Home Teknologi Simpan Kenangan Anda: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Saat Ini

Simpan Kenangan Anda: 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Saat Ini

Foto merupakan sebuah gambar yang diambil dengan menggunakan berbagai media seperti kamera dan ponsel. Foto dianggap sebagai momen yang patut diabadikan dalam segala suasana. Sedangkan objek foto sendiri tidak terbatas. Anda bisa mengambil foto tanaman, gedung, pemandangan, orang, hewan dan sebagainya yang menurut Anda memang pantas disimpan untuk kenang-kenangan tersendiri.

Apalagi dengan semakin canggihnya teknologi di era modern saat ini. Foto menjadi hal yang sangat wajar dilakukan. Fitur di dalam media untuk foto juga sangat bervariasi sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan selera. Salah satu media yang sangat mudah digunakan untuk mengambil foto adalah ponsel. Hampir semua orang mempunyai ponsel berjenis Android maupun iOS, yakni ponsel pintar yang multifungsi.

Tapi, terkadang saat mengambil foto Anda merasa foto itu kurang menarik, sehingga perlu diedit. Nah, sekarang ini sudah tersedia banyak aplikasi untuk mengedit foto, terutama untuk smartphone atau ponsel pintar. Anda bisa menggunakannya untuk membuat foto lebih terkesan estetik.


Seperti Ini Keunggulan 10 Aplikasi Edit Foto Terbaik Saat Ini

Mengambil sebuah gambar berupa foto membutuhkan keahlian khusus. Karena kegiatan ini termasuk dalam suatu karya seni. Memang tidak mudah untuk dilakukan, Anda membutuhkan usaha dibarengi dengan komponen-komponen yang pas agar hasil foto terlihat lebih nyata dan menakjubkan. Ada juga saat hasil foto ternyata tidak sebaik yang diperkirakan. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, entah itu cahaya yang tidak mencukupi atau terlalu banyak, objek yang terus bergerak sehingga foto menjadi blur, atau komposisi foto yang kurang tepat.

Hasil foto yang demikian tentu membuat kecewa. Karena sejatinya foto menangkap momen-momen berharga yang sulit terulang kembali. Bahkan seorang profesional sekalipun pasti pernah menghasilkan kualitas foto yang kurang baik. Meskipun begitu, Anda tak perlu bingung. Karena hasil foto yang kurang baik masih bisa diperbaiki dengan cara mengedit foto.

Mengedit foto pun sebenarnya juga membutuhkan ‘feeling’ agar hasil editannya tidak berlebihan sehingga membuat foto jadi semakin buruk. Sekarang ini sudah tersedia berbagai aplikasi yang membantu Anda untuk mengedit foto dengan mudah. Jika Anda fotografer yang mengandalkan smartphone sebagai media, maka Anda bisa mengunduhnya langsung melalui Google Playstore untuk Smartphone Android.

Lalu apa sajakah aplikasi terbaik untuk mengedit foto di smartphone? Ini dia jawabannya :

1. Snapseed

Snapseed-Aplikasi Edit Foto

Aplikasi pertama yang bisa Anda coba untuk mengedit foto supaya lebih kece adalah Snapseed. Di dalam aplikasi ini tersedia banyak fitur canggih yang bisa Anda pilih dan atur sendiri. Penggunaannya pun sangat mudah dan tidak terlalu ribet. Sangat cocok untuk pengguna Smartphone masa kini. Hanya dengan sekali ketukan saja Anda sudah langsung membuka aplikasi dan semua fiturnya akan bermunculan.

Selain fitur editing yang bisa diatur sendiri, tersedia juga 28 pilihan filter untuk yang berguna membuat tampilan foto lebih variatif. Setelah selesai mengedit, Anda bisa langsung menyimpannya ke memori internal maupun eksternal. Aplikasi ini merupakan buatan dari Google sehingga Anda bisa dengan gratis mengunduhnya di Playstore.

2. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express

Aplikasi selanjutnya adalah Adobe Photoshop Express. Meskipun namanya Adobe Photoshop, tapi aplikasi ini tersedia di Smartphone, bukan PC. Sedangkan aplikasi Adobe Photoshop di PC lebih kompleks dan Anda membutuhkan keahlian khusus untuk bisa mengedit dengan benar.

Adobe Photoshop Express ini adalah aplikasi gratis yang tersedia di Google Playstore. Anda pun bisa menggunakannya dengan bebas tanpa harus terganggu oleh iklan. Aplikasi ini mempunyai layout yang lebih minimalis dan simple. Anda bisa dengan mudah menggunakannya jika membutuhkan pengeditan foto yang cepat dan praktis.

Beberapa fitur penting yang ada di dalamnya seperti pengaturan efek, crop foto, filter, color. Lalu untuk fitur khas dari aplikasi ini adalah Image Rendering Engine yang berfungsi mengedit foto yang berjenis panorama dan satu lagi adalah fitur Noise Reduction dimana berguna dalam mengurangi bintik-bintik mengganggu pada foto di malam hari.

3. Photo Director

PhotoDirector Photo Editor App

Di posisi selanjutnya merupakan aplikasi edit foto yang terbaik, yakni Photo Director. Aplikasinya sangat multifungsi dimana layoutnya memiliki desain yang sangat ramah untuk para penggunanya. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi ini Anda dapat dengan mudah menyesuaikan warna fotonya dengan fitur-fitur yang ada dan menghasilkan kualitas yang baik.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur kamera dimana Anda bisa langsung mengeditnya begitu selesai mengambil foto. Tanpa harus membuka galeri terlebih dahulu atau mengimpor foto ke dalam aplikasi. Keunggulan dalam aplikasi ini adalah sebuah fitur yang bernama Content Aware Removal yang berfungsi untuk menghapus objek yang tidak diinginkan atau dianggap mengganggu keindahan foto.

4. Aviary Photo Editor

Aviary Photo Editor

Aviary Photo Editor merupakan salah satu aplikasi yang berlatar belakang dari keluarga Adobe. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur unggulan khas Adobe dan tersedia banyak pilihan. Diantara fitur-fitur canggih tersebut adalah dari yang basic seperti filter dan crop. Selain itu tersedia juga berbagai tool kelas atas untuk penyesuaian terhadap warna, pengaturan intensitas cahaya, fokus, ketajaman serta keunggulannya dalam men-tweak sketsa foto.

5. PicsArt Photo Studio

PicsArt Photo Studio

Beralih ke aplikasi edit foto selanjutnya yaitu PiscArt Photo Studio. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang populer, dilihat dari jumlah unduhannya yang mencapai ratusan juta pengguna. Aplikasi ini menjadi favorit karena mempunyai banyak fitur berwarna serta tool yang mudah untuk digunakan, bahkan untuk pemula sekalipun.

Beberapa fitur yang menjadi keunggulannya adalah kolase, dimana Anda bisa memasukkan beberapa foto dalam satu bingkai yang dibagi menjadi beberapa frame, lalu ada stiker yang bisa digunakan untuk membuat foto menjadi lebih menarik, berbagai filter dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan kamera supaya Anda bisa langsung mengedit foto dengan leluasa.

6. YouCam Perfect

YouCam Perfect

Kemudian Anda juga bisa mempertimbangkan aplikasi YouCam Perfect. Aplikasi ini sangat efektif dimana Anda dapat mengubah tampilan foto dengan cepat. Sama seperti aplikasi edit foto lainnya yang memiliki fitur dasar seperti crop, rotate, berbagai filter, tool untuk membuat blur pada latar belakang foto dan sebagainya.

Sedangkan tool yang diunggulkan pada aplikasi ini adalah Eye Bag Remover, adalah efek untuk menghilangkan kantung mata, Face Reshaper dan Body Slimmer yang berguna membuat obyek foto tampak lebih langsing. Selain itu, YouCam Perfect juga mempunyai fitur untuk melakukan selfie video. Anda bisa mengunduhnya dengan gratis namun jangan kaget ketika membuka aplikasi terdapat berbagai iklan bermunculan.

7. Pixlr

pixlr

Sedangkan pada posisi ketujuh ini merupakan aplikasi edit foto yang mempunyai berbagai fitur yang dibutuhkan oleh para pengguna, yaitu Pixlr. Salah satu kelebihan aplikasi ini yang tidak dimiliki oleh aplikasi lainnya adalah tersedianya lebih dari 2 juta kombinasi yang terdiri dari efek, hamparan dan juga berbagai filter. Anda juga bisa mengandalkan fitur kolasenya untuk memuat berbagai foto dalam satu layout dengan beberapa frame. Anda bisa mengatur jarak, background dan letak foto dengan mudah.

Di samping itu, Pixlr juga mempunyai fitur yang dinamakan Perbaikan Otomatis, dimana fitur ini berguna untuk menyesuaikan objek foto dengan gambar lain berupa coretan pensil, tinta, maupun sketsa lainnya. Aplikasi ini juga menyediakan koneksi dengan aplikasi lain supaya Anda bisa dengan mudah membagikannya ke jejaring sosial.

8. Photo Lab

PhotoLab

Jika Anda menginginkan foto yang tampak lebih berseni dan unik, gunakanlah aplikasi edit foto yang bernama Photo Lab. Keunggulannya terletak pada koleksi efek-efek yang dimiliki yang hampir mencapai ribuan pilihan. Efek-efek tersebut berupa berbagai filter foto yang bergaya, aneka frame yang cantik, realistic photomontages, kolase, efek artistik kreatif dan lain-lain.

Tampilan dari aplikasi ini sendiri sebenarnya sederhana dan mudah untuk digunakan. Selain itu, Photo Lab juga memiliki banyak fitur basic sama seperti aplikasi lain yang terdiri dari crop, rotate, ketajaman, pencahayaan dan sentuhan. Anda pun bisa mengunduhnya secara gratis dan membagikan hasil foto ke media sosial lain yang terhubung.

9. Air Brush

AirBrush Easy Photo Editor

Aplikasi lain yang cukup populer sebagai editing foto adalah Air Brush. Aplikasi ini mempunyai berbagai fitur yang berperan dalam memberikan hasil foto yang indah dan elegan. Beberapa fitur unggulnya adalah tools yang berhubungan dengan remover blemish, yaitu menyamarkan jerawat, membuat efek tubuh lebih langsing, memutihkan gigi, efek berseri-seri retouching artistik dan bisa mencerahkan mata. Anda dapat mengunduh secara gratis. Tapi jika menginginkan efek yang lebih banyak dan terhindar dari iklan, maka Anda bisa mengunduh dengan cara berbayar.

10. Toolwiz Photos-Pro Editor

Toolwiz Photos-Pro Editor

Aplikasi terbaik terakhir yang direkomendasikan untuk Anda adalah Toolwiz Photos-Pro Editor. Aplikasi ini mempunyai berbagai fitur canggih yang jumlahnya mencapai ratusan. Diantara fitur-fitur yang terdapat di dalamnya adalah aneka pilihan filter, tool face swap, membuat foto kolase, penyesuaian terhadap saturasi dan masih banyak lagi. Semua keistimewaan dalam editing foto bisa Anda dapatkan melalui satu aplikasi ini.

Demikian 10 jenis aplikasi edit foto terbaik untuk Anda. Dengan mengedit foto seapik mungkin, maka kualitas foto yang Anda hasilkan tentunya menjadi lebih baik. Semoga bermanfaat.

Penulis: Amsi Puri Dirgantari / Editor: Rian Herdiana

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *