Home Traveling Solo Traveling? Perhatikan Tips Berikut ini

Solo Traveling? Perhatikan Tips Berikut ini

Traveling adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh ketika melakukannya. Salah satunya yaitu bisa menghilangkan penat setelah melakukan kesibukan setiap hari. Traveling bisa dilakukan bersama keluarga, sahabat ataupun sendirian. Ya, ketika teman-temanmu tidak bisa diajak traveling karena mereka memiliki aktivitas yang padat, tak ada salahnya kamu melakukan liburan sendirian. Hal ini sering disebut sebagai solo traveling. Tak perlu takut melakukan solo traveling. Meskipun terkesan kesepian karena berjalan sendiri, sebenarnya solo traveling bisa lebih seru karena kamu bebas melakukan apapun tanpa dibatasi oleh rencana orang lain.

Apa Saja Tips Supaya Solo Travelingmu Berjalan Sesuai Rencana?

Bagi kamu yang punya rencana melakukan solo traveling, yuk intip tips yang bisa kamu terapkan supaya perjalananmu aman, nyaman dan lancar sesuai harapan.

1. Melakukan riset sebelum melakukan perjalanan

Sebelum memutuskan tempat mana saja yang akan dikunjungi, sebaiknya carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai tempat tersebut. Kamu bisa riset mengenai rute perjalanan, harga tiket masuk, serta pilihan penginapan. Dengan cara menggali banyak informasi ini, kamu bisa merasa lebih rileks sehingga mantap untuk melakukan solo traveling.

2. Buatlah anggaran biaya sedetail mungkin

Ketika kamu melakukan solo traveling itu artinya kamu memang benar-benar akan menyusuri perjalanan sendirian. Jadi kamulah yang akan menentukan segalanya. Sebaiknya sebelum melakukan perjalanan, buatlah anggaran biaya perjalanan seperti anggaran biaya makan dan penginapan. Anggaran biaya inilah yang bisa kamu gunakan sebagai panduan solo travelingmu. Walaupun nantinya anggaran biaya perjalanan ini tidak bisa seratus persen sama persis dengan kenyataan, namun setidaknya dengan anggaran inilah kamu bisa memperkirakan biaya yang akan kamu keluarkan.

3. Perhatikan cara packingmu

Packing Solo Traveling Perhatikan Tips Berikut ini

Berbicara tentang packing barang-barang bawaan, sebagai backpacker solo tentunya kamu akan membawa barang-barangmu ke sana-ke mari sendirian. Oleh karena itu supaya beban perjalanan tidak bertambah berat, sebaiknya pilih barang-barang yang penting saja. Contohnya, apabila perjalananmu memakan waktu sekitar seminggu, bawalah pakaian seperlunya saja, toh nanti juga bisa dicuci dan dipakai di lain hari.

Dengan barang bawaan yang ringan, tentunya akan mempermudah perjalananmu. Kamu juga bisa menikmati perjalananmu tanpa merasa kelelahan karena barang bawaan yang super berat.

4. Usahakan untuk sampai di lokasi tujuan pada siang hari

Ketika solo traveling, sebaiknya usahakan sampai di lokasi tujuan pada siang hari. Tujuannya adalah supaya masih banyak alat transportasi yang bisa digunakan untuk menuju tempat penginapan. Bayangkan saja bila kamu tiba di lokasi tujuan pada malam hari, kamu tidak akan menemukan alat transportasi. Hal ini akan membuat kamu kebingungan. Supaya bisa tiba di lokasi tujuan pada pagi atau siang hari, kamu bisa berangkat pada waktu sore atau malam hari tergantung lamanya perjalanan yang ditempuh. Jadi, kamu bisa mengira-ngira sendiri jam berapa kamu sampai di lokasi tujuan.

5. Beritahu ke keluarga atau teman

Saat melakukan solo traveling, kamu perlu memberitahu keluarga atau teman. Kamu bisa memberitahunya melalui sosial media ataupun pesan singkat. Dengan cara ini, kamu bisa diketahui keberadaannya apabila tiba-tiba sulit dihubungi. Hal ini bukan berarti solo traveling itu berbahaya, namun ini adalah salah satu tips untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, dengan adanya komunikasi secara rutin maka keluarga tidak akan merasa was-was dengan keadaanmu.

6. Selalu waspada dan ikuti nalurimu

Saat melakukan solo traveling, kamu akan bertemu dengan banyak orang asing. Bertemu dengan orang-orang baru dalam perjalanan memang mengasyikkan, karena bisa menambah teman. Walaupun demikian, kamu tetap harus waspada dan ikuti hati nurani saat bertemu orang asing yang mencurigakan. Sebab, saat solo traveling satu-satunya yang bisa kamu percaya adalah dirimu sendiri.

7. Catat nomor telepon penting

Setelah tiba di lokasi tujuan, sebaiknya cari tahulah nomor-nomor penting di lokasi tersebut. misalnya adalah nomor telepon penginapan, rumah sakit, dan polisi. Selain itu, catat juga nomor telepon kerabat terdekat di secarik kertas. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan. Bila handphone kamu tiba-tiba kehabisan baterai, rusak ataupun hilang, kamu tetap bisa menghubungi keluarga ataupun nomor telepon penting lainnya.

Tips Solo Traveling

8. Buatlah salinan dokumen penting

Saat solo traveling, buatlah salinan dokumen-dokumen penting seperti KTP, paspor, ataupun tanda pengenal lainnya. Bila dokumen aslinya hilang, kamu masih memiliki salinannya sehingga bisa merasa lebih tenang.

9. Berkomunikasilah dengan warga lokal

Komunikasi adalah hal penting yang perlu kamu lakukan saat melakukan solo traveling. Biasanya, di lokasi wisata kamu akan berjumpa dengan warga lokal. Jangan ragu untuk menyapa mereka. Dengan cara ini, kamu bisa mengetahui tempat mana saja yang menarik dan aman untuk dikunjungi. Sebagai warna lokal, mereka lebih paham akan daerah yang akan kamu tuju tersebut.

Setelah mengetahui beragam tips di atas, kamu tak usah cemas dengan rencana solo travelingmu. Cobalah untuk menerapkannya dan nikmatilah perjalananmu.

Penulis: Annysa Fitri / Editor: Rian Herdiana

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *