Home Traveling 10 Tempat Wisata Wonosobo Paling Hits dan Instagramable

10 Tempat Wisata Wonosobo Paling Hits dan Instagramable

Untuk Anda yang hobi traveling, Wonosobo Merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Tengah yang sangat terkenal dengan kawasan wisata Diengnya yang penuh pesona. Ada banyak wisata cantik yang tentu bagus untuk spot berswa foto di sana. Tidak hanya kawasan Dieng saja, Wonosobo yang terdiri dari banyak pegunungan dan bukit dengan hawanya yang dingin ini juga masih memiliki banyak tempat wisata menarik lain. Berikut ini 10 tempat wisata Wonosobo paling hits dan instagramable yang wajib Anda kunjungi untuk bikin feed instagram jadi cantik dan menarik.

10 Tempat Wisata Wonosobo Paling Hits dan Instagramable

1. Gunung Prau

Wisata Wonosobo Gunung Prau
Image via katalogwisata.com

Anda suka keindahan alam sekaligus mendaki? Jika iya, Gunung Prau wajib Anda jajal. Gunung yang berada di kawasan Dieng ini tidak pernah sepi pengunjung. Wajar saja, karena gunung yang mencapai ketinggian 2.565 mdpl ini menyajikan pesona pemandangan alam yang spektakuler. Di sini Anda akan disuguhi pemandangan dari telaga warna dan deretan bukit-bukit cantik yang berada di sekeliling gunung. Bahkan Anda bisa melihat gunung-gunung lain yang berada di dekatnya, seperti Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu dan Gunung Sumbing.

Tidak sedikit pendaki yang rela jauh-jauh datang ke sini untuk mengejar sunrise. Bahkan pada waktu malam pun, gunung ini menawarkan keindahan yang begitu mempesona. Dari spot ini Anda bisa melihat sinar bintang di antara kegelapan langit, sehingga menciptakan suasana yang romantic. Pantas saja jika Gunung Prau sering dijadikan untuk traveling ke pegunungan maupun hunting foto prewedding.

Anda bisa datang ke sini kapan saja. Bahkan di musim hujan, banyak pendaki yang rela mendaki penuh perjuangan demi mendapatkan pesona alam Gunung Prau yang menakjubkan. Jika Anda datang pada musim penghujan, maka Anda akan melihat perbukitan yang berjejer di sekeliling gunung ini akan dipenuhi oleh awan. sehingga akan nampak seperti berada di atas awan. Ciamik sekali buat foto.

2. Bukit Sikunir

Wisata Wonosobo Bukit Sikunir

Jika Anda berencana untuk menikmati liburan di kawasan Dieng, Wonosobo, jangan lewatkan untuk mempir ke Bukit Sikunir. Apalagi jika Anda berniat untuk bermalam di kawasan ini, maka akan rugi jika tidak menyempatkan diri mengunjungi Bukit Sikunir yang terkenal dengan golden sunrisenya. Bahkan kemegahan sunrise yang disajikan menjadikan bukit ini menjadi spot penampakan matahari terbaik seAsia Tenggara.

Meskipun jika dilihat sekilas, bukit ini nampak biasa-biasa saja, namun jika dicermati dengan teliti, bukit ini memang penuh pesona. Selain terkenal dengan golden sunrise, Bukit Sikunir juga menjadi spot terbaik untuk menikmati keindahan alam gunung-gunung yang ada di Jawa Tengah dari kejauhan, seperti Gunung Slamet, Gunung Pakuwaja, Gunung Sindoro dan gunung lainnya.

Jika pada malam hari, Bukit Sikunir akan menyajikan pemandangan eksotis berupa kerlap-kerlip lampu penduduk desa yang beradu pada kerlap kerlip bintang dan petangnya malam. Keistimewaan-keistimewaan tersebutlah yang membuat Bukit Sikunir menjadi salah satu tempat wisata di Wonosobo paling hits, tepatnya mulai pada tahun 2013.


3. Telaga Warna dan Telaga Pengilon

Wisata Wonosobo Telaga Warna dan Telaga Pengilon
Image via tempatwisatapilihan.com

Karena letaknya yang berjejeran persis, maka Telaga Warna dan Telaga Pengilon seringkali dijadikan satu destinasi wisata di kawasan Dieng. Keduanya memiliki panorama alam yang cantik berupa danau atau telaga yang luas dengan tumbuhan hijau-hijauan di sekitar yang membuat nyaman setiap mata yang memandang. Selain bagus buat tempat berswafoto, tempat ini juga cocok untuk refreshing menyegarkan kembali pikiran dari segala kepenatan hidup di kota.

Dibanding Telaga Pengilon, Telaga Warna memiliki luas yang lebih besar. Bahkan saking luasnya, telaga ini berukuran hingga 3 kali lapangan sepak bola. Apalagi lokasinya yang berada di dataran tinggi membuat telaga ini begitu istimewa. Dinamakan dengan Telaga Warna, karena telaga ini memiliki pantulan warna biru, kuning, dan hijau secara bergantian. Bahkan kadang warna yang dipantulkan menyerupai pelangi yang tentunya begitu unik, langka dan unik.

Selain menikmati kedua telaga hits dan instagramable di Dieng tersebut, Anda juga bisa berwisata ke beberapa goa di dekat telaga tersebut, seperti Goa Sumur, Goa Jaran dan Goa Semar. Goa Sumur menjadi tempat suci bagi masyarakat Hindu Dieng. Airnya dianggap suci dan sampai sekarang masih digunakan untuk ritual keagamaan.

4. Kawah Sikidang

Wisata Wonosobo Kawah Sikidang
Image via manusialembah.com

Dieng termasuk kawasan yang banyak belerang. Salah satu spot yang dipenuhi oleh asap dan bebatuan belerang adalah Kawah Sikidang. Meskipun banyak batuan belerang yang mengeluarkan asap dan menciptakan pemandangan berwarna kelabu, namun kawah ini memiliki pesona yang indah. Jadi tidak heran jika Kawah Sikidang termasuk salah satu tempat wisata Wonosobo yang selalu ramai dikunjungi, karena memang tempatnya yang instagramable dan hits.

Nama Kawah Sikidang sendiri disematkan karena di sini banyak terdapat lubang fomarola yang menyebar ke seluruh area utama. Karena letaknya yang berpindah-pindah tersebut, sehingga masyarakat sekitar menamai kawasan tersebut dengan Kawah Sikidang yang artinya rusa yang selalu melompat untuk berpindah tempat.

Kawah Sikidang wajib masuk ke dalam perjalanan wisata Anda ke Wonosobo, khususnya Dieng, karena spotnya yang unik sekaligus cantik. Anda juga bisa naik kuda di sini atau berfoto dengan burung kakatua dan lainnya. Namun demi kenyamanan dan keselamatan, pastikan Anda menggunakan masker, agar terlindung dari sulfur yang menyengat.

5. Batu Ratapan Angin

Wisata Wonosobo Batu Ratapan Angin
Image via tempatwisatadaerah.blogspot.com

Jalan-jalan ke Dieng haruslah mempersiapkan kamera, karena di sini banyak spot instagramable yang akan membuat feed instagram Anda dipenuhi Like. Salah satunya adalah Batu Ratapan Angin. Dari spot ini, Anda akan disuguhi pemandangan dua telaga paling fenomenal di Dieng, yaitu Telaga Warna dan Telaga Pengilon.

Selain itu, Anda juga bisa melihat Candi Bima dari Batu Ratapan Angin ini. Dinamakan Batu Ratapan Angin, karena di sekitar tumpukan batu tersebut terdapat pepohonan yang rindah. Uniknya dari pepohonan tersebut sering terdengar bunyi-bunyian yang konon berasal dari angin yang berhembus menuju ranjing-ranting pepohonan.

6. Curug Winong

Wisata Wonosobo Curug Winong
Image via www.jejakpiknik.com

Meskipun berada di lokasi yang agak tersembunyi, namun Curug Winong termasuk wisata Wonosobo yang hits. Buktinya dari ke hari semakin banyak pengunjung yang datang ke sini untuk menikmati keindahan dan suasana dari sebuah curug yang cantik dan asri. Bahkan demi mendapatkan sisi indah yang lebih sempurna dari tempat wisata alam ini, beberapa pengunjung sampai rela memanjat ke atas bebatuan. Namun aksi ini butuh kehati-hatian dan tidak disarankan dilakukan oleh pengunjung yang belum berpengalaman.

Terlebih bagi Anda yang menyukai hal yang berbau pertualangan, curug ini cocok untuk Anda kunjungi, karena medan yang akan dilalui untuk menuju lokasi cukup menantang sekaligus berkesan. Di tengah perjalanan, Anda akan menjumpai sebuah tebing unik yang bisa Anda jadikan sebagai background berswafoto. Selain tebing, Anda juga akan disuguhi pemandangan hutan pinus yang indah dan asri, sehingga sangat cocok untuk liburan.

7. Telaga Menjer

Wisata Wonosobo Telaga Menjer
Image via mytrip123.com

Telaga Menjer merupakan salah satu tempat wisata di Wonosobo yang baru, hits dan instagramable. Di sini telah tersedia beragam fasilitas, khususnya untuk menunjang kegiatan wisata swa foto dengan aneka bentuk karakter, seperti kupu-kupu, panggung berbentuk LOVE, aneka bentuk bunga dan lain sebagainya. Dari spot-spot foto tersebut, Anda akan disuguhi pemandangan sebuah telaga luas yang dikelilingi oleh bukit dan aneka tanaman hijau yang membuat kawasan nampak asri sekaligus indah.

Bahkan di sekitar telaga juga terdapat keramba-keramba untuk memelihara ikan yang membuat penampilan telaga menjadi terlihat unik dan lain dari pada yang lain. Selain berfoto dan menikmati keindahan alam, Anda juga bisa menyewa perahu jenis gethek atau rakit bambu untuk berkeliling danau. Atau Anda juga bisa berjalan mengelilingi danau dengan melewati jalan setapak.


8. Agrowisata Teh Tambi

Wisata Wonosobo Agrowisata Teh Tambi

Di Kabupaten Wonosobo terdapat beberapa perkebunan teh. Salah satu perkebunan teh yang paling terkenal adalah Tambi. Dinamakan demikian, karena lokasi agrowisata yang terletak di Desa Tambi. Meskipun demikian, Anda bisa menikmati pesona sebuah perkebunan teh yang cantik di dua desa. Selain Desa Tambi, Anda juga bisa menikmati agrowisata ini di Desa Tanjungsari.

Namun di Desa Tambi lebih menyuguhkan banyak wisata. Selain menikmati keindahan agrowisata perkebunan teh, di sini Anda bisa melakukan kunjungan pabrik. Untuk bisa melakukan kunjungan ini, tentunya Anda perlu melakukan reservasi terlebih dahulu ke kantor PT.Tambi. Desa Tambi sendiri berada di antara Kota Wonosobo dan Dieng, kira-kira 1 km dari jalan raya. Jika Anda butuh refreshing ke tempat yang hijau-hijau dan segar, Agrowisata Teh Tambi bisa menjadi tujuan terbaik.

9. Telaga Cebong

Wisata Wonosobo Telaga Cebong

Di Wonosobo, khususnya di kawasan Dieng bisa ditemukan beberapa telaga. Selain Telaga Warna dan Telaga Pengilon, Anda juga akan menemukan Telaga Cebong. Telaga ini akan Anda jumpai manakala pada saat hendak menuju ke Bukit Sikunir. Dinamakan Telaga Cebong karena jika dilihat dari kejauhan, tepatnya dari spot Bukit Sikunir, telaga ini menyerubai cebong alias katak yang masih muda.

Bentuknya unik dan dikelilingi oleh hijau-hijauan yang menyejukkan indra penglihatan, sehingga pas untuk refreshing. Suasananya yang tenang dan pemandangannya yang sejuk membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Bahkan tidak sedikit pengunjung yang mendirikan tenda dan camping di sekitar Telaga Cebong. Liburan akan terasa lebih sempurna dengan mencicipi kopi dan teh panas yang dijajakan oleh para pedagang di sekitar lokasi wisata.

10. Petak 9 Dieng

Wisata Wonosobo Petak 9 Dieng

Jika di Telaga Warna Anda bisa menikmati pemandangan telaga berwarna, di Petak 9 Dieng Anda bisa menikmati Telaga Warna dari atas ketinggian. Petak 9 Dieng ini masih berada di kawasan wisata Telaga Warna. Bagi Anda yang mencari tempat wisata Wonosobo paling hits dan instagramable, terutama di kawasan Dieng, spot ini salah satu yang bisa menjadi destinasi wisata.

Di sebuah panggung atau rumah pohon, Anda dapat menikmati pesona alam eksotis dari Telaga Warna dan sekitar. Spot ini cocok sekali untuk berswafoto dengan latar belakang telaga paling terkenal di Wonosobo. Ditambah dengan deretan tanaman-tanaman endemik dataran tinggi Dieng, foto Anda akan menghasilkan gambar yang elok dan unik. Bahkan, Petak 9 Dieng menjadi salah satu spot berburu foto background Telaga Warna terbaik. Jadi memang benar-benar recommended.

Wonosobo memang terkenal karena memiliki kawasan wisata terkenal hingga mancanegara bernama Dieng. Di kawasan ini terdapat banyak spot-spot menarik untuk dikunjungi. Namun, sekali di Dieng, Wonosobo juga memiliki tempat-tempat wisata yang hits dan instagramable lainnya, seperti di Perkebunan Teh Tambi, Telaga Menjer, dan Curug Winong.

Penulis: Masruroh / Editor: Rian Herdiana

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *