Home Traveling Traveling ke Luar Negeri? Perhatikan 15 Tips Penting Berikut
Traveling ke Luar Negeri - Perhatikan 15 Tips Penting Berikut

Traveling ke Luar Negeri? Perhatikan 15 Tips Penting Berikut

Mengunjungi tempat wisata yang itu-itu saja sering kali membuat kita jenuh dan ingin melakukan liburan di tempat yang berbeda. Rasanya akan sangat menyenangkan jika kita bisa melakukan traveling ke luar negeri. Berjalan-jalan di negeri orang, menikmati pemandangan yang berbeda, makan makanan yang belum pernah dicicipi sebelumnya dan berfoto-foto di lokasi yang luar biasa merupakan suatu hal yang didambakan oleh banyak orang. Jika datang sebuah kesempatan yang tepat untuk pergi melancong ke luar Indonesia, jangan tunda lagi. Supaya perjalanan ke negara orang dapat berjalan lancar dan nyaman, sebaiknya Anda perhatikan tips melakukan trip ke luar negeri di bawah ini.

Panduan Singkat Untuk Traveling Ke Luar Negeri

Sebelum melakukan liburan ini, ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatu agar liburan jadi lebih nyaman dan menyenangkan. Traveling ke luar negeri ini membutuhkan biaya tidak sedikit, oleh sebab itu dibutuhkan persiapan yang matang demi kesuksesan dan keseruan dalam perjalanan. Point-point di bawah ini bisa Anda pergunakan sebagai panduan, diantaranya adalah:

Daftar isi 15 tips traveling ke luar negeri:

  1. Cek Paspor dan Visa
  2. Pesan Tiket Pesawat dan Hotel Jauh-Jauh Hari
  3. Rencanakan Anggaran dan Tujuan Wisata
  4. Jangan Memilih High Season
  5. Bawa Persediaan Pakaian Secukupnya Dan Sesuai
  6. Jangan Lupa Membawa Obat Dan Vitamin
  7. Bawa Uang Tunai Secukupnya
  8. Periksa Gadget Dan Barang Elektronik Yang Diperlukan
  9. Persiapkan Handphone Agar Bisa Tetap Terhubung
  10. Jangan Banyak Barang Bawaan
  11. Kumpulkan Informasi Tentang Negara Tujuan
  12. Ikuti Peraturan Dan Hormati Budaya Setempat
  13. Jangan Takut Ketika Tersesat
  14. Berhati-hati Memilih Tempat Makan
  15. Berhati-hati Membawa Buah Tangan
  1. Cek Paspor dan Visa

Paspor adalah dokumen yang besifat resmi dan dikeluarkan oleh Pejabat Pemerintahan yang berwenang. Isinya ialah identitas pemiliknya dan dipergunakan untuk melakukan perjalanan antar negara. Anda tidak akan bisa membeli tiket pesawat untuk melakukan liburan ke luar negeri jika tidak memiliki paspor.

Sedangkan Visa adalah surat ijin masuk ke suatu negara yang bisa didapatkan di Kedutaan negara yang hendak dikunjungi. Memang tidak semua negara memberlakukan adanya visa. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui negara-negara mana saja yang memerlukan visa, jadi bisa segera mengurusnya ke kantor kedutaan terkait.

Negara-negara di kawasan Asia Tenggara umumnya telah membebaskan penggunaan visa seperti Malaysia, Thailand dan Singapura. Anda tidak membutuhkan visa untuk melancong ke negeri ini. Sedangkan negara lain seperti Eropa, Jepang, Korea, Amerika dan Australia masih tetap membutuhkan visa kunjungan.

Kedua hal ini harus Anda persiapkan jauh-jauh hari sebelum memutuskan tanggal untuk melakukan traveling ke luar negeri. Proses pengurusan kedua dokumen ini cukup mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Dengan paspor dan visa yang lengkap, dijamin perjalanan wisata Anda akan aman dan nyaman.

  1. Pesan Tiket Pesawat dan Hotel Jauh-Jauh Hari

Harga pesawat yang fluktuatif sering kali menjadi kendala jika hendak melakukan traveling ke luar negeri. Memang tidak dipungkiri, harga tiket pesawat yang ada sekarang ini sangat mahal. Karenanya, Anda bisa mencari promo-promo yang disediakan oleh maskapai penerbangan.

Jangan lupa untuk memesan kamar hotel terlebih dahulu. Sekarang ini banyak sekali aplikasi pemesanan kamar hotel secara online. Anda bisa memilih-milih hotel yang sesuai dengan bugdet keuangan. Namun, tetap berhati-hati jika melakukan booking hotel secara online. Gunakan aplikasi yang aman dan terpercaya.

  1. Rencanakan Anggaran dan Tujuan Wisata

Jangan melakukan wisata ke luar negeri tanpa rencana! Sangat tidak disarankan bagi Anda, apalagi jika perjalanan ini merupakan pertama kalinya. Pilih dan tetapkan destinasi wisata di negara yang akan Anda kunjungi. Di internet telah tersedia begitu banyak informasi yang bisa Anda dapatkan.

Buatlah itinerary lokasi wisata yang akan Anda kunjungi. Misalnya, hari pertama Anda akan mengunjungi tempat wisata A dan B, sedangkan hari kedua akan mengunjungi lokasi C dan D. Jika telah ditetapkan, usahakan untuk konsisten mengerjakannya. Mengubah-ubah lokasi wisata hanya akan membuat Anda tidak bisa menikmati liburan dengan nyaman.

Persiapan rencana ini termasuk juga persiapan bugdet uang secukupnya. Lebih baik lagi jika Anda memiliki anggaran dana perjalanan. Misalnya untuk biaya makan, biaya taksi, biaya membeli oleh-oleh dan lain sebagainya. Agar bisa membuat anggaran dana, Anda harus mencari informasi mengenai harga-harga barang yang ada di negara yang Anda tuju.

Perencanaan Traveling ke luar negeri

  1. Jangan Memilih High Season

Ekspektasi tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Mungkin hal inilah yang akan terjadi jika Anda mengambil liburan pada waktu high season atau di musim liburan tiba. Inginnya bersantai di pantai sambil menikmati senja di sore hari, namun kenyataannya Anda harus berjibaku dengan ribuan orang agar bisa mendapatkan tempat duduk yang longgar.

Selain ramai akan pengunjung, bisa dipastikan tiket pesawat akan melonjak setinggi langit pada high season. Tentu saja, maskapai penerbangan ingin mengambil keuntungan sebesar-besarnya dari musim yang hanya beberapa kali setahun ini. Oleh sebab itu, traveling ke luar negeri juga hendaknya dilakukan di luar high season demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Bawa Persediaan Pakaian Secukupnya Dan Sesuai

Jangan membawa baju ganti terlalu banyak. Mungkin Anda berfikir akan lebih nyaman jika membawa beberapa cadangan pakaian. Anda bisa berganti pakaian beberapa kali. Namun, tidakkah Anda berfikir bahwa hal ini cukup merepotkan? Belum lagi harus membawa perlengkapan lain seperti handuk, sandal, dan lain sebagainya. Satu hal yang perlu diingat adalah di negara manapun pasti akan tersedia tempat laundry pakaian. Jadi Anda tidak perlu repot membawa tumpukan pakaian kotor.

Anda harus lebih cermat memilih mana saja pakaian yang dibutuhkan. Pertimbangkan juga musim yang sedang berlangsung di negara tujuan Anda. Suatu hal yang konyol jika Anda lupa membawa jaket tebal ketika berkunjung ke Korea saat musim dingin, atau mungkin Anda membawa pakaian tebal saat musim panas di sana. Dapatkan informasi selengkapnya mengenai musim dan kondisi cuaca yang terjadi saat ini untuk memastikan Anda tidak salah kostum.

Packing semua pakaian dan barang bawaan dalam kondisi terlipat rapi. Jika memungkinkan, gunakan travel bag yang pas dan tidak berlebihan. Membawa barang terlalu banyak atau melebihi kapasitas akan menyebabkan Anda dikenai biaya tambahan.

  1. Jangan Lupa Membawa Obat Dan Vitamin

Traveling ke luar negeri merupakan perjalanan yang cukup melelahkan dan menguras tenaga. Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar menjaga kesehatan agar tidak jatuh sakit. Vitamin cukup dibutuhkan dalam kondisi ini untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh Anda.

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya pastikan kondisi tubuh Anda sedang dalam keadaan yang baik dan prima, terlebih lagi jika Anda melakukan solo traveling. Jangan sampai Anda jatuh sakit di sana karena aktivitas yang padat dan tiada henti. Jika diperlukan, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter sebelumnya untuk meyakinkan bahwa Anda dalam kondisi prima.

Jika Anda menderita suatu penyakit tertentu seperti alergi atau asma, pastikan untuk tidak lupa membawa obat-obatan dan cadangannya. Hal ini untuk mengantisipasi jika selama di perjalanan obat Anda habis dan apotek di sekitar tidak menjual obat yang sesuai dengan yang biasa Anda pergunakan. Tentunya akan merepotkan Anda sendiri.

  1. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Uang tunai yang dimaksud di sini adalah uang tunai sesuai mata uang negara yang Anda kunjungi. Lakukan penukaran mata uang sebelum Anda berangkat karena akan sulit sekali melakukan penukaran setelah tiba di luar negeri. Lagi pula, nilai rupiah di luar negeri pun akan menurun jika dibandingkan di Indonesia.

Jangan membawa uang secara berlebihan selama traveling ke luar negeri agar tidak terjadi pemborosan. Sebelumnya, Anda telah membuat sebuah rencana perjalanan ke beberapa lokasi wisata. Sesuaikan uang yang Anda bawa dengan tempat tujuan wisatanya. Anda bisa menambahkan sedikit uang manakala ingin membelikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Jika Anda ingin melakukan penghematan, Anda bisa membawa beberapa bahan makanan dari rumah selama masih diijinkan dibawa dalam penerbangan seperti ransum, mie instant dan roti kering. Jadi Anda tidak membutuhkan uang tunai untuk mengisi perut yang kosong.

  1. Periksa Gadget Dan Barang Elektronik Yang Diperlukan

Cek lagi segala keperluan elektronik yang dibutuhkan seperti handphone, powerbank, notebook ataupun kamera. Semua peralatan yang sekiranya penting agar Anda tetap siaga meskipun sedang berlibur. Jangan lupa untuk membawa charger dan sebuah adapter berkaki tiga. Tidak semua colokan listrik di negara lain memiliki bentuk yang sama dengan yang ada di Indonesia.

Jangan lupa untuk mempersiapkan memory lebih atau setidaknya mengosongkan memory handphone atau kamera Anda karena pastinya banyak spot foto dan pemandangan yang sangat menarik yang bisa Anda temui ketika traveling ke luar negeri. Jangan sampai Anda menyesal tidak bisa lagi mengambil gambar karena memory yang sudah terlalu penuh dan tidak bisa lagi dipakai untuk menyimpan.

Tips Melancong Ke Luar Negeri

  1. Persiapkan Handphone Agar Bisa Tetap Terhubung

Beberapa provider di Indonesia sudah bisa dipergunakan di luar negeri dengan jaringan roaming internasionalnya. Namun biaya untuk roaming internasional cukup mahal. Solusinya adalah dengan membeli sebuah sim card lokal atau menumpang free wifi di area-area yang disediakan.

  1. Jangan Banyak Barang Bawaan

Hal yang perlu diingat adalah bahwa Anda akan melakukan traveling ke luar negeri selama beberapa hari, bukan selamanya. Jadi jangan membawa barang-barang yang tidak ada hubungannya atau tidak penting seperti high heel, alat kosmetik yang berlebihan, haidryer, dan lain sebagainya.

Membawa barang yang berlebih akan merepotkan Anda sendiri nantinya. Belum lagi memikirkan tempat menyimpan oleh-oleh yang akan dibawa atau pakaian kotor yang belum sempat dicuci.

  1. Kumpulkan Informasi Tentang Negara Tujuan

Ke manapun tujuan traveling luar negeri yang Anda inginkan, cobalah untuk mencari sedikit informasi mengenai situasi dan kondisi pada saat ini. Bagaimana iklimnya, berapa suhu udaranya, apakah sedang ada permasalahan politik, apakah sedang ada endemi penyakit yang meluas, apakah sedang musim pemilu dan lain sebagainya. Jika sedang ada permasalahan politik atau sedang terjangkit wabah penyakit, sebaiknya Anda menunda untuk mengunjungi negara ini. Info-info penting seperti ini sangat Anda butuhkan karena akan mempengaruhi kenyamanan perjalanan Anda.

Jangan lupa untuk sedikitnya mempelajari bahasa setempat, atau Anda harus menguasai bahasa Inggris dasar yang bisa dipergunakan untuk percakapan ringan. Berkomunikasi dengan penduduk setempat bisa menambah pengalaman traveling ke luar negeri Anda. Melalui mereka, Anda mungkin bisa mendapatkan spot-spot menarik yang tidak diinformasikan di internet atau referensi manapun.

  1. Ikuti Peraturan Dan Hormati Budaya Setempat

Meskipun Anda melakukan perjalanan secara pribadi, namun mau tidak mau Anda akan dianggap mewakili negara Indonesia. Selalu patuhi peraturan dan menghormati budaya setempat. Traveling ke luar negeri tidak hanya mengenai mencari kesenangan sendiri, namun juga tentang menjaga sopan santun selama berada di negara orang lain.

Jangan bertingkah laku sesukanya, Anda sedang berada di rumah orang. Ibarat kata, lain ladang lain belalang, lain lubuk lain ikannya. Tidak semua hal berlaku sama. Setiap daerah memiliki kebiasaan dan budaya yang berbeda-beda. Anda tidak boleh melakukan hal-hal yang mungkin terbiasa dilakukan di Indonesia.

Salah satu contoh yang paling mudah adalah ketika Anda berlibur ke Singapura. Jika di Indonesia, makan atau minum di kereta merupakan hal yang wajar dan tidak dilarang. Namun di Singapura hal ini dilarang, Anda akan didenda jika melakukan hal tersebut. Sama halnya seperti membuang sampah sembarangan. Jika mungkin banyak Anda temui orang yang naik mobil dan melemparkan sampah ke jalanan di Indonesia, namun di Singapura, Anda harus mempersiapkan uang untuk membayar denda.

Berlibur ke Luar Negeri

  1. Jangan Takut Ketika Tersesat

Tersesat mungkin adalah suatu hal yang cukup buruk dan memalukan jika diingat-ingat. Namun terkadang, dengan tersesat di suatu kota, Anda bisa menemukan hal-hal yang unik dan sebuah pengalaman baru. Bertemu orang-orang baru atau mengunjungi lorong-lorong jalan yang tidak pernah Anda kunjungi sebelumnya. Meskipun demikian, jangan sengaja untuk tersesat ya sobat.

Jangankan melakukan traveling ke luar negeri, berlibur di negeri sendiripun bisa terkadang membuat Anda tersesat jika tidak mengenal arah. Hal yang penting untuk diingat adalah tidak perlu takut atau panik jika menghadapi kondisi yang seperti ini. Selama Anda masih bisa bertemu dengan penduduk lokal, jalan kembali pasti bisa ditemukan.

Inilah pentingnya mengapa Anda setidaknya harus menguasai bahasa Inggris. Percakapan ringan untuk meminta bantuan petunjuk arah bisa Anda lakukan. Jika Anda tidak terlalu menguasai bahasa Inggris, Anda bisa mendapatkan bantuan dari buku panduan percakapan singkat yang banyak dijual untuk para turis. Di samping itu, Anda perlu juga untuk mengunduh beberapa map offline yang bisa dimanfaatkan ketika tersesat.

  1. Berhati-hati Memilih Tempat Makan

Anda juga perlu waspada jika hendak makan di suatu tempat. Galilah informasi lebih mendalam mengenai harga-harga makanan pada umumnya. Jangan sampai Anda terjebak dan dikenai harga makanan yang terlampau mahal. Begitu juga dengan ongkos taksi. Tanyakan terlebih dahulu pada petugas hotel tarif untuk menuju lokasi tertentu agar Anda tidak tertipu oleh pengemudi taksi yang nakal.

Pada umumnya, penampilan yang membuat Anda terlihat berbeda dari penduduk biasanya. Oleh sebab itu, jangan memakai pakaian yang terlalu mencolok dan jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan. Dengan begitu, perjalanan traveling ke luar negeri Anda akan lebih aman.

  1. Berhati-hati Membawa Buah Tangan

Untuk para wanita atau ibu-ibu, harap berhati-hati dalam memilih oleh-oleh yang akan dibawa pulang ketika traveling ke luar negeri. Anda datang ke negeri orang untuk berlibur, bukan untuk berbelanja. Jadi belilah buah tangan yang sewajarnya saja. Anda juga tidak perlu lapar mata melihat barang-barang branded yang dijual di sana, apalagi hendak memborongnya.

Banyak kasus terjadi dimana barang bawaan dari luar negeri yang diklaim sebagai buah tangan ternyata adalah barang mewah dan harus dikenakan pajak yang sangat mahal oleh bea cukai. Jika Anda tidak mau membayarnya, barang tersebut akan disita. Anda tidak ingin hal ini terjadi bukan? Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk tidak membeli barang-barang mewah seperti tas, sepatu, jam tangan yang harganya terlampau mahal. Anda bisa membelikan oleh-oleh sekedarnya seperti sebuah gantungan kunci atau permen lokal yang ada di sana.

Traveling ke luar negeri merupakan pengalaman yang pastinya tidak akan Anda lupakan. Segala persiapan baik fisik ataupun mental semuanya pasti telah Anda pikirkan dengan baik sebelumnya. Agar perjalanan Anda kali ini cukup sukses dan menyenangkan, tentunya Anda tidak boleh melewatkan hal-hal penting seperti di atas. Selamat berlibur ya sobat.

Tentang Rian Herdiana

Merasa terus tertantang, terus bergerak maju untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan SEO, dan membangun reputasi serta mengembangkan jaringan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *