10 Perbedaan iPhone vs Android: Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Jika Anda mencari artikel perbandingan iPhone vs Android, itu berarti Anda sedang mencari info sebelum Anda memutuskan untuk membeli yang mana. Mencari perbandingan dan perbedaan kedua merek tersebut memang sangat penting terlebih jika Anda tidak mau salah beli dan menyesal kemudian.

Untuk itulah artikel ini dibuat, pada kesempatan ini kita akan membahas tentang kelebihan dan perbandingan iPhone vs Android berdasarkan data yang ada, semoga bermanfaat.

Lets dive in!

Sekilas info, iPhone dan Android adalah dua jenis perangkat yang sedang ngehits di jaman sekarang. Banyak orang yang menggunakan kedua tipe gadget ini karena memang kedua “geng” inilah yang memegang pasar, keduanya memberikan manfaat beserta nilai lebih yang bisa diandalkan bagi setiap penggunanya.

Jika ada yang bertanya mengapa kita tidak memasukan hp tipe lain semisal hp dengan Linux, Windows Phones atau BB?

Karena saat ini menurut pasar, kebanyakan pengguna hp (saat ini) adalah pembeli hp Android dan hp iPhone, kalaupun ada pembeli dengan OS lain mungkin hanya berapa persen dan menurut kami belum pas jika disandingkan dengan Android maupun iphone dengan iOS nya.

Next..

Kubu Google sebagai pemegang Android dan kubu Apple sebagai pemegang iPhone (juga IOS) memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri, jika Anda sudah tidak kuat ingin memiliki salah satunya, tidak ada salahnya Anda untuk mencoba menggunakan dulu beberapa hp Android atau iPhone saudara, teman atau siapapun yang bisa Anda pinjam.

Tapi jika tidak ada waktu, silahkan baca artikel ini sampai habis ya.

iphone kebanggaan gaya hidup

Simaklah perbedaan terlengkap antar iPhone dan Android berikut ini!

10 Daftar Perbedaan iPhone dan Android

Nyatanya, banyak orang yang ikut-ikutan untuk membeli produk iPhone karena untuk mendapatkan gaya hidup yang mewah meskipun harganya yang lebih mahal dari hp Android pada umumnya. Apakah salah? Tidak juga, hanya saja sayang jika mereka tidak memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara mengoptimalkan pemakaian hp dengan teknologi tinggi tapi hanya digunakan untuk sosial media atau chatting saja.

Beberapa diantara mereka bahkan tidak tahu pasti apa kelebihan yang dimilikinya. Jadi, pastikan dulu bahwa Anda mengetahui perbedaan antara iPhone dan Android disini ya.

Cari tahu apa yang kamu butuhkan

Ada banyak perbedaan antara iPhone dan Android. Jika Anda biasa menggunakan Android dan kemudian menggunakan iPhone, pasti Anda akan sedikit merasa bingung. Fitur-fitur yang tersedia di dalamnya sedikit berbeda. begitupun sebaliknya.

Berikut perbedaannya.

1. iPhone adalah merek sebuah perangkat, Android adalah sistem operasi

Yaps, banyak orang yang salah kaprah dalam menilai Android dan iPhone. Keduanya dikira sama-sama merupakan sebuah system operasi. Nyatanya berbeda.

iPhone adalah sebuah merek perangkat yang telah diproduksi oleh Apple. Namun, Android merupakan sebuah Operating System atau bisa dibilang software yang dimiliki oleh Google.

Maka, jika Anda sedang berbicara tentang Android, pesaingnya bukanlah iPhone. Pesaing yang pantas dibicarakan adalah IOS

Jika Anda ingin berbicara tentang iPhone, maka Anda bisa membandingkannya dengan Samsung Galaxy, Nokia Lumia, Evercross, Xiaomi Redmi, Oppo dan masih banyak lagi yang lainnya.

Ingat lagi perbedaannya ya, kalau iPhone menjalankan system operasi IOS, sedangkan produk lain bisa menjalankan system operasi Android, Windows Phone, Linux dan lain-lain.

iPhone hanya menjalankan system operasi IOS yang memang dibuat Apple untuk iPhone.

2. Android bersifat terbuka “Open”

Sampai detik ini, iPhone menjadi produk yang dibuat oleh Apple dan tidak ada iPhone lain yang diproduksi oleh perusahaan selain Apple. Maksudnya, Apple dengan IOS-nya hanya ada di Apple.

Hal ini membuat iPhone menjadi salah satu produk yang sangat eksklusif karena terdapat dalam sebuah manajemen yang eksklusif pula. Semua kebijakan telah diatur oleh pihak Apple dan pastinya selalu dipantau dengan sebaik-baiknya.

Perhatian penuh juga diberikan oleh Apple kepada semua jajaran produk iPhone karena iPhone merupakan satu-satunya produk hp yang dibuat oleh perusahaan Apple. Entah itu tentang keamanan produk, aplikasi yang dijalankan, dan berbagai macam hal lain tentunya sangat diperhatikan oleh manajemen.

Meskipun Apple juga membuat produk lain semisal Macbook dan SmartWatch, tetapi mereka hanya memiliki beberapa jenis saja dan masih menggunakan “basic os” yang sama dengan iPhone.

Hal ini berbeda dengan hp bersistem operasi Android dan para perusahaan pembuatnya. Contohnya saja, Samsung (pesaing paling kuat saat ini) yang pastinya harus memberikan fokus mereka pada berbagai jenis produk seperti hp dan elektronik lain.

Jika Apple hanya berfokus pada satu IOS saja yaitu iPhone, maka perusahaan lain harus berfokus pada banyak hal. Karena Apple hanya berfokus pada satu gadget hp saja, maka jelaslah jika iPhone memiliki kualitas yang lebih dibandingkan dengan produk lain.

Meskipun begitu, Android yang bersifat open source memiliki kelebihan yang pastinya banyak disukai orang karena sifatnya yang bisa dipakai oleh siapa saja, ya oleh siapa saja, mau Samsung, LG, Oppo dan lainnya.

Dengan sifat open source ini, maka operating system Android membuat perangkat hp Android bisa berharga lebih murah daripada iPhone.

3. IOS vs Android: Beda bahasa dan beda gaya

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Android dan iPhone sudah jelas berbeda. Tidak pernah aplikasi Android di pasang di iPhone dan sebaliknya. Jadi, masing-masing orang bisa memilih untuk menggunakan Android atau Iphone saja.

Jika pemilik Apple memiliki pusat aplikasi di Apple Store, maka pemilik Android selalu bermain di pasar Google Play.

Tidak mudah bagi Apple untuk memberikan aplikasi yang gratis. Semua hal yang dilakukan developer pembuat aplikasi berbasis IOS harus melalui pengawasan Apple.

Gratis akan diberikan jika memang aplikasi tersebut gratis dan berkualitas seperti aplikasi WhatsApp, Facebook, BBM, dan kawan-kawannya.

Untuk aplikasi yang berbayar, biasanya aplikasi tersebut memang sangat bernilai.

Bagaimana dengan Android…?

Jika Anda pengguna Android, Anda pasti sudah tahu sendiri jika fitur app gratis di Android memang sangatlah banyak. Meskipun beberapa jenis aplikasi bisa ada di Android dan iPhone, tapi biasanya, pengguna Android berkembang pesat karena harga hp yang terjangkau dan aplikasi yang sangat banyak di Google Play, dan kebanyakan gratis!

Beda bahasa dan beda gaya, jika iPhone bergaya mewah, esklusif dan gaya, Android bersifat gratisan, mudah digunakan dan bersahabat dengan kebanyakan kantong dan dompet masyarakat.

4. Iphone tidak menggunakan “storage external”

Dewasa ini, memori eksternal dalam jumlah kapasitas penyimpanan yang besar sudah tersedia di pasaran. Hal ini dikarenakan banyaknya produk yang memberikan tempat khusus berupa “slot” untuk memori luar yang memang sangat disukai banyak orang.

Berbeda dengan produk iPhone, produk ini sama sekali tidak memiliki slot memori eksternal dan tidak akan bisa menjadi sebuah memori eksternal. Jadi, jika Anda ingin membeli iPhone, sangat disarankan bagi Anda untuk memilih iPhone yang menggunakan kapasitas memori 32 GB atau lebih karena berkas digital saat ini sudah sangat cepat membuat sebuah perangkat digital sesak.

Bicara konektifitas, jika Anda pernah menyambungkan perangkat Android Anda ke komputer, maka hasilnya pasti akan sangat familiar. Berbeda jika Anda menggunakan iPhone, Anda tidak akan pernah menemukan file secara langsung, Anda harus menggunakan program yaitu Itunes.

Jadi jelas jika perpindahan file dari iPhone tidak bisa dilakukan seperti Android. Ini merupakan salah satu hal yang membuat banyak orang enggan memilih Apple.

5. Jika Anda punya iPhone seolah-olah “wajib” memiliki komputer desktop atau laptop

Mengapa menggunakan iPhone seolah-olah Anda wajib memiliki komputer desktop yang cukup mahal? Jelas jika iPhone tergantung dengan keberadaan komputer untuk bertukar berkas file dengan gadget lain. Meskipun bisa dengan mudah untuk sesama produk Apple, tetapi tetaplah tidak semudah Android.

Itunes bisa dipasang di komputer berbasis Mac OS ataupun Windows OS.

6. Beberapa iPhone dan Android dapat melakukan Update OS terbaru.

Anda pasti akan sangat paham jika tidak semua Android dan Iphone bisa update ke sistem operasi yang paling baru. Banyak sekali pencarian yang menanyakan bagaimana cara untuk melakukan update ke yang paling baru.

Hal ini jelas saja tidak bisa dilakukan karena memang tidak bisa jika tidak didukung oleh pabrik itu sendiri. Untuk iPhone, Anda dapat melakukan update ke sistem operasi IOS untuk versi yang paling baru asalkan iPhone Anda masih dalam rentang usia penggunaan dan resmi didukung.

Hal yang diperlukan hanyalah koneksi internet untuk melakukannya. Jika usia pemakaian sudah berada diatas 3-5 tahun, biasanya mau iPhone atau Android tidak bisa dipaksakan memakai OS terupdate, jikapun bisa maka akan terasa berat dan tidak sesuai dengan kemampuan hardware itu sendiri.

Hp Android juga sama.

7. Suku cadang iPhone biasanya relatif mahal dan tidak semua tempat bisa

Jika Anda merupakan pengguna dari smartphone Android, mungkin akan mudah bagi Anda untuk menemukan suku cadang atau spare-part nya di berbagai konter.

Hal ini sangat berbeda dengan iPhone

Tidak banyak counter hp yang menjual spare-part untuk produk iPhone. Maka, Anda harus benar-benar paham akan hal ini. Anda harus menemukan tempat khusus untuk mendapatkan suku cadang dari Apple semisal home-button, layar, tombol volume atau power, kamera, suku cadang speaker dll.

8. Harga Apple iPhone vs hp Android

Jika dilihat dari segi harga, iPhone dan Android memang memiliki harga yang sangat berbeda. Harga dari iPhone relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan harga smartphone yang menggunakan OS Android. Perbandingan harga bisa sangat signifikan bahkan mencolok.

Kesempurnaan hardware seperti kamera, layar juga pintarnya Apple meracik IOS dan aplikasinya membuat harganya memang lebih mahal dan premium.

Meskipun demikian, pengguna Android bisa menikmati hp ber OS (Operating System) canggih yang bisa menutupi kebutuhannya dengan harga yang jauh di bawah iPhone.

Tetapi, untuk hp Android kelas atas, harganya memang 11-12 dengan iPhone.

It’s your choice!

9. Rumor Canggihnya Fitur Kamera

Fitur kamera yang tersedia dari iPhone dan produk smartphone yang menggunakan OS Android juga berbeda. Banyak orang yang menganggap bahwa Apple memiliki kamera yang lebih tajam jika dibandingkan dengan Android.

Kenyataannya memang demikian, tapi….

Maksudnya, Apple umumnya menyediakan kamera yang memang bagus, tajam dan memiliki resolusi yang tinggi. Kamera yang disediakan oleh iPhone biasanya memiliki sensor untuk menangkap cahaya yang baik, ini merupakan salah satu hal yang sangat mempengaruhi kualitas gambar yang akan dihasilkan.

iPhone juga dilengkapi dengan digital signal processor. Digital Signal Processor ini merupakan salah satu fitur yang memiliki fungsi untuk mengatur warna yang ada pada gambar. Anda bisa mengatur tingkat kecerahan dari gambar tersebut

Teknologi ini merupakan salah satu hal yang membuat kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera iPhone mirip sekali dengan kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera DSLR.

Hal ini karena iPhone dan kamera DSLR gosipnya sama-sama menggunakan teknologi yang begitu praktis untuk digunakan.

Nah, untuk produk Android biasanya menggunakan kamera yang disesuaikan dengan kebutuhan para penggunanya, sesuai harga tentunya.

Yang kami maksud tidak selamanya kamera iPhone lebih baik itu adalah, memang ada hp Android yang memiliki kamera sebagus bahkan lebih baik dari iPhone. Saat tuisan ini dirilis, Google Pixel 2 XL memiliki rating lebih baik dari pada iPhone X menurut Toms Guide juga Xiaomi Mi8 ber OS Android lagi-lagi lebih baik dari iPhone X menurut dxomark.com

10. Kualitas dan penampilan

Kualitas dari iPhone? Sudah pasti jempolan dan sangat baik. Mengapa? iPhone hanya dibuat oleh Apple dan tidak dibuat oleh pabrik lainnya, segala sesuatunya harusnya lebih terukur dari segi riset daripada saingan mereka yang berbeda-beda pabrikan. Selain itu, harga iPhone yang relatif mahal memang terbayar dengan kualitasnya jika dibandingkan dengan hp Android yang relatif “jauh” lebih murah.

Tapi, beberapa tipe premium hp Android semisal jajaran Samsung Galaxy S series, Note series, Google Pixel, Xiaomi Mi series atau Sony XZ series memiliki kualitas yang sangat dekat dengan iPhone, berkelas dan mewah.

Untuk masalah penampilan, keduanya memiliki penampilan dan gaya yang pastinya berbeda. Untuk hp Android yang sekelas dengan harga seri iPhone, biasanya sama-sama bagus, elegan dan menawan.

Karena penampilan adalah masalah selera, maka biarkan pembaca yang memutuskan. Hanya saja iPhone biasa terlihat elegan dan terlihat mahal sedangkan Android tidak semuanya terlihat berkelas, hanya beberapa saja yang berharga premium yang bisa di sandingkan dengan cantiknya iPhone.

Itu saja pembaca untuk perbedaan yang paling mencolok dari iPhone dan Android.

Jadi, jangan sampai Anda salah pilih ya. Jangan hanya memilih karena apa kata orang saja. Pastikan Anda telah mengetahui sendiri perbedaan antara iPhone dan android yang sebenarnya.

Ingat, pilihlah gadget dengan bijak, jangan diperbudak teknologi.

Selama hp yang kita miliki masih bisa menutupi kebutuhan kita, mengganti dengan hp yang lebih mahal sepertinya hanya buang-buang rezeki saja.

Semoga bermanfaat dan salam anti gaptek!

Penulis: Rina Wahyuningrum
Editor: Ganjar Nugraha

Tentang Ganjar Nugraha

Family and Digital marketing enthusiast. Terkadang menjadi gitaris kamar yang selalu berpikir bagaimana supaya hidup ini ada manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *