Internet Saya Lambat? Begini Panduan Lengkap Untuk Mempercepat Koneksi Internet

Internet merupakan segalanya di era yang modern ini. Banyak hal yang bisa dipermudah menggunakan koneksi internet. Bukankah Anda juga menggunakan koneksi internet di rumah? Nah, hal yang paling mengganggu adalah ketika koneksi internet Anda berjalan dengan lambat. Semuanya menjadi mengesalkan, apalagi di saat kondisi yang sangat penting untuk menggunakan internet.

Panduan Lengkap Untuk Mempercepat Koneksi Internet
(Image By KJNNT)

Anda semua tidak perlu khawatir. Internet yang lambat atau lemot bisa dipercepat dengan panduan dan trik yang tepat. Jika Anda menjalankan triknya dengan tepat, maka koneksi internet akan lebih cepat.

Menyebalkan sekali memang jika koneksi internet lambat. Tidak hanya menghambat beragam aktivitas penting yang berhubungan dengan era digital. Namun koneksi internet yang lambat akan membuat tersulutnya emosi untuk sebagian orang. Sebelum Anda merasa kesal dengan lemotnya internet di rumah, maka Anda harus melakukan trik berikut.

Panduan Lengkap Mempercepat Koneksi Internet

Koneksi internet yang lemot dan lambat biasanya karena kesalahan dalam pemilihan produk dan pemasangannya. Meskipun produk internet yang Anda gunakan bagus, namun akan percuma saja jika Anda memasangnya dengan cara yang salah. Maka, apa sebaiknya yang harus dilakukan untuk membuat koneksi internet tidak lemot?

1. Ubahlah Setting Bandwidth Anda

Mengubah Setting Bandwidth

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mengubah pengaturan pada bandwidth. Agar koneksi internet menjadi lebih maksimal, hal yang harus dilakukan adalah menggunakan nilai bandwidth yang lebih besar. Ubah saja pengaturan pada computer configuration. Untuk mengubah pengaturan bandwidth, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Bukalah program run
  • Pada bagian program run, Anda bisa mengetik gpedit.msc
  • Setelah Anda mengetiknya, klik OK
  • Akan muncul di layar dan Anda bisa memperhatikannya. Klik dua kali pada bagian computer configuration, lalu administrative templates, kemudian Network, dan terakhir QoS Packed Scheduler
  • Klik dua kali pada bagian menu limit reservable bandwidth
  • Selanjutnya, tekan enable dan ubahlah bandwidth limit menjadi 0 (nol) dan tekan OK
  • Restart computer Anda

2. Ubah DNS Pada Computer

Ubah DNS pada Computer

Trik selanjutnya dalam mempercepat koneksi internet adalah dengan cara mengubah DNS pada computer Anda. DNS sendiri merupakan kependekan dari Domain Name System. Anda bisa melakukan pencarian nama di computer menggunakan jaringan TCP atau pun IP. Kemudian, ubahlah setting DNS menjadi Open DNS untuk mempercepat koneksi internet sampai 20%. Berikut langkah-langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Amati bagian Taksbar dan kemudian klik kanan di bagian Ikon Network. Selanjutnya, open network and sharing center
  • Lanjutkan dengan klik link menu di bagian connection. Ini terletak di bagian kanan
  • Ketika jendela Wireless Network Connection Status telah terbuka, klik lah tombol properties
  • Klik satu kali pada bagian internet protocol Versi 4
  • Centanglah bagian Use the Following DNS Server Address pada bagian DNS. Anda bisa menambahkan DNS Google dengan nomor berikut: 8.8.8.8 dan 8.8.4.4
  • Klik Ok
  • Untuk mendapatkan hasilnya, restart komputer Anda dulu

3. Pilihlah Provider yang Telah Kompeten

Untuk mendapatkan koneksi internet yang super cepat dan anti lelet, yang harus Anda lakukan hanyalah memilih provider yang telah berkompeten. Dengan memilih provider yang sangat berkompeten, maka Anda tidak akan mendapatkan koneksi internet yang lemot. Anda bisa memilih internet service provider yang sudah berkompeten memang memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Namun bukankah lebih baik seperti itu daripada menggunakan provider yang murah tapi lemot? Jadi, Anda tidak boleh tergiur dengan promosi diskon yang ditawarkan. Harga tentu akan menentukan kualitas kecepatan dari internet.

4. Gunakan Modem yang Sudah Memadai

Tips keempat yang bisa Anda lakukan dalam mempercepat koneksi internet adalah dengan menggunakan modem yang telah memadai. Modem atau kependekan dari modulator demodulator merupakan perangkat elektronik yang data mengubah sinyal komputer ke dalam suatu besaran frekuensi yang diubah menjadi saluran telepon kabel.

Modem memiliki kecepatan yang berbeda-beda tergantung dari spesifikasi modem serta kapasitas dari modem tersebut. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan modem terbaik untuk bisa mendapatkan jaringan yang cepat.

5. Gunakanlah Provider yang Masih Jarang digunakan

Provider yang sudah banyak digunakan biasanya memiliki jaringan yang lebih lemot. Meskipun provider tersebut telah terkenal, jika penggunanya adalah orang banyak tetap saja bisa lambat. Sebab, semakin banyak orang yang menggunakan provider tertentu, maka kecepatan provider itupun akan menjadi lemah pula.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat mencoba untuk menggunakan provider yang belum digunakan oleh banyak orang. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan kecepatan internet yang maksimal.

6. Gunakan Gadget atau Perangkat Komputer yang Memiliki Spesifikasi Tinggi

Hal ketujuh yang harus Anda lakukan untuk mempercepat koneksi internet adalah dengan menggunakan gadget atau perangkat komputer yang memiliki spesifikasi yang bagus. Jika cara-cara di atas memang sudah tidak bisa mempercepat koneksi internet, maka Anda bisa mengganti komputer atau gadget yang memiliki spesifikasi yang lebih baik lagi.

Cobalah untuk menggunakan gadget yang memiliki RAM, Hardisk, serta processor yang lebih tinggi dibandingkan yang sudah Anda gunakan sebelumnya. Jadi, internet yang akan didapatkan pun menjadi jauh lebih cepat dari sebelumnya.

7. Pastikanlah Anda telah Menggunakan Browser yang Terbaru

Sebenarnya, Anda tidak harus mengganti gadget dan perangkat komputer yang Anda miliki di rumah. Anda cuma harus memastikan kalau browser yang Anda gunakan adalah browser yang paling baru. Dengan menggunakan browser yang paling baru, maka kecepatan internet pun akan menjadi lebih cepat.

Aktivitas browsing yang lambat mungkin saja disebabkan karena Anda menggunakan browser versi yang lawas. Maka, perbaruilah browser yang Anda gunakan untuk mendapatkan koneksi yang lebih cepat. Bagi Anda yang menggunakan Chrome, Anda bisa memilih help and about Google Chrome.

Secara otomatis, Chrome akan mendeteksi sendiri apakah browser yang digunakan merupakan versi yang terbaru atau merupakan versi yang lawas. Jika Anda menggunakan versi yang baru, keterangan yang akan muncul adalah Google Chrome is up to date.

8. Scan PC atau Laptop yang Anda gunakan dari Malware

Yaps, malware atau virus, trojan, dan kawan-kawannya merupakan salah satu hal yang membuat perangkat komputer bekerja dengan lebih lambat. Tidak hanya itu saja, virus dan semacamnya dapat membuat koneksi internet menjadi lebih lambat. Apalagi jika yang menginfeksi adalah adware.

Setiap Anda browsing atau menjalankan aplikasi, maka iklan atau video iframe akan muncul dengan tiba-tiba. Tentu saja iklan berupa video seperti itu memakan banyak kuota. Maka pastikanlah Anda computer dan gadget yang Anda miliki telah bebas dari virus dan menggunakan antivirus yang telah up to date.

9. Stop mendownload Sesuatu Terutama Menggunakan Internet Download Manager

Melakukan download file pada saat browsing merupakan salah satu penyebab koneksi internet menjadi lambat. Memang wajar sekali jika hal ini terjadi. Jika Anda sedang mendownload file, maka kuota akan terbagi menjadi banyak hal baik dalam hal aktivitas browsing yang sedang dilakukan ataupun aktivitas downloading. Maka sudah jelas dan pasti jika Anda merasakan internet menjadi lebih lambat dan lemot.

10. Cek Kecepatan Internet yang Anda Gunakan

Jangan mengatakan internet yang Anda gunakan berjalan dengan lambat jika Anda sendiri tidak mengetahui kecepatan internet yang Anda gunakan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengecek kecepatan internet. Anda bisa memanfaatkan tool online yang dibuat oleh Ookla yang bernama speedtest.net untuk membuat layanan internet menjadi lebih cepat sesuai dengan yang Anda harapkan.

Misalnya saja Anda menggunakan layanan Indihome dengan paket 10 MB, maka kecepatan yang akan didapatkan sesuai sekali dengan layanan yang ditawarkan yaitu sebesar 10 MB. Bisa pula Anda berlangganan menggunakan 10 MB dan hanya mendapatkan kecepatan 512 KB. Oleh karena itu, Anda harus secara jeli untuk mengecek kecepatan internet yang Anda miliki. Jangan sampai Anda dirugikan dengan internet yang Anda gunakan. Padahal, Anda kan sudah membayar setiap bulannya.

Demikianlah beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk mempercepat internet di rumah Anda semua. Kecepatan internet masing-masing provider memang berbeda. Dengan melakukan pengecekan secara berkala, Anda akan mengetahui masalah apa yang sebenarnya terjadi. Pastikanlah semua hal di atas telah Anda coba. Semua cara yang sudah disebutkan di atas akan membantu Anda untuk mengatasi masalah internet yang lemot, sehingga internet akan berjalan dengan lancar dan cepat.

Penulis: Rina Wahyuningrum / Editor: Rian Herdiana

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

2 Komentar

  1. Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *