Home Traveling 9 Alasan Mengapa Naik Kereta Api Sangat Menyenangkan Untuk Traveling

9 Alasan Mengapa Naik Kereta Api Sangat Menyenangkan Untuk Traveling

Tentu ada berbagai hal yang harus disiapkan ketika merencanakan traveling ke suatu tempat. Salah satunya mempersiapkan biaya untuk transportasi. Jangankan ke luar negeri, ketika traveling ke kota yang berbeda, kita seringkali harus mengeluarkan biaya transportasi yang cukup mahal. Tapi sebetulnya hal itu bisa disiasati dengan memilih jenis transportasi yang tepat.

Membawa mobil sendiri tidak efisien untuk bepergian jauh. Selain boros uang bensin, energi Anda juga akan terkuras. Sementara naik bus memerlukan waktu tempuh lama dan seringkali terjebak macet. Untuk tipikal orang yang ingin serba praktis, pesawat bisa menjadi pilihan. Anda bisa tiba di tempat tujuan dengan waktu yang lebih cepat. Hanya saja, harga tiketnya cukup mahal. Nah, jika Anda ingin transportasi yang efisien dan biayanya lebih murah ketika traveling ke tempat wisata domestik, naik kereta api saja!

Apalagi sekarang ini kereta api di Indonesia ditunjang dengan infrastruktur dan fasilitas yang semakin baik. Sehingga penumpang dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. Traveling menggunakan kereta api memang memerlukan waktu tempuh yang panjang, tak secepat pesawat, namun ada beberapa keuntungan yang Anda peroleh.

Naik Kereta Api Sangat Menyenangkan Untuk Traveling
Image via unsplash.com/@kolection

Untuk Anda yang masih ragu naik kereta api, berikut 9 alasan mengapa naik kereta api sangat menyenangkan untuk traveling:

  1. Harga tiket lebih murah

Untuk Anda yang dananya terbatas ketika ingin traveling, naik kereta api bisa menekan anggaran cukup signifikan. Pasalnya, harga tiket kereta api jauh lebih murah daripada tiket pesawat. Jika membandingkannya dengan tiket bus, harga tiket juga masih lebih terjangkau. Apalagi kini cara pemesanannya juga semakin mudah, bisa lewat website atau aplikasi online travel agent tanpa perlu keluar rumah.

Jika bicara soal kenyamanan, ada beberapa pilihan kelas kereta api yang bisa disesuaikan dengan isi kantong. Jika ingin yang paling murah, Anda bisa memilih kelas ekonomi. Sekarang ini kereta api kelas ekonomi pun sudah difasilitasi pendingin udara dan colokan listrik. Jika ingin duduk lebih leluasa, Anda bisa memilih kelas bisnis atau eksekutif.

  1. Harga tiket relatif stabil

Harga tiket kereta relatif stabil. Untuk mengejar tiket pesawat murah, biasanya kita harus memesan beberapa bulan sebelum keberangkatan. Tapi dengan menggunakan kereta api, memesan seminggu atau beberapa hari sebelum keberangkatan pun, harganya relatif sama. Jadi untuk Anda yang sering liburan mendadak, kereta api bisa menjadi pilihan transportasi paling pas yang tak terlalu menguras isi dompet. Bahkan bila Anda membeli tiket pemberangkatan langsung (go show) sekalipun.

  1. Terhindar dari macet

Kereta api memiliki jalur rel khusus yang tidak digunakan oleh moda transportasi lain. Karenanya, dengan naik kereta api, Anda bisa terhindar dari kemacetan selama perjalanan. Tidak seperti ketika naik bus atau mengendari kendaraan pribadi, Anda pasti akan terjebak di beberapa titik kemacetan jalan sebelum tiba di tempat tujuan. Mengingat saat ini jalanan di berbagai daerah cenderung padat oleh kendaraan mobil maupun motor.

  1. Jadwal tepat waktu

Seperti moda transportasi lainnya, kereta api juga tak lepas dari risiko delay karena cuaca buruk, kecelakaan, ataupun faktor lainnya. Tapi hal itu bisa dibilang jarang terjadi. Secara umum, keberangkatan kereta api setiap harinya hampir selalu tepat waktu sesuai jadwal yang telah ditetapkan. Ditambah dalam satu rute, ada banyak jadwal dengan kelas berbeda sehingga penumpang lebih fleksibel menentukan waktu keberangkatannya.

  1. Biaya bagasi ekstra lebih murah

Ketika naik pesawat, ada peraturan khusus mengenai barang bawaan penumpang. Biasanya untuk penerbangan domestik, penumpang diberi bagasi gratis seberat 15-20 kg. Jika beratnya melebihi batas yang ditentukan maskapai, maka penumpang harus membayar biaya bagasi ekstra. PT KAI juga sudah memberlakukan kebijakan serupa. Hanya saja, biaya bagasi ekstra (untuk barang lebih dari 20 kg) kereta api lebih murah daripada pesawat.

Beda maskapai penerbangan menerapkan kebijakan tarif biaya ekstra yang berbeda. Secara umum, untuk penerbangan domestik, kebanyakan maskapai penerbangan memberlakukan tarif bagasi ekstra mulai dari Rp 20 ribu per kg. Sementara ketika naik kereta api, Anda hanya perlu membayar bagasi ekstra Rp 10 ribu per kg untuk kelas eksekutif, Rp 6 ribu per kg untuk kelas bisnis atau ekonomi komersial, atau Rp 2 ribu per kg untuk kelas ekonomi non komersial.

  1. Prosedur keberangkatan yang tidak rumit

Ketika akan bepergian menggunakan pesawat, penumpang harus check-in minimal 45 menit sebelum keberangkatan. Belum lagi harus melewati pemeriksaan yang ketat, seperti pemeriksaan x-ray. Hal-hal rumit semacam itu tidak harus Anda lalui ketika menggunakan kereta api.

Sebelum memasuki stasiun, petugas hanya akan meminta Anda untuk menunjukkan tiket kereta api yang sudah dicetak dan kartu identitas. Setelah itu, cukup duduk manis menunggu keberangkatan kereta tujuan.

  1. Aturan jenis barang bawaan yang lebih fleksibel

Alkohol, benda berbabu menyengat, senjata tajam, dan senjata api tidak diperbolehkan untuk dibawa ketika naik pesawat maupun kereta api. Tetapi ketika naik pesawat, Anda harus benar-benar memperhatikan jenis barang bawaan, terutama soal kebijakan LAGs (liquid, gas, and aerosols). Jika ingin membawa parfum, lotion, dan sebagainya, Anda harus menyimpannya di kemasan 100 ml per item yang kemudian diletakkan dalam satu plastik tembus pandang, dan totalnya tidak lebih dari 1 liter per penumpang.

Ketika naik kereta, Anda lebih fleksibel membawa barang bawaan. Termasuk barang-barang pribadi seperti produk perawatan kulit, dalam kemasan yang tidak dibatasi secara khusus untuk dipakai selama traveling.

  1. Bebas menggunakan alat elektronik selama perjalanan

Saat melakukan perjalanan menggunakan pesawat, ada saat di mana penumpang dihimbau untuk mematikan ponsel, laptop, maupun perangkat elektronik lainnya karena sinyal dari peralatan tersebut berpotensi mengganggu sistem navigasi pesawat. Dengan naik kereta api, Anda bebas menggunakan smartphone sesuka hati untuk berkomunikasi ataupun mencari hiburan guna mengobati rasa bosan ketika di perjalanan.

9 Alasan Mengapa Naik Kereta Api Sangat Menyenangkan Untuk Traveling
Image via unsplash.com/photos/gJhev0YgUcE
  1. Menikmati pemandangan yang menarik

Bonusnya, saat bepergian dengan kereta api, Anda bisa menikmati pemandangan menarik yang beragam. Mulai dari rumah-rumah penduduk, area pesawahan dan perbukitan hijau, matahari terbit, hingga matahari terbenam. Pemandangan-pemandangan ini menjadi daya tarik tersendiri, dan tentunya membuat pengalaman traveling Anda semakin berkesan.

Tentang Rika Fauzy

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *