Tips Membeli Laptop Bekas Murah dan Berkualitas: Untung dan Aman!

Jangan asal beli laptop bekas! Nih ada tips membeli laptop bekas dengan harga murah tetapi dengan mutu bagus dan berkualitas. Pertanyaannya, notebook bekas seperti apa yang harus kita incar? Berikut penjelasannya.

Sebentar, sebelum membahas lebih jauh, kami hanya ingin menyarankan untuk membeli laptop baru saja, mengapa? Meskipun harganya pasti lebih mahal, tetapi laptop baru akan minim perawatan.

laptop bekas

Laptop bekas biasanya sering berhadapan dengan masalah baterai, keyboard juga colokan yang mulai longgar dan error, hard disk yang bad sector, serta layar yang bermasalah.

Sedang untuk laptop baru, mudah saja, kita tinggal klaim garansi, semuanya beres.

Tapi jika dana mentok, dan tetap ingin laptop bekas, siap juga dengan segala resikonya, maka yuk kita cari solusinya.

Jika awam dengan kata-kata hardware diatas, boleh Googling dulu ya dan silahkan kembali jika sudah paham.

Yuk lanjut!

Inilah inti terpenting penting sebelum membahas lebih dalam:

  1. Tentukan harga maksimal yang bisa digunakan
  2. Tentukan kebutuhan komputasi
  3. Tentukan lokasi sipenjual (untuk yang prefer COD)
  4. Cek kemulusan body laptop, barang bekas jatuh atau cacat akan mudah terlihat.
  5. Cek layar laptop. Perhatikan warna layar, coba naik turunkan kecerahan, cek pojok kiri-kanan atas bawah layar. Hindari dead-color/white-spot, ini tanda-tanda layar mulai bermasalah.
  6. Cek keyboard dan trackpad. Buka notepad dan cek/tekan semua tombol, pastikan semuanya lancar dan berjalan dengan baik. Untuk trackpad cek kemulusan dan kelancaran klik kanan dan klik kiri.
  7. Cek wifi dan bluetooh. Ini wajib apalagi bagi para pekerja yang memang butuh koneksi internet.
  8. Webcam dan Mic: Sangat wajib berjalan normal untuk urusan pekerjaan. Cek semuanya berjalan normal, bisa gunakan aplikasi Zoom atau Google Meet.
  9. Cek kondisi Hard disk; Hindari laptop yang berbunyi bising, atau banyak mengeluarkan “ctek-ctek”, hard disk biasanya sangat rawan dengan goncangan, sangat disarankan untk memperhatikan kondisi kesehatan hard disk. Jika memungkinkan, gantilah dengan SSD sebagai HDD utama jika memand dana tersedia.
  10. Baterai dan Charger: Usia baterai sangat erhubungan dengan performa. Waktu online 2-3 jam untuk laptop bekas itu udah sangat minim, usahakan bisa mendapatkan diatas itu. Jika hanya 1-2 jam hidup tanpa baterai, lebih baik jangan, karena Anda akan sangat butuh charger kemanapun Anda pergi.

Dibawah ini adalah penjelasannya.

Untuk kebutuhan komputasi normal, misal untuk bekerja kantoran, pelajar dan mahasiswa umum, laptop dengan Core i3, ram 4GB dan HDD 250GB SSD sudah sangat cukup.

Jadi, luruskan dengan kebutuhan, percayalah, Intel Core i7 atau AMD A12, RAM 16GB dan SSD 1000GB itu mubazir jika untuk pekerjaan komputasi standar.

Kalau Anda gamer atau content creator yang butuh spesifikasi tinggi, lain lagi ceritanya.

Lanjut!

Katakan Anda hari ini sedang mencari atau berminat untuk membeli laptop bekas, bila demikian, tips membeli laptop bekas murah dan berkualitas berikut ini memang harus Anda catat, semoga menjadi solusi pas untuk Anda!

Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk bisa mendapatkan laptop bekas dengan kondisi yang masih mulus dan harga yang bersahabat. Selain itu, tips ini juga akan sangat bermanfaat bagi Anda supaya tidak mudah tertipu dan tergiur penawaran yang menjebak.

Ingat, jangan tergiur dengan harga murah! PENTING.

Ada 3 hal penting yang harus kita perhatikan, harga, spesifikasi hardware/perangkat keras dan software/aplikasi yang tertanam. Hardware berkaitan dengan kondisi perangkat keras yang ada semisal baterai, layar, etc. Sedangkan software berkaitan dengan software/aplikasi misal sistem operasi (OS) Windows atau Linux, apakah sudah ada OSnya, apakah sudah ada aplikasi Microsoft Office, dll.

Cek hardware yang ditanam di laptop dengan aplikasi CPU-Z ini.

Sebagai referensi, Laptopmag.com membeberkan laptop mana dengan value brand terbaik, nah dari sini kita bisa melihat juga, kira-kira laptop mana yang “baik” menurut survey yang telah dilakukan. Asus dan Lenovo adalah salah dua dinatara laptop yang banyak disukai masyarakat dengan perangkat pertama adalah merek HP.

Dengan kata lain, brand yang Anda pilih nantinya adalah brand yang orang lain juga puas menggunakannya.

Jadi ketika sedang mencari laptop, Anda bisa filter dengan hal-hal tersebut. Ini akan menghemat waktu dan akan membuat kita fokus terhadap barang yang sesuai dengan incaran.

Contoh, filter dengan merek Lenovo, harga max 3 juta, hard disk min 500GB, memori ram min 4GB, juga fitur Windows original bawaan. Dengan filter seperti ini, maka kita akan lebih cepat mendapatkan barang incaran dari pada melihat semua laptop yang dijual dipasaran, setuju?

Yuk mulai, inilah detail tips membeli laptop bekas aman, berkualitas dan ramah didompet versi team Seo Van Java Media!




 

Tips Membeli Laptop Bekas Aman dan Murah

Ini adalah cara paling aman dan murah. Ingat, catat dulu: Budget dana yang ada, spesifikasi kebutuhan (misal memori, hard disk) dan lokasi penjual. Harga sangat penting untuk memfilter barang, kebutuhan penting untuk memenuhi kebutuhan komputasi yang diharapkan, lokasi penting jika beli laptop bekas secara COD dan ini direkomendasikan untuk meminimalkan penipuan.

1. Beli Laptop dari Teman yang Dapat Dipercaya

Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung dalam forum jual beli barang second seperti OLX, Jualo, Forum jual beli Facebook, Instagram, alangkah baiknya bila Anda bertanya dulu kepada teman-teman terdekat dan terpercaya Anda.

Apakah diantara teman-teman Anda itu, ada yang berminat untuk menjual laptop lamanya? Bila ada coba tanyakan dengan baik-baik. Siapa tahu, Anda bisa mendapatkan laptop bekas yang masih oke dengan harga yang sedikit lebih terjangkau daripada di pasaran.

Selain itu sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke toko khusus menjual elektronik second (termasuk laptop bekas), Anda juga bisa mengingat-ingat apakah ada teman yang memiliki usaha serupa? Bila ada datang saja ke toko elektronik second milik teman Anda.

Hal ini dimaksudkan selain Anda bisa membantu usaha teman, Anda juga pastinya akan lebih mudah dalam memilih laptop bekas. Sebab teman Anda pasti akan merekomendasikan laptop bekas terbaiknya. Terutama bila teman Anda memang tipikal teman yang baik.

Tak hanya itu, dengan membeli pada teman Anda sendiri maka Anda juga akan lebih mudah dalam mengklaim segala sesuatu yang berhubungan dengan ketidaknormalan laptop bekas yang Anda beli.

2.Official Trusted Marketplace

Kelebihannya, aman dan terpercaya! Dengan membeli laptop bekas di marketplace seperti Bukalapak, Shopee atau Tokopedia, keamanan barang yang Anda beli akan terjamin. Jika puas dengan barang, maka tinggal teruskan uang kepada sipenjual. Tapi, jika penipuan dan barang mengecewakan, klaim saja kepada CS marketplace, dan uang Anda akan dikembalikan.

Kelebihan lainnya adalah kita bisa dengan mudah memfilter laptop bekas sesuai dengan kebutuhan dan uang yang kita miliki.

Tips: Pilih barang dari lapak yang paling banyak penjualannya, dan banyak mendapatkan feedback positif dari pembeli sebelumnya.

Kekurangnnya: Tidak bisa melihat barang secara langsung. Tidak tahu seberapa bagus atau jelek kondisi laptop bekas incaran. Selain itu, klaim garansi sulit karena harus menggunakan ekspedisi jika sipenjual berada diluar daerah.

3. Toko di Sekitar Kota Anda Tinggal

Kelebihan: Kita bisa COD! Anda bisa melihat barang secara langsung, mengecek semua kondisi hardware dan software laptop incaran secara langsung. Harga bisa ditawar langsung, dan klaim garansi lebih mudah karena masih dalam satu wilayah tempat tinggal.

Sedangkan kekurangannya Anda harus mengecek barang satu-persatu, dan menanyakan barang yang pas dari satu toko ke toko lain.

4. Cek Spesifikasi dan Masa Pemakaian Laptop

Ketika Anda memutuskan untuk membeli laptop bekas dibandingkan laptop baru, maka selain spesifikasi laptop secara umum Anda juga harus memperhatikan masa pemakaian laptop oleh pengguna sebelumnya. Tanyakanlah kepada penjual berapa lama laptop telah digunakan, cari tahu berapa umur pasti dari laptop tersebut. Sebab semakin lama umur laptop maka semakin menurun kinerja yang ditawarkan.

Selain itu, cek spesifikasi laptop secara mandiri. Anda bisa melakukan pengecekan ini dengan beragam software khusus untuk cek spesifikasi seperti CPU-Z yang diawal saya sudah beberkan. Tak semua penjual laptop bekas menjelaskan spesifikasi secara jujur. Untuk itulah, Anda harus bisa mandiri dalam melakukan pengecekan spesifikasi laptop.

5. Cek Ada Tidaknya Virus

Salah satu tips untuk membeli laptop bekas yang berkualitas selanjutnya adalah dengan memastikan dan melakukan pengecekan secara langsung ada tidaknya virus dalam laptop. Hal ini dikarenakan virus dalam software merupakan salah satu benda paling menjengkelkan dan menganggap di dunia perkomputeran.

Untuk mengecek ada tidaknya virus juga bukan perkara yang sulit. Anda hanya perlu melihatnya di aplikasi anti virus yang telah terpasang di laptop atau melalui windows defender.

Nah, itulah beberapa cara sederhana yang bisa Anda aplikasikan untuk memilih dan membeli laptop bekas. Tentu sebenarnya masih ada banyak tips dan trik khusus lain yang bisa Anda gunakan untuk membeli laptop bekas terbaik. Namun, semoga tips membeli laptop bekas murah dan berkualitas yang telah dijelaskan di atas, dapat menjadi salah satu referensi cara memilih dan membeli laptop bekas supaya Anda tidak mudah ditipu oleh penjual laptop bekas yang nakal.

TAMBAHAN

Cari sipenjual butuh! Sangat jarang tapi kalau lagi beruntung, tipe-tipe penjual seperti ini terkadang muncul di situs jual-beli. Tipsnya, pastikan Anda paham tentang hardware atau minimal membawa teman untuk pengecekan barang. Siapkan uang cash, mereka yang butuh uang biasanya sangat mudah melepas kita kita sodorkan cash keras!

Semoga bermanfaat! Ingat, tentukan harga maksimal, kebutuhan, kondisi hardware dan software. Semoga beruntung!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.