F1

yamaha-new-byson

Masih dari keluarga Yamaha, selain cocok untuk motor touring, Yamaha All New Byson FI juga bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Berbekal mesin injeksi 150cc yang menghasilkan 9.61 kW saat 8000 rpm dan 12.98 Nm torsi pada 6000 rpm.

Mampu menghasilkan cahaya terang karena dilengkapi dengan lampu LED depan belakang, sehingga bisa diandalkan saat menghadapi medan yang gelap dan kurang dalam penerangan.

Material yang digunakan terlihat kokoh dan ringan. dilengkapi dengan handlebar yang lebar dan ban yang besar, Byson yang berharga kisaran 22 juta ini bisa dijadikan pilihan untuk yang ingin meminang motor touring berharga murah dan bersahabat.

Yamaha XMAX

yamaha-xmax

Sepeda motor matic Yamaha ini memiliki mesin berkapasitas 250 cc. Motor matic dengan mesin 250cc seperti ini dipastikan cukup tangguh sehingga bisa digunakan untuk touring jarak jauh. Memiliki desain mesin 4-langkah satu silinder, berjenis SOHC, dan  Liquid Cooled 4-Stroke membuat motor ini tak dapat diragukan lagi performanya. Tenaga yang dihasilkan ialah 16,8 kW/ 7000 rpm dan torsinya 24,3 Nm/ 5500 rpm.

Selain itu, XMAX di Indonesia bisa dimasukan kedalam kelas matic premium. banyak sekali fitur yang disematkan Yamaha Indonesia kedalam motor ini beberapa diantara adalah:

  • Adjustable windshield
  • Lampu Hazard
  • Lampu LED
  • Sumber power listrik (colokan)
  • Smart Key
  • Anti-Lock Breaking System (ABS)
  • Ban Tubeless
  • Ruang penyimpanan yang luas, dll.

Dengan kisaran harga 57 jutaan, XMAX sangat cocok untuk para pecinta motor touring dengan gaya motor matic yang nyaman tetapi bermesin tangguh dan fasilitas yang lengkap. Super sekali Yamaha!

Yamaha NMAX

yamaha-nmax

Sempat menghebohkan ranah roda-dua tanah air dengan desain yang cantik, mesin 150cc, fasilitas fitur yang banyak serta harga yang bersahabat, NMAX memang hadir untuk para pecinta matic berdesain menawan. Tidak aneh jika NMAX menjadi salah satu motor yang paling laku di tanah air.

Yamaha NMAX dibekali dengan mesin Liquid Cooled 4 stroke dan satu silinder. Ada sistem fuel injection sehingga irit bahan bakar. Yamaha NMAX lahir dengan kapasitas mesin 155cc yang menghasilkan tenaga sekitar 11.1 kW pada 8000 rpm dan torsi maksimum kisaran 14.4 Nm pada 6000 rpm.

Ada dua jenis yakni versi standar dan ABS yang memiliki perbedaan pada sektor rem. Keduanya sama-sama memiliki tenaga yang tidak diragukan untuk mendukung touring.

Untuk model terbaru, NMAX juga datang dengan warna gold pada velgnya tetapi dengan ban tubeless lebar, posisi berkendara yang nyaman, inverted LED speedometer dan lampu LED yang terang di bagian penerangan.

Dibandrol dengan harga kisaran 30 jutaan, NMAX memang berada dikelas matic premium yang berharga cukup terjangkau.

Honda CB150R Streetfire

Honda-CB150R-Streetfire

Dari merek Honda, Anda akan menemukan CB150R streetfire dengan tampilan yang simpel namun sporty. Dengan kapasitas 150cc pada sektor mesin, motor ini bisa digunakan untuk touring dan harian. Rangka menggunakan bahan alumunium yang kokoh namun ringan. Mesinnya menggunakan seri terbaru sehingga lebih powerful dan irit bahan bakar. Mesin yang digunakan yakni 4 langkah, DOHC-4 Katup yang memiliki kapasitas 149,16 cc. Tenaga maksimal yang dihasilkan ialah 12,4 kw/ 9.000 rpm, dan torsinya 13,8 nm/7.000 rpm.

Sebenarnya motor ini berhadapan langsung dengan Yamaha Vixion, tetapi dikarenakan Vixion sekarang terlihat aneh dan tidak setampan dahulu, maka penulis memberikan posisi di list kali ini kepada Honda 😀

Bukan tanpa alasan, Yamaha Vixion sebenarnya adalah salah satu motor fenomenal pada zamannya sebelum CB150R terbaru hadir. Kini justru CB150R yang bermesin DOHC merangsek keatas jajaran motor 150 sport laris yang merusak pasar Vixion. Tetapi, Honda memang patut diapresiasi yang sanggup melahirkan CB150R terbaru yang memang sangat cantik dan bermesin tangguh.

Harga CB150R berada di kisaran 27 jutaan dan sangat pas bagi para eksekutif muda atau remaja yang baru bekerja dan beranjak dewasa.

Honda Verza dan CB150 Verza

Motor ini memiliki desain tempat duduk yang tegak. Performanya mumpuni dan irit bahan bakar karena sudah menggunakan sistem PGM-F1. 1 liter bensin bisa digunakan untuk menempuh jarak 46,3 km. Motor ini menggunakan mesin dengan kapasitas 149,16 cc sehingga kekuatannya cukup untuk pra pengendara harian.

Penampilan Honda Verza terbaru ini sangat laki, sporty dan gahar. Wajar jika banyak orang yang menyukainya. Ukuran dimensinya yaitu 2.056 mm x 742 mm x 1.054 mm.

Honda Verza

Jika kebanyakan motor sport saat ini berpenampilan modern, Verza justru sebaliknya dengan menawarkan lampu bulat yang klasik, sistem dual-suspension dan handle-bar yang tidak menunduk yang mendukung kenyamanan berjendara.

Harga saat ini berada dikisaran 19 jutaan. Cukup murah bukan?

Honda Megapro F1

Megapro adalah salah satu gen motor Honda yang sudah sangat melegenda dan terkenal seperti kakanya yaitu Honda Tiger yang sudah punah duluan. Kini Megapro F1 lahir dengan segala hal baru dan modern serta memiliki fitur lengkap, canggih dan kekinian.

Honda-MegaPro-Fi

Salah satu keunggulan jenis motor ini adalah memiliki desain yang futuristik, Megapro yang identik jadul kini jauh lebih modern dan kekinian. Mesin yang diusungnya ialah jenis SOHC, 4 langkah, dan berkapasitas 149,5 cc. Tenaga yang dihasilkan sangat responsif. Memiliki daya maksimum 9,8kW (13,3 PS) pada 8.500 rpm dan menawarkan torsi maksimum 12,3 Nm (1,25 kgf.m) pada 6.500 rpm. Motor ini irit bahan bakar karena menggunakan mesin injeksi yang memang sudah sudah wajib ada di motor-motor zaman sekarang.

Harga Honda Megapro FI sekitar 22 jutaan! Cukup murah untuk motor sport zaman sekarang dengan banyak fitur seperti velg sporti dan monoshock.

Honda PCX 150

Honda-PCX 150

Inilah jawaban Honda terhadap kegaduhan yang dibuat Yamaha dengan NMAX yang laris manis dipasaran.

Motor PCX 150 matic ini bisa untuk harian dan cocok juga untuk kegiatan touring, mengapa?

PCX 150 diproduksi dengan tempat duduk yang didesain untuk kenyamanan nyaman dengan dimensi yang tepat. Lalu, pijakan kaki pada motor ini juga berukuran cukup luas dan memberikan kebebasan kepada para pemiliknya untuk berpindah-pindah posisi pada saat perjalanan jauh yang membutuhkan tingkat kenyamanan yang memadai.

Pada bagian part lain, PCX150 ini menggunakan fitur disc-brake pada sistem pengeremannya. Ada fitur ABS juga yang mana akan membuat pengereman semakin aman.

Mesin Honda PCX 150 mampu mencapai tenaga 10.8 kw pada saat 8.500 rpm. Lalu, maksimal torsi ialah 13,2 nm/ 6.500 rpm. Memang masih dibawah NMAX untuk ukuran power, tetapi perbedaannya sangat kecil dan dengan segala fitur andalan seperti dengan hadirnya Honda Smart-Key, ban lebar, full digital speedometer, LED lampu, power charging, kapasitas penyimpan besar pada bagasi sekitar 28 literan dan lain-lain, PCX-150 adalah salah satu motor youring yang memberikan kenyamanan bagi para pecinta motor matic.

Kawasaki Versys-x 250 City

Kawasaki-Versys-x-250-City

Beralih ke geng hijau Kawasaki. Kawasaki memang selalu hadir dengan motor-motor yang tangguh dan bermaterial berkualitas tinggi. Tak terkecuali Versys-X 250 City. Motor ini mampu menempuh jarak jauh dengan baik karena dilengkapi dengan mesin yang berkapasitas 249 cc, dengan tipe Liquid-cooled, 4 stroke parallel Twin, 8 valves dan DOHC. Tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 34 PS/ 11.500 rpm. Lalu, torsinya 21,7 N.m/ 10.000 rpm.

Dengan tenaga seperti ini, Vesys City sangat cocok di gunakan untuk yang senang dengan perjalanan jauh antar kota, bahkan antar pulau.

Harga berkisar direntang 62 jutaan.

Kawasaki Versys-X 250 Tourer

Kawasaki-Versys-X-250-Tourer

Motor ini khusus didesain sebagai motor touring, dan ya ini masih satu saudara dengan versi City Versys. Tampilannya sangat keren. Ada dua box pada bagian belakang, lalu ada lampu fog di samping kanan dan kiri. Ada fitur canggih yang dimiliki, salah satunya adalah DC outlet. Ketika gadget Anda baterainya low, Anda tak perlu khawatir karena fitur pada Kawasaki ini sudah siap memberikan daya yang Anda butuhkan.

Penambahan Tourer ini memang dimaksudkan untuk lambang kelebihan motor ini untuk perjalan jauh dan touring extreme. Jika dilihat dari mesin, spesifikasinya hampir mirip dengan Versys versi City diatas.

Harga kisaran 73 jutaan

Untuk para pecinta touring kelas “serius”, Versys ini adalah kandidat paling yahud yang bisa kami berikan.

Suzuki GSX-S150 Touring Edition

Tidak seheboh produk-produk Honda dan Yamaha, Suzuki justru memiliki motor yang memang hadir untuk para pecinta touring. Inilah Suzuki GSX-S150.

suzuki-gsx-s150-touring
image via: motomaxx.id

Sesuai dengan namanya, motor ini dikhususkan untuk kegiatan touring. Motor ini dilengkapi dengan visor, bracket dan hand guard. Tenaga pacu yang dimiliki juga sangat powerful. Dengan bodi yang gahar dan sporty, GSX-S150 siap digunakan untuk perjalanan jauh. Kenyamanan berkendara akan didapatkan.

Masih dalam satu gen dengan Suzuki GSX S150, motor ini dilengkapi dengan mesin 150cc 4-valve DOHC dan 6 transmisi. Fitur yang lainpun cukup lengkap semisal advanced key ignition, rem cakram, LED pada lampu, BOX khusus untuk touring dan masih banyak lagi.

Ini yang menarik, harga GSX-S150 dimulai di angka cukup murah yaitu sekitar 26 jutaan, disaat kompetitor Honda dan Yamaha bermain diangka diatasnya (untuk kelas motor sport 150cc), Suzuki justru bermain rapi dengan harga yang lebih murah.

Tentu saja penambahan label Touring-Edition membuat motor ini lebih mahal dari seri GSX-S pada umumnya, tetapi memang fitur-fitur tersebut mendukung untuk hobi touring Anda.

GSX-S150! Satu lagi motor rekomendasi dari kami untuk pecinta touring dengan harga pas!

Viar Vortex 250

Tidak semua orang suka Honda, Yamaha, Kawasaki maupun Suzuki, ada beberapa orang yang suka hal berbeda.

Kenal dengan Viar? Saat ini mereka sudah memiliki motor khusus untuk touring yaitu Vortex 250.

Viar-Vortex-250

Kegiatan touring akan terasa nyaman dengan Viar Vortex 250. Motor ini memiliki box dan visor di bagian depan. Mesin yang dimiliki berkapasitas 249 cc sehingga mampu menghasilkan daya pacu yang luar biasa. Motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 18.5 kw/9.000 rpm dan torsinya 22.5 nm/7000 rpm.

Harga kisaran 44 jutaan.

Honda CB500X

Jika semua motor diatas terasa kurang, maka inilah pilihan terakhir bagi Anda pecinta motor teouring kelas super premium. Inilah Honda CB500X!

Honda-CB500X-untuk-touring

Motor ini memiliki mesin 2 silinder yang berkapasitas 471 cc. Tenaganya sangat powerful dengan torsi yang besar. Motor ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 39 kw/8.500 rpm dan torsinya sebesar 46.5 nm/ 7000 rpm. Motor ini juga dilengkapi dengan fuel injection sehingga bahan bakar sangat irit. Fitur lampu LED dan windshield yang dapat diatur ketinggiannya juga sudah ada pada motor ini. Selain itu, CB500X juga dilengkapi dengan handle-bar dan tipe shockbreaker teleskopik yang nyaman untuk berkendara jauh.

Kisaran harga Honda CB500X adalah 147 jutaan. Memang motor ini kurang umum di Indonesia dan tidak semua dealer Honda memilikinya, salah satu dealer yang bisa membantu Anda untuk memesan Honda CB500X adalah Honda Cengkareng.

Kesimpulan

Ada beragam pilihan motor touring dengan fitur modern yang canggih. Anda bisa memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan.

Jika Anda butuh motor touring yang banyak melewati pegunungan, motor cross sejenis CRF dari Honda atau KLX Kawasaki bisa Anda pilih. Tetapi jika masih banyak melewati jalan beraspal, pilih saja salah satu motor yang sesuai dengan kebutuhan, kenyamanan, fitur dan dana yang sesuai dengan kondisi Anda.

Apa ada yang terlewat? Kami akan selalu mengupdate artikel ini, jadi pasti artikel ini berubah sesuai dengan keadaan dan ketersediaan barang dipasaran.

Selamat memilih rider!

Tentang Ganjar Nugraha

Family and Digital marketing enthusiast. Terkadang menjadi gitaris kamar yang selalu berpikir bagaimana supaya hidup ini ada manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *